Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Manfaat Air Miles Kartu Kredit, Cocok Untuk Yang Suka Jalan-Jalan!

by Teti Purwanti on 30 Januari, 2020

Travelling atau bepergian baik itu ke luar negeri maupun dalam negeri telah menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian orang. Selain menjadi gaya hidup, travelling juga telah menjadi hobi terlebih bagi orang-orang yang memiliki kemampuan finansial kuat.

Kartu Kredit Reward Air Miles

Mulai dari biaya perjalanan seperti tiket pesawat, kereta, dan bus hingga biaya akomodasi seperti menginap di tempat tujuan semuanya membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Hal tersebut bahkan membuat sebagian orang rela menyisihkan pendapatan atau gaji untuk ditabung dan kemudian digunakan untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Meski begitu, travelling tetap saja kerap membuat rekening seseorang terkuras. Alih-alih menjadi senang setelah berlibur, seseorang malah harus pusing untuk bisa bertahan hidup.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk menyiasati hal tersebut agar travelling tidak menimbulkan rasa pening pada waktu yang akan datang. Salah satu cara tersebut adalah dengan memanfaatkan program air miles dari kartu kredit. Program air miles yang diberikan bank penerbit kartu kredit bukanlah hal asing di telinga para traveller, terutama bagi mereka yang kerap naik pesawat untuk bepergian.

Manfaat Program Air Miles Kartu Kredit

Adapun program air miles ini diberikan kepada para pengguna kartu kredit yang telah terdaftar dan sering membeli tiket perjalanan menggunakan kartu kredit tersebut. Beragam manfaat pun bisa didapatkan oleh para traveller dari program air miles kartu kredit tersebut.

Maka dari itu, kepemilikan kartu kredit untuk travelling ini juga menjadi hal mutlak bagi mereka yang gemar bepergian menggunakan pesawat. Selain bisa digunakan sebagai sarana untuk berhemat, program air miles dari kartu kredit juga dapat memberikan banyak manfaat seperti berikut.

Kesempatan Terbang Gratis

Manfaat pertama dari program air miles kartu kredit adalah bisa terbang gratis. Siapa sih sekarang ini yang tidak ingin dapat fasilitas terbang gratis? Terlebih jika orang tersebut suka travelling, pastinya manfaat ini akan sangat menguntungkan buat mereka.

Cara memperolehnya hanya tinggal melakukan transaksi seperti biasa menggunakan kartu kredit. Pemilik kartu kredit akan mendapatkan poin atau rewards yang bisa ditukan dengan manfaat terbang gratis tersebut.

Bahkan ada salah satu bank penerbit kartu kredit telah memberikan manfaat terbang gratis secara cuma-cuma sesaat setelah pemegang kartu kredit memperoleh persetujuan kartu kredit. Ada baiknya penukaran poin menjadi tiket pesawat gratis dalam program air miles dilakukan dalam kurun waktu 3 hingga 6 bulan sebelum jadwal keberangkatan.

Adapun jumlah poin yang bisa ditukar dengan fasilitas terbang gratis berbeda-beda di tiap kartu kredit. Biasanya, dengan 15.000 poin air miles bisa ditukar dengan tiket penerbangan kelas ekonomi. Sedangkan untuk tiket penerbangan kelas bisnis bisa didapatkan dengan menukar 100.000 poin air miles.

Akses Gratis di Airport Lounge

Biasanya, airport lounge hanya bisa dinikmati oleh pemegang tiket penerbangan kelas bisnis. Namun, hal tersebut bukanlah masalah jika Kamu memanfaatkan program air miles kartu kredit Kamu. Akses dan fasilitas gratis di airport lounge ini akan membuat Kamu tak lagi jenuh menunggu jadwal penerbangan, terlebih jika waktu lepas landas Kamu masih lama.

Jadwal penerbangan yang ditunda pun tidak akan menjadi masalah jika Kamu bisa mendapatkan manfaat gratis di airport lounge. Menunggu pun menjadi satu hal yang menyenangkan jika Kamu bisa berada di airport lounge dan mendapatkan seluruh fasilitasnya secara gratis.

Kemudahan Transaksi di Luar Negeri

Tak dapat dipungkiri lagi jika kepemilikan kartu kredit tak terlepas dari adanya keinginan untuk kemudahan bertransaksi ketika tengah berlibur di luar negeri. Keberadaan logo VISA dan atau MasterCard di kartu kredit pun mendukung kemudahan transaksi tersebut.

Dengan itu, Kamu bisa bertransaksi di manapun terlebih ketika sedang travelling ke luar negeri. Namun demikian, satu hal yang perlu Kamu perhatikan sebelum bertransaksi di luar negeri menggunakan kartu kredit adalah besaran kurs dan biaya tambahan yang ada.

Untuk mengetahui hal tersebut, Kamu bisa bertanya kepada bank penerbit kartu kredit sehingga Kamu bisa dengan aman dan nyaman ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Gratis Asuransi Perjalanan

Tidak ada yang lebih melegakan selain travelling dalam keadaan aman dan nyaman. Untuk itu, asuransi perjalanan yang diberikan cuma-cuma sebagai manfaat dari program air miles kartu kredit rasanya bakal sangat berguna bagi Kamu yang gemar travelling.

Dengan manfaat ini, Kamu tidak perlu was-was dan khawatir lagi jika ada sesuatu hal yang buruk menimpa Kamu ketika tengah asyik berlibur. Cukup dengan membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit maka secara otomatis Kamu akan mendapatkan asuransi perjalanan gratis ini.

Cashback Belanja dan Diskon Hotel

Benar rasanya jika ada yang mengatakan bahwa travelling dengan memanfaatkan kartu kredit akan jauh lebih hemat. Bagaimana tidak? Kartu kredit yang Kamu punya bisa memberikan cashback atau fasilitas uang kembali dari transaksi yang Kamu lakukan di tempat Kamu pergi travelling.

Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan potongan harga atau diskon ketika menginap di hotel. Semua itu bisa Kamu dapatkan dengan memanfaatkan air miles yang ada pada kartu kredit Kamu. Menyenangkan bukan?

Pilihan Kartu Kredit Terbaik untuk Travelling

Nah setelah mengetahui beragam manfaat program air miles yang ada pada kartu kredit, ini saatnya Kamu untuk memperoleh informasi tentang kartu kredit apa saja yang bisa menjadi pilihan bagi Kamu traveller sejati.

HSBC Visa Signature Card

Pilihan kartu kredit pertama dengan program air miles mumpuni adalah HSBC Visa Signature Card. Kartu kredit keluaran Bank HSBC ini mampu memberikan Kamu poin rewards 4 kali lebih banyak untuk setiap transaksi yang Kamu lakukan. Transaksi itu termasuk pembelian tiket pesawat, booking hotel, dan pembayaran paket tur serta wisata baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, HSBC Visa Signature Card juga bisa digunakan untuk mendapatkan akses eksklusif di 900 lebih airport lounge di seluruh dunia dan gratis akses airport lounge di 7 kota besar di Indonesia. Bukan hanya itu, bagi Kamu pemegang HSBC Visa Signature Card juga berhak mendapatkan asuransi perjalanan hingga Rp5 miliar dan asuransi kesehatan darurat hingga Rp500 juta.

BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite

Pilihan kartu kredit berikutnya adalah BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite. Banyak manfaat yang bisa Kamu peroleh ketika travelling menggunakan kartu kredit keluaran BCA ini. Beberapa di antaranya adalah kesempatan untuk mendapatkan 1 KrisFlyer Mile setiap bertransaksi sebesar Rp5.500 di mana saja. Adapun KrisFlyer Mile ini bisa Kamu tukar dengan tiket pesawat dari maskapai Singapore Airlines, SilkAir, dan puluhan maskapai ternama dunia lainnya.

Tidak hanya itu, sebagai pemegang kartu kredit ini, Kamu juga bisa menikmati cicilan 0% selama 6 bulan untuk pembelian tiket pesawat ke mana saja dengan maskapai Singapore Airlines dan SilkAir. Kamu pun bisa menikmati manfaat lainnya berupa asuransi perjalanan gratis, perlakuan VIP di executive lounge seluruh bkamura ternama dunia, hingga meningkatkan stkamur hotel-hotel tempat Kamu menginap.

Garuda Indonesia Citi Card

Salah satu pilihan kartu kredit untuk kebutuhan travelling terbaik adalah Garuda Indonesia Citi Card. Hal itu tidak lain dan tidak bukan dari segala fasilitas atau manfaat yang diberikan oleh Citibank kepada pemegang Garuda Indonesia Citi Card.

Manfaat air miles dari Garuda Indonesia Citi Card yang pertama adalah bonus 2.500 miles yang akan ditambahkan ketika Kamu sudah mengumpulkan 250 miles pertama dalam kurun waktu 90 hari sejak tanggal pertama Garuda Indonesia Citi Card Kamu disetujui.

Pemegang Garuda Indonesia Citi Card pun juga bisa menikmati akses gratis ke Citibank Airport Lounge yang ada di bkamura-bkamura di Indonesia. Kemudian pemegang Garuda Indonesia Citi Card juga berhak mendapatkan prioritas khusus pada daftar tunggu reservasi tiket penerbangan Garuda Indonesia.

Alasan lain kenapa Kamu harus memiliki Garuda Indonesia Citi Card adalah Kamu bisa memperoleh 3 kali GarudaMiles tiap transaksi sebesar Rp20.000 di Garuda Indonesia dan 2 kali GarudaMiles tiap bertransaksi sebesar Rp20.000 di mana saja. Selain itu, Kamu juga berhak mendapatkan ekstra bagasi 20 kilogram dan diskon 5% setiap pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia baik di kantor penjualan resmi dan situs resmi Garuda Indonesia.

(Baca Juga: Wow, 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer!)
UOB Yolo Card

Kartu kredit keluaran Bank UOB ini juga punya segudang manfaat air miles bagi Kamu yang hobi bepergian menggunakan pesawat. Manfaat pertama adalah Kamu bisa memperoleh 1 Airline Miles tiap pembelanjaan senilai Rp3.500 dalam transaksi di dalam negeri dan tiap pembelanjaan senilai Rp7.000 untuk transaksi luar negeri.

Airline Miles yang Kamu peroleh dan kumpulkan itu kemudian bisa ditukarkan tiket penerbangan gratis ke berbagai destinasi menggunakan bermacam maskapai kenamaan dunia seperti Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan juga AirAsia.

Kamu juga berhak mendapatkan bonus 4.500 airline miles jika menggunakan minimal Rp5 juta per bulan selama 3 bulan pertama sejak UOB Yolo Card dikeluarkan. Pemegang UOB Yolo Card juga bisa mendapatkan asuransi kecelakaan dalam perjalanan dengan total perlindungan hingga Rp7 miliar. Kemudian, satu manfaat lainnya yang tidak kalah menggiurkan adalah cicilan belanja 0% di Singapura.

Nah itu dia beragam manfaat air miles kartu kredit untuk kebutuhan travelling Kamu. Selain itu ada juga beragam pilihan kartu kredit yang bisa Kamu gunakan untuk membuat travelling Kamu semakin hemat, seru, dan menyenangkan. Ayo ajukan kartu kreditmu di sini sekarang juga!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.