Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

6 Promo Cashback Kartu Kredit, Buat Kamu yang Hobi Berbelanja

by Rini Agustina on 30 Januari, 2020

Tahukah Anda jika Indonesia masuk dalam jajaran negara dengan penggunaan kartu kredit yang rendah? Total dari jutaan penduduk Indonesia hanya 15% saja yang terhitung memiliki kartu kredit. Para ahli di dunia perbank juga menilai bahwa kenaikan penggunaan kartu kredit di Indonesia terkesan stagnan.

Promo Cashback Kartu Kredit, Buat Kamu yang Hobi Berbelanja

Hal ini dipicu karena kebijakan perbankan yang belum longgar, dengan memberi syarat yang kelewat ketat untuk calon pemegang kartu. Proses pengajuan kartu kredit sering mensyaratkan hal-hal yang memberatkan calon nasabah seperti tujuan penggunaan kartu kredit dan limit yang diberikan. Karena itu pihak perbankan tak berhenti mengedukasi masyarakat mengenai keuntungan memiliki kartu kredit, agar setiap orang bisa merasakan manfaatnya.

Usaha perbankkan menggaet nasabah baru dilakukan dengan mengadakan promo cashback kartu kredit. Diharapkan adanya promo jenis ini mampu menarik minat masyarakat untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Setiap bank memberlakukan jenis promo yang berbeda, ada yang menerapkan cashback per-transaksi ada pula yang bekerja sama dengan merchant dalam memberikan cashback, biasanya berupa voucher belanja yang langsung didapat konsumen setelah melakukan transaksi.

Berikut adalah strategi promo cashback kartu kredit yang dilakukan oleh perbankan Indonesia. 

1. Promo Cashback Kartu Kredit BCA
Cashback Uniqlo Rp 150,000

Setiap pembelanjaan menggunakan kartu kredit BCA JCB Black dengan minimum transaksi Rp 1 juta berhak mendapatkan cashback senilai Rp 150,00. Promo ini berlaku untuk seluruh outlet Uniqlo di Indonesia dan tidak berlaku untuk kelipatan minimum transaksi. Cashback akan tertera di billing statement min. 2 bulan setelah promo berakhir. Periode promo ini berlangsung sejak November 2019 hingga 21 Februari 2020.

(Baca Juga: Daftar Kartu Kredit BCA Beserta Promonya Terupdate 2020)
Cashback Matahari hingga Rp 100,000

Setiap pembelanjaan menggunakan kartu BCA Matahari dengan minimum transaksi Rp 500,000 dan tidak berlaku kelipatan. plus cashback reward Rp 50,000 untuk Kartu Kredit BCA Card berlogo BCA. Maksimal cashback 1x transaksi/ periode promo. Cashback diberikan min. 2 bulan setelah billing statement. Promo cashback ini hanya berlaku bulan Januari 2020 yakni sejak 20 – 31 Januari 2020.

Cashback BCA Travel Service hingga Rp 1 Juta

Program cashback yang paling dinanti bagi Anda yang senang berlibur ke Jepang dan Korea. Cashback hingga Rp 1 Juta bisa Anda dapatkan setiap transaksi minimal Rp 10 juta untuk pembelian tiket destinasi Jepang/Korea. Cashback berlaku untuk semua maskapai. Promo ini hanya berlaku untuk pemilik Kartu Kredit BCA JCB Black dan hanya 100 orang pertama di tiap bulan yang akan mendapatkannya. Setiap kartu hanya bisa mendapatkan cashback 1x dalam setiap bulan.

Pemegang kartu BCA JCB Black juga akan menikmati harga spesial untuk atraksi di Jepang & Korea Selatan dengan syarat & ketentuan:

  • Min. pembelian dengan harga spesial: 2 pax
  • Maks. pembelian dengan harga spesial 2 pax/Customer Number/bulan
  • Pembayaran wajib menggunakan Kartu Kredit BCA JCB Black
  • Berlaku 20 November 2019 – 30 April 2020
2. Promo Cashback Kartu Kredit Mandiri
Cashback Hotel & Tiket Pesawat di Nusatrip.com hingga Rp925 ribu

Cashback hingga Rp 925 ribu ini hanya berlaku jika Anda melakukan pemesanan hotel dan tiket pesawat melalui Nusatrip.com. Promo ini hanya berlaku untuk pemilik kartu kredit Everyday Card, Mandiri Co Brand Hypermart, Mandiri Co Brand Pertamina, Mandiri Gold, Mandiri Golf Gold, Mandiri Golf Platinum, Mandiri Golf Signature, Mandiri Platinum, Mandiri Precious, Mandiri Prioritas, Mandiri Signature, Mandiri SKYZ, Mandiri World Elite.

Periode cashback ini berakhir pada Maret 2020 mendatang, dan tidak dapat diuangkan juga tidak berlaku kelipatan.a Promo  ini tidak dapat digabungkan dengan promo Bank Mandiri lainnya (Mandiri Ecash, clikpay /ATM transfer/COD, dll). Berikut syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo ini

Cashback Hotel:

Cashback Hotel 8% (sebelum pajak, maksimum IDR 800.000) untuk pemesanan kamar hotel internasional (di luar Indonesia) dengan minimum transaksi IDR 1.000.000 – dalam 1 x transaksi

Cashback Hotel 6% (sebelum pajak, maksimum IDR 600.000) untuk pemesanan kamar hotel domestik (di seluruh Indonesia) dengan minimum transaksi IDR 1.000.000 – dalam 1x transaksi

Cashback Tiket Pesawat:

Cashback IDR 125.000 untuk pemesanan tiket pesawat rute internasional (1x jalan/pergi-pulang) kecuali maskapai Batik Air, Lion Air, Thai Lion Air, Malindo Air, Jetstar/Valueair, Scoot, Air Asia, dengan minimum transaksi IDR 5.000.000, – dalam 1x transaksi

Cashback IDR 50.000 untuk pemesanan tiket pesawat rute domestik (1x jalan/pergi-pulang) kecuali maskapai Sriwijaya, NAM Air, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dengan minimum transaksi IDR 1.500.000, – dalam 1x transaksi

Cashback iBoxing Week 2020 – Central Park Mall hingga Rp 1 Juta

Periode cashback berlangsung dari 27 January 2020 s.d 02 February 2020, untuk pembelian produk Apple di Central Park Mall. Maksimal pembelian produk hanya 1 unit per kartu. Promo tidak dapat digabungkan dengan promo Bank Mandiri lainnya (Mandiri Ecash, klikpay /ATM transfer/COD, Mandiri Debit, dan Mandiri Syariah). Promo ini hanya berlaku untuk pemilik kartu kredit Everyday Card, Mandiri Gold, Mandiri Golf Gold, Mandiri Golf Platinum, Mandiri Golf Signature, Mandiri Platinum, Mandiri Precious, Mandiri Prioritas, Mandiri Signature, Mandiri SKYZ, Mandiri World Elite, dengan mekanisme sebagai berikut:

  • Transaksi Rp. 5 Juta – Rp. 9,999 Juta cashback Rp 300.000
  • Transaksi Rp. 10 Juta – Rp. 14,999 Juta cashback Rp 500.000
  • Transaksi Min Rp. 15 Juta cashback Rp 1.000.000
Cashback Erajaya dan Samsung by NASA hingga Rp. 500 ribu

Promo pembelian smartphone ini hanya dapat digunakan oleh pemegang kartu kredit Everyday Card, Mandiri Gold, Mandiri Golf Gold, Mandiri Golf Platinum, Mandiri Golf Signature, Mandiri Platinum, Mandiri Precious, Mandiri Prioritas, Mandiri Signature, Mandiri SKYZ, Mandiri World Elite. Promo yang dihelat sejak 20 Januari 2020 s.d 09 February 2020 ini memberikan cashback maksimal hingga Rp 500 ribu dengan rincian sebagai berikut: 

  • Transaksi min Rp. 3 Juta cashback Rp 200.000
  • Transaksi min Rp. 5 Juta cashback Rp 300.000
  • Transaksi min Rp. 10 Juta cashback Rp 500.000

Perlu diperhatikan promo ini hanya berlaku di beberapa counter Erajaya yakni Roadshow Huawei Mate 30 Pro, Bintaro Xchange yang berlangsung 20 Januari – 6 Februari 2020. Sementara untuk counter Samsung by NASA terdapat di Roadshow Samsung Kota Kasablanka yang berlangsung 27 Januari – 2 Februari 2020, dan Margonda City yang berlangsung 3 – 9 Februari 2020

3. Promo Cashback Kartu Kredit HSBC Platinum
Cashback Hingga Rp 6 Juta pertahun

HSBC Platinum juga tak mau ketinggalan dengan memberikan cash back bagi para nasabahnya dimanapun dan kapanpun, di dalam maupun di luar negeri. Pemilik kartu kredit akan langsung mendapatkan cashback tiap kali bertransaksi, tanpa harus menunggu akumulasi belanja bulanan. Semakin besar nilai transaksi semakin besar cashback yang didapat. Dapatkan cashback hingga 3% (maksimal Rp 400 Ribu per bulan) atau Rp 4,8 Juta setahun dan tambahan cashback 25% (maksimal Rp 100 Ribu per bulan) di semua restoran, transaksi online dan supermarket.

Nilai TransaksiCashback
Lebih dari Rp7.000.0003%
Rp3.000.001 – Rp7.000.0002%
Hingga Rp3.000.0001%
4. Promo Cashback Kartu Kredit BNI 
Cashback Muji Hingga Rp 150,000

Bagi Anda yang senang memanjakan lidah dengan berbagai rasa, mencoba kuliner di restoran Muji mungkin bisa jadi hal baru yang mengesankan.  Promo berupa free voucher makan senilai Rp 150 ribu ini hanya ada di merchant MUJI Grand Indonesia, Pondok indah Mall, AEON BSD, Mall Kelapa Gading, Lippo Mall Puri, PIK Avenue dan Lippo Mall Kemang.

Promo berlaku s/d 31 Maret 2020 tersebut hanya dapat dinikmati oleh pengguna kartu kredit BNI JCB. Berikut mekanismenya:

Free Voucher senilaiMinimum Transaksi
Rp 50.000Rp300.000
Rp 100.000Rp600.000
Rp 150.000Rp1.000.000
Cashback 3 % di Lotte Mart 

BNI menawarkan uang kembali sebesar 3% setiap bertransaksi di LOTTE Mart. Anda juga akan mendapatkan tambahan cashback sebesar 0,5% untuk setiap transaksi cicilan dari kartu kredit BNI LOTTE Mart. Namun, itu berlaku apabila Anda melakukan transaksi melalui mesin EDC BNI. Jika Anda beruntung, Anda pun berkesempatan mendapatkan potongan harga 5% untuk setiap private produk tertentu. Adapun batas maksimum cashback yang diterima yakni Rp 200,000

5. Promo Cashback Kartu Kredit Danamon 
Cashback Kartu Kredit Danamon World 

Danamon juga memiliki produk unggulan yang banyak menawarkan cashback yakni Danamon Kartu Kredit World. Pemilik kartu kredit ini akan mendapatkan cashback hingga 5% setiap pengisian bahan bakar dan juga tagihan rumah tangga. Berikut detail cashback yang ditawarkan Danamon World:

  • Cash Back 5% bill payment berlaku untuk pendaftaran semua tagihan. Tidak berlaku untuk tagihan PLN.
  • Untuk mendapatkan Cash Back, minimum melakukan transaksi ritel sebanyak 5 kali setiap bulan kalender.
  • Minimum nilai per transaksi retail adalah Rp100.000 dalam 1 tagihan.
  • Pengkreditan Cashback dilakukan setiap bulan dan dapat dilihat pada lembar tagihan berikutnya
  • Transaksi ritel adalah transaksi dari kartu kredit Danamon di luar transaksi dari tagihan rutin bulanan, Money Trans, Balance Transfer, penarikan tunai, dan transaksi internet/ e-mail.
6. Promo Cashback Kartu Kredit Digibank

Digibank memberikan promo cashback cukup menarik yakni cashback 50 ribu dan bebas iuran satu tahun pertama, dengan maksimal tambahan cashback 5% hingga 300 ribu per bulan untuk setiap transaksi e-commerce. Digibank juga bekerjasama dengan berbagai retail di dalam dan diluar negeri, yang memberikan Anda free hingga 50% baik untuk produk F&B maupun penginapan hotel.

Itulah beberapa promo cashback kartu kredit dari perbankan Indonesia. Setiap produk berlomba-lomba menawarkan promo yang menarik, namun jangan buru-buru mengajukan pembuatan kartu kredit. Lihat dulu limit dan besaran tagihan serta bunga tahunannnya. Sesuaikan dengan pendapatan Anda, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Untuk kamu yang butuh kartu kredit, coba ajukan kartu kredit di Cekaja.com.

Tentang Penulis