Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Manfaat Promo Kartu Kredit di Awal Tahun 2020

by Gesti Weningtyas on 30 Januari, 2020

Promo kartu kredit di awal tahun memberikan keuntungan tersendiri bagi  para nasabah. Biasanya setiap kartu kredit bekerjasama dengan berbagai merchant dan menawarkan promo yang sangat menarik. Diskon yang bertebaran ini bisa kamu manfaatkan untuk makan hingga bepergian!

Manfaat Promo Kartu Kredit Awal Tahun

Nah, buat kamu yang sudah memiliki kartu kredit. Segera cek promo yang sudah berlangsung atau baru saja muncul. Jangan sia-siakan setiap diskon dari transaksi kartu kreditmu, sebab jika kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, bukan tak mungkin malah lebih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Cek beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan promo kartu kredit di awal tahun, sebagai berikut ini:

1. Merencanakan Liburan

Merencanakan Liburan - Manfaat Promo Kartu Kredit di Awal Tahun 2020

Misalnya, seorang traveler bernama Siti memiliki dua kartu kredit yang biasanya dia gunakan untuk melakukan perjalanan. Setiap beberapa bulan sekali, kartu kredit memberikan promo diskon tiket pesawat untuk pembayaran yang menggunakan kartu kredit. Siti pun bisa merencanakan perjalanan yang ia inginkan dengan memilih rute penerbangan yang mendapatkan diskon. Seperti yang ditawarkan oleh kartu kredit BNI ini.

Buat kamu yang ingin traveling seperti Siti, kamu yang sudah memiliki kartu kredit BNI bisa mencoba memanfaatkannya dengan pesan tiket pesawat dari Qatar Airways. Kamu bisa mendapatkan diskon hingga 12 persen dengan kode promo BANKBNI. Promo berlaku untuk Kelas Ekonomi dan Kelas Bisnis.

(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Awal Tahun 2020)

Periode Pembelian Tiket : hingga 14 Oktober 2020. Sedangkan periode Penerbangan : hingga 30 Desember 2020.Nah, disinilah keuntungannya. Siti pun bisa merencanakan liburannya sejak awal tahun untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah! Jangan lupa untuk membaca syarat ketentuannya. Sebab untuk kartu kredit BNI ini, promo hanya berlaku untuk destinasi Eropa, Amerika, Amman, Rabat dan Casablanca. Promo ini juga berlaku untuk keberangkatan dari Jakarta dan Denpasar.

Dengan mengetahui promo kartu kredit dari awal tahun, kamu juga bisa memilih tanggal penerbangan lebih awal untuk disesuaikan dengan hari liburmu.

Cashback

Berbeda dengan Bank BNI yang memberikan potongan harga alias diskon dengan pembayaran kartu kredit, kartu kredit Mandiri punya penawaran menarik juga buat kamu yang suka liburan, yaitu cashback hingga Rp 925 ribu untuk pemesanan hotel dan tiket pesawat lewat nusatrip.com.  Periode promo yang berlangsung sejak 9 Januari 2020 hingga 31 March 2020 ini memberikan Cashback Hotel 8% (sebelum pajak, maksimum Rp800.000) untuk pemesanan kamar hotel internasional (di luar Indonesia) dengan minimum transaksi Rp1 juta dalam 1 x transaksi.

Kamu juga bisa mendapatkan Cashback Hotel 6% (sebelum pajak, maksimum Rp600.000) untuk pemesanan kamar hotel domestik (di seluruh Indonesia) dengan minimum transaksi Rp1 juta dalam 1x transaksi. Untuk mendapatkan cashback hotel 8% & 6%, customer harus meneruskan (forward) email konfirmasi pemesanan hotel dari NusaTrip ke: mandiri@nusatrip.com. Proses cashback akan dilakukan dalam jangka waktu 15 hari kerja di bulan berikutnya.

Cashback Rp125.000 untuk pemesanan tiket pesawat rute internasional (1x jalan/pergi-pulang) kecuali maskapai Batik Air, Lion Air, Thai Lion Air, Malindo Air, Jetstar/Valueair, Scoot, Air Asia, dengan minimum transaksi Rp5 juta dalam 1x transaksi.

Cashback Rp50.000 untuk pemesanan tiket pesawat rute domestik (1x jalan/pergi-pulang) kecuali maskapai Sriwijaya, NAM Air, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dengan minimum transaksi Rp1,5 juta dalam 1x transaksi.

Mulai bulan Februari 2020, kamu juga bakal mendapatkan diskon 30% untuk kamar Swissbel

 Hotel International. Promo berlaku untuk semua tipe kamar. Kamu juga bakal mendapatkan diskon 15% Food Only yang hanya berlaku untuk pembelian ditempat. Promo ini berlaku bagi pengguna Mandiri Kartu Kredit.

2. Traktir Makan

Traktir Makan - Manfaat Promo Kartu Kredit di Awal Tahun 2020

Dengan mengetahui promo kartu kredit sejak awal tahun ini, kamu pun jadi bisa mentraktir temanmu makan lebih hemat. Ada banyak sekali pilihan tempat makan yang bekerjasama dengan kartu kredit dan memberikan diskon yang berlimpah.  Misalnya, dengan menggunakan kartu kredit Mega First Infinite kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50 persen di Wendy’s. Sangat hemat bukan? Diskon berlaku dengan minimum pembelanjaan.

Khusus bagi nasabah pemegang Mandiri Kartu Kredit juga bisa mendapatkan special benefit berupa diskon 30% dengan minimal transaksi Rp350.000 dan maksimal transaksi Rp1 Juta. Berlaku untuk all food & beverages (tidak berlaku untuk set menu, pastry, soft drink, coffee beans & merchandise)

Kamu pemegang kartu kredit dari CIMB Niaga? Ada promo makanan juga dari Fook Yew dengan diskon 20 persen untuk makanan dan minuman. Kamu bisa mendapatkan diskon ini dengan minimum transaksi Rp300.000 dan Maksimum transaksi Rp 1.000.000 sebelum tax.

Dengan begini, traktir makan teman pun jadi hal yang menyenangkan karena kamu bisa mendapatkan diskon yang melimpah. Jangan khawatir kehabisan diskon, karena biasanya diskon kartu kredit untuk tempat makan selalu ada, hanya pada beberapa periode memang berpindah tempat makan. Namun, ada juga merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit cukup lama. Untuk itu, pastikan tempat makan favoritmu menjadi merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit yang kamu gunakan.

 3. Hemat Belanja

Hemat Belanja - Manfaat Promo Kartu Kredit di Awal Tahun 2020

Hampir semua aspek kegiatan dan kebutuhan bisa kita dapatkan lewat promo kartu kredit. Selain untuk travelling dan makan, hal yang paling menarik dari kaum hawa adalah diskon yang diperoleh saat belanja. Ini merupakan diskon yang sangat menggiurkan, apalagi jika merchant yang bekerjasama adalah department store atau tempat belanja kesayangan. Auto ngebut belanja nih!

Misalnya, kartu kredit Mandiri bekerjasama dengan Erafone, jadi buat kamu yang ingin membeli produk gadget dari Erafone, siap-siap saja bakal mendapatkan cashback hingga Rp500.000. Kamu juga bisa mendapatkan free gimmick saat belanja di Ace Hardware. Membeli produk furnitur di sana, kamu bisa mendapatkan cicilan 0 persen dengan menggunakan kartu kredit Mandiri. Menarik bukan?

Selain mengetahui manfaat promo kartu kredit di awal tahun, kamu juga harus jeli melihat berbagai syarat ketentuan yang ditampilkan oleh lembaga jasa keuangan yang menawarkan kartu kredit. Sebagai konsumen keuangan, kita mesti cerdas. Sehingga, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Periode Promo

Setiap merchant biasanya memiliki periode promo. Jika kamu mendapatkan informasi promo kartu kredit di awal tahun, pastikan juga tanggal dan periode promo berlangsung hingga bulan atau tanggal berapa. Sebab, sangat disayangkan jika kita berhenti untuk mencari informasi promo seperti ini. Sah-sah saja kok jika kita mencari promo, kan promo juga merupakan hal kita sebagai pembeli. Perhatikan masa berlangsung promo tersebut. Tentunya jika sudah lewat, kita tidak bisa mengakses promo dari kartu kredit.

Minimal Belanja

Minimum belanja adalah bagian dari syarat dan ketentuan yang biasanya diajukan oleh merchant kartu kredit. Ada beberapa ketentuan, misalnya kamu bakal mendapatkan diskon sekian persen setelah belanja minimal berapa ratus ribu. Perhitungkan dengan matang apakah ini akan menguntungkanmu atau tidak. Sebab jika kamu hanya beli sedikit, keuntungannya tak sepadan dengan uang yang kamu keluarkan.

Maksimal Cashback

Terkadang ada beberapa bahasa marketing yang membingungkan, hingga kita enggak sadar, berapa jumlah maksimal cashback yang diberikan. Rata-rata setiap perusahaan memberikan maksimal cashback. Artinya jika jumlah belanja kamu sudah maksimal,  mereka hanya akan memberikan maksimal cashback saja, dan tidak akan bertambah meskipun kamu belanja lebih banyak.

Jenis cashback seperti ini harus kamu waspadai. Sebab semakin banyak belanjaanmu, cashback atau uang kembali tetap sama.

Memilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Jenis kartu kredit mana yang bakal kamu ambil untuk mendapatkan promo dan diskon berlimpah dari merchant? Hal yang perlu kamu tahu, kartu kredit gold dan platinum merupakan kartu kredit premium yang menawarkan limit atau pagu kredit yang tinggi dan berbagai manfaat eksklusif tambahan seperti airport lounge, garansi produk dengan masa yang lebih panjang, dan asuransi kecelakaan saat melakukan perjalanan. Tentunya segala fasilitas tambahan di sini dapat diperoleh dengan membayar biaya tahunan yang lebih tinggi dan kadang tingkat bunga yang lebih tinggi pula.

Jika kamu memiliki pendapatan yang tinggi, pengusaha, dan juga sering melakukan perjalanan terutama dengan pesawat, maka kartu kredit jenis gold atau platinum akan cocok bagi kamu. Jika tidak, maka sebaiknya kamu memilih kartu kredit jenis classic, sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah fasilitas tambahan seperti akses ATM di seluruh dunia, asuransi perjalanan, asuransi pembayaran tagihan kartu kredit (credit shield), dan juga fasilitas ruang tunggu eksekutif (executive lounge) di berbagai tempat. Jika kamu membutuhkan atau sering menggunakan fasilitas-fasilitas tambahan tersebut, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk memilih kartu kredit yang menawarkannya.

Jangan lupa, kamu perlu pertimbangkan juga dalam memilih kartu kredit adalah latar belakang bank penerbit kartu kredit tersebut. Jika bank tersebut memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik, maka kam pun bakal merasa lebih aman dan nyaman sementara keuntungan dalam menggunakan kartu kredit pun juga lebih besar. Pastikan juga jangkauannya luas, sehingga kamu pun jadi punya banyak manfaat setelah mendapatkan kartu kredit ini.

(Baca Juga: Promo Cashback Kartu Kredit)

Perhatikan juga layanan yang diberikan oleh kartu kredit terkait. Setiap lembaga jasa keuangan biasanya memiliki layanan konsumen tersendiri untuk mengatasi keluhan pelanggan. Pastikan bank yang menerbitkan kartu kreditmu juga memiliki layanan yang baik. Hal ini akan berimbas pada kemudahanmu bertransaksi menggunakan kartu kredit ke depannya .

Demikian beberapa manfaat promo kartu kredit di awal tahun. Untuk mengetahui jenis promo yang kamu inginkan, kamu bisa memanfaatkan fitur filter promo, saat mengunjungi website bank yang menerbitkan kartu kreditmu. Jika kesulitan, kamu juga bisa menanyakannya kepada layanan konsumen untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Memiliki kartu kredit bisa memberimu banyak keuntungan, jika kamu mengetahui promo yang diberikan kartu kreditmu sejak awal tahun. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas dengan memanfaatkan promo yang ada di kartu kredit. Merencanakan anggaran keuanganmu pun jadi lebih mudah dan terencana.

Masih belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan kebutuhan kartu kreditmu di Cek Aja dan dapatkan penawaran terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

Tentang Penulis