Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

5 Kartu Kredit Terbaik Untuk Pengusaha, Yuk Simak!

by Gesti Weningtyas on 4 Februari, 2020

Kartu kredit terbaik untuk pengusaha mestinya memiliki berbagai fasilitas yang menunjang. Bila kamu telah memutuskan untuk menjadi pengusaha, maka kamu perlu mencari kartu kredit dengan ragam fasilitas sesuai dengan kebutuhanmu.

5 Kartu Kredit Terbaik Untuk Pengusaha, Yuk Simak!

Beberapa lembaga jasa keuangan, yakni bank, telah mengeluarkan kartu kredit yang bakal menunjang kebutuhan pebisnis. Hal ini termasuk berbagai fasilitas dan layanan yang hanya bisa diakses bagi para pemegang kartu kredit tersebut.

Ada beberapa pilihan kartu kredit terbaik untuk pengusaha yang bisa kamu pilih, untuk semakin menunjang bisnis. Beberapa fasilitas diantaranya seperti limit yang cukup besar, kemudahan tarik tunai dan cashback perlu kamu pertimbangkan ketika memilih kartu kredit untuk menunjang bisnis.

Berikut ini beberapa pilihan kartu kredit terbaik untuk para pengusaha:

1. BCA Smartcash

Kartu BCA Smartcash yang membantu permodalan kerja dalam menjalankan bisnis dengan mudah. Sederet benefit yang bisa kamu dapatkan dengan kartu BCA Smartcash adalah fasilitas kredit tanpa agunan, pemakaian fleksibel, tagihan bulanan dengan pembayaran minimal sebesar 10% dari total saldo tagihan baru setiap bulan, bunga kompetitif dan kemudahan transaksi dengan jaringan BCA. Kamu bisa melakukan penarikan (cash advance) di ATM dan cabang BCA tanpa biaya tarik tunai dengan suku bunga cash advance dan suku bunga retail rendah sebesar 1.8% per bulan tanpa grace period.

Kabar gembiranya, Mulai tanggal 5 Februari 2020 kamu bisa menikmati grace period untuk transaksi retail hingga 45 hari tanpa bunga. Kalau kamu melakukan pembayaran minimum atau sebagian, suku bunga retail yang berlaku adalah 2.25% per bulan efektif.

Kamu juga dapat menggunakan Kartu BCA Smartcash untuk membayar kebutuhan bisnis dengan lebih fleksibel melalui fitur Cicilan BCA. Selain itu, untuk mendukung operasional bisnis kamu, kartu BCA Smartcash bisa dipakai untuk membayar semua tagihan rutin melalui fasilitas Autopay BCA, seperti tagihan listrik, telepon, handphone, internet, asuransi, ataupun TV berbayar. Lalu ada juga fitur transaksi online melalui Klikpay BCA.

Keunggulan BCA Smartcash

– Fasilitas Kredit Tanpa Agunan

Untuk memiliki kartu BCA Smartcash, Kamu dibebaskan dari agunan apapun.

– Pemakaian Dan Pengembalian Fleksibel

Kamu dapat melakukan penarikan tunai kapan saja Kamu Butuhkan dan transfer dana ke rekening BCA secara instan. Pengembalian minimal sebesar 10% dari total saldo tagihan baru Kamu setiap bulannya.

– Bebas Biaya Administrasi Dan Provisi

Kartu BCA Smartcash Kamu Bebas biaya administrasi proses permohonan kredit, provisi dan penarikan tunai.

– Bunga Kompetitif Dan Dihitung Harian

Nikmati penawaran terbaik dengan bunga kompetitif dari Kartu BCA Smartcash untuk bisnismu.

Untuk menikmati keleluasaan bisnis dengan BCA Smartcash, Kamu hanya perlu memenuhi beberapa ketentuan di bawah ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  2. Usia Minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun.
  3. Omset bisnis  per bulan mencapai minimal Rp30.000.000,- dan telah menjalankan usaha minimal dua tahun.

Melengkapi dokumen yang diperlukan sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP / Paspor
  • Fotokopi Rekening Tabungan / Giro 3 bulan terakhir    
  • Fotokopi Surat Izin Praktek                     
  • Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan, SIUP, TDP & NPWP        
  • Fotokopi Rekening Kartu Kredit 3 bulan terakhir (apabila tersedia)
  • NPWP wajib dilampirkan, jika kredit limit yang disetujui adalah ≥ Rp 50 juta
2. Kartu Kredit Standard Chartered Visa Business Card Platinum

Kartu Kredit Standard Chartered Visa Business Card Platinum memberikan fasilitas tarik tunai sampai dengan 50% dari limit yang diberikan. Dapatkan 3 kali lipat Reward points untuk setiap transaksi sebesar Rp 10.000 dengan transaksi bulanan lebih dari Rp 10 juta Untuk transaksi kurang dari Rp 10 juta hanya mendapatkan 1 poin.

  • Bunga Transaksi Ritel
  • 26.95% per tahun
  • Iuran Tahunan
  • Kartu Utama: Rp750.000,-/tahun
  • Kartu Tambahan: Rp375.000.-/tahun

Kamu juga bisa mendapatkan gratis iuran tahunan pada satu tahun pertama (Syarat & ketentuan berlaku). Untuk biaya tarik tunai sebesar 6% atau Rp100.000 (mana yang lebih besar). Minimum Pembayaran per Bulan 10% dari tagihan atau Rp50.000.

Menariknya, pemegang kartu Kartu Kredit Standard Chartered Visa Business Card Platinum ini juga bisa menikmati cashback sebesar 5% untuk transaksi perjalanan Kamu jika menggunakan Platinum Business Card dengan maksimum transaksi perjalanan sebesar Rp 2 juta per bulan.

Buat kamu yang ingin mengajukan Kartu Kredit Standard Chartered Visa Business Card Platinum, berikut ini persyaratan utama usia dan minimal penghasilan:

  • Kartu Kredit Utama Berumur 21 – 65 tahun
  • Kartu Kredit Tambahan Berumur 17 – 70 tahun
  • Penghasilan Minimum Rp 12 juta
3. Mandiri Distribution Card

Kartu kredit Mandiri Distribution Card khusus bagi kamu yang mempunyai bisnis di bidang retail. Kartu yang dilengkapi dengan fitur Visa Distribution yang akan membantumu untuk terhubung dengan agen distributor di seluruh Asia, Amerika dan beberapa negara lainnya.

Fitur Utama Kartu Kredit Mandiri Distribution Card

Cicilan ringan dengan tenor hingga 12 bulan dengan bunga ringan 0.99% per bulan

Setiap transaksi senilai Rp 2.500.- dapatkan double Mandiri Power Point untuk Kamu sebagai seorang distributor atau reseller

Fasilitas Kartu Kredit Mandiri

Kartu Kredit Bank Mandiri memiliki berbagai fitur dan manfaat yang dapat Kamu gunakan, antara lain adalah:

International Visa/Mastercard Support:
  • Kartu kredit Mandiri dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai tempat usaha berlogo Visa/Mastercard di seluruh dunia.
  • Nikmati fasilitas pembayaran tagihan minimum sebesar 10% dari total tagihan bulanan atau Rp 50.000.- (mana yang lebih besar)
  • Bank Mandiri memberikan limit kredit yang kompetitif yaitu sebesar Rp 40 juta
  • Lakukan tarik tunai dengan aman di berbagai ATM berlogo Visa/Mastercard di seluruh dunia
  • Lindungi ahli waris Kamu dari kewajiban melunasi seluruh tagihan bila pemegang kartu meninggal dunia/cacat total tetap
  • Fasilitas pengisian pulsa (top up) dari berbagai operator handphone secara otomatis melalui kartu kredit Anda
  • Dapatkan dana tunai dari kartu kredit Mandiri Kamu dengan mencicil sampai 12 kali dengan bunga yang ringan
  • Dapatkan fasilitas pembelian barang dengan cicilan ringan hingga 12 bulan dengan bunga 0% (selama program berlaku)

Iuran tahunan kartu kredit ini yakni Rp 500.000 dengan minimal pembayaran setiap bulan Rp50.000 atau 10% dari jumlah total tagihan. Kamu bakal mendapatkan denda keterlambatan pembayaran Rp150.000 atau 3% dari jumlah total tagihan.

Buat kamu yang ingin mengajukan Kartu Kredit Mandiri Distribution Card, berikut ini persyaratan umumnya:

  • Minimal pendapatan bulanan Rp 10.000.000
  • Usia minimal pemegang kartu utama 21 tahun
  • Usia maksimal pemegang kartu utama 65 tahun

4. Bukopin Business Diamond

Kamu yang ingin mendapatkan beberapa fasilitas terbaik dari Bukopin, bisa menggunakan Kartu kredit Bukopin Business Diamond. Pasalnya, Kartu Kredit Bukopin Business Diamond Card memiliki berbagai fitur utama yang menarik seperti :

  • Fasilitas cicilan murah, yakni hanya 0% selama 12 bulan untuk transaksi belanja dari merchant pilihan Bank Bukopin
  • Bunga cicilan 2,90% setiap melakukan transaksi atau berbelanja dengan menggunakan kartu kredit.
  • Tukarkan poin Kamu dengan mileage dari GFF. KrisFlyer, atau Airasia BIG Point

Setiap transaksi belanja, Kamu juga akan mendapatkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback dari belanja dan perjalanan seperti Cashback 10% untuk transaksi Overseas, E-Commerce, Hotel, Weekend Department Store & Supermarket. Juga Cashback 10% untuk transaksi SPBU di Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kamu juga akan menikmati gratis pembayaran iuran tahunan untuk 3 tahun pertama

5. Danamon Corporate American Express

Kartu kredit Danamon Corporate American Express  menawarkan fasilitas yang diberi nama dengan Central Billing Account dengan fitur yang akan memudahkan kita dalam mengatur alur kas keuangan perusahaan. Selain itu point reward yang diberikan juga lebih besar yaitu 5 kali poin rewards.

Kartu Corporate Danamon American Express menyediakan solusi lengkap yang dirancang khusus untuk kebutuhan perusahaan dengan berbagai skala. Kendalikan pengeluaran perusahaan Kamu dan maksimalkan penghematan bagi perusahaan.

Kamu bisa mengontrol penghematan yang signifikan untuk bisnis dengan meningkatkan proses dan perbaikan serta efisiensi dalam pengolahan keseluruhan klaim biaya.

(Baca Juga: Jenis Kartu Kredit untuk Travelling, yang Wajib Dimiliki Sebelum Liburan!)

Selain itu, kamu pun bisa menciptakan lingkungan yang lebih terstruktur, terkelola dan terkendali untuk mengurangi kesempatan bagi potensi penyalahgunaan aset perusahaan. Temukan solusi yang mempersingkat setiap langkah dari proses pembelian, mulai dari pencarian, pembelian hingga penagihan, serta pembayaran dan rekonsiliasi dengan Central Billing Account.

Manajemen biaya yang profesional didedikasikan untuk membantu mengoptimalkan Program Kartu Corporate. Menyediakan alat yang mudah digunakan dan proses yang mudah untuk pengguna dan program administrator sehingga memungkinkan mereka untuk mengalokasikan waktu yang berharga untuk kegiatan bisnis utama.

Kartu kredit ini juga menyediakan berbagai hadiah dan layanan bagi Pemegang Kartu untuk memenuhi kebutuhan semua karyawan kamu, mulai dari yang sering bepergian di domestik hingga yang sering bepergian ke mancanegara.

Pemegang kartu akan mendapat poin Membership Rewards untuk pembelanjaannya dengan Kartu Corporate dan mereka dapat menukarkan poin tersebut untuk berbagai hadiah menarik untuk bepergian, berbelanja, bersantap dan hiburan.

Bila tiket perjalanan dibebankan pada Kartu Corporate, Pemegang Kartu secara otomatis dapat menikmati perlindungan yang komprehensif.

Hal yang harus di perhatikan saat mengajukan kartu kredit

Itulah beberapa pilihan kartu kredit terbaik bagi para pengusaha yang bisa kamu pilih. Namun selain memilih kartu kredit yang sesuai, pertimbangkan juga beberapa hal berikut ini sebelum mengajukan kartu kredit untuk mengembangkan bisnismu:

Limit

Kartu kredit dengan limit besar bisa menjadi sumber pendanaan yang cukup bagi para pengusaha. Kamu bisa menggunakan fasilitas tarik tunai untuk mendapatkan tambahan modal atau menggunakan kartu untuk membayar keperluan usaha. Kamu pun harus tahu, besarnya limit akan bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bank. Biasanya beberapa faktor pertimbangan adalah:  pola penggunaan kartu kredit, pola pembayaran, jumlah pemakaian, dan saldo hutang.

Cash Advance

Fitur  cash advance dapat dimanfaatkan kapan saja untuk memperoleh suntikan dana bagi bisnismu. Besar penarikan tunai per hari mencapai 50% dari limit kartu. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk tambahan modal usaha lainnya. Untuk itu, pastikan sejak awal fitur penarikan tunai besar. Ada beberapa bank yang memberikan persentase penarikan tunai hingga mencapai 50%.

Namun kebanyakan bank hanya memberikan persentase penarikan tunai sebesar 20% saja. Jika Kamu hanya memiliki persentase penarikan tunai sebesar 20% saja, maka dana yang bisa ditarik juga relatif sangat kecil. Jadi, limit besar tidak selalu berbanding lurus dengan penarikan tunai yang besar pula. Untuk itu, memastikan fitur ini di awal saat kamu akan mengajukan kartu kredit adalah hal yang wajib dilakukan.

Tak hanya tarik tunai, kartu kredit bisnis biasanya menawarkan fasilitas cicilan hingga 0% untuk memudahkan pengembalian pinjaman. Jangka waktu yang diberikan pun cukup beragam dan panjang, mulai dari 3, 6, 9, 12, 24 hingga 36 bulan.

Cashback

Kartu kredit yang memiliki program cashback, akan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, terutama jika kartu kredit tersebut sering digunakan pada tempat-tempat tertentu yang memiliki program cashback dengan bank penerbit kartu tersebut. Kamu pun bisa menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan keuntungan cashback ini.

Selain cashback, perhatikan juga poin rewards yang bakal diberikan tiap bank penerbit kartu kredit. Sebab beberapa kartu kredit memiliki program ini, poin rewards kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Demikian beberapa jenis kartu kredit terbaik untuk pengusaha. Apabila kamu ingin mengembangkan bisnis dengan memiliki kartu kredit, segera pilih kartu kredit dengan penawaran terbaik di Cek Aja.

Tentang Penulis