Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

CC Kamu Over Limit? Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

by Gesti Weningtyas on 13 February, 2020

Limit kartu kredit adalah angka batas maksimal yang bisa kamu gunakan saat bertransaksi dengan kartu kredit. Ketika menggunakan kartu kredit terkadang banyak kebutuhan atau hal yang mungkin harus dibeli hingga kamu membutuhkan lebih banyak lagi dana. Saat tiba limit kartu kredit itu, kamu jadi tidak bisa menggunakan kartu kredit lagi alias mengalami overlimit. Ketika over limit biasanya solusi untuk mendapatkan dana dengan cepat dari kartu kredit adalah dengan menaikkan limit kartu kredit tersebut.

CC Kamu Overlimit? Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Namun, jika kamu memang benar-benar ingin menaikkan limit kartu kredit mu sebaiknya jangan menunggu hingga kartu kredit mengalami over limit. Sebab kamu akan dikenakan biaya overlimit sebesar 5% dari total kelebihan transaksi atau minimal Rp50 ribu. Oleh karena itu, pastikan kamu mengajukan naik limit kartu ketika kamu sudah maksimal menggunakan kartu kredit.

Biasanya, setiap bank memiliki limit kartu kredit tersendiri. Jumlah limit kartu kredit tergantung dari jenis kartu kredit. ada beberapa kartu kredit yang memberikan limit 10 juta 15 juta 25 juta bahkan hingga puluhan juta.

Jika kamu memang membutuhkan tambahan dana, maka pertimbangkan dengan bijak apakah kamu memang harus menaikkan limit kartu kredit. Sebab, tidak semua naik limit kartu kredit yang diajukan akan diterima oleh bank. Bank yang menerbitkan kartu kredit tetap akan meninjau terlebih dahulu, apakah kamu layak untuk mendapatkan kenaikan limit kartu kredit.

Meski demikian Jika kamu masih membutuhkan dana yang lebih kamu masih bisa menaikkan limit kartu kreditnya dengan beberapa cara berikut ini.

Menghubungi Call Center Bank yang Menerbitkan Kartu Kredit

Jika limit kartu kredit sudah maksimal, dan kamu ingin menaikkan limit kartu kredit, maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi call center Bank penerbit kartu kredit milikmu. Setelah itu, kamu bisa menyampaikan kepada customer service perihal menaikkan limit kartu kredit.

Biasanya kamu akan diminta untuk menyiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan menaikkan limit kartu kredit. Beberapa dokumen persyaratan tersebut yaitu KTP, NPWP, SIUP bagi kamu yang bukan pegawai, sedangkan kamu yang merupakan pegawai wajib melampirkan rekening koran, slip gaji, jangan lupa sertakan juga surat pernyataan untuk menaikkan limit kartu kredit.

Selain itu pihak bank juga akan menanyakan alasan mengapa kamu harus menaikkan limit kartu kredit. Akan lebih baik jika kamu menjawab pertanyaan dari customer service bank dengan apa adanya. Misalnya, kamu membutuhkan dana yang lebih untuk tambahan modal usaha atau keperluan lainnya. Setelah itu kamu bisa mengirimkan dokumen persyaratan ke alamat bank yang dituju yaitu bank yang menerbitkan kartu kredit.

Kamu hanya perlu menunggu proses dari bank yang bersangkutan titik sebab, bank juga akan melakukan berbagai penilaian untuk memberikan keputusan apakah naik limit kartu kredit akan disetujui atau tidak. Proses persetujuan naik limit kartu kredit ini biasanya berlangsung beberapa hari.

Ajukan Naik Limit Kartu Kredit Lewat Aplikasi

Beberapa bank penerbit kartu kredit memiliki aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan naik limit kartu. Dengan demikian, kamu tidak harus menelpon atau menghubungi call center melainkan hanya lewat aplikasi saja di ponselmu untuk minta naik limit kartu kredit. Syarat dan beberapa dokumen yang harus diberikan biasanya sama seperti jika kamu menghubungi call center bank.

Meskipun melalui aplikasi, Bank akan tetap melakukan penilaian terhadap kebiasaanmu bertransaksi hingga rasio utang kredit, dan berbagai penilaian lainnya untuk melihat apakah kamu benar-benar layak diberikan naik limit kartu kredit.

Manfaat Menaikkan Limit Kartu Kredit

Belum banyak orang yang tahu bahwa menaikkan limit kredit ternyata memiliki beberapa manfaat. Di antaranya kamu bisa mendapatkan promo yang lebih besar. Pasalnya dengan limit kartu yang lebih besar pastinya kesempatan mendapatkan promo lainnya akan lebih tinggi juga. Nah, promo yang kamu dapatkan dari menaikkan limit kartu kredit ini cuma kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Tak jarang, promo yang memanjakan ini berupa diskon travelling hingga promo harga makan di restoran dan berbagai merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit. Meskipun demikian, kamu harus ingat jika menggunakan kartu kredit ini, mesti sebijak mungkin. Jangan sampai kamu jadi tergoda untuk semakin konsumtif hanya karena promo yang melimpah. Sebaliknya manfaatkan promo sesuai dengan kebutuhanmu sehingga dompet tak gampang jebol di awal bulan.

Pengeluaran yang semakin besar juga membuat kamu akhirnya harus menaikkan limit kartu kredit, namun ini lebih baik ketimbang kamu mengalami over limit. Daripada membayar biaya overlimit kamu bisa lebih nyaman bertransaksi setelah kartu limit kartu kredit dinaikkan. Sehingga, kamu akan lebih mudah bertransaksi nantinya.

(Baca Juga: Mengaktifkan Kembali Kartu Kredit, Begini Caranya)

Sebelum memastikan jumlah nominal naik limit kartu kredit, kamu juga perlu memastikan jumlahnya sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai, setelah kamu menaikkan limit kartu kamu malah tidak bisa membayarkan tagihan Kartu Kredit.tentunya hal ini akan memberikan efek yang buruk pada namamu yang tercatat di sistem layanan informasi keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan.

Jika kamu sudah memiliki rekam jejak yang buruk maka kamu bisa kesulitan mengajukan kredit atau pinjaman di perbankan di masa yang akan datang. akhirnya kamu jadi kehilangan trust atau kepercayaan dari perbankan. Sebab, tentunya bank akan lebih berhati-hati dalam menilai setiap nasabah yang akan mengajukan pinjaman dan kredit. jadi, pertimbangkanlah keputusanmu dengan bijak dan hati-hati rencanakan keuanganmu dengan sedetail mungkin Pastikan semua sudah sesuai dengan kebutuhan bukannya menuruti keinginan konsumtif saja.

Agar Naik Limit Kartu Kredit Disetujui

Supaya naik limit kartu kredit disetujui maka sebaiknya mulai dari sekarang kamu mulai mempersiapkan beberapa hal. Sebab bank akan memberikan penilaian apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan naik limit kartu kredit. Untuk itu simak beberapa tips berikut ini agar naik limit kartu kredit disetujui oleh bank.

1. Aktif menggunakan kartu kredit

sebaiknya kamu bertransaksi secara aktif dengan menggunakan kartu kredit mu titik akan lebih baik lagi jika kamu sudah bertransaksi dengan kartu kredit tersebut selama 1 tahun. dengan demikian bang tentu akan menilai kamu sebagai nasabah yang aktif dan bisa dipercaya dengan melihat tagihan mu yang dibayarkan secara rutin dalam 1 tahun terakhir tentunya ini akan menjadi pertimbangan khusus bagi pihak bank.

2. Tertib Membayar Tagihan

Pastikan kamu selalu tertib membayar tagihan Kartu Kredit setiap bulan. Dengan melihat kebiasaan baikmu ini tentu bank akan memberikan persetujuan sebab kamu adalah nasabah yang potensial dan memiliki karakter yang baik. Untuk itu, gunakan kartu kredit sebijak mungkin. Sehingga kamu memiliki riwayat yang baik dalam menggunakan kartu kredit.

3. Alamat Rumah Tetap

Domisili yang tetap dan tidak berpindah-pindah akan memberikan pengaruh juga terhadap persetujuan naik limit kartu kredit. Jadi, Jika kamu sudah memiliki tempat tinggal yang tetap atau alamat rumah yang tidak akan berganti kamu bisa melakukan update atau merubah data ke bank yang bersangkutan. hal ini tentunya akan memberikan kemudahan pada bank apabila suatu saat akan terjadi gagal bayar sehingga bank pun tahu akan mencarimu ke mana.

4. Total Rasio Utang

Rasio utang akan menjadi pertimbangan bagi bank untuk memberikan persetujuan. Artinya, kalau kamu memiliki hutang yang banyak alias tunggakan yang besar, maka bank akan memberikan pertimbangan untuk naik limit kartu kredit. Apalagi jika kamu dinilai mampu untuk untuk membayarkan tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Sehingga, kalau penghasilanmu naik, kamu juga punya potensi lebih besar untuk mendapatkan persetujuan naik limit kartu kredit. Biasanya, penghasilan yang naik akan membuat pengeluaranmu jadi ikut naik juga. Ini karena kebutuhanmu kian meningkat, atau gaya hidupmu yang bergeser.

Tentu saja tak masalah jika kamu memiliki gaya hidup yang lebih konsumtif, asalkan kamu mampu membayar dan memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan per bulan. Sehingga dompetmu tak kebobolan di akhir bulan. Karena itu, pengeluaran yang bersifat konsumtif mesti dipikirkan terlebih dahulu. Sebaiknya penuhi kebutuhan utamamu sebelum belanja hal yang bukan prioritas.

Ajukan Kartu Kredit

Kamu juga bisa mengajukan kartu kredit lagi di bank lain yang memberikan limit di atas kartu kredit mu saat ini.  Sebelum menentukan kartu kredit mana yang akan kamu pilih pastikan kamu mampu membayar tagihan setiap bulannya.

Karena dengan memiliki 2 kartu kredit, artinya limit kartu kredit juga lebih besar dari sebelumnya. Kamu juga bisa mendapatkan promo lainnya dari kartu kredit dari bank yang berbeda. Memanfaatkan dua promo dari dua kartu kredit, tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri.

Jika limit kartu kredit yang sebelumnya hanya Rp 10 juta, maka kamu bisa mengajukan kartu kredit lagi dengan limit yang lebih besar. Kamu bisa membuat perkiraan biaya pengeluaran karena telah memiliki perencanaan keuangan dari pemakaian transaksi kartu kredit yang terdahulu.

Jika kamu bijak, maka pengeluaran bulanan juga lebih hemat. jadi kamu harus memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk memanfaatkan promo dari kartu kredit. Jika kamu sudah mantap untuk menambahkan limit kartu kredit maka pastikan kamu menambahkan limit kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Jangan tergoda untuk memenuhi tuntutan gaya hidup hanya karena ingin membeli berbagai kebutuhan konsumtif saja.

(Baca Juga: Pengertian CVV atau CVC Kartu Kredit Agar Selalu Aman Bertransaksi)

Bagi kamu yang ingin mengajukan kembali kartu kredit, kamu bisa segera mencari dan membandingkan berbagai macam jenis kartu kredit dari bank ternama di Indonesia. Pilih jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Cara menaikkan limit kartu kredit sebenarnya cukup mudah jika kamu sudah memiliki perencanaan yang tepat untuk keuanganmu yang lebih sehat. Tentunya hanya kamu yang bisa memastikan jumlah limit kredit yang akan ditambahkan. Pertimbangkan dengan kebutuhan pokok yang harus kamu keluarkan terlebih dahulu, baru kemudian naik limit kartu kredit bisa kamu lakukan dengan tenang.

Setelah mempertimbangkan dengan matang, kamu juga harus bersiap dengan segala tanggung jawab setelah naik limit kartu kredit seperti membayar tagihan tepat waktu dan memberikan informasi yang jujur kepada bank yang menerbitkan kartu kredit. Jangan sampai salah mengambil keputusan yang hanya akan menyulitkanmu di kemudian hari. Sebab, menaikkan limit kartu kredit bukan hal yang mudah jika kamu memiliki komitmen untuk menggunakan kartu kredit dengan penuh tanggung jawab.

Tentang Penulis