Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit BCA Saat Kamu Butuh Dana Mendesak

by Teti Purwanti on 14 February, 2020

Terkadang kita membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan secara mendesak. Namun, untuk mendapatkan dana tunai secara cepat tentu tidak mudah karena untuk mengajukan pinjaman ke bank pasti membutuhkan waktu. Namun, ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan dana tunai secara instan yang bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan melakukan tarik tunai dengan kartu kredit.

cara tarik tunai dengan kartu kredit BCA

Salah satu bank yang memiliki fasilitas penarikan dana tunai dari kartu kredit adalah Bank Central Asia (BCA). Bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Asia Tenggara dengan market cap USD46,017 miliar tersebut bisa diandalkan untuk mendapatkan dana tunai secara cepat.

Bagi pemegang kartu kredit BCA yang membutuhkan dana tunai dan masih memiliki limit kredit yang utuh, tarik tunai menggunakan kartu kredit bisa menjadi alternatif termudah untuk memperoleh pendanaan dalam jumlah yang besar.

Namun, penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit harus dilakukan dengan bijak dengan mempertimbangkan kondisi keuangan. Berikut ini hal yang perlu diketahui terkait cara tarik tunai dengan kartu kredit BCA:

Ada biaya 4% pada setiap penarikan

Menarik dana tunai menggunakan kartu kredit memang mudah, namun ada beban biaya 4% atau minimal Rp40 ribu dari total uang yang ditarik menggunakan kartu kredit BCA.

Biaya 4% dari jumlah penarikan tersebut berlaku untuk kartu kredit BCA Visa ataupun Master Card. Beban biaya tersebut sama saja apabila penarikan juga dilakukan di luar negeri.

Jumlah Penarikan maksimal 40% dari total limit kartu

Jumlah uang yang bisa ditarik menggunakan kartu kredit BCA maksimal hanya 40% dari total limit kredit yang masih tersedia pada kartu tersebut. Apabila kamu memiliki kartu kredit BCA dengan limit Rp10 juta, maka maksimal dana tunai yang bisa ditarik melalui mesin ATM menggunakan kartu kredit hanya Rp4 juta saja.

Penarikan tunai dilakukan melalui ATM

Penarikan dana tunai menggunakan kartu kredit BCA bisa dilakukan melalui mesin ATM BCA yang banyak tersebar di berbagai tempat, baik pusat belanja, perkantoran, ataupun di banyak lokasi lainnya.

Secara total hingga September BCA memiliki 16.965 mesin ATM yang terdiri dari 6.888 ATM tarik tunai dan setor dana (Cash Recycling Machine/CRM), 9.577 ATM tarik tunai, dan 600 ATM nontunai.

Apabila kamu ingin mengambil dana tunai menggunakan kartu kredit BCA, hal yang perlu dilakukan sangat mudah, antara lain:

Saat pelunasan juga harus bayar biaya bunga

Walaupun mudah, namun tarik tunai dengan kartu kredit BCA perlu dilakukan dengan bijak.

Selain harus membayar biaya tarik tunai yang sebesar 4% atau minimal Rp40 ribu, nasabah juga harus membayar besaran bunga yang dipatok sama dengan besaran bunga cicilan kartu kredit sebesar 2,25%.

Oleh karena itu, apabila tidak terlalu mendesak, usahakan untuk tidak menarik dana tunai menggunakan kartu kredit.

Pertimbangan lain yang harus dipikirkan saat ingin menarik dana tunai menggunakan kartu kredit BCA adalah pembayaran uang yang telah ditarik tidak bisa dilakukan dengan cara mencicil, sehingga harus dikembalikan seluruhnya ditambah dengan biaya penarikan dan bunga.

Sebagai estimasi, apabila kamu menarik uang Rp1 juta menggunakan kartu kredit BCA, maka uang yang harus dikembalikan sebesar Rp1 juta + 4% biaya penarikan + 2,25% bunga kredit = Rp1.062.500.

Apabila kamu menunggak pembayarannya, maka sama saja dengan memperbesar bunga yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, jangan sampai telat membayar uang yang telah ditarik tunai menggunakan kartu kredit.

Amat sangat disarankan untuk memanfaatkan fasilitas tarik tunai dengan kartu kredit BCA hanya pada saat kondisi yang benar-benar darurat saja ya, agar tidak tekor pada saat pembayaran tagihan nanti.

Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA

BCA memiliki berbagai jenis kartu kredit yang bisa diajukan oleh nasabah. BCA juga memiliki jenis kartu kredit dengan limit besar minimal Rp 10 juta rupiah.

Bagi kamu yang membutuhkan kartu kredit BCA dengan limit besar, berikut ini adalah jenis-jenis kartu kredit yang bisa diajukan:

BCA Lifestyle Visa Batman

Kartu kredit ini memiliki ciri khas berupa simbol Batman sesuai dengan namanya dengan kartu berwarna dasar silver. Limit kredit pada kartu ini sebesar Rp14 juta per bulan dengan bunga berlaku 2,25 persen.

Kartu ini adalah kartu keluaran Visa sehingga bisa dipakai untuk transaksi di seluruh dunia. Untuk bisa memiliki kartu ini, minimal gaji yang harus dimiliki nasabah adalah sebesar Rp5 juta per bulan.

Selain itu, iuran tahunan penggunaan kartu ini sebesar Rp125 ribu per tahun dengan biaya tahunan kartu tambahan sebesar Rp100 ribu per tahun. Pembayaran minimum kredit pada kartu ini sebesar 10% dari total tagihan dengan biaya keterlambatan pembayaran tagihan sebesar 3% atau maksimal Rp150 ribu.

Untuk bisa mengajukan kepemilikan kartu ini, beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi antara lain:

Personal:

Pengusaha:

Profesional:

BCA Mastercard Gold

Kartu kredit BCA Mastercard ini sesuai namanya memiliki dominasi warna emas pada kartunya. Kartu kredit ini menawarkan limit kredit sekitar Rp19 juta per bulan dengan bunga 2,95%.

Untuk mengajukan kartu ini nasabah perlu memiliki gaji minimal Rp4 juta per bulan. Biaya iuran tahunan kartu ini sebesar Rp125 ribu per tahun dan untuk kartu tambahan sebesar Rp100 ribu per tahun.

Untuk pembayaran minimum, biaya keterlambatan pembayaran tagihan, maksimum penarikan tunai dan biaya penarikan tunai tidak berbeda dengan kartu BCA Lifestyle Visa Batman.

Persyaratan untuk memiliki kartu ini antara lain:

Personal

Pengusaha

Profesional

BCA Visa Gold

Kartu ini memiliki kemiripan dengan BCA MasterCard dengan warna kartu didominasi warna keemasan. Limit yang ditawarkan pun sama sekitar Rp19 juta per bulan dengan bunga 2,95%.

Minimal besaran gaji yang disyaratkan untuk bisa memiliki kartu kredit ini sebesar Rp 4 juta per bulan. Kemudian biaya iuran tahunannya sama dengan kartu BCA lainnya yakni Rp125 ribu per tahun dan Rp100 ribu per tahun untuk kartu tambahan. Biaya-biaya lainnya juga tidak berbeda dengan kartu BCA Mastercard Gold.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan kartu kredit jenis ini antara lain:

Personal

Pengusaha

Profesional

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan lebih jelas terkait jenis-jenis kartu kredit yang dimiliki BCA, nasabah bisa langsung menghubungi call center atau Halo BCA di nomor 1500-888.

Bijak menggunakan fasilitas tarik tunai dari kartu kredit

Berdasarkan penghitungan dan penjelasan mengenai tarik tunai dengan kartu kredit BCA, terlihat bahwa akumulasi bunga kartu kredit akan semakin tinggi bila ada keterlambatan selain itu juga ada biaya penarikan tunai.

Nasabah akan mengeluarkan uang lebih besar pada saat membayar uang yang telah ditariknya tersebut.

Pada dasarnya, penarikan tunai menggunakan kartu kredit adalah hal wajar dan sah-sah saja untuk dilakukan, selama nasabah memiliki rencana pengembalian utang ataupun pembayaran tagihan yang jelas sehingga bisa terhindar dari bunga yang mencekik.

Sebaiknya pula untuk menjadikan penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit sebagai opsi terakhir.

(Baca Juga: CC Kamu Over Limit? Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit)

Penggunaan tarik tunai dengan kartu kredit seringkali dilakukan pada saat keadaan mendesak.

Oleh karena itu, agar bisa meminimalisasi kemungkinan penggunaan kartu kredit untuk melakukan tarik tunai melalui ATM, kamu perlu memiliki alokasi dana darurat sekitar 20-30% dari penghasilan ke dalam dana darurat.

Dengan begitu, saat terjadi kondisi darurat, kamu bisa menggunakan tabungan dana darurat tersebut tanpa harus menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai.

Penghitungan matang untuk menggunakan setiap opsi pembiayaan yang ada jelas sangat penting agar tidak membebani keuangan kamu nantinya.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.