Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

7 Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Agar Terhindar Tagihan Tinggi

by Gesti Weningtyas on 14 Februari, 2020

Kartu kredit dengan segala kemudahan seringkali dianggap sebagai kartu sakti. Ya, kartu kredit memang sangat mudah digunakan, belum lagi promo yang begitu melimpah dari para merchant yang bekerjasama. Sehingga, banyak orang yang memanfaatkan segala transaksi dengan kartu kredit, dari kebutuhan pokok yang jadi prioritas rumah tangga, pengeluaran rutin bulanan, hingga kebutuhan untuk modal usaha. Jika tidak bijak dalam menggunakan kartu sakti ini, bukan tidak mungkin kita malah terperosok dalam jerat hutang yang membelit.

7 Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Agar Terhindar Tagihan Tinggi

Tentu tak ada salahnya jika kita hanya memanfaatkan berbagai promo menarik dan kemudahan lainnya dalam menggunakan kartu kredit, namun jangan sampai kita jadi tergoda untuk memenuhi hawa nafsu berbelanja barang yang diluar kebutuhan utama.

Menjaga Kepercayaan Bank

Jika kamu terbelit hutang kartu kredit mungkin tak serta merta kamu langsung berurusan dengan aparat kepolisian. Awalnya, kamu akan kehilangan kepercayaan dari Bank yang menerbitkan kartu kredit milikmu. Setelah itu, namamu juga akan tercatat pada Sistem Layanan Informasi yang ada pada Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga di masa yang akan datang, kamu tidak akan bisa mendapatkan pinjaman dari berbagai lembaga jasa keuangan.

Sedangkan tagihan, akan tetap menjadi hutang yang harus dibayarkan. Jadi, jangan kaget jika saat kamu telat bayar dari jatuh tempo lalu sewaktu-waktu kamu akan ditagih hingga mendapatkan surat peringatan.

Tentunya hal ini merupakan resiko yang sangat besar. Sebaiknya pertimbangkan jika kamu memang benar-benar menjaga nama baikmu. Jika memang kamu mengalami bangkrut atau kesulitan keuangan, kamu bisa mengajukan beberapa permohonan pada bank dan menjelaskan kondisimu secara jujur apa adanya. Hal ini lebih baik ketimbang kamu lari dan tidak mempertanggung jawabkan perbuatanmu.

Ketika gagal bayar terjadi, ada beberapa langkah yang diambil oleh bank terkait. Jadi, kamu bisa menunggu keputusan dari bank terlebih dahulu sebelum bertindak gegabah yang akan membuat namamu semakin buruk di dunia keuangan. Pastikan kamu mengetahui dengan baik produk kartu kredit yang akan kamu beli dan mengetahui dengan pasti berapa jumlah bunga, hingga tagihan yang akan berlaku.

Oleh sebab itu, sebelum sampai terjadi gagal bayar, kamu bisa mengetahui tips bijak menggunakan kartu kredit seperti berikut ini:

1. Hindari Over Limit

Kamu bisa saja menggunakan kartu kredit dengan maksimal, tapi usahakan jangan sampai over limit dan tagihan membengkak. Kamu harus mengetahui berapa jumlah limit kartu kredit dan transaksi apa saja yang kamu gunakan dalam beberapa minggu terakhir. Pastikan setiap transaksi selalu kamu pantau dan kamu ketahui dengan detail.

Jika memang kebutuhanmu kian hari makin bertambah, kamu bisa saja mengajukan naik limit kartu kredit ketimbang menggunakan kartu kredit mu hingga over limit. Karena jika sudah over limit kamu tidak bisa lagi menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, kamu juga akan dibebani biaya kelebihan penggunaan transaksi. Ajukan naik limit kartu kredit ketika hampir mencapai ambang batas. Cek selalu limit kartu kredit.

(Baca Juga: CC Kamu Over Limit? Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit)

Jika sudah membengkak dan hutangmu kian banyak, sementara tak ada uang untuk membayar, kamu bisa mudah frustasi. Hal ini akan berdampak pada kondisi fisikmu juga. Sehingga, menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah pilihan yang tepat Jika kamu memang ingin memiliki kartu kredit.

2. Bayar Tepat Waktu

Jika keuangan sedang yang tidak stabil dan membayar cicilan kartu kredit terasa berat maka minimal sebaiknya kamu harus bayar tagihan minimum dari kartu kredit mu. Jangan sampai kamu melewatkan pembayaran tagihan Kartu Kredit. sebab, jika kamu sampai melewatkan tanggal jatuh tempo maka denda dan bunga akan terus berjalan dan tagihan pun makin meningkat.

Namun, jika kamu memiliki dana yang cukup untuk membayar tagihan maka segera melunasi pembayaran tagihan Kartu Kredit. Sebab jika kamu melakukan pembayaran tagihan secara minimum terus-menerus bunganya akan bertambah. Tentu saja tagihan Kartu Kredit akan membengkak di kemudian hari. Dengan membayar lunas tagihan tepat waktu kamu akan terhindar dari tanggungan tagihan kartu kredit yang menumpuk.

Ingat tanggal jatuh tempo dengan seksama dan bayarlah tepat waktu. Sebab kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan berbagai transaksi seketika, jangan abaikan tanggal jatuh tempo begitu saja.

Membayar tagihan tepat waktu akan memberimu banyak manfaat. Diantaranya kamu akan lebih dipercaya sebagai nasabah potensial karena telah melakukan pembayaran dengan tertib. Selain itu, kamu juga akan memudahkan perencanaan keuangan sendiri dengan menghindarkan keuangan keluarga dari jerat kebiasaan konsumtif yang belum terhenti. Keuntungan lainnya adalah bebas dari denda kartu kredit jika terlambat membayar.

3. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Godaan terbesar dalam memiliki kartu kredit adalah menggunakannya untuk hal yang konsumtif di luar kebutuhan pokok. Apalagi dengan segudang cashback dan diskon yang melimpah.  Dalam hal ini kamu harus selalu jeli untuk bertransaksi. Sebisa mungkin hindari melakukan transaksi yang berlebihan yang akan membuat dompetmu jebol saat gajian tiba. Alhasil, uang gajian bisa habis hanya untuk membayar tagihan kartu kredit.

Kamu mungkin bisa memanfaatkan berbagai pilihan promo yang bekerjasama dengan kartu kredit. Namun tentu saja promo itu biasanya tidak berlangsung lama hingga bertahun-tahun. Sehingga kamu harus teliti dan rajin melihat berbagai promo yang ada di kartu kredit yang sekarang ini. Jangan sampai kamu malah rugi karena promo baru dan tidak bisa mengendalikan diri untuk menggunakan kartu kredit.

Jadi, tidak semua promo merchant kartu kredit harus kamu ambil atau kamu nikmati. Cukup gunakan beberapa promo yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Jangan memaksakan kehendak hanya karena harga jasa atau barang lebih murah dari biasanya. Sebab beberapa promoso memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang berlaku. Jadi, kita juga harus jeli dalam melihat jenis promo yang sedang berlangsung.

Terapkan pada pikiran, bahwa kartu kredit adalah bukan milik kita. Kartu kredit kita gunakan untuk berhutang alias meminjam uang. Dengan begini, mungkin kamu bakal lebih disiplin dalam mengelola uang dan membayar tagihan kartu kredit.

Berapa jumlah yang harus kamu gunakan dalam memakai kartu kredit? Hanya kamu yang bisa mengukur kemampuan finansial mu. Jadi, gunakan kartu kredit dengan hati-hati.

4. Pinjamkan Kartu Kredit ke Oranglain? No Way!

Agar transaksi bisa terukur dengan baik, maka hindari meminjamkan kartu kredit pada orang lain. Jangan ceroboh meletakkan kartu kredit sembarangan. Meski ini merupakan hal yang sepele, akan lebih baik jika kamu menyimpan kartu kredit dengan hati-hati.

Sebab kalau kartu kredit sudah digunakan untuk transaksi orang lain, namamu tetap menjadi orang yang akan ditagih. Meskipun segala transaksi yang dilakukan bukan atas sepengetahuanmu. Jadi, simpan kartu kredit dengan aman dan gunakan dengan penuh tanggung jawab.

Jika tidak digunakan, maka simpan kartu kredit dengan baik. Namun, jangan lupa untuk melakukan aktivasi kartu, agar kartu kredit tidak terblokir dan bisa kamu gunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

5. Buat Perencanaan Keuangan

Kamu bisa membuat perencanaan keuangan setiap bulan termasuk merencanakan pembayaran tagihan Kartu Kredit agar tidak terlewat dari jadwal jatuh tempo. Dalam membuat perencanaan keuangan, pastikan kamu membuat list jumlah anggaran wajib yang harus kamu keluarkan, berikut kartu kredit.

Kamu bisa membayar seluruh tagihan dalam satu pintu, misalnya lewat kartu kredit. Hal ini akan memudahkan dalam melakukan penghitungan perencanaan keuangan. Jadi, seluruh tagihanmu akan terinci dengan jelas.

Kamu juga bisa mencatat dan mengumpulkan struk pembelanjaan dari kartu kredit. Ini akan memberimu gambaran berapa jumlah uang yang telah kamu keluarkan dalam sebulan. Kemudian setelah itu, kamu bisa memastikan mana yang akan menjadi prioritas anggaran belanja atau yang bukan. Pilih dengan teliti kebutuhan dasar kita untuk sehari-hari maupun anggaran bulanan yang harus dikeluarkan. Atur keuanganmu dengan detail dan ketat untuk mencegah pengeluaran yang tak perlu. Karena terkadang saat kita menggunakan kartu kredit, banyak sekali yang ingin dibeli dan digunakan, karena kemudahannya yang begitu maksimal.

Nah, demikian itu merupakan beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit. Pastikan kamu sudah memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebab ada banyak sekali berbagai macam kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank terkait.

6. Hindari Punya Banyak Kartu Kredit

Sebaiknya jangan gunakan lebih dari dua kartu kredit agar keuangan tetap sehat. Terlalu banyak memiliki kartu kredit tidak membuat tambahan biaya lagi yang akan kamu keluarkan seperti iuran tahunan, hingga biaya lainnya.

Pikirkan kembali jika kamu mendapatkan tawaran pengajuan kartu kredit dari bank sama. Pertimbangkan dengan hati-hati, apakah lebih banyak manfaatnya, atau lebih banyak kerugiannya. Sebab, menggunakan kartu kredit terlalu banyak akan semakin menambah beban finansialmu.

Namun jika hal tersebut diimbangi dengan kemampuanmu, tentu sah sah saja. Kamu hanya perlu memastikan tagihan setiap bulan dengan jeli dan jangan sampai dompetmu jadi kebobolan karena memiliki lebih dari satu kartu kredit.

7. Jangan Tarik Tunai Pakai Kartu Kredit

Terlalu sering menarik dana tunai dari kartu kredit akan membuatmu terbebani bunga yang cukup tinggi. Sehingga kamu harus berhati-hati dengan penarikan tunai dengan kartu kredit. Lakukan tarik tunai apabila memang sangat diperlukan.

Beberapa orang yang menggunakan kartu kredit untuk bisnis dan modal usaha kadang melakukan tarik tunai dari kartu kredit. Jika memang diperlukan, pastikan jumlah dana yang kamu tarik memang sesuai dengan kebutuhan. Karena kalau terlalu sering, kamu akan terbebani bunga yang cukup tinggi. Jadi, pikirkan baik-baik jika kamu akan melakukan tarik tunai kartu kredit.

Ajukan Kartu Kredit

Belum memiliki kartu kredit? Kamu bisa mengajukannya di CekAja.com dengan syarat pengajuan yang mudah. Sebelum mengajukan kartu kredit, kamu bisa membandingkan masing-masing kartu kredit dari tiap bank yang menerbitkan kartu tersebut. Bahkan, kamu bisa melihat detail bunga, jumlah limit hingga cashback yang bakal kamu dapatkan jika menggunakan kartu kredit yang dimaksud.

Jika sudah mendapatkan pilihan kartu kredit yang sesuai, jangan lupa untuk menggunakannya dengan bijak dan hati-hati. Ingat, tagihan kartu kredit adalah hutang yang wajib kita bayarkan. Sehingga, menggunakan kartu kredit dengan bijak dan pintar adalah pilihan. Tentu semua kembali padamu, jika kamu ingin menggunakan kartu kredit sesuka hati tanpa perhitungan, kenali dulu resiko apa saja yang bakal kamu dapatkan jika kamu kesulitan membayar.

Tentang Penulis