Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Mengaktivasi Kartu Kredit BCA? Ini Cara Mudahnya!

by Teti Purwanti on 27 Februari, 2020

Penggunaan kartu kredit bagi masyarakat perkotaan kini sudah menjadi hal lazim karena menawarkan banyak kemudahan dan promo yang menguntungkan. Beragam jenis kartu kredit bisa dipilih oleh masyarakat. Salah satunya adalah kartu kredit dari Bank Central Asia (BCA).

mengaktivasi kartu kredit bca

Kartu kredit BCA menjadi salah satu kartu kredit yang banyak digunakan masyarakat. Karena banyak promo dari merchant-merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut.

Apabila kamu sudah mengajukan kartu kredit BCA dan sudah disetujui serta sudah mendapatkan kartunya, segera lakukan aktivasi kartu tersebut agar bisa digunakan.

Akan tetapi, masih banyak orang yang mungkin tidak mengerti cara mengaktivasi kartu kredit BCA. Agar kamu bisa mengaktivasi kartu kredit BCA, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

Aktivasi melalui layanan BCA Mobile

Bank BCA melakukan inovasi untuk memudahkan nasabahnya, termasuk untuk mengaktivasi kartu kredit BCA melalui BCA Mobile untuk layanan aktivasi kartu kredit, aktivasi PIN, serta memblokir kartu kredit yang hilang.

Kamu bisa mengaktivasi melalui BCA Mobile pada menu m-Admin. Kemudian, pilih menu aktivasi kartu kredit dan masukkan nomor kartu dan tanggal lahir. Selanjutnya, setujui klausul yang muncul dan masukkan PIN m-BCA untuk memproses. Setelah itu, maka kartu kredit BCA siap digunakan.

Cara ini merupakan cara mudah yang bisa kamu lakukan selain dengan cara menghubungi call center Halo BCA untuk melakukan aktivasi. Setelah kartu kredit berhasil diaktivasi, maka secara otomatis akan terkoneksi dengan BCA Mobile. Sehingga memungkinkan nasabah untuk bisa mengakses menu info kartu kredit di m-Info BCA Mobile.

Kamu juga perlu mengaktivasi PIN kartu kredit BCA melalui menu m-Admin kemudian pilih menu buat PIN dan pilih nomor kartu, input PIN, dan konfirmasi ulang PIN.

(Baca Juga: Cara Paling Efektif Menghindari Pencurian Data Kartu Kredit)

Setelah itu, setujui klausul yang muncul dan masukkan PIN m-BCA untuk memprosesnya. Setelah tahapan itu selesai, PIN kartu kredit BCA kamu sudah aktif.

Layanan BCA Mobile juga bisa digunakan untuk memblokir kartu kredit yang hilang. Dengan cara memilih menu Blokir pada BCA Mobil, masukkan nomor kartu, setujui klausul yang tampil, serta masukkan PIN m-BCA untuk menyelesaikan proses pemblokiran.

Namun, untuk melakukan pemblokiran kamu perlu memastikan bahwa nomor kartu kredit yang ingin diblokir sudah terkoneksi terlebih dahulu pada BCA mobile.

Selanjutnya, nasabah setuju untuk dilakukan pencetakan ulang kartu kredit dan bersedia dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.

Apabila nasabah memiliki kartu kredit tambahan, maka kartu kredit tambahan tersebut tidak akan ikut terblokir dan masih dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai limit kartu kredit tersebut.

Pentingnya membuat PIN kartu kredit BCA

Setelah kartu kredit BCA berhasil diaktivasi, kamu perlu membuat PIN pada kartu kredit tersebut. Karena mulai 1 Juli 2020 mendatang seluruh transaksi kartu kredit diwajibkan untuk menggunakan PIN oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, kamu perlu mengurus pembuatan PIN. Biasakan melakukan transaksi menggunakan PIN, tidak lagi menggunakan tanda tangan.

Selain itu, apabila kamu ke luar negeri, ada beberapa negara yang sudah mewajibkan penggunaan PIN untuk seluruh transaksi kartu kredit. Daripada kartu kredit tidak bisa dipakai untuk transaksi di luar negeri, sebaiknya segera urus pembuatan PIN tersebut.

Alasan Bank Indonesia mewajibkan penggunaan PIN untuk transaksi kartu kredit adalah karena karakteristik kasir merchant di Indonesia terkadang tidak melakukan verifikasi tanda tangan pemegang kartu dengan baik.

Kemudian, apabila kartu kredit tersebut hilang dan sudah memiliki PIN, maka akan mengurangi risiko penyalahgunaan kartu oleh orang lain. karena PIN hanya diketahui oleh pemegang kartu kredit.

Pembuatan PIN kartu kredit BCA selain lewat BCA Mobile
Buat PIN lewat website BCA

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat PIN kartu kredit BCA selain lewat BCA Mobile. Salah satunya melalui website www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form verifikasi data.

Setelah itu, tekan opsi ‘Proses’ dan pilih ‘Aktivasi PIN’. Kemudian, pilih kartu yang akan di-aktivasi dan masukkan 6 digit kode otentikasi yang diterima melalui SMS dan tekan ‘Proses’.

Selanjutnya, kamu bisa memasukkan 6 digit PIN baru dan setelahnya akan menerima SMS notifikasi.

Buat PIN lewat ATM BCA

Kamu juga bisa membuat PIN kartu kredit BCA melalui ATM BCA. Caranya adalah memasukkan kode otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan.

Langkah yang harus dilakukan antara lain:

  1. Masukkan kartu kredit BCA, pilih menu aktivasi PIN
  2. Masukkan 6 digit kode otentikasi yang diterima melalui SMS dan tekan ‘Benar’
  3. Apabila kode tersebut valid, tekan ‘Lanjutkan’ dan masukkan 6 digit PIN baru sebanyak dua kali
  4. Apabila PIN sudah aktif, kamu akan mendapatkan SMS notifikasi.

Untuk meminta kode otentikasi, pemegang kartu bisa mengirim SMS dengan format REQ<spasi>KODE<spasi>OTENTIKASI#Nomor kartu kredit BCA dan kirim SMS ke 69888.

Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA

Bank BCA memiliki berbagai jenis kartu kredit yang bisa dipilih dengan berbagai penawaran menarik dan persyaratan yang berbeda-beda di setiap jenis kartunya.

Jenis-jenis kartu kredit BCA antara lain:
BCA Everyday Card

Untuk bisa memiliki kartu kredit ini, kamu harus memiliki penghasilan tahunan kotor sebesar Rp36 juta atau sekitar Rp3 juta per bulan. Pemegang kartu ini bisa mendapatkan cashback hingga 5% untuk pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina untuk bensin non subsidi, SPBU Shell, dan Total.

Selain itu, cashback juga bisa diperoleh dari setiap transaksi di Hypermarket seperti Transmart, Lotte Mart, Giant, dan Hypermart. Pemegang kartu juga akan mendapatkan bebas iuran tahunan pertama, dan mendapatkan reward BCA lebih besar sepanjang tahun.

Kartu kredit ini memiliki fasilitas cicilan 0,5% per bulan sepanjang tahun dengan suku bunga bulanan efektif 2,25%.

BCA Indomaret

Kemudian ada kartu kredit BCA Indomaret dengan persyaratan penghasilan kotor Rp36 juta per tahun atau Rp3 juta per bulan. Pemegang kartu ini bisa mendapatkan cashback Rp25 ribu untuk setiap transaksi minimal Rp150 ribu setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Kemudian ada juga cashback Rp15 ribu untuk setiap transaksi minimal Rp150 ribu setiap hari Senin hingga Kamis. Pemegang kartu ini mendapatkan gratis iuran tahunan pada 1 tahun pertama untuk kartu utama dan gratis iuran tahunan selamanya untuk satu buah kartu tambahan.

Kartu kredit ini memiliki fasilitas cicilan dengan bunga ringan dan suku bunga bulanan efektif sebesar 2,25%. Pemegang kartu juga bisa mendapatkan I-Kupon Indomaret All Product senilai Rp25 ribu dengan minimal transaksi Rp500 ribu (akumulatif) menggunakan BCA Indomaret di toko Indomaret dan Ceriamart.

BCA Mastercard Black

Kartu kredit ini diperuntukkan untuk yang memiliki penghasilan kotor minimum Rp120 juta per tahun dengan suku bunga bulanan efektif 2,25% dengan fasilitas cicilan berbunga murah.

Pemilik kartu kredit ini bisa mendapatkan promo makan malam di hotel bintang 5 di kota tertentu serta gratis Starbucks di bandara dan bisa diterima untuk transaksi di seluruh jaringan Mastercard.

BCA Mastercard Matahari

Kartu kredit ini bisa diajukan oleh orang yang memiliki penghasilan kotor Rp36 juta per tahun. Pemilik kartu bisa mendapatkan cashback Reward BCA sebesar Rp60 ribu. Dengan minimal transaksi Rp600 ribu/bulan di Matahari Department Store (berlaku akumulasi pembelanjaan), dan maksimal 1 kali cashback dalam satu periode penagihan.

Pemilik kartu ini bisa mendapatkan gratis iuran tahunan untuk 1 tahun pertama bagi kartu utama dan gratis iuran tahunan selamanya untuk 1 kartu tambahan. Pemegang kartu ini juga mendapatkan Matahari Reward lebih besar dengan rebate 1.5% (transaksi Rp20 ribu = 300 reward)

Pengguna kartu ini bisa menikmati cicilan 0% selama 3 bulan untuk transaksi di Matahari Department Store minimal Rp1 juta melalui mesin EDC BCA dan cashback maksimal Rp 2,5 juta untuk 150 top spender setiap 3 bulan. Cashback akan diberikan pada billing statement bulan berikutnya setelah periode berakhir

Kartu kredit ini juga memberikan Birthday Gift berupa 2x Matahari Reward (maksimal Rp75 ribu Matahari Reward) selama bulan ulang tahun Pemegang Kartu dan memiliki suku bunga efektif 2,25% per bulan.

BCA Mastercard Platinum

Pemilik kartu ini harus memiliki penghasilan kotor minimal Rp36 juta per tahun dan memiliki suku bunga efektif 2,25%.

Kelebihan dari kartu ini adalah bisa diterima di seluruh jaringan Mastercard, fasilitas cicilan BCA dengan bunga ringan, pay 1 for 2 untuk nonton di XXI kota tertentu, serta berbagai keistimewaan dan penawaran menarik lainnya di merchant online dan offline yang bersifat lifestyle seperti nonton di bioskop, resto, fashion, online travel, dan marketplace di banyak pilihan merchant, serta free upsize minuman di Starbucks.

BCA masih memiliki berbagai jenis kartu kredit lainnya, sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Setelah memiliki kartu kredit dan sudah diaktivasi serta memiliki PIN, jangan lupa untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak. Sehingga bisa benar-benar memberikan manfaat dan tidak merugikan.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.