Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Review: Manfaat & Fitur yang Ditawarkan Digibank Live Fresh

by Rini Agustina on 27 Februari, 2020

Kartu kredit kini tak bisa dipisahkan dari keseharian kita. Alat tukar pengganti cash ini bukan hanya menawarkan kemudahan dalam setiap transaksi belanja, juga memberikan jutaan keuntungan seperti program cashback dan redeem poin. Tak heran jika peminat kartu kredit tiap tahunnya juga meningkat.

Review: Manfaat & Fitur yang Ditawarkan Digibank Live Fresh

Sayangnya, belum banyak penyedia kartu kredit yang memiliki produk sesuai dengan profil pengguna. DBS mencoba memasuki pasar tersebut dengan menawarkan Digibank Live Fresh yang mengusung tema look, travel, taste dan experience. Cocok untuk Anda yang senang menghabiskan waktu di tempat-tempat baru.

Bagi Anda yang senang belanja ada cashback 5% hingga Rp 300.000 dari transaksi online setiap bulan nya yang dapat digunakan para nasabah. Dapatkan juga belanja hemat hingga 50% di lebih dari 250 outlet restoran, salon kecantikan, pusat kebugaran, travel agent, bioskop dan tempat rekreasi favorit di Indonesia. Promo ini juga berlaku di lebih dari 150+ outlet di Singapura.

(Baca juga: Cara Alternatif Untuk Meminjam Uang Tanpa Harus ke Bank)

Sebagai kartu kredit perdana, Anda yang berpenghasilan mulai dari Rp 4 Juta perbulan dapat mengajukan kartu kredit ini. 

Manfaat yang Ditawarkan Digibank Live Fresh

Digibank Live Fresh merupakan kartu kredit DBS jenis platinum yang menerapkan bunga cicilan 2,25%. Kartu kredit ini menawarkan berbagai keuntungan dalam transaksi belanja retail dan restoran baik di Indonesia dan beberapa merchant di Singapura. Semakin sering Anda berbelanja semakin banyak cashback yang bisa dinikmati.

Beberapa Manfaat dan keuntungan yang dapat Anda nikmati antara lain:
1. Cashback Kapan Aja

Belanja makin untung karena kamu bisa menikmati cashback 5% hingga Rp 300.000 dari transaksi online setiap bulan nya dengan belanja ritel non-online minimal 5x setiap bulan. Nasabah juga dimanjakan dengan belanja hemat hingga 50% di lebih dari 250 outlet restoran, salon kecantikan, pusat kebugaran, travel agent, bioskop dan tempat rekreasi favorit di Indonesia. Promo ini juga berlaku di lebih dari 150+ outlet di Singapura.

2. Online & Redeem

Semakin sering kartu kredit digunakan untuk transaksi sebanyak banyak reward yang bisa Anda dapat. Setiap transaksi Rp10.000, Anda akan mendapatkan 1 Poin Rewards digibank.

Akumulasi 1600 Poin Rewards digibank setara dengan Rp100.000 yang bisa digunakan untuk membayar transaksi online apapun dan kapanpun. 5000 Poin Rewards yang berhasil dikumpulkan bisa ditukarkan dengan voucher MAP atau Shell sebesar Rp100.000 melalui Aplikasi digibank by DBS.

3. Ubah Transaksi Menjadi Cicilan

Nasabah dapat mengajukan perubahan suatu transaksi pembelanjaan retail dengan bunga berjalan (revolving) menjadi transaksi dengan cicilan tetap melalui DBSI Customer Centre atau Aplikasi digibank by DBS. Nasabah dapat mengajukan perubahan tersebut selambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender sesudah tanggal transaksi. 

Fitur cicilan tetap ini memungkinkan kita untuk memilih jangka waktu cicilan sesuai dengan ketentuan Bank. Setiap Transaksi yang diubah menjadi cicilan akan dikenakan bunga dan biaya perubahan.

Bunga lainnya dan biaya keterlambatan pembayaran akan dikenakan pada cicilan yang telah melewati jatuh tempo dan juga jumlah keterlambatan lainnya yang telah diperhitungkan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan.

Namun poin rewards atau mileage dari transaksi pembelanjaan (retail) yang dicicil akan dibatalkan efektif setelah transaksi berhasil dikonversi menjadi cicilan. 

4. Aplikasi Bank DBS

Salah satu manfaat atau keuntungan yang ditawarkan DBS adalah adanya aplikasi Bank DBS yang memudahkan calon nasabah mengajukan pembuatan kartu kredit.

Pembukaan rekening modal sidik jari. Hemat Waktu & Uang dengan gratis transfer dan gratis tarik tunai di ATM manapun. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengakses informasi deposito.

Top up GO-PAY & e-Money serta apply pinjaman di aplikasi, dengan kepastian persetujuan awal kurang dari 60 detik. Aplikasi ini bisa Anda unduh di App Store dan Google Play Store.

Itulah beberapa manfaat yang ditawarkan kartu kredit digibank Live Fresh. Bagi Anda yang ingin mengajukan kartu kredit ini setidaknya harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Digibank Live Fresh
  • WNI
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Identitas diri berupa KTP
  • Bukti potong pajak atau SPT atau PPh atau slip gaji 3 bulan terakhir
  • NPWP
  • Surat izin praktik, khusus untuk para profesional 
  • Akta perusahaan, SIUP, dan NPWP, khusus untuk pengusaha
  • Fotokopi kartu kredit bank lain untuk para pemegang kartu kredit bank lain

Anda bisa mengunjungi kantor cabang bank DBS untuk melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit secara langsung, atau pilih opti pendaftaran online melalui aplikasi digibank atau melalui partner bank DBS.

Biaya-Biaya Pada Kartu Kredit Digibank Live Fresh

Seluruh keuntungan yang ditawarkan kartu kredit Digibank Live Fresh tentunya tidak serta merta dapat dinikmati begitu saja. Ada beberan biaya dan beban bunga yang menjadi tanggung jawab Anda terlebih bagi mereka yang melakukan transaksi dengan skema cicilan. Berikut adalah beberapa biaya-biaya pada kartu kredit Digibank Live Fresh:

  • Biaya iuran tahunan Kartu Utama/ Kartu Tambahan Rp 300,000
  • Biaya keterlambatan pembayaran 3% Maksimal Rp150,000

Bank akan mengenakan biaya keterlambatan pembayaran kepada Pemegang Kartu Utama. Apabila pembayarannya tidak diterima Bank pada Tanggal Jatuh Tempo, atau apabila hari kerja terdekat setelah jatuh Tempo Jika Tanggal Jatuh Tempo jatuh pada hari libur, atau Nasabah melakukan jumlah yang kurang dari Total Pembayaran Minimum. 

Biaya keterlambatan 
  • Biaya materai, akan dibebankan kepada Nasabah apabila dicetak di dalam Lembar Tagihan.
  • Biaya tarik tunai 6% Minimal Rp 75,000. Bank juga akan menarik biaya kartu pengganti sebagai biaya administrasi.
  • Biaya pengembalian pembayaran. Bank akan mengenakan biaya administrasi kepada Nasabah atas permintaan pengembalian pembayaran.
  • Biaya pencetakan Lembar Tagihan. Biaya yang dikenakan kepada Nasabah atas pencetakan dan duplikasi Lembar Tagihan. Biaya cetak Lembar Tagihan dikenakan sebesar Rp 25.000,- (Dua puluh lima ribu rupiah) per bulan dan biaya duplikasi Lembar Tagihan dikenakan sebesar Rp 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah) per halaman.
  • Biaya perubahan Transaksi menjadi cicilan. Bank dapat mengenakan biaya perubahan Transaksi menjadi cicilan tetap atas setiap permintaan perubahan, yang disetujui oleh Bank. Biaya tersebut akan ditagihkan oleh Bank pada Lembar Tagihan di bulan berikutnya setelah konversi cicilan tetap disetujui oleh Bank.
  • Biaya pembatalan cicilan yakni Biaya yang dikenakan kepada Nasabah atas pembatalan dan/atau pelunasan Kartu Kredit digibank yang dipercepat untuk fitur cicilan tetap, 
  • Biaya penolakan cheque/giro atau direct debit yakni biaya yang dikenakan kepada Nasabah apabila pembayaran dengan cheque/giro atau direct debit Nasabah ditolak.
  • Biaya salinan slip Transaksi (copy of sales slip). Bank akan mengenakan biaya administrasi kepada Nasabah atas permintaan salinan slip Transaksi.

Apabila permohonan penghapusan biaya dan tarif akibat kesalahan pembebanan biaya dan tarif telah disetujui oleh Bank, maka kelebihan dana tersebut akan dikreditkan kembali ke Rekening Kartu Nasabah.

Berbagai Fitur yang ditawarkan Aplikasi Digibank
1. Bayar & Beli

Mulai dari top up e-wallet, bayar tagihan bulanan sampai beli e-voucher. Update langsung saldo e-wallet di smartphone yang dapat dilakukan di aplikasi digibank adalah:   

  • Pulsa ( Telkomsel, XL, Tri Prepaid, Smartfren, Indosat )
  • Uang Elektronik ( LinkAja, PayPro, XL Tunai, DOKU, GO-PAY ,OVO)
  • Sinema ( XXI-MTIX, CGV PAY )
  • Kartu e-Money
  • Listrik ( PLN Prepaid )
  • Paket Data ( XL MDS )

Sementara untuk jenis tagihan yang dapat dibayar melalui aplikasi Digibank antara lain

  • Kartu Kredit
  • Cashline
  • Layanan umum : PAM (Aetra), PAM (Palyja), PLN Non TagLis, PLN Postpaid ,Telkom PSTN, XL
  • TV Kabel : First Media, MNC Play, MNC Vision, Orange TV , Telkom Vision
  • Asuransi : BPJS Kesehatan

Beli voucher game, itunes ( Steam, iTunes US, Gemscool, MOGPlay, Garena ) juga dapat dilakukan melalui aplikasi Digibank.

2. Virtual Assistant

Digibank juga sudah dilengkapi dengan virtual assistant yang disebut digibot. Virtual assistant ini akan menjawab semua pertanyaan tentang digibank.

Cukup ketik kalimat instruksinya dan digibot akan menjawab berbagai pertanyaan Anda. Digibot juga dapat membantu proses transfer dana dan cek saldo semudah chatting.

Adanya Digibot memudahkan nasabah memantau transaksi menjadi lebih mudah, dari mulai transaksi belanja hingga isi ulang pulsa atau e-money semua tercatat jelas pada data base digibot.

3. Soft Token

Yakni fitur satu password buat semua transaksi. Jika biasanya belanja online Anda harus menggunakan kode OTP yang menandakan bahwa pembayaran telah berhasil, melalui soft token Digibank ini kode OTP tidak diperlukan lagi, Anda hanya perlu satu password untuk semua transaksi. Andapun bisa mengatur sendiri password sesuai yang diinginkan. Membuat transaksi bukan hanya mudah namun juga aman. 

4. Spending Tracker

Ini adalah salah satu fitur yang dapat membantu nasabah memantau pengeluaran sehingga pola konsumsi kita lebih terarah. Anda Pun mulai bisa mengendalikan keuangan sendiri dengan ragam pengeluaran yang dapat diatur sendiri.

5. Buka rekening tanpa harus pergi ke bank

Ini adalah salah satu fitur unggulan Digibank dimana nasabah tidak perlu datang ke bank dan mengisi berlembar lembar dokumen pengajuan pembuatan rekening.

Hanya berbekal sidik jari Anda bisa memiliki rekening. Mengusung tagline Branchless, Signatureless, Paperless para calon nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi digibank by DBS di smartphone, isi data diri, lalu verifikasi dengan sidik jari di booth digibank atau panggil agen digibank ke tempat tinggal Anda.

Lima menit beres, ribet less dan hemat waktu. Biasanya proses dari pemberian sidik jari hingga kartu kredit dicetak adalah 14 hari. Kartu kredit akan dikirimkan melalui pos lengkap dengan password yang bisa langsung Anda rubah.

Fitur lain yang jadi primadona adalah transfer gratis kemana saja dengan rata-rata saldo per bulan minimum Rp 1 juta. Juga Anda akan mendapatkan gratis tarik tunai di ATM bank mana Saja tanpa kena biaya dengan rata-rata saldo per bulan minimum Rp 1 juta.

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan kartu kredit DBS. Bagi Anda yang senang menghabiskan waktu dengan berbelanja dan mencoba kudapan untuk di banyak restoran kartu kredit Digibank Live Fresh ini adalah pilihan tepat yang tidak akan membuat dompet Anda jebol. Gunakan kartu kredit dengan bijak, dengan perbanyak transaksi menguntungkan bukan hanya sekedar untuk berhutang.
Segera ajukan kartu kreditmu di tempat yang aman dan terpercaya, seperti Cekaja.com yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis