Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tips Berhasil Mendapatkan Kartu Kredit untuk Pertama Kalinya

by Rini Agustina on 9 Maret, 2020

Penggunaan kartu kredit sulit dipisahkan dalam aktivitas keseharian, terutama bagi generasi millenial dengan gaya hidup konsumtif. Iming-iming poin, cashback dan miles sulit untuk dilewatkan begitu saja buat kaum muda. Namun tidak semua anak muda beruntung bisa mendapatkan kartu kredit perdananya dengan mudah.

Tips Berhasil Mendapatkan Kartu Kredit untuk Pertama Kalinya

Malah sebagian besar mesti gigit jari lantaran pengajuan pembuatan kartu kreditnya ditolak oleh bank. Ada Pula yang begitu menginginkan kartu kredit namun mundur perlahan begitu mengetahui berbagai persyaratan yang wajib dikumpulkan. Kesan ribet dan merepotkan adalah momok menakutkan bagi generasi milenial yang dikenal cekatan dan efisien.

(Baca juga: Kebersihan Diri dan Datangnya Corona di Indonesia)

Tenang, mendapatkan kartu kredit untuk pertama kalinya tidak sesulit yang dibayangkan. Mengajukan kartu kredit juga tidak lagi merepotkan seperti yang Anda pikirkan, karena kini sudah banyak channel yang bisa membantu kita mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu kredit yang diinginkan.

Coba simak tips dibawah ini agar Anda berhasil mendapatkan kartu kredit perdana sesuai impian.

Tips Mengajukan Kartu Kredit Perdana

Salah satu kendala calon nasabah kartu kredit untuk mendapatkan kartu perdananya adalah persyaratan minimum gaji. Karena rata-rata perbankan yang mencetak kartu kredit mengharuskan pemilik kartu kredit berpenghasilan minimal Rp 4 Juta/bulan.

Maka Anda yang berpenghasilan dibawah tersebut harus lebih jeli melihat mana perbankan yang memberikan persyaratan lebih longgar, cobalah trik dibawah ini untuk mendapatkan kartu kredit sesuai keinginan.

  • Gunakan e-commerce produk keuangan

Saat ini sudah banyak e-commerce atau marketplace yang menjual produk keuangan mulai dari asuransi hingga kartu kredit. Nah Anda bisa memanfaatkan situs ini untuk mencari tahu mana bank penyedia kartu kredit yang memberikan persyaratan lebih longgar bagi para nasabah perdana kartu kredit. 

Mencari di e-commerce ini jauh lebih efektif dibanding Anda harus mendatangi bank satu persatu untuk melakukan pengajuan. Berbagai situs e-commerce memiliki channel perbandingan yang akan memperlihatkan pada Anda informasi lengkap mengenai jenis kartu kredit di Indonesia, persyaratan dan cara pengajuannya. Anda bahkan bisa melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit lewat e-commerce.

Cara pengajuannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memiliki kartu kredit yang cocok, kemudian mengisi data diri dan formulir secara online, tunggulan customer service menghubungi Anda untuk proses selanjutnya. Tingkat keberhasilan pengajuan pembuatan kartu kredit lewat e-commerce produk keuangan juga lebih tinggi.

  •  Buat Pengajuan di Bank Tempat Anda Menabung

Membuat kartu kredit sebenarnya bisa dilakukan via bank mana saja, tak perlu punya rekening tabungan dulu untuk bisa mendapatkannya. Misalnya Anda adalah nasabah BRI namun ini membuat kartu kredit Mandiri, ini bisa dilakukan. Namun biasanya kecil kesempatan pengajuan Anda lolos.

Sudah menjadi rahasia umum bila bank lebih memprioritaskan nasabahnya ketika membuat kartu kredit. Alasannya masuk akal, karena nasabah lama riwayat kreditnya sudah terekam pada data base perbankan. Alhasil bank lebih mudah melakukan verifikasi soal kelayakan dan besar limit yang kemungkinan bisa diberikan.

Nasabah lama juga sukar melakukan sejumlah trik nakal demi mendapatkan kartu kredit, misalnya pemalsuan slip gaji. Sebab aktivitas keuangan mereka sudah terekam dalam mutasi rekening, sehingga bank sudah memperkirakan berapa besar penghasilan para nasabahnya setiap bulan.

  • Memilih Kartu Kredit yang Tepat

Salah satu alasan bank menolak pengajuan kartu kredit pertama Anda adalah produk yang diajukan tidak tepat. Setiap bank menawarkan kartu kredit yang berbeda-beda dan umumnya terbagi menjadi tiga jenis yakni silver, gold dan platinum. Ketiganya menawarkan manfaat dan limit yang berbeda.

Nah untuk milenial yang ingin mendapatkan kartu kredit pertamanya bisa memilih kartu kredit dengan limit terkecil meskipun gaji diatas rata-rata. Hal ini karena riwayat kredit belum pernah tercatat di data base perbankan, sehingga bank akan ragu memberikan kredit dalam jumlah besar.

  • Lengkapi Dokumen

Anak muda masa kini memang dikenal anti ribet, namun demi mendapatkan kartu kredit impian tidak ada salahnya sedikit berkorban waktu. Kelengkapan dokumen ini menjadi bagian penting untuk bank menilai kelayakan Anda mendapatkan kartu kredit. Beberapa dokumen yang biasanya diminta antara lain:

Karyawan: Fotokopi KTP / KITAS, Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT) dan NPWP.

Wirausaha: Fotokopi KTP / KITAS., Fotokopi Rekening Tabungan (2 bulan terakhir), NPWP dan Fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP.

Profesional: Fotokopi KTP / KITAS, Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT), Fotokopi Surat Izin Profesi dan NPWP.

  • Pastikan Riwayat Kredit Baik

Sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit sebaiknya pastikan Anda tidak memiliki masalah dengan riwayat kredit. Memang sebagai nasabah yang belum pernah menggunakan kartu kredit untuk transaksi, jumlah hutang konsumtif Anda mungkin tidak tercatat.

Namun ada jenis hutang lain yang juga jadi pertimbangan bank seperti kredit motor, gadget, bahkan kredit perumahan. Jika salah satu kredit mengalami macet kemungkinan besar pengajuan Anda akan ditolak. Jadi, pastikan selesaikan dulu seluruh hutang yang masih menunggak sebelum Anda mengajukan pembuatan kartu kredit.

Daftar Bank Penyedia Kartu Kredit Perdana

Karena tidak semua bank menerima pengajuan kartu kredit pertama (first card), maka Anda harus jeli untuk mencari daftar bank yang bersedia memberikan kartu kredit perdana bagi nasabahnya. Berikut adalah beberapa pilihan bank yang menerima pengajuan kartu kredit pertama beserta manfaat yang ditawarkannya:

1. Bukopin Visa Classic – Minimal Penghasilan Rp 2 Juta/Bulan

Kartu kredit Bukopin Visa Classic dapat menjadi pilihan pertama ketika mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya. Pengajuan mudah, tanpa persyaratan kartu kredit dengan bunga retail dan tarik tunai sebesar 2.95%/bulan atau 35,4%/tahun, kartu kredit ini paling pas untuk Anda yang masuk kategori fresh graduate dengan penghaasilan setara UMR. Biaya tarik tunai kartu ini juga sangat rendah yakni 2% dari nominal penarikan tunai atau minimal Rp 50.000,- (mana yang lebih tinggi) dengan biaya keterlambatan pembayaran 3% atau maksimal Rp 150.000.

Fitur yang ditawarkan antara lain:
  • Penarikan Tunai Via ATM 
  • Payment Channel : Pembayaran tagihan Kartu Kredit Bukopin dapat dilakukan melalui jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.
  • Bukopin One Payment : Fasilitas pembayaran rutin bulanan Telkom, Speedy, PLN, Indovision, Telkomvision, OrangeTV, Palyja dan Aetra serta tagihan handphone pasca bayar Telkomsel, berlangganan media cetak (Kompas, Gramedia, Femina, Kartini, Swa-Mix).
2. Maybank White MasterCard Platinum – Minimal Penghasilan Rp 3 Juta/Bulan

Kartu kredit Maybank White MasterCard Platinum ini paling cocok untuk Anda yang baru menjejakkan kaki dalam dunia karir. Selain mudah diajukan karena hanya meminta persyaratan pendapatan minimum Rp 3 Juta/bulan, Maybank White MasterCard Platinum ini juga menawarkan segudang manfaat yang menggiurkan diantaranya:

Manfaat

  • cashback hingga Rp105.000,- per bulan untuk setiap transaksi nonton, belanja, dan beli bensin di mana saja. cashback akan diberikan di bulan berikutnya bila total tagihan minimal Rp1.500.000,- per bulannya.  
  • Cashback nonton sebesar Rp55.000/bulan.
  • Cashback SPBU sebesar 2% dari total transaksi dengan maksimal Rp25.000,-/bulan
  • Cashback supermarket/minimarket sebesar 2% dari total transaksi dengan maksimal Rp25.000/bulan.
  • Bukopin Mileages, yakni terbang gratis dengan menukarkan Poin Reward Kartu Kredit Bukopin Anda dengan Garuda Miles & BIG Poin Airasia melalui Halo Bukopin 14005.
  • Katalog Belanja, yakni program cicilan barang eksklusif dengan bunga kompetitif.
  • Kuliner Seru : Nikmati Diskon hingga 50% di resto-resto terpilih seluruh Indonesia dengan Kartu Kredit Bukopin.
  • Diskon hingga 50% di Rumah Sakit, Laboratorium, Salon dan Spa pilihan yang bekerja sama dengan Kartu Kredit Bukopin.
  • Cicilan Seru dengan bunga 0% untuk bertransaksi di merchant pilihan.

Fitur Khusus

  • Kartu kredit keluaran Maybank ini memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda nikmati, di antaranya E-Billing Statement yang memungkinkan Anda untuk menerima laporan tagihan setiap bulannya dan SMS Alert Due Date yang akan mengingatkan tanggal jatuh tempo kartu Anda. 
  • Autopay Bukopin : Pembayaran Kartu Kredit Bukopin melalui fasilitas Autodebet setiap bulannya.
  • Credit Shield Insurance yakni perlindungan asuransi untuk setiap nasabah kartu kredit.
(Baca Juga: Pengertian Limit Kartu Kredit)

Promo Tiap Bulan

Banjir promo selalu berlaku buat para pemegang kartu kredit ini antara lain cicilan 0% untuk produk elektronik, belanja di grocery, dan Starbucks.

3. BNI Silver & Gold Card – Penghasilan Minimum Rp 3 Juta/bulan

Salah satu bank terbesar milik pemerintah ini mencoba menawarkan alternatif kartu kredit yang bisa dijangkau oleh kaum muda berpenghasilan menengah, Meski ditujukan untuk kaum menengah namun fasilitas yang ditawarkan sangat menggiurkan, dengan suku bunga pinjaman 2,25% perbulan dan biaya tahunan yang terjangkau yakni Rp 120 Ribu pertahun. Namun kartu kredit ini mematok biaya penarikan tunai yang cukup besar yakni sekitar 6% dari total penarikan atau minimum Rp 50 Ribu. Disamping itu kartu kredit ini menawarkan beberapa manfaat antara lain:

  • BNI Dana Tunai

BNI Dana Tunai merupakan fasilitas berupa pencairan dana tunai dari kartu kredit ke rekening tabungan. Salah satu bentuk kredit yang dananya diambil dari limit kartu kredit, sehingga kamu bisa menggunakan cash kapanpun diperlukan. 

  • BNI Shopping Experience

Pemilik kartu kredit ini juga akan mendapatkan penawaran istimewa berupa promo Pay 8 Get Free 4 months atau Pay 4 Get Free 2 months, yang juga dapat digabungkan dengan cicilan 0% selama 6 & 12 bulan, dengan minimal transaksi Rp. 500.000. Promo ini berlaku bagi Anda pelanggan baru Play Media dan pemegang kartu kredit BNI.

  • AutoDebit dengan BNI Bill Payment

Yakni fasilitas pembayaran tagihan rutin PLN, Telkom, Telkomsel, Matrix, Xplor, Fren, Esia, Indovision, FirstMedia, Indosat 3G, dan tagihan Air Bersih Aetra secara autodebet setiap bulannya, secara otomatis.

  • Asuransi 

Seperti kita tahu setiap produk kartu kredit sudah dilengkapi dengan asuransi jiwa. Termasuk juga BNI Silver & Gold Card ini. Setiap nasabah akan dilindungi oleh Asuransi Perisai Plus yang memberikan perlindungan bagi peserta dari risiko kematian, cacat (ketidakmampuan sementara), dan cacat tetap akibat sakit/kecelakan serta tambahan benefit perlindungan terhadap 40 penyakit kritis (critical illness) dengan premi per bulan sebesar 0,6% dari saldo tagihan.

Itulah beberapa pilihan kartu kredit yang menerima pengajuan nasabah yang baru pertama kali membuat kartu kredit. Sebelum mengajukan pahami ya keuntungan dan resiko menggunakan kartu kredit, jangan lupa pertimbangan kemampuan finansial. Ajukan kartu kredit ditempat terpercaya dan kredibel agar Anda tidak salah pilih seperti di Cekaja.com, yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tentang Penulis