Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cara Blokir Kartu Kredit BCA dan Mengaktifkannya Kembali

by Gesti Weningtyas on 20 Maret, 2020

Ada kalanya kita ingin melakukan blokir kartu kredit namun dengan cara yang efektif dan efisien tanpa harus datang ke kantor cabang Bank terdekat. Apalagi, jika kartu kredit ternyata hilang atau dompet yang berisi kartu kredit mu itu dicuri. Agar terhindar dari penyalahgunaan kartu kredit, langkah yang paling tepat adalah melakukan blokir kartu kredit. Untuk itu berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memblokir kartu kredit BCA.

Cara Blokir Kartu Kredit BCA dan Mengaktifkannya Kembali

Kartu kredit BCA merupakan salah satu jenis kartu kredit yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu penggunaannya cukup familiar dan tentu saja jika tiba-tiba hilang, kemungkinan untuk disalahgunakan sangat tinggi. Namun tenang saja kamu bisa mencegah penyalahgunaan kartu kredit itu dengan memblokir kartu kredit BCA sesegera mungkin. Untuk melakukan blokir kartu kredit BCA kamu tidak harus datang menuju ke kantor cabang BCA di tempat kamu domisili saat ini. Sebab, jika kartu kredit BCA hilang saat tengah malam tentu hal itu tidak mungkin dilakukan bukan?

Cara Blokir Kartu Kredi BCA

Untuk melakukan blokir kartu kredit BCA kamu hanya perlu smartphone milikmu saja. Jika kartu kredit BCA utama mu yang hilang maka kamu bisa melakukan blokir kartu kredit BCA utama saja dan masih bisa menggunakan kartu kredit tambahan yang ada apabila kartu kredit tambahan mu itu masih tersedia dan tidak hilang. Saat kartu kredit utama BCA sudah di blokir kartu kredit tambahan nya tetap bisa digunakan untuk bertransaksi.

Cara blokir kartu kredit BCA ini sangat mudah yaitu melalui BCA mobile. Apabila kamu belum memiliki aplikasi BCA mobile maka segera download atau unduh aplikasi BCA mobile melalui playstore. Berikut cara blokir kartu kredit BCA dengan mudah:

  1. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi BCA mobile lalu pilih m-bca, lalu masukkan kode akses dan pilih fitur m-admin.
  2. Selanjutnya, klik blokir kartu kredit.
  3. Pilih kartu kredit mana yang ingin kamu blokir lalu baca dan setujui klausula dengan klik OK.
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan konfirmasi jika kartu kredit mobil hasil diblokir.

Demikian adalah cara blokir kartu kredit BCA yang bisa kamu lakukan melalui smartphone. Namun apabila kamu ingin melakukan cara ini pastikan kamu sudah melakukan registrasi BCA Mobile. Adapun cara registrasi BCA mobile juga sangat mudah dan kamu dapat melakukannya melalui ATM BCA terdekat atau datang ke kantor cabang BCA sesuai domisili dan tempat tinggalmu.

Pertama, masukkan kartu Paspor BCA di ATM BCA, masukkan PIN. Pastikan kamu menutup PIN dengan tangan saat memencet tombol angka di mesin ATM.

Kedua, pilih menu “Daftar e-Banking/ Autodebet”, lalu pilih “Mobile Banking”

Selanjutnya, di layar ATM akan tampil klausula mobile banking BCA, pilih “YA”, lalu input nomor handphone mobile banking yang ingin didaftarkan, lalu tekan “YA”

(Baca Juga: Cek 9 Keunggulan Kartu Kredit BRI Touch, Banyak Untungnya!)

Kemudian, akan tampil konfirmasi untuk memastikan nomor handphone yang ingin didaftarkan, lalu tekan “YA”. Setelah itu, input PIN m- BCA (6 digit angka), input PIN sekali lagi untuk konfirmasi. Setelah itu di layar ATM akan muncul konfirmasi registrasi mobile banking BCA dan mesin ATM akan mencetak struk bukti registrasi.

Ingat, apabila kamu belum melakukan registrasi nomor handphone-mu, maka kamu tidak bakal bisa mengakses BCA Mobile dari smartphone-mu. Jika kamu tidak bisa melakukan registrasi lewat ATM BCA terdekat kamu juga bisa mengaktifkan fitur finansial m-bca tersebut di kantor cabang BCA. Bawa buku Tahapan, kartu ATM BCA, KTP asli dan nomor handphone m-BCA. Selanjutnya petugas akan mengaktifkan fitur finansial m-BCA mu.

Koneksikan Kartu Kredit

Setelah kamu sukses melakukan registrasi nomor ponsel pada aplikasi mobile Banking BCA kamu juga harus memastikan kartu kredit mu sudah terkoneksi dengan BCA mobile. Apabila kartu kredit yang sudah terkoneksi dengan BCA mobile selanjutnya kamu bisa dengan mudah melakukan blokir kartu kredit BCA. Jangan lupa untuk melakukan koneksi kartu kredit ini agar kamu bisa dengan mudah memblokir kartu kapan saja jika kartu kredit hilang.

Cara mengkoneksikan kartu kredit dengan aplikasi sangat mudah. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA, masukkan kode akses, dan pilih fitur m-Admin. Kemudian, pilih menu Koneksi Kartu Kredit, dan klik Daftar. Setelah itu, masukkan nomor Customer / nomor Kartu Kredit, dan klik send. Selesai, kartu kredit sudah terkoneksi dengan BCA mobile.

Fitur BCA Mobile

Setelah kamu melakukan koneksi Kartu kredit kamu dapat mengakses berbagai macam fitur BCA Mobile seperti berikut, dari laman resmi bca.co.id:

Aktivasi Kartu

Kamu bisa melakukan aktivasi kartu kredit BCA melalui BCA mobile dengan sangat mudah. Caranya buka aplikasi BCA mobile lalu buka m-Admin dan klik saja menu aktivasi kartu. Setelah itu kartu kredit mu sudah bisa digunakan.

Kamu juga bisa mengaktifkan PIN kartu kredit BCA mobile atau mengganti pin tersebut melalui menu m-admin. Pilih saja menu buat atau ubah PIN lalu kamu bisa menggeser gambar kartu yang akan kamu buat atau ubah pin-nya.

E-statement

Fitur e-statement memiliki 3 manfaat yang bisa kamu gunakan yaitu Fitur Daftar yang digunakan untuk mendapatkan e-Statement Kartu Kredit. Sehingga tagihan Kartu Kredit yang berupa surat, berubah jadi e-statement yang dikirimkan melalui email setiap bulan. Kedua adalah fitur Request Ulang bisa kamu gunakan jika ingin melakukan permintaan ulang atas e-statement Kartu Kredit sampai dengan 1 tahun kebelakang. Kemudian ada Fitur Reset Password, fitur ini dapat kamu gunakan jika ingin mengubah password e-statement Kartu Kredit.

Request Naik Limit

Sekarang kamu bisa melakukan request naik limit kartu kredit melalui BCA mobile tanpa harus menghubungi customer service lewat telepon. Mudah sekali caranya, Cukup buka m-Admin, pilih Request Limit Kartu Kredit, set limit yang diinginkan, dan BCA akan melakukan penilaian terhadap permohonan request naik limit yang telah kamu lakukan. Jika diterima, kamu akan mendapatkan konfirmasi melalui pesan singkat (SMS) beberapa hari kemudian.

Cek Reward BCA

Kini kamu bisa dengan mudah melihat berapa jumlah poin reward BCA yang telah kamu dapatkan dengan fitur cek reward BCA di BCA mobile.

Blokir Kartu Kredit

Blokir kartu kredit BCA dengan mudah melalui aplikasi mobile BCA dan kamu tidak perlu repot datang ke kantor cabang karena hanya bisa dilakukan lewat smartphone. Namun jangan lupa untuk melakukan registrasi dan mengkoneksikan kartu kredit lebih dahulu agar dapat melakukan fitur ini. Blokir kartu kredit ini akan membuatmu terlindungi apabila kartu kredit multibadi bahilang dan blokir kartu kredit BCA adalah salah satu solusi agar transaksi tidak bocor dan disalahgunakan.

Kontrol Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit ini juga bisa kamu kontrol dengan menggunakan fitur kontrol kartu kredit untuk mengaktifkan maupun non aktifkan transaksi domestik dan transaksi internasional pada masing-masing.

Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa lebih berhemat karena apabila kartu sudah dinonaktifkan maka kamu tidak akan bisa bertransaksi dengan kartu kredit tersebut. Namun non aktif nya satu kartu kredit tidak akan mempengaruhi kartu kredit lainnya sehingga Jika kamu menonaktifkan kartu kredit tambahan maka kartu kredit utama masih bisa  kamu gunakan. Alhasil apabila kamu menggunakan fitur ini tentu saja kamu bisa berhemat dan tidak berlebihan saat belanja karena sudah kamu batasi melalui aplikasi BCA mobile.

Berburu Promo Kartu Kredit BCA

Selain memiliki berbagai fitur menarik, di BCA mobile juga banyak sekali promo yang mungkin bisa kamu dapatkan apabila Kamu bertransaksi melalui BCA mobile dan kartu kredit BCA. Kamu bisa memanfaatkan promo dari kartu kredit BCA ini untuk mentraktir teman dan tentunya dengan biaya yang lebih hemat.

Diskon 50 Persen di Shell Select Deli2Go

Kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50% apabila melakukan pembayaran dengan QR di BCA mobile dan Sakuku. Diskon 50% Savoury Pastry dengan KRIS dan berlaku kelipatan, maksimal empat produk/transaksi. Promo ini akan berlangsung hingga 21 Mei 2020.

Diskon Rp 50 ribu

Kamu juga akan mendapatkan diskon atau voucher senilai rp50.000 apabila melakukan pembukaan tabungan melalui BCA mobile. program promo ini berlangsung di daerah Tasikmalaya dan Jabodetabek. Kamu cukup menunjukkan notifikasi apabila telah melakukan pembukaan rekening lewat BCA mobile kepada petugas untuk mendapatkan voucher diskon. Program ini berlangsung hingga bulan April 2020 mendatang.

Voucher Rp 100 ribu

Kamu juga bisa mendapatkan voucher senilai Rp100.000 di AEON store. Untuk mendapatkannya minimal transaksi yang harus kamu lakukan adalah Rp500.000 dan tidak berlaku kelipatan. Kamu akan mendapatkan 1 voucher tiap 1 kali transaksi per hari. Promo ini hanya berlaku untuk kartu kredit BCA JCB Black yang sesuai dengan pemilik kartu dan KTP. Program promo ini akan berlaku hingga 10 Mei 2020.

Diskon Xing Fu Tang

Kamu juga akan mendapatkan diskon 50% untuk pembelian cup kedua Xing Fu Tan. Program promo ini akan berlangsung setiap hari Selasa dan tanggal 25 dan 26 setiap bulannya. Promo akan berlangsung hingga 21 Februari 2021 mendatang. Promo ini tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya. Artinya dengan menggunakan promo ini kamu bisa menghemat pengeluaran mu karena mendapatkan diskon yang cukup besar. Selain itu sama kamu juga bisa mendapatkan diskon hingga 30% di hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran dan berlaku hingga 14 April 2020. Diskon ini berlaku untuk makan siang dan makan malam di Catappa restaurant.

(Baca Juga: Keuntungan Dan Kerugian Kartu Kredit Yang Perlu Kamu Pahami)

Nah, demikian adalah berbagai program promo menarik yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit BCA. Pastikan kamu selalu memakai kartu kredit BCA dengan bijak dan tidak berlebihan. Tetap waspada dengan berbagai modus yang bisa saja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan Lakukan segera blokir kartu kredit BCA apabila kartu kredit mudah dicuri atau tiba-tiba hilang. Sebab, kartu kredit yang telah dicuri akan rawan diretas datanya dan disalahgunakan.

Jika kamu belum juga memiliki kartu kredit BCA kamu bisa dengan mudah mengajukannya lewat cekaja.com untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dan tentunya bunga yang kompetitif.

Pinjam Uang di CAIRIN

CAIRIN adalah salah satu app pinjaman terpercaya dari OJK. Melakukan pinjaman di CAIRIAN sangat lah mudah, Kamu hanya membutuhkan KTP saja. Pinjamannya pun tidak membutuhkan jaminan, jadi kamu bisa meminjam kapan saja dan dimana saja. Untuk limit pinjamannya cukup besar, dari Rp400.000 hingga Rp3.600.000. Prosesnya pun cepat, uang kamu akan cair hanya dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari. Maka pinjaman ini pun sangat cocok untuk kamu yang perlu uang untuk keadaan darurat.

Tentang Penulis