Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Review Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo Untuk Kaum Muda

by Rini Agustina on 20 Maret, 2020

Kaum muda Indonesia yang terbagi dalam dua kategori yakni generasi milenial dan gen z, adalah individu yang paling konsumtif saat ini. Selain dikenal dengan gaya hidup tinggi, kedua generasi ini juga lebih dinamis sehingga mulai meninggalkan cara-cara lama dalam keseharian mereka, dengan melakukan digitalisasi dalam setiap aktivitas harian. Dari mulai belanja produk harian hingga memesan makan malam semua dilakukan dengan bantuan teknologi.

Review Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo Untuk Kaum Muda

Teknologi bahkan menyentuh sektor finansial mereka, dimana seluruh transaksi pembayaran kini sudah berbasis mobile baik dengan menggunakan mobile banking maupun layanan pembayaran digital lainnya.

Salah satu model pembayaran yang kerap menggunakan m-banking adalah pembelian pulsa prabayar maupun pascabayar. Setiap bank dipastikan memiliki layanan ini pada versi mobilenya.

Namun saldo minimum yang dapat dibeli berbeda setiap banknya, selain itu ada tarif tambahan ketika melakukan pembelian pulsa prabayar dengan m-banking yang berkisar antara Rp 1000-2000 per pembelian.

(Baca juga: Keuntungan Dan Kerugian Kartu Kredit Yang Perlu Kamu Pahami)

Memang biaya administrasi ini terasa kecil, namun jumlahnya bisa besar jika transaksi pembayaran dan pembelian pulsa ini sering dilakukan. Namun biaya administrasi pembelian ini tidak akan Anda terima, jika pembelian menggunakan kartu kredit.

Rata-rata kartu kredit menawarkan fasilitas ini, salah satunya adalah CIMB Niaga. Bekerja sama dengan PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan  PT JCB International Indonesia, yang menciptakan kartu kredit khusus pelanggan Ooredoo yakni Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo.

Selain kemudahan top-up pulsa CIMB juga menyediakan banyak privilege untuk para peserta seperti cashback hingga 10% dan diskon belanja di merchant tertentu.

Kartu kredit dengan principle JCB Platinum ini diharapkan dapat menjawab berbagai kebutuhan pelanggan Indosat Ooredoo dan nasabah CIMB Niaga yang kian mengarah ke digital.

Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan. Mengatakan kepada media bahwa adanya kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo tersebut dapat menjadi salah satu solusi pilihan transaksi menggunakan kartu kredit.

Membuat transaksi sehari-hari menjadi lebih cepat, sederhana, nyaman serta memberikan solusi keuangan lewat fasilitas kartu kredit. CIMB menawarkan fitur fitur unggulan yang pas dengan gaya hidup masyarakat urban yang  ingin segalanya mudah, cepat, dan efisien. Dengan teknologi yang semakin canggih, pola transaksi masyarakat juga bergeser mengarah ke cashless. Inilah yang coba dihadirkan oleh CIMB.

Adapun keuntungan yang ditawarkan yaitu bonus kuota internet 2GB setiap bulan untuk nomor ponsel Indosat Ooredoo. Bagi yang terdaftar pada CIMB Niaga Indosat Ooredoo Card.

Bonus tersebut diberikan bagi nasabah dengan transaksi minimal Rp 800 ribu per periode tagihan. Bonus kuota internet akan memudahkan pelanggan dalam mengakses dunia digital dan memenuhi kebutuhan berkomunikasi.

7 Keuntungan Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo

Bagi Anda pelanggan setia kartu prabayar Indosat Ooredoo wajib memiliki kartu kredit yang satu ini karena menawarkan berbagai keuntungan yang menggiurkan dan tidak akan Anda temukan pada kartu kredit lain, berikut diantaranya:

1. Gratis Kuota 2GB per Bulan

Bed kartu kredit maka beda penawaran dan fitur yang diberikan. Begitu juga dengan kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo. Keuntungan paling menarik yang ditawarkan kartu kredit ini adalah gratis kuota 2GB per bulan.

Dengan syarat melakukan transaksi minimal 800 ribu Rupiah setiap bulannya. Bonus lebih besar bisa Anda dapatkan jika melakukan transaksi lebih besar.

Ketentuan Minimal transaksi per billing cycle:
  • Min transaksi Rp 800.000,-  mendapatkan 2 GB
  • Min transaksi Rp 2.000.000,- mendapatkan 5 GB
  • Min transaksi Rp 4.000.000,-  mendapatkan 10 GB
  • Min transaksi Rp 10.000.000,- mendapatkan 25 GB

Yang perlu diperhatikan adalah bonus diberikan hanya untuk 1 (satu) nomor seluler Indosat yang terdaftar pada sistem kartu utama CIMB Niaga Indosat Card dan diberikan selambat-lambatnya maksimum 2 (dua) kali periode tagihan bulanan.

2. Cashback 10% 

Keuntungan mendapatkan cash back hingga 10% untuk bisa Anda nikmati setiap kali melakukan pembayaran tagihan pasca bayar Indosat Ooredoo melalui fasilitas Quick Pay CIMB Niaga.

Bonus serupa juga diberikan untuk pembelian pulsa prabayar Indosat Ooredoo melalui CIMB Clicks. Semakin sering menggunakan fasilitas Quick Pay maka kesempatan mendapatkan cashback juga semakin tinggi.

Maksimal cashback yang dapat diperoleh tiap nasabah adalah Rp100.000,- per billing cycle per kartu utama dengan pemberian maksimum 2 (dua) kali periode tagihan bulanan.

3. Gratis Biaya Tahunan

Annual fee atau biaya tahunan kartu kredit sering dijadikan alasan mengapa orang orang tidak tertarik memiliki kartu kredit. Rata rata biaya tahunan kartu kredit dipatok mulai dari Rp 50 ribu per tahun untuk limit paling kecil.

Semakin besar limit yang diambil maka jumlah annual fee juga semakin tinggi. kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo ini memberikan layanan gratis annual fee seumur hidup dengan catatan harus melakukan transaksi minimal dua kali setiap tahunnya.

Gratis iuran tahunan juga berlaku untuk kartu tambahan, jadi Anda tak perlu risau membuat lebih dari satu kartu kredit karena gratis annual fee seumur hidup.

4. Poin Xtra

Sama halnya dengan kartu kredit lain yang memberikan poin untuk setiap kali transaksi. CIMB Niaga Indosat Ooredoo inipun memiliki fitur Poin Xtra yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah menarik.

Antara lain voucher belanja dan mileage penerbangan.Tak hanya itu, dengan jaringan penerimaan  pembayaran JCB yang luas, banyak privilege yang dapat dinikmati di berbagai merchant seperti restoran, biro travel, dan e-commerce. 

Satu Poin Xtra setara dengan Rp 10. Sementara 1 Poin Xtra didapat setiap pembelanjaan Rp 5,000. cek di website resmi CIMB Niaga untuk melihat jaringan merchant yang bekerja sama.

Namun perlu digaris bawahi ada sejumlah transaksi yang tidak bisa mendapatkan Poin Xtra, yakni transaksi penarikan tunai, transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan, angsuran, dan tagihan rutin. Perlu diketahui juga Poin Xtra akan hangus jika tidak digunakan atau ditukarkan dalam jangka waktu 2 tahun.

5. Layanan Quick Pay dan Otopay

Pada kartu kredit ini juga terdapat layanan Quick Pay yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan. Seperti listrik, telepon, handphone, TV kabel hingga internet dalam satu lembar tagihan kartu kredit. Sangat pas untuk generasi milenial maupun gen Z yang malas bepergian keluar rumah untuk urusan administratif seperti pembayaran tagihan. 

Sementara layanan Otopay ini ditujukan bagi nasabah yang memang memiliki rekening tabungan CIMB. Melalui sistem otopay ini Anda boleh menentukan jumlah pembayaran kartu kredit setiap bulannya dengan pilihan pendebitan 10% untuk minimum payment atau 100% untuk full payment.

6. Ubah Pembayaran Jadi Cicilan

Salah satu layanan yang jadi favorit penggila belanja adalah mengubah proses pembelian langsung menjadi cicilan dengan bunga rendah dan tenor panjang yakni mulai dari 3, 6, dan 12 bulan. Tentunya ada biaya untuk pengubahan proses pembayaran ini namun tidak besar sehingga tidak akan membebani kantong Anda.

7. Perlindungan Asuransi

Sudah menjadi aturan umum bahwa setiap pengguna kartu kredit harus dilindungi dengan asuransi. Begitu Pula bagi para pemilik kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo.

Setiap nasabahnya akan diberi perlindungan berupa purchase protection dan travel insurance. Purchase protection adalah produk asuransi yang melindungi atau mengurangi resiko kerusakan atau kehilangan setiap barang yang dibeli dengan kartu kredit. Sementara travel insurance diberikan kepada mereka yang melakukan transaksi di luar negeri menggunakan kartu kredit.

Selain itu setiap pemilik kartu ini juga bisa menikmati fasilitas layanan lain yang termasuk informasi pra-keberangkatan, jasa perjalanan / jasa pribadi, jasa gaya hidup, jasa transportasi dan jasa rumah. Dengan kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo Anda dapat merencanakan liburan dengan lebih matang.

Itulah beberapa keuntungan yang ditawarkan kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo. Tertarik mengajukan kartu kredit ini? Simak cara dan ketentuannya lebih dulu.

Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo

Setiap perbankan yang mengeluarkan kartu kredit memberikan persyaratan khusus bagi setiap orang yang ingin mengajukan kartu kredit. Khusus bagi Anda yang ingin mendapatkan Kartu Kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo, persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

Persyaratan umum

  • Warga negara Indonesia (WNI0
  • Min. pendapatan bulanan Rp 7.500.000 atau Rp 90 Juta per tahun
  • Usia min. pemegang kartu utama 21 tahun
  • Usia maks. pemegang kartu utama 65 tahun
  • Usia min. pemegang kartu tambahan 17 tahun

Persyaratan Dokumen

  • Fotokopi KTP/KITAS
  • Fotokopi Slip Gaji 1 dari 3 Bulan Terakhir/Surat Keterangan Penghasilan Asli Terbaru/Fotokopi SPT PPH 21 Tahun Terakhir
  • Fotokopi Rekening Tabungan (3 bln terakhir)
  • Fotokopi Surat Izin Profesi bagi profesional
  • NPWP
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP bagi pengusaha

Itulah beberapa persyaratan umum dan dokumen yang harus dilengkapi jika ingin mengajukan kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo. Jika ingin mengajukan pembuatan kartu kredit lebih mudah dan cepat manfaatkan situs e-commerce keuangan. Mereka memiliki tim yang siap membantu Anda mendapatkan kartu kredit ini dengan mudah.

Informasi Biaya dan Denda

Adapun besar biaya dan denda yang dibebankan kepada setiap pengguna kartu kredit adalah sebagai berikut:

Biaya dan denda

  • Biaya tahunan kartu utama dan tambahan gratis
  • Min. pembayaran setiap bulan 10% dari jumlah total tagihan atau Rp 50 Ribu
  • Denda keterlambatan pembayaran 3% dari jumlah total tagihan, minimal Rp 75.000, maksimal Rp150.000
  • Biaya admin untuk keterlambatan tidak ada
  • Biaya penarikan tunai minimum Rp100.000 atau 6% dari jumlah penarikan kartu
  • Batas fasilitas penarikan tunai per hari 50% dari limit kartu.

Itukah besar biaya dan denda yang dikenakan pada tiap nasabah. Jelas kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo ini diperuntukkan bagi komunitas pengguna Indosat. Karena itu wajib bagi setiap pengguna Ooredoo memiliki kartu kredit ini karena akan memberikan keuntungan berlipat. 

Selain itu, masih banyak pilihan kebutuhan finansial yang dapat anda pilih, seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan hingga pinjaman cepat cair yaitu di Cekaja.com. Tidak perlu khawatir karena Cekaja sudah terdaftar & diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Jika anda sudah memiliki kartu kredit, bijaklah dalam menggunakannya. Meski kartu kredit CIMB Niaga memberikan banyak kemudahan berbelanja bukan berarti mewajibkan Anda untuk terus berhutang. Manfaatkan kartu kredit sebagai alat ganti transaksi non tunai dan raih semua manfaat yang ditawarkan.

Tentang Penulis