Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Begini Cara Apply Kartu Kredit Citi Simplicity+  

by Gesti Weningtyas on 25 Maret, 2020

Kartu kredit menjadi salah satu pilihan menarik yang menguntungkan apabila bisa digunakan dengan bijak. Untuk itu, memilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang paling utama buat kamu yang ingin mengajukan kartu kredit. Diantara pilihan kartu kredit yang menawarkan banyak pilihan manfaat adalah Citi Simplicity+. Dengan kartu kredit, kamu bisa memaksimalkan transaksi dengan berbagai fasilitas pembayaran yang memudahkan, serta diskon menarik dari merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu.

Begini Cara Apply Kartu Kredit Citi Simplycity+

Kartu kredit Citi Simplicity+ memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi para nasabahnya. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan potongan biaya bunga 10 persen apabila melakukan pembayaran tepat waktu. Tidak ada batas maksimum potongan bunga yang dapat dihemat. Oleh karena itu, tak heran jika kartu kredit Citi Simplicity+ ini menjadi banyak pilihan. Banyak keuntungan yang diraih, salah satunya adalah hemat anggaran bulanan jika kita menjadi pemegang kartu kredit yang tertib.

Cara apply kartu kredit Citi Simplicity+ juga sebenarnya sangat mudah. Namun sebelum mengetahui cara apply kartu kredit Citi Simplicity+ ini, perhatikan beberapa manfaat dan syarat maupun ketentuan untuk mendapatkan manfaat kartu kredit Citi Simplicity+. Misalnya, syarat dan informasi tambahan terkait potongan 10 persen dari biaya bunga yang ditagihkan pada lembar penagihan.

Potongan Biaya Bunga

Perlu kamu ketahui, pemegang Kartu Kredit Citi Simplicity+ akan mendapatkan potongan sebesar 10% dari biaya bunga yang ditagihkan pada Lembar Penagihan bulan sebelumnya, yang akan dikreditkan dalam bentuk saldo kredit pada Lembar Penagihan bulan berikutnya. Sedangkan ketentuannya yaitu diantaranya adalah kartu Kredit Citi Simplicity+ harus dalam keadaan baik sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentang penggunaan Kartu Kredit Citi.

Selain itu, pemegang kartu wajib melakukan pembayaran tagihan bulanan paling sedikit sebesar pembayaran minimum yang tertagih tepat waktu atau sebelum Tanggal Jatuh Tempo pada Tagihan bulan tersebut. Sehingga,  potongan bunga akan dihitung satu hari sebelum Tanggal Tagihan.

Adapun untuk biaya bunga yang diperhitungkan untuk mendapatkan potongan bunga adalah, biaya bunga yang timbul dari semua transaksi retail dan tarik tunai dari ATM yang ditagihkan pada Lembar Penagihan Kartu Kredit Citi Simplicity+.  Selain itu, Biaya bunga yang timbul dari transaksi cicilan tetap di Merchant, transaksi yang diubah menjadi EazyPay melalui telepon atau Citibank Online dan fitur penarikan dana tunai melalui Loan on Phone tidak diperhitungkan.

Kabar gembiranya adalah, tidak ada batasan untuk maksimum jumlah potongan bunga yang bisa didapatkan. Namun, kamu juga harus tahu apabila Pemegang Kartu melakukan pembatalan salah satu atau beberapa transaksi untuk tagihan bulan sebelumnya, maka hal itu tidak akan mengurangi jumlah pembayaran minimum pada tagihan bulan sebelumnya tersebut.

Selain itu, kalau Pemegang Kartu melakukan pembatalan salah satu atau beberapa transaksi untuk tagihan bulan sebelumnya yang mengakibatkan perubahan pada perhitungan bunga yang dikenakan, maka Citibank akan melakukan penyesuaian untuk perhitungan potongan bunga untuk tagihan bulan berikutnya. Hal yang perlu kamu ketahui juga adalah, jika nasabah melakukan penggantian Kartu Kredit Citi Simplicity+ ke Kartu Kredit Citi lainnya atau menutup Kartu Kredit Citi Simplicity+, penawaran ini secara otomatis tidak berlaku. Sehingga, pastikan kamu menggunakan kartu kredit Citi Simplicity+ dan melakukan berbagai transaksi untuk mendapatkan manfaat serta keuntungan dari kartu kredit ini.

Bebas Biaya Keterlambatan Pembayaran

Telat bayar tagihan kartu kredit adalah hal yang menjengkelkan. Pasalnya, selain tagihan, kamu juga bakal mendapatkan biaya tambahan lainnya yaitu keterlambatan pembayaran. Dengan fitur ini, otomatis kamu juga bisa berhemat jika mengalami keterlambatan pembayaran tagihan bulanan,atau lupa melakukan pembayaran.

Ketahui aturannya, yaitu pemegang Kartu Kredit Citi Simplicity+ yang mengalami keterlambatan pembayaran pada tagihan bulan sebelumnya tidak akan dikenakan Biaya Keterlambatan Pembayaran pada tagihan bulan berikutnya. Meski demikian, keterlambatan atau kelalaian dalam pembayaran tagihan tetap akan mempengaruhi status kolektibilitas Pemegang Kartu.

Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit Citi dalam Pasal “Status Kolektibilitas Pembayaran” tetap berlaku kecuali, Biaya Keterlambatan Pembayaran.  Akan tetapi, jika Kartu Kredit Citi Simplicity+ milik pemegang kartu berada dalam status kolektibilitas selain “Lancar”, Citibank akan mengenakan biaya bunga, hingga upaya penagihan kepada pemegang kartu. Selain itu, bank juga berhak melakukan pemblokiran kartu kredit, serta menagih seluruh tagihan Kartu Kredit Citi yang tertunggak, belum ditagih dan/atau belum dibayar secara penuh.

Jadi seperti yang kamu ketahui, bahwa kamu mungkin akan aman dari biaya keterlambatan pembayaran. Namun, namamu akan tetap dicatat dan memiliki track record tersendiri apabila sering terlambat. Tentu kelonggaran ini adalah hal yang sangat memudahkan, namun bukan berarti kita jadi menyepelekannya begitu saja. Sebab membayar tagihan tepat waktu juga akan memberikan kamu keuntungan. Selain rekam jejak yang baik, kamu juga akan mendapatkan potongan biaya bunga dari kartu kredit Citi Simplicity+.

Bebas Biaya Overlimit

Keunggulan lainnya dari kartu kredit Citi Simplicity+ adalah bebas biaya over limit, atau batas kredit yang mungkin saja terjadi. Saat kita bertransaksi, terkadang kita tidak sadar telah menyentuh batas overlimit. Biasanya, bank akan mengenakan biaya apabila pemegang kartu kredit melewati batas kredit yang telah ditetapkan sebelumnya.

Namun, pada kartu kredit Citi Simplicity+, ada kelebihan khusus. Yakni, kamu tidak bakal dikenakan biaya apabila melewati batas kredit. Nah, sebelumnya simak juga syarat apa yang dikenakan agar kamu tidak terkena biaya over limit. Seperti yang tertulis pada laman resmi Citibank, pemegang Kartu Kredit Citi Simplicity+ yang menggunakan kartunya melebihi batas kredit yang diberikan pada tagihan bulan berjalan, tidak akan dikenakan Biaya Pemakaian di Luar Batas yang timbul pada tagihan bulan yang sama, sedangkan ketentuannya sebagai berikut:

Pertama, pemegang kartu yang punya lebih dari satu Kartu Kredit Citi, maka Biaya Pemakaian di Luar Batas hanya akan dihapuskan bila Biaya Pemakaian di Luar Batas dikenakan pada Kartu Kredit Citi Simplicity+. Kedua, apabila transaksi terakhir pemakaian di luar batas terjadi pada Kartu Kredit Citi selain Citi Simplicity+, maka Biaya Pemakaian di Luar Batas tetap akan dikenakan pada Kartu Kredit Citi lainnya tersebut dan Pemegang Kartu wajib membayar biaya atasnya.

Selain itu, apabila kamu ingin mengajukan naik limit, maka tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Mudah bukan? Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini saat memiliki kartu kredit Citi Simplicity+. Keuntungan ini tentu tak hanya memudahkan saja, namun juga membuat keuangan kita jadi lebih hemat. Kamu pun jadi bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah meski kartumu sudah melewati batas kredit dan ingin segera naik limit. Untuk memastikannya, kamu bisa menelepon call center terkait kenaikan limitmu.

(Baca Juga: Review Citi Simplicity+ Card, Kartu Kredit Simpel Tanpa Kerumitan!)

Nah, demikian adalah keunggulan dari kartu kredit Citi Simplicity+. Melihat banyaknya penghematan anggaran yang bisa didapat dengan menggunakan kartu kredit ini. Kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengajukan kartu kredit Citi Simplicity+ sebagai pilihan kartu kredit untuk bertransaksi. Jangan lupa, meski bebas biaya keterlambatan, kamu tetap dikenai biaya iuran tahunan, yaitu sebesar Rp 350 ribu untuk kartu utama, dan Rp 150 ribu untuk kartu tambahan.

Sedangkan biaya lainnya pada kartu kredit Citi Simplicity+ adalah Minimum payment 10% atau minimum Rp 50.000. Selain itu ada biaya tarik tunai 6% atau minimum Rp 100.000, Biaya kirim billing cetak Rp 15.000, Biaya ganti kartu, apabila kartu kreditmu rusak atau hilang adalah Rp 50.000. Kamu juga melakukan transaksi dengan lebih aman apabila mengaktifkan sms notifikasi. Biayanya Rp 5.000. Dengan fitur ini, kamu jadi bisa mengetahui transaksi apa saja yang telah dilakukan. Alhasil pengeluaran dan berbagai  transaksimu bisa terukur dan lebih aman. Biaya tambahan lainnya dari kartu kredit Citi Simplicity+ adalah denda pembatalan cicilan/pelunasan dipercepat yakni Rp 250.000.

Melihat beberapa biaya yang ringan dari kartu kredit Citi Simplicity+ ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengajukan kartu kredit Citi Simplicity+ segera. Untuk mengajukannya, jangan lupa agar selalu menyiapkan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Citibank. Dengan demikian, kartu kredit  Citi Simplicity+ yang kamu ajukan pun akan cepat disetujui. Pastikan kamu juga memiliki rekam jejak yang baik agar pengajuan kartu kreditmu segera disetujui oleh pihak bank penerbit kartu.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Citi Simplicity+

Ada beberapa syarat yang mesti diperhatikan apabila kamu akan mengajukan kartu kredit Citi Simplicity+. Pertama, yaitu syarat usia, minimal 21 tahun dan maksimum 65 tahun untuk pemegang kartu utama. Sedangkan untuk pemegang kartu tambahan, minimal usianya 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Selain itu yang kedua adalah syarat dokumen yang wajib dipenuhi, diantaranya KTP/KITAS/Paspor, Slip gaji, NPWP, SIUP (pengusaha), Surat ijin praktek untuk profesi dokter, psikolog dan profesi lainnya.

Selain itu, kamu juga harus memiliki kartu kredit dari Citibank, selain kartu kredit Citi Simplicity+. Atau, minimal kamu sudah memiliki kartu kredit dari bank lain, apabila ingin mengajukan kartu kredit Citi Simplicity+. Gaji minimal untuk calon pemohon kartu kredit Citi Simplicity+ yaitu Rp 60 juta per tahun. Pastikan kamu memiliki segala persyaratan ini agar kartu kreditmu lekas disetujui.

Cara Apply Kartu Kredt Citi Simplicity+

Cara apply kartu kredit Citi Simplicity+ kamu bisa mengajukannya secara online dengan mengunjungi laman resmi Citibank. Di sana ada beberapa pilihan kartu kredit, lalu pilih Citi Simplicity+ dan klik apply now. Setelah itu kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan ikuti arahan dari website.

Setelah itu, pastikan kamu memasukkan nomor ponselmu yang sesuai dan selalu aktif setiap waktu. Tunggu prosesnya sekitar tiga hari. Biasanya, pihak bank akan menghubungimu untuk melakukan beberapa verifikasi. Sehingga, kamu perlu mengangkat nomor telepon yang masuk, dari siapapun bahkan dari nomor yang tak dikenal sekalipun, karena nomor tersebut mungkin saja adalah pihak bank. Kalau kamu tidak mengangkatnya lebih dari tiga kali, besar kemungkinan permohonan kartu kredit Citi Simplicity+ akan ditolak. Oleh karena itu, memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sesuai dan aktif, adalah salah satu langkah utama yang harus kamu lakukan.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengajukan kartu kredit  di Cekaja.com.

Tentang Penulis