Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tips Mudah Meningkatkan Skor Kredit Dengan Kartu Kredit!

by Rini Agustina on 28 Maret, 2020

Apakah kamu adalah seorang yang baru menggunakan kartu kredit? Apakah kamu ingin lebih memahami bagaimana kartu kredit mempengaruhi riwayat kredit mu dan bagaimana meningkatkan skor kredit kartu kredit?

Tips Mudah Meningkatkan Skor Kredit Dengan Kartu Kredit !

Ingat, kartu kredit bisa menjadi cara yang mudah dan cepat untuk memperoleh pinjaman, dan selama kamu bisa menggunakannya secara bertanggung jawab. Tentu saja kartu kredit adalah fasilitas keuangan yang sangat menguntungkan.

Panduan Untuk Meningkatkan Skor Kredit mu

Ini adalah panduan untuk meningkatkan skor kredit dengan kartu kredit. Berikut ini yang harus diketahui saat kamu akan meningkatkan skor kredit kartu kredit mu:

  • Ketahuilah bahwa riwayat kredit yang baik itu penting
  • Ketahui bagaimana kamu dapat memonitor riwayat kredit mu sendiri
  • Pahami cara memilih kartu pertama yang kamu miliki
  • Bagaimana laporan dan skor kredit kamu dipengaruhi hanya dengan memiliki kartu kredit
  • Dasar-dasar cara menggunakan kartu kredit, harus dipahami dengan baik
Beberapa tips mudah untuk menjaga skor kredit dalam kondisi sangat baik

Ini bukan panduan tentang menggunakan teknik berisiko untuk mencoba memanipulasi sistem penilaian kredit. Karena kita tahu ada banyak sekali trik manipulasi dalam dunia kartu kredit, dan bank di Indonesia tidak menyarankannya.

Alih-alih, informasi ini akan membantu kamu lebih memahami faktor-faktor mendasar yang mempengaruhi skor kredit sehingga kamu akan dapat membuat keputusan yang baik dan menggunakan kartu kredit untuk membangun skor kredit secara bertanggung jawab.

Jadi, jangan mengharapkan cara instan ya, karena dalam artikel ini juga tidak akan menemukan informasi tentang mendaftar banyak kartu dengan cepat. Yang hanya untuk mendapatkan bonus pendaftaran dan kemudian membatalkannya.

Melalui artikel ini kami ingin memberi Kamu pengetahuan untuk memilih kartu kredit yang akan cocok untuk jangka panjang bagi Kamu. Jadi, mari kita mulai!

Apakah Sejarah Kredit, Laporan Kredit, dan Skor Kredit?

Riwayat kredit Kamu adalah catatan perilaku masa lalu kamu sebagai peminjam uang. Pemberi pinjaman menggunakan perilaku masa lalu ini untuk menentukan seberapa besar kemungkinan Kamu membayar kembali, atau lebih umum seberapa besarkah kamu dapat dipercaya dalam hal keuangan. Makanya saat kita akan mengajukan pinjaman, pastilah ada proses BI Checking.

Orang-orang dengan sejarah panjang pembayaran tepat waktu dilihat oleh pemberi pinjaman sebagai peminjam yang sangat baik, cenderung membayar kembali pinjaman tepat waktu dan secara penuh.

Orang-orang dengan sejarah kredit yang buruk, termasuk pembayaran terlambat dan kartu maksimal, dipandang sebagai peminjam berisiko yang mungkin tidak dapat membayar kembali pinjaman dengan baik.

(Baca juga: Tips Belanja Online Aman dengan Kartu Kredit BRI)

Berdasarkan riwayat kredit, perusahaan dapat memutuskan apakah mereka ingin melakukan bisnis denganmu, dan pada persyaratan apa saja mereka akan menerapkannya.

Ketika Kamu mengajukan permohonan kartu kredit atau pinjaman, pemberi pinjaman akan memeriksa laporan dan skor kredit Kamu. Untuk menentukan seberapa besar kemungkinan Kamu akan membayar hutang.

Berdasarkan informasi ini, mereka akan memutuskan apakah akan menyetujui atau menolak aplikasi Kamu. Jika pemberi pinjaman memutuskan untuk menyetujui.

Pastinya itu juga akan menggunakan riwayat kredit Kamu dan skor untuk memutuskan persyaratan pinjaman Kamu, seperti suku bunga atau jumlah pinjaman yang harus Kamu dapatkan. 

Yang Mempengaruhi Skor Kredit mu

Bank bukan satu-satunya yang menggunakan laporan dan skor kredit untuk memprediksi tingkat risiko mu. Berikut adalah beberapa cara sejarah kredit dapat mempengaruhimu:

  • Mendapatkan Kartu Kredit

Jika Kamu memiliki kredit atau kredit macet, Kamu mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan kartu kredit. Jika Kamu disetujui, maka akan semakin buruk riwayat kredit mu, dan semakin buruk persyaratan kartu kredit mu.

Jikalau pun disetujui, maka kamu hanya dapat disetujui untuk kartu dengan batas kredit rendah, suku bunga tinggi, dan tanpa imbalan. Disisi lain, dengan riwayat kredit yang luar biasa baik, Kamu bisa mendapatkan kartu yang menawarkan hadiah dan ketentuan terbaik, seperti batas kredit tinggi dan rendah.

  • Mendapatkan Pinjaman Otomatis

Dengan kredit buruk, Kamu mungkin tidak bisa mendapatkan persetujuan untuk pinjaman. Jika Kamu melakukannya, itu mungkin akan pada tingkat bunga yang jauh lebih tinggi.

Meskipun Kamu benar-benar dapat menghindari bunga pada kartu kredit, hal yang sama tidak berlaku untuk pinjaman cicilan seperti kredit mobil. Bunga bertambah dengan cepat pada barang-barang bernilai besar seperti mobil dan rumah. 

  • Paket Telepon Seluler Pasca Bayar

Sebagian besar penyedia layanan telepon seluler memerlukan pemeriksaan kredit untuk membuka akun baru, kecuali jika Kamu mendapatkan layanan prabayar.

Juga, banyak smartphone dijual berdasarkan paket pembiayaan. Untuk mendapatkan salah satu paket pembiayaan ini, pemeriksaan kredit biasanya diperlukan untuk memastikan Kamu dapat melunasi seluruh telepon.

Tapi ingat, membayar tagihan ponsel Kamu tepat waktu tidak membantu Kamu meningkatkan skor kredit kamu loh, meskipun tidak membayar tagihan, itu hanya dapat menambah nilai negatif pada laporan kredit Kamu.

  • Ketenagakerjaan

Di banyak negara, pengusaha diizinkan untuk mempertimbangkan informasi tentang laporan kredit ketika memutuskan apakah akan memperkerjakan seseorang.

Namun, skor kredit sendiri tidak akan pernah dipertimbangkan untuk tujuan pekerjaan. Pembayaran yang terlambat, hak gadai pajak, dan pemanfaatan kredit yang tinggi dapat mengindikasikan seseorang tidak dapat patuh dengan komitmen, dan ini bukan merupakan ciri karyawan yang baik.

Apa itu Laporan Kredit?

Riwayat kredit dicatat pada laporan kredit oleh biro kredit. Setiap biro kredit mengumpulkan dan menyimpan data tentang riwayat kredit Kamu dalam bentuk file kredit. Laporan kredit Kamu berisi informasi tentang akun yang Kamu miliki dan riwayat pembayaranmu. 

Apa itu Skor Kredit?

Skor Kredit adalah angka yang menunjukkan risiko Kamu sebagai peminjam. Kemungkinan Kamu akan membayar tagihan tepat waktu. Kamu mungkin tergoda untuk memperhatikan dan meningkatkan skor kredit Kamu dengan cermat dan terobsesi pada setiap poin.

Namun, itu mungkin bukan penggunaan terbaik, bahkan bisa hanya membuang waktu dan energi saja. Model penilaian kredit adalah hak milik, jadi Kamu mungkin tidak selalu tahu persis mengapa salah satu skor kredit Kamu naik atau turun beberapa poin.

Sebaliknya, fokuslah pada dasar-dasar membangun sejarah kredit yang baik, karena dengan begitu skor kredit akan ikut meningkat. Ini termasuk yang bisa dilakukan:

  • Membayar semua tagihanmu tepat waktu
  • Menjaga pemanfaatan kartu kredit mu seminimal mungkin
  • Membiarkan akun terbuka untuk waktu yang lama (menutup akun tidak selalu merupakan hal yang baik)
  • Memiliki akun kredit yang baik
  • Tidak membiarkan orang lain terlalu sering menarik laporan kredit mu
Mengapa Kartu Kredit?

Kamu tentu dapat memperoleh kredit tanpa kartu kredit, tetapi kartu kredit memiliki banyak keunggulan selain membangun kredit. Plus, mereka bisa menjadi cara yang nyaman dan mudah untuk menambahkan lebih banyak akun ke riwayat kredit mu, bahkan jika Kamu sudah memiliki jenis akun lain, seperti pinjaman cicilan. 

Manfaat Kartu Kredit

Berikut adalah beberapa manfaat dari kartu kredit untuk dipertimbangkan:

  • Kepemilikan gratis, saat ini banyak kartu kredit tidak memiliki biaya tahunan, yang berarti dapat digunakan secara gratis.
  • Bisa bebas digunakan, jadi kamu dapat menghindari bunga selama Kamu tidak memutar saldo dari satu bulan ke berikutnya.
  • Meningkatkan kredit, penggunaan kartu kredit yang bertanggung jawab umumnya akan meningkatkan laporan kredit dan skor kredit.
  • Hadiah, banyak kartu kredit menawarkan poin atau cashback, yang dapat menambah penghematan yang signifikan dari waktu ke waktu, atau memberi Kamu tunjangan lain seperti penerbangan gratis.
  • Manfaat pembelian, kartu kredit seringkali memberikan perlindungan pembelian, mencakup barang-barang yang Kamu beli dari kerusakan dan pencurian selama beberapa bulan, serta jaminan dan asuransi yang diperpanjang untuk perjalanan dan penyewaan mobil.
Menggunakan Kartu Kredit untuk Meningkatkan Skor Kredit

Kartu kredit dapat mempengaruhi kredit dalam beberapa cara berbeda, dan proses itu dimulai segera setelah Kamu mengajukan permohonan (meskipun Kamu ditolak).

Prinsip utama yang perlu Kamu ikuti adalah menggunakan kartu Kamu secara bertanggung jawab dengan selalu membayar tagihan tepat waktu, tetapi ada lebih banyak hal untuk manajemen kartu kredit yang berhasil daripada itu.

Memilih Kartu Kredit Pertama Kamu

Jika Kamu belum memiliki kartu kredit, Kamu mungkin belum memiliki riwayat kredit apa pun.  Secara umum, semakin baik kredit Kamu, semakin banyak opsi (dan lebih baik) yang akan Kamu miliki ketika memilih kartu.

Ini berarti ketika Kamu membangun kredit Kamu, Kamu dapat memenuhi syarat untuk kartu yang mendapatkan lebih banyak hadiah dan memberikan lebih banyak manfaat (seperti akses lounge bandara).

Sebagian besar bank melaporkan aktivitas akun kartu kredit ke ketiga biro kredit utama, yang sangat membantu ketika Kamu mencoba membangun sejarah kredit. Bank tidak diharuskan melapor ke biro kredit. Pelaporan kredit sebenarnya bersifat sukarela, tetapi kebanyakan penerbit kartu melaporkan.

Menjadi Pengguna yang Sah

Salah satu keuntungan menjadi pengguna resmi adalah tidak memerlukan pemeriksaan kredit. Bahkan jika Kamu tidak memiliki kredit atau kredit buruk, Kamu kemungkinan akan bisa mendapatkan kartu di akun orang yang Kamu cintai dan menggunakannya untuk mulai membangun kredit Kamu.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk hanya menjadi pengguna yang sah pada kartu kredit seseorang yang Kamu percayai untuk menjaga reputasi akun.

Hanya minta seseorang yang Kamu kenal baik, seperti teman dekat atau anggota keluarga, yang Kamu harapkan bertanggung jawab secara finansial untuk tahun-tahun mendatang.

Pinjaman Pembangun Kredit

Pinjaman pembangun kredit bukan kartu kredit. Sebaliknya, ini adalah jenis pinjaman khusus yang merupakan salah satu cara paling aman dan termudah untuk membangun kredit.

Pinjaman pembangun kredit tersedia dari banyak bank, serikat kredit, dan beberapa pemberi pinjaman online. Kamu mungkin ingin memeriksa Self (sebelumnya dikenal sebagai Self Lender), yang tidak melakukan penyelidikan keras atas kredit Kamu ketika Kamu melamar.

Sekalipun Kamu telah memiliki kredit, pinjaman pembangun kredit dapat menambah keragaman jenis akun pada laporan kredit Kamu, yang dapat membantu skor kredit Kamu. 

Jadi, itulah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skor kredit dengan kartu kredit yang kamu miliki. Namun jika tak punya kartu kredit, maka buatlah track records pinjamanmu baik, lancar, dan lunas.

Dan yang paling penting dari semuanya, memiliki catatan yang baik dan penggunaan yang bertanggung jawab, adalah cara yang bijak dilakukan jika ingin riwayat kredit dan juga skor kredit kamu meningkat. Kamu dapat memilih kartu kredit, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Kamu hanya di Cekaja.com. Beragam pilihan kartu kredit, dan kebutuhan finansial lainnya ada disini, soal keamanan gaperlu diragukan lagi, karena Cekaja terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis