Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Anti Boros! Ini Cara Mendapatkan Poin Kartu Kredit

by Rini Agustina on 7 April, 2020

Bagi pengguna kartu kredit pasti sudah tak asing lagi dengan istilah “poin”. Kata ini merujuk pada bonus atau reward yang bisa didapatkan oleh pemilik kartu kredit setiap kali ia bertransaksi menggunakan kartu kredit. Setiap perbankan memiliki aturan berbeda mengenai perolehan poin yang bisa didapat setiap nasabahnya.

Anti Boros! Ini Cara Mendapatkan Poin Kartu Kredit

Citibank misalnya, mereka memberikan 1 rewards point untuk setiap transaksi Rp 3.000. Sementara BNI memberikan 1 rewards poin untuk setiap transaksi Rp 2.500. Tinggal kalikan saja dengan total tagihan belanja Anda untuk mengetahui jumlah rewards poin yang didapat dalam setiap transaksi belanja.

Semakin banyak dan tinggi transaksi menggunakan kartu kredit, maka semakin banyak pula jumlah poin yang bisa didapat. Menariknya point rewards ini dapat kita tukar dengan sejumlah bonus seperti diskon belanja, voucher, tiket pesawat dan tiket kereta api, diskon belanja hingga voucher potongan restoran.

(Baca juga: Fasilitas Kartu Kredit Citibank Yang Wajib Kamu Ketahui!)

Tak heran jika mayoritas pemilik kartu kredit, akan terus menaikkan transaksi demi mendapatkan poin yang diinginkan. Tak sedikit pula yang menjadi terbiasa dengan hidup konsumtif. Padahal ada banyak cara mengumpulkan poin kartu kredit tanpa harus boros.

Anti Boros! Ini Tips Mendapatkan Poin Kartu Kredit 

Umumnya rewards poin kartu kredit dapat ditukar untuk tiga kategori. Yakni potongan belanja, milis dan pembayaran annual fee.  Potongan atau voucher belanja adalah jenis rewards yang paling banyak disediakan perbankan.

Anda dapat menggunakan rewards ini untuk berbagai hal. Hadiah uang tunai dapat membantu mengurangi annual fee kartu kredit Anda. Poin miles bisa ditukar untuk mendapatkan tiket pesawat gratis dengan merchant yang merupakan maskapai rekanan. 

Seperti kita tahu poin kartu kredit bisa didapat dengan meningkatkan transaksi atau penggunaan kartu kredit untuk setiap kebutuhan. Berikut ini adalah cara mendapatkan poin kartu kredit tanpa membuat dompet Anda cekak:

1. Alihkan Belanja Bulanan dengan Kartu Kredit

Kalau selama ini Anda terbiasa berbelanja kebutuhan bulanan dengan menggunakan kartu debit atau cash. Segera ubah kebiasaan tersebut dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya.

Belanja bulanan sangat membantu mendongkrak perolehan poin kita. Terlebih jika berbelanja di merchant yang bekerja sama, selain bisa mengumpulkan poin Anda juga akan mendapatkan bonus tambahan berupa diskon belanja maupun cashback.

2. Bayar Tagihan Hang Out Teman-Teman

Tentu saja bayar tagihan disini bukan berarti Anda mentraktir biaya makan dan minum kawan-kawan setiap perjumpaan dilakukan. Anda bisa membayar semua tagihan menggunakan kartu kredit.

Setelah itu, meminta teman untuk membayar kepada Anda secara cash atau transfer bank. Dengan begitu poin rewards bisa terkumpul lebih cepat dengan jumlah belanja yang rendah.

3. Bayar Langganan Bulanan

Anda juga bisa mengumpulkan lebih banyak poin dengan mengganti hampir seluruh kegiatan transaksi seperti tagihan keanggotan gym atau pembayaran asuransi.

Untuk penyewa apartemen bahkan kartu kredit bisa digunakan untuk membayar sewa. Coba pikirkan kembali apa saja kebutuhan bulanan yang melibatkan pembayaran secara berkala, kemungkinan pembayarannya bisa diganti dengan kartu kredit.

4. Bayar Cicilan Pembelian Kendaraan

Pembelian kendaraan roda dua dan roda empat membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena itu mayoritas masyarakat Indonesia akan mengambil pilihan kredit motor dan mobil untuk memenuhi keinginannya memiliki kendaraan pribadi.

Anda bisa meminta pihak dealer untuk mengubah cicilan bulanan dengan kartu kredit. Cara ini efektif mendorong poin rewards Anda mengingat biaya cicilan kendaraan ini tidak murah.

5. Beli Uang Elektronik

Masyarakat Indonesia kini sudah terbiasa menggunakan uang elektronik seperti OVO, DANA maupun GoPay. Namun untuk mengantongi uang elektronik ini kita harus membelinya bisa menggunakan mobile banking maupun kartu kredit.

Nah gunakan kartu kredit setiap kali Anda ingin memenuhi saldo persediaan uang elektronik, dengan begitu poin kartu kredit bisa lekas terkumpul tanpa harus boros.

Itulah cara mendapatkan poin kartu kredit dengan mudah dan cepat. Gunakan kartu kredit untuk segala jenis kebutuhan transaksi Anda, dan kumpulkan poin rewardnya untuk ditukar dengan berbagai produk kesayangan.

Tips Memilih Kartu Kredit dengan Rewards Point Terbaik

Setiap perbankan yang mengeluarkan kartu kredit menawarkan keunggulan yang berbeda. Bahkan dalam satu bank saja kartu kreditnya bisa bermacam-macam.

Ada yang khusus membuat kartu kredit belanja dengan keunggulan jutaan cashback dan point ada pula yang khusus dibuat misalnya hanya untuk traveling.

Nah tugas kita jika ingin memilih kartu kredit dengan rewards point terbaik adalah mengeliminasi jenis kartu yang kurang memberikan perhatian pada soal poin rewards. Mudahnya begini cara memilih kartu kredit untuk penggila rewards poin.

  • Pilih reward poin transaksi rendah

Karena tujuan kita adalah mencari kartu kredit yang gampang memberikan rewards poin. Maka yang harus dipilih adalah kartu kredit yang memberikan poin terbanyak dengan jumlah transaksi paling minim.

Misalnya kartu kredit yang memberikan 1 poin untuk setiap transaksi Rp 1000, jadi, misalnya dengan berbelanja Rp 100 Ribu Anda bisa mendapatkan 100 poin yang bisa ditukar dengan berbagai bonus.

  • Pilih kartu kredit dengan banyak partner merchant

Poin yang satu ini wajib hukumnya dipilih. Untuk apa mengumpulkan banyak poin jika tidak bisa ditukar dengan produk yang Anda inginkan? Pilihlah kartu kredit yang bekerjasama dengan berbagai produk fashion, kuliner hingga maskapai penerbangan.

Lihat langsung di website resminya, kartu kredit yang bagus bukan hanya punya rekan merchant di dalam negeri melainkan juga di luar negeri. Bukan hanya merchant offline namun juga merchant online seperti e-commerce.

  • Pilih kartu kredit dengan gratis annual fee

Biaya tahunan kartu kredit jelas menjadi beban tersendiri, apalagi untuk jenis kartu kredit premium yang annual fee nya bisa mencapai jutaan rupiah.

Kalau rajin mencari sebenarnya Anda bisa mendapatkan kartu kredit yang memberikan gratis iuran tahunan, baik untuk kartu kredit utama maupun tambahan. BRI dan Citibank adalah salah satu perbankan yang memberikan gratis annual fee seumur hidup untuk beberapa produk kartu kreditnya.

  • Pilih kartu kredit dengan “no expire” redeem point

Umumnya kartu kredit memberi aturan adanya batas kadaluarsa penukaran poin. Rata-rata memberikan jangka waktu 2 tahun. Namun ada beberapa kartu kredit yang tidak membatasi waktu penukaran redeem poin alias dapat ditukar kapan saja, salah satunya adalah Citibank. Jadi Anda bisa mengumpulkan lebih banyak poin untuk ditukar dengan berbagai barang incaran.

  • Pilih kartu kredit sesuai kebutuhan

Memang sekarang ini banyak sekali kartu kredit yang menawarkan produk khusus untuk cashback. Ada Pula kartu kredit yang bekerjasama dengan gerai tertentu untuk menarik minat.

Namun, sebelum memilih kartu kredit jenis ini Anda harus pikirkan apakah ini jenis yang paling dibutuhkan? Jangan sampai keberadaan kartu kredit justru mendorong Anda untuk membelanjakan uang demi kebutuhan yang tidak perlu, hanya karena iming-iming potongan belanja atau voucher.

  • Jangan ragu untuk bandingkan

Seringkali kita dihadapkan pada banyak pilihan kartu kredit dari berbagai perbankan yang bagus dan kredibel. Namun pada akhirnya kita seringkali memilih berdasarkan saran dari orang terdekat.

Padahal saran mereka belum tentu cocok diterapkan dalam kondisi keuangan kita. Dibanding mendengarkan apa kata orang, sebaiknya lakukan perbandingan sendiri dengan memanfaatkan situs penjualan kartu kredit secara online. Anda bisa membandingkan secara lebih objektif dan dengan informasi super lengkap.

Itulah tips menemukan kartu kredit dengan keuntungan point rewards terbanyak. Meski point rewards adalah tujuan Anda, jangan kesampingkan seluruh penawaran yang diberi oleh perbankan.

Karena bisa jadi kartu yang ingin Anda miliki sebenarnya tidak dapat menyokong kebutuhan transaksi Anda. Ingat, kartu kredit adalah alat ganti transaksi non-tunai sedangkan rewards adalah bonus saja karena Anda telah setia menggunakan kartu kredit.

Pilihan Kartu Kredit yang Menawarkan Poin Rewards Menarik

Karena ada banyak perbankan yang memberikan poin rewards untuk setiap kali penggunaan transaksi menggunakan kartu kredit, pasti ada beberapa diantaranya yang memberikan penawaran menarik yakni memberi poin besar untuk transaksi rendah. Berikut adalah diantaranya:

1. Citibank

kartu kredit Citibank juga memberikan reward point untuk setiap transaksi menggunakan kartu kredit.Setiap Anda bertransaksi Rp3.000,-, dapatkan hingga 3x di kategori transaksi internasional, dining, dan shopping. Dapatkan 1x untuk transaksi lainnya.

Anda juga dapat menukarkan Citi Rewards points di merchant pilihan dan untuk membayar Iuran Tahunan Kartu Kredit Anda. Tukarkan juga Citi Rewards Points Anda ke lebih dari 60 maskapai penerbangan dan 5.000 hotel di seluruh dunia.

Dapatkan promo dan diskon eksklusif di lebih dari 95 negara. Menariknya tidak ada masa kadaluarsa untuk Citi points ini dan berlaku selamanya, sehingga Anda dapat menukarnya kapanpun Anda inginkan.

2. Mayapada Platinum Card

Sama halnya dengan kartu kredit lain yang memberikan poin dalam setiap penggunaan kartu kredit. Mayapada juga menerapkan hal serupa. Dapatkan 1 poin untuk setiap transaksi minimum Rp 1.000.

Poin ini dapat Anda tukarkan dengan barang-barang merchandise Bank Mayapada, mileages dan hadiah menarik sesuai merchant yang bekerjasama. Semakin besar nilai transaksi masa semakin besar poin yang bisa didapat.

3. BNI

BNI juga memilih program rewards poin yang mereka namakan BNI Rewards Point. Ini adalah program loyalty dari BNI dimana untuk setiap transaksi Kartu Kredit BNI senilai Rp. 2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah), Pemegang Kartu akan memperoleh 1 (satu) reward point dan berlaku untuk nilai transaksi kelipatannya.

Program BNI Rewards Point Redemption memberikan penawaran program penukaran yang menarik bagi semua Pemegang Kartu Kredit BNI yang aktif menggunakannya.

4. HSBC Visa Signature

Ini adalah jenis kartu kredit premium yang memberikan 2,5 Poin Reward dan kelipatannya untuk setiap transaksi Rp 2.500 baik untuk transaksi berbelanja, pembelian tiket penerbangan, restoran maupun pengisian bahan bakar sebesar Rp2.500.

Selain itu,  tiap 15 Poin Reward kartu kredit HSBC Visa Signature dapat ditukarkan dengan 1 GFF/Asia Miles dan 12,5 Poin Reward ke 1 Krisflyer. HSBC Signature Experience bekerjasama dengan 450 hotel yang tersebar di seluruh Asia Pasific dan 400 outlet/merchant di seluruh Indonesia.

Itulah beberapa kartu kredit yang menawarkan poin rewards terbaik. Ingat ya, fasilitas atau fitur poin rewards ini memang menggiurkan tapi jika annual feenya juga tinggi, Anda harus berpikir panjang. Pertimbangkan, apakah poin rewards yang ditawarkan sepadan dengan annual fee dan biaya administrasi yang mesti dikeluarkan setiap tahun? Di Cekaja.com memiliki beragam pilihan kartu kredit yang pas untuk anda, keamanannya pun terjamin, karena Cekaja.com sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis