Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Membership Fee Kartu Kredit, Mana yang Paling Menguntungkan?  

by Gesti Weningtyas on 13 April, 2020

Setiap kartu kredit memberikan membership fee yang dibayarkan tahunan. Akan tetapi, ada juga kartu kredit yang menggratiskan membership fee ini. Namun, perlu kamu ketahui setiap kartu kredit punya berbagai kriteria maupun syarat tertentu yang diberikan pada pemegang kartu kredit terkait membership fee kartu kredit.

Membership fee kartu kredit ini juga dikenal dengan annual fee atau iuran tahunan. Biaya iuran tahunan tersebut dibayarkan setiap tahun, tergantung dari jenis kartu yang dimiliki oleh pemegang kartu kredit. Dari sekian biaya yang dikeluarkan untuk kartu kredit, membership fee kartu kredit ini terbilang memberatkan nasabah kartu kredit.

Rata-rata biaya iuran tahunan sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu pada kartu kredit silver. Semakin tinggi limit kartu kredit, biasanya biaya membership fee pun akan semakin besar. Jadi, buat kamu yang memiliki lebih dari satu kartu kredit, biaya membership fee ini mungkin bakal sangat terasa. Oleh karena itu, menimbang keuntungan dan manfaat serta biaya yang akan kamu tanggung pada kartu kredit yang akan diajukan, adalah hal yang paling utama.

Untuk mendapatkan gratis iuran tahunan, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo yang tersedia pada kartu kredit. Biasanya bank penerbit kartu akan memberikan promo gratis iuran tahunan pada tahun pertama maupun hingga dua tahun pertama. Namun ada juga yang memberikan syarat pembelian minimal atau minimum transaksi yang harus dilakukan dalam setiap bulannya.

Biaya-Biaya Pada Kartu Kredit

Perlu kamu ketahui, membership fee kartu kredit adalah salah satu bagian dari biaya yang harus kamu bayarkan, saat memiliki kartu kredit. Namun, selain membership fee atau iuran tahunan ada juga bunga, dan sederet biaya-biaya lainnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa biaya kartu kredit yang perlu kamu bayarkan, selain membership fee:

1. Biaya keterlambatan

Bagi yang terlambat membayar tagihan, bakal mendapatkan biaya keterlambatan. Sehingga, jangan anggap sepele penundaan pembayaran tagihan kartu kredit. Tentunya biaya keterlambatan ini bakal menambah jumlah tagihan kamu. Penerbit kartu kredit bakal memberikan denda keterlambatan tiga persen dari total tagihan.

2. Bunga

Selain biaya keterlambatan, kamu juga bakal dikenakan bunga. Biasanya berkisar 0 persen hingga 2,25 persen setiap bulannya.

Biaya bunga dikenakan tiap nasabah menggunakan kartu kredit untuk membeli barang dengan sistem cicilan. Umumnya, bunga kartu kredit berkisar mulai dari 0 persen hingga 2,25 persen per bulan.

3. Biaya over limit

Jika kamu memakai kartu kredit melewati batas pemakaian atau over limit, maka kamu juga akan dikenakan biaya mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 150 ribu. Namun, beberapa kartu kredit juga membebaskan biaya over limit.

4. Biaya tarik tunai

Biaya ini akan dibebankan setiap kamu melakukan penarikan tunai. Ingat, kartu kredit yang ada pada genggamanmu berisi pinjaman yang harus segera dikembalikan, termasuk uang yang kamu tarik. Setiap bank biasanya memberikan biaya yang berbeda pada tiap penarikan tunai yang dilakukan.

5. Biaya konversi mata uang

Biaya konversi ini dilakukan buat kamu yang sering belanja online dari situs luar negeri.  Pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit ini bakal ditagihkan dengan biaya konversi mata uang.Jadi, buat kamu yang sering belanja online di luar negeri, sebaiknya pilih kartu kredit dengan tawaran nilai tukar mata uang asing yang bersaing.

6. Biaya penggantian kartu rusak atau hilang

Biaya ganti kartu kredit juga akan dikenakan bila kamu melakukan penggantian kartu. Biasanya mencapai sekitar Rp 50 ribu.

7. Biaya Pelunasan Kartu Kredit Dipercepat

Kamu akan dikenakan biaya apabila melakukan pelunasan dipercepat alias sebelum jangka waktu cicilan berakhir. Biaya ini merupakan biaya pembatalan cicilan, mulai dari Rp 200 hingga Rp 250 ribu.

Itulah beberapa biaya dari kartu kredit yang bakal ditagihkan ke kamu, selain membership fee dan bunga tentunya. Namun selain ke tujuh biaya tersebut, ada juga biaya-biaya lainnya seperti materai, biaya penukaran rewards poin, dan biaya lain seperti pencetakan tagihan. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu yang ingin mengajukan kartu kredit. Pastikan kamu memahami setiap  biaya yang akan dikeluarkan, sehingga tak kaget dengan tagihan yang datang.

Kartu Kredit Bebas Membership Fee

Namun ada beberapa penerbit kartu yang membebaskan membership fee pada pemegang kartu. Tentunya hal ini bakal menguntungkan karena kamu tak lagi dibebani iuran tahunan yang ditetapkan pada kartu kredit. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil beberapa pilihan kartu kredit berikut:

1. CIMB Niaga MasterCard Platinum

Kartu Kredit CIMB Niaga MasterCard Platinum memberikan gratis iuran tahunan, selain itu bunga kartu kredit satu ini juga cukup rendah yakni hanya 2,25 persen. Kamu bisa mendapatkan fasilitas cashback dan cicilan tetap.

Untuk mendapatkan kartu kredit ini, minimal penghasilan         Rp 7.5 juta per bulan atau Rp 90 juta per tahun. Kamu bisa membayar tagihan minimal Pembayaran       10% dari jumlah total tagihan atau jumlah minimum Rp 50.000. Meski bebas iuran tahunan, kamu tetap bakal dikenakan biaya penarikan tunai minimal Rp 100 ribu atau 6 persen dari jumlah penarikan uang tunai pada kartu kredit. Sedangkan biaya keterlambatan sebesar 3% dari jumlah total tagihan, minimal Rp. 75.000, maksimal Rp.150.000.

 2. Sinarmas Secure Credit Card

Kamu yang ingin mendapatkan gratis membership kartu kredit juga bisa mencoba Kartu Kredit Sinarmas Secure Credit Card. Kartu kredit ini memberikan gratis iuran tahunan dan fasilitas cashback hingga 0,5 persen. Selain itu kamu juga bakal mendapatkan bunga yang cukup kompetitif dengan kartu kredit satu ini.

Selain itu, kartu kredit ini memberikan jaminan keamanan dengan adanya sistem hold dana. Pemegang Secure Credit Card diwajibkan memiliki dana dengan jumlah tertentu di rekening tabungan. Selain itu, perlu kamu ketahui, 80% dari dana tersebut nantinya akan di-hold oleh pihak bank dan sekaligus menjadi limit dari kartu kredit yang kamu punya.

Jadi, ketika kamu memiliki uang Rp 5 juta di rekening, maka limit kartu kredit sekitar Rp 4,6 juta. Kamu juga tak perlu memikirkan berapa gaji minimal, hanya perlu menyiapkan dana yang akan di hold oleh pihak bank. Dana yang di lock juga tidak besar, bisa mulai dari Rp 500 ribu saja.

3. BRI Touch Visa Gold

Kartu kredit ini juga bakal memberikan kamu bebas iuran tahunan alias membership fee. Kamu juga dapat memanfaatkan  Cicilan 0% hingga 24 Bulan dan Diskon 40% McDelivery. Selain itu, kamu bisa menggunakan kartu kredit ini di seluruh dunia dengan berbagai transaksi sesuai limit yang telah ditentukan pihak.

Untuk mendapatkan kartu kredit satu ini, syaratnya hanya gaji minimum per bulan : Rp 5 juta dan biaya awal kartu tambahan dikenakan Rp 125,000. Limit kartu kredit yang cukup besar akan membuat kamu bisa melakukan berbagai transaksi dengan bebas sesuai dengan kebutuhan.

4. Kartu Kredit BCA

Kamu juga bisa mendapatkan gratis membership pada kartu kredit BCA, namun syaratnya kamu harus melakukan transaksi minimal yang telah ditetapkan oleh BCA. Sehingga kamu bisa mendapatkan gratis iuran tahunan. Program ini mungkin berlaku pada beberapa jenis kartu kredit tertentu keluaran BCA.

5. Citi Ready Credit

Kartu kredit satu ini juga memberikan gratis iuran tahunan alias gratis membership. Selain itu kamu bisa mendapatkan dana sewaktu-waktu. Pasalnya, Citibank Ready Credit merupakan pinjaman tanpa agunan dalam bentuk kartu yang memberikan dana tunai cepat, sehingga siap pakai kapan saja dan di mana saja, tanpa biaya. Kamu pun dapat melakukan penarikan dana tunai dan transfer di ATM Citibank dan ATM Bersama di seluruh Indonesia, serta melakukan pembayaran bulanan minimum 6% dari total tagihan Anda atau Rp 50 ribu (tergantung mana yang lebih besar). Kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan cicilan tetap hingga 48 bulan.

Kartu kredit Citi Ready Credit ini merupakan perpaduan dari KTA atau Kredit Tanpa Agunan dengan kartu kredit pada umumnya. Fitur yang diberikan punya banyak keuntungan dan keunggulan. Syarat untuk mendapatkannya juga mudah. Kamu hanya perlu berpenghasilan minimal Rp 60 juta per tahun untuk mendapatkan kartu kredit ini.

Demikian adalah beberapa kartu kredit yang membebaskan membership fee pada pemegang kartu. Tentu saja, setiap bank punya program masing-masing terkait membership fee. Selain menggratiskan iuran tahunan dan syarat minimal transaksi, kartu kredit tersebut menjadi banyak pilihan karena menawarkan kemudahan.

Jika kamu termasuk orang dengan mobilitas tinggi dan sering melakukan transaksi dalam jumlah banyak, maka jenis kartu kredit  ini mungkin akan cocok, sebab limit yang ditawarkan cukup tinggi. Biasanya, setiap kartu kredit yang memiliki fasilitas tersebut, memiliki limit yang cukup besar. Dengan demikian, kamu bisa menimbang kartu kredit mana yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan transaksi sehari hari.

(Baca Juga: Cara Pinjam Dana 10 Juta KTA Permata Tanpa Kartu Kredit!)

Perlu kamu ketahui, kamu juga bisa mendapatkan gratis iuran tahunan dengan cara menukarkan poin rewards. Biasanya tiap bank punya minimal poin rewards yang bisa ditukarkan untuk membayar biaya iuran tahunan. Artinya, kamu perlu melakukan banyak transaksi agar poin rewards kamu terkumpul dengan banyak, sehingga bisa digunakan untuk membayar membership fee. Jika poinmu belum cukup untuk membayar membership fee, otomatis kamu akan tetap dikenai biaya iuran tahunan.

Buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, kamu bisa mengajukan kartu kredit yang ramah pada pemilik kartu kredit pertama. Tidak semua bank bisa menerima nasabah yang belum memiliki kartu kredit. Akan tetapi, jika kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan dari bank penerbit kartu kredit, bukan hal yang tidak mungkin jika kartu kredit mu akan segera disetujui.

Cara mengajukan kartu kredit juga sangat mudah, apalagi bila kamu mengincar kartu kredit dengan gratis membership fee atau yang memiliki biaya iuran tahunan rendah. Agar sesuai dengan kemampuan, kamu bisa membandingkan setiap kartu kredit dengan berbagai macam fasilitas dan fitur yang ditawarkan. Bandingkan, lalu pilih yang paling menguntungkan.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terkait kartu kredit sesuai gaya hidup dan kebutuhan dengan mengajukannya secara online di website Cekaja.com.

Tentang Penulis