Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Beberapa Manfaat Kartu Kredit Untuk Single Mom

by Gesti Weningtyas on 15 April, 2020

Kartu kredit memberikan banyak manfaat untuk single mom.  Untuk itu, sebagai single mom, tak perlu ragu dalam mengajukan kartu kredit. Sebab, ada banyak sekali keuntungan dalam memanfaatkan kartu kredit. Sebenarnya, tak hanya single mom saja, kartu kredit akan memberikan manfaat untuk siapapun yang bisa memegangnya, dan tentunya mengelola keuangan dengan bijak.

Beberapa Manfaat Kartu Kredit Untuk Single Mom

Tujuan seseorang dalam memiliki kartu kredit, biasanya karena ada promo yang menarik pada kartu kredit tersebut. Sehingga, kita pun bisa memanfaatkan keuntungan dengan promo yang sedang berlangsung. Selain promo, kebutuhan yang mendesak juga bisa teratasi dengan mudah apabila ada kartu kredit. Transaksi yang dibayarkan di awal dengan tagihan yang menyusul dan bisa diangsur, tentunya akan memberikan keringanan.

Banyaknya Kebutuhan

Menjadi single parents maupun single mom punya banyak sekali kebutuhan untuk anak. Selain biaya pendidikan, moms juga harus memikirkan biaya kebutuhan hidup hingga peralatan elektronik yang menunjang kegiatan di rumah. Membeli keperluan elektronik dan kebutuhan lainnya tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Di sisi lain, single mom juga harus bisa mengatur keuangan rumah agar stabil dan mencukupi.

Memang tidaklah mudah menjadi seorang single moms. Akan tetapi, untuk anak, apapun akan dilakukan oleh para single moms ini. Sehingga, manfaat yang bisa didapatkan justru banyak setelah mendapatkan cashback. Misalnya untuk membeli buku dan peralatan sekolah anak di marketplace, moms bisa mendapatkan poin yang lebih banyak dan bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Dalam hal ini, kartu kredit punya banyak peran, terutama saat membutuhkan dana tunai di saat situasi darurat. Selain itu, kartu kredit juga bisa digunakan untuk membeli kepeluan rumah tangga. Tak hanya itu, single moms juga bisa memanfaatkan fitur yang tersedia pada kartu kredit yang telah dipilih. Nah, berikut ini merupakan manfaat kartu kredit bagi single moms:

1. Transaksi Jadi Cicilan

Salah satu fitur yang menguntungkan bagi single moms pada kartu kredit adalah bisa mengubah transaksi menjadi cicilan. Hal ini akan membuat keuangan rumah tangga jadi lebih ringan karena pengeluaran yang digunakan untuk membeli barang dihitung jadi pengeluaran tetap.

Misalnya, seorang single moms mau membeli mesin cuci, ia harus mengeluarkan uang cukup banyak jika pembayarannya dilakukan secara langsung. Jika menggunakan kartu kredit, moms bisa mengubahnya menjadi cicilan tetap dengan tenor waktu yang telah disediakan oleh pihak bank penerbit kartu kredit. Moms bisa memilih mana tenor cicilan yang sesuai dengan kemampuan. Dengan demikian, kebutuhan rumah pun bisa tercukupi, disamping kebutuhan lainnya yang harus terus berjalan.

Moms jadi tidak perlu repot lagi untuk melakukan kejutan ulangtahun di rumah saja. Sebab kini membeli apapun bisa lewat online dengan pembayaran kartu kredit. Alhasil, belanja pun jadi lebih tenang karena transaksi bisa diubah menjadi cicilan pada kartu kredit.

2. Cicilan 0 Persen

Manfaat lainnya adalah fitur cicilan 0 persen yang ditawarkan oleh beberapa kartu kredit tertentu. Single moms pastinya bakal terbantu dengan cicilan nol persen ini, karena sangat meringankan keuangan. Namun, biasanya bank penerbit kartu kredit memiliki aturan yang berbeda terkait cicilan 0 persen. Ada tenor yang ditetapkan, misalnya maksimal  tiga bulan atau enam bulan.

Dengan adanya fitur ini, moms bisa mendapatkan barang belanjaan sesuai dengan kebutuhan. Pembayaran pun terasa lebih ringan karena bunga cicilan hanya 0 persen saja. Ingat untuk selalu membayar tagihan secara penuh. Hindari untuk melakukan minimum pembayaran tagihan demi mencegah hutang yang menumpuk dan bunga yang membengkak.

3. Minimum Pembayaran Tagihan

Meski tak banyak disarankan oleh beberapa orang, namun bagi moms yang belum bisa membayar tagihan secara penuh, dapat memanfaatkan fitur pembayaran minimum dari tagihan. Biasaya minimum pembayaran sekitar 10 persen dari total tagihan. Akan tetapi, bila moms mampu untuk membayar tagihan secara penuh, lebih baik lakukan pembayaran tagihan dengan penuh.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penumpukan  hutang yang berlebih. Sebab jika hutang menumpuk, tentunya kita juga yang akan mengalami kesulitan. Jadi, sebaiknya bayar tagihan dengan penuh dan tepat waktu.  Dengan membayar tagihan secara tepat waktu dan penuh, kamu bisa melakukan pembayaran lainnya untuk pos anggaran yang lain. Selain itu, kamu juga mendaptkan skor yang baik jika selalu melakukan pembayaran dengan disiplin dan tepat waktu.

4. Membeli Peralatan Rumah Tangga

Kartu kredit selain bisa digunakan untuk transaksi belanja, juga dapat dipakai untuk membeli peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga seperti alat-alat dapur, peralatan elektronik dapat dengan mudah dibeli dengan kartu kredit. Selanjutnya, moms tinggal mencicil tagihan pembayaran dari setiap transaksi.

5. Tarik Tunai

Dalam kondisi yang terdesak dan membutuhkan uang sewaktu-waktu, terkadang kita harus memiliki dana tunai. Kartu kredit memberikan fasilitas tarik tunai yang bisa dilakukan oleh setiap single mom yang jadi pemegang kartu kredit. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tarik tunai kartu kredit biasanya mninimal 6 persen dari total transaksi atau Rp 150 ribu, tergantung dari jenis kartu kredit.

Namun, perlu diingat ya moms, bahwa kartu kredit ini adalah kartu yang memungkinkan kita untuk melakukan peminjaman dana. Sehingga, jika moms tarik tunai dari kartu kredit, ingat selalu untuk membayar tepat waktu. Sebab, uang yang didapatkan adalah pinjaman. Jangan sampai kita terlena dengan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit. Tetap ingat kewajiban sebagai nasabah ya moms.

6. Modal Usaha

Single moms yang sudah tidak bekerja dan ingin membangun sebuah usaha, bisa menggunakan kartu kredit untuk modal usaha. Akan tetapi, jika moms sudah bertekad menggunakan kartu kredit jadi modal usaha, perhatikan bunga setiap bulannya dan jangan sampai terlambat membayar tagihan. Sebab, terlambat membayarkan tagihan akan membuat biaya membengkak karena adanya tambahan biaya keterlambatan.

Pastikan untuk selalu melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan. Pada beberapa kartu kredit, jika kamu menggunakan kartu kredit lebih dari batas pemakaian akan dikenakan biaya overlimit. Jadi, ingat untuk selalu menggunakan kartu kredit dengan hati-hati ya moms.

7. Memanfaatkan Poin Reward

Jika moms keberatan dengan biaya membership fee pada kartu kredit, moms bisa memilih kartu kredit yang tidak mengenakan biaya iuran tahunan. Tapi, perlu diingat bahwa tak semua kartu kredit memiliki fasilitas ini. Jika pun ada, pasti syaratnya juga harus dipenuhi, seperti minimal transaksi yang harus dilakukan dalam setahun, agar tak kena biaya iuran tahunan.

Selain itu, moms jangan lupa untuk memanfaatkan poin reward yang ada pada kartu kredit. Sebab, poin reward ini bisa ditukarkan untuk membayar iuran tahunan hingga mendapatkan mileage maupun hadiah souvenir menarik dari bank penerbit kartu kredit tersebut.

Poin reward dari kartu kredit bisa dimanfaatkan juga untuk mendapatkan keuntungan lainnya seperti diskon merchant dan potongan harga yang bisa didapatkan pada merchant yang telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu.

8. Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Memiliki kartu kredit membuat single moms mau tak mau harus pandai mengatur keuangan rumah tangga. Pasalnya jika keliru sedikit saja, keuangan pun mudah goncang. Setelah jadi single moms, harus bisa memenuhi kebutuhan diri dan anak, tentunya pengeluaran pun harus direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Kehadiran kartu kredit bakal memberikan moms kesempatan untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan hati-hati. Jadi, tak perlu takut untuk menggunakan kartu kredit ya moms. Jangan lupa untuk memantau setiap promo dari kartu kredit yang digunakan agar transaksimu lebih hemat.

Demikian adalah delapan manfaat kartu kredit untuk single moms. Selain bermanfaat untuk single moms, kartu kredit sebenarnya juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya bagi semua masyarakat yang membutuhkan. Akan tetapi, para single moms harus selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit ini. Sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran rumah sakit, pernikahan dan pendidikan.

Mengapa perlu menghindari hal tersebut? Pembayaran rumah sakit atau kesehatan biasanya akan memakan banyak biaya. Ketimbang menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, lebih baik berjaga-jaga dengan hal tersebut yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan. Sehingga, ketika sakit atau ada musibah yang datang, sudah ada asuransi yang bisa memberikan perlindungan.

Selain itu, lebih baik jangan menggunakan kartu kredit untuk membiayai pesta pernikahan. Sebab, pengeluaran untuk pernikahan pasti sangat besar. Tidak hanya satu atau dua juta saja, namun bisa membengkak hingga puluhan juta. Daripada menggunakan kartu kredit dan bingung karena kesulitan membayarkan, lebih baik menabung untuk pesta pernikahan, atau sesuaikan pesta dengan kemampuan supaya tidak memberatkan.

(Baca Juga: Alasan Kenapa Harus Apply Kartu Kredit CIMB Niaga)

Moms juga sebaiknya menghindari untuk memakai kartu kredit sebagai biaya sekolah anak-anak. Sebab, biaya sekolah cukup mahal dari tahun ke tahun. Dengan menggunakan kartu kredit yang bunganya cukup tinggi, moms yang merasa kesulitan bisa dengan mengajukan beasiswa atau beberapa opsi lainnya, yang pasti hindari kartu kredit untuk transaksi pendidikan. Apabila moms terpaksa memerlukan kredit untuk membayar biaya sekolah, moms bisa mengajukan kredit tanpa agunan atau kredit lainnya yang nilai bunganya lebih rendah dari kartu kredit.

Jika moms ingin memberikan pendidikan yang terjamin dan layak, moms hanya perlu mengajukan asuransi pendidikan pada perusahaan asuransi swasta. Selain itu, sebaiknya moms tidak lupa dalam melakukan pembayaran asuransi . Dengan memiliki asuransi atau tabungan pendidikan, alhasil pendidikan untuk anak pun lebih terjamin dan tentunya terhindar dari hutang kartu kredit yang menumpuk.

Sebab, jika hutang kartu kredit sudah menumpuk dan kamu tak bisa membayarnya, maka otomatis nama single moms jadi kurang baik di mata industry perbankan. Hal ini karena setiap kredit yang dibayarkan macet, transaksinya akan tercatat dengan baik di Sistem Layanan Informasi Keuangan. Dari sinilah bank kemudian bisa menentukan, apakah kamu dan  kartu kreditmu dalam kondisi yang baik atau tidak.

Nah, melihat banyaknya manfaat kartu kredit untuk single moms, segera saja ajukan kartu kredit ke Cekaja.com untuk mendapatkan kartu kredit terpercaya dengan fitur yang sangat baik. Kamu bisa membandingkan setiap produk kartu kredit dari bank penerbit kartu lengkap dengan fitur, fasilitas hingga iuran tahunan yang harus dibayarkan. Setelah itu, pilih yang sesuai kebutuhan, sebelum mengajukannya melalui online.

Tentang Penulis