Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Kartu Kredit CIMB Niaga Precious, Cocok Buat Kamu yang Hobi Traveling

by Rini Agustina on 16 April, 2020

Kampanye go cashless yang terus didengungkan para generasi anak muda masa kini, mendorong orang-orang untuk memilih kartu debit dan kartu kredit sebagai alat ganti transaksi non-tunai. Namun bagi mereka yang punya gaya hidup konsumtif dan dinamis, kartu kredit cenderung lebih menarik dibanding kartu debit

Kartu Kredit CIMB Niaga Precious, Cocok Buat Penggemar Traveling

Sebabnya adalah manfaat yang ditawarkan, seperti perlindungan asuransi bagi pemilik kartu kredit, kemudian ada juga diskon belanja dan redeem poin yang dapat ditukar dengan berbagai barang kesukaan. Hal ini tidak bisa ditemukan para produk keuangan lain selain kartu kredit.

Tidak heran jika kini mayoritas pengguna kartu kredit di Indonesia adalah kaum milenial, yang memang dikenal sangat cashless dengan gaya hidup dinamis. Mengedepankan pada pola konsumsi yang sulit melakukan “saving”. Traveling dan belanja adalah moto generasi milenial yang sangat berseberangan dengan generasi baby boomers, generasi yang terkenal hemat dan hobi menabung.

(Baca juga: Beberapa Manfaat Kartu Kredit Untuk Single Mom)

Karena tiap generasi beda pola perilakunya, maka para perbankan di tanah air mencoba menjembatani hal tersebut dengan menciptakan kartu kredit beragam. Salah satunya adalah CIMB Niaga. Punya lebih dari 10 kartu kredit, CIMB berupaya mewadahi semua kebutuhan semua kalangan baik muda maupun mapan.

Ada satu produk CIMB Niaga yang cocok untuk kalangan milenial dengan pendapatan menengah namun hobi traveling baik ke luar negeri maupun ke destinasi domestik tanah air, yakni Kartu Kredit CIMB Niaga Precious yang bekerja sama dengan JCB.

Mengenai JCB

JCB atau Japan Credit Bureau adalah jaringan kartu kredit asal Negeri Sakura, Jepang. Berdiri pada 1961 JCB terus berkembang hingga ke 20 membangun cabangnya di 20 negara dengan jumlah pengguna sekitar 9 juta orang. Di beberapa negara JCB berafiliasi dengan perbankan setempat dengan menerbitkan kartu kredit dengan brand JCB.

Bagi nasabah perbankan kartu kredit dengan logo JCB identik dengan kartu kredit traveling dan hiburan, karena memang lebih banyak menawarkan manfaat untuk kebutuhan traveling. JCB juga bekerjasama dengan 27 juta merchant di seluruh dunia, sehingga dapat digunakan kemanapun kita pergi. 

Beberapa layanan khusus bagi pemegang kartu JCB antara lain:
  • JCB Plaza Web-layanan khusus di luar negeri dan JCB plaza yang merupakan pusat layanan JCB Card yang terdapat di berbagai negara.
  • Setiap pengguna JCB Card yang pergi ke Jepang, tak perlu khawatir mengalami masalah soal penggunaan kartu kredit karena ada JCB Plaza Tokyo dan JCB Plaza Kyoto yang siap membantu. Layanan tersedia dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, Korea dan Jepang.
  • Nasabah juga berkesempatan mendapatkan tawaran menarik JCB Card di toko-toko dan restoran di Haneda Airport International Terminal dan Narita International Airport Terminal 1, Terminal 2, Chubu International Airport, Kansai International Airport, New Chitose Airport dan Fukuoka Airport.
  • Penawaran khusus di toko-toko dan restoran rekomendasi JCB di Okinawa.
  • Peluang mendapatkan diskon 5% tur pilihan di Jepang ketika Anda memesan melalui JCB Plaza Call Center atau di JCB Plaza Tokyo.
  • JCB Japan Guide, aplikasi gratis untuk pemegang JCB Card yang memberikan informasi seputar traveling ke Jepang 

Perbankan Indonesia yang bekerjasama dengan JCB ini cukup banyak diantaranya,  Cimb Niaga Ultimate JCB, CIMB Niaga Precious, BNI JCB Platinum, dan BII JCB Platinum. 

Kartu Kredit CIMB Niaga Precious

CIMB Niaga Precious memang tidak secara gamblang menyebutkan diri sebagai kartu kredit yang bekerjasama dengan JCB. Namun logo JCB ini terlihat jelas dalam kartu kredit fisiknya. Selain memberikan manfaat yang cocok untuk para pemburu traveling dan hiburan lain, CIMB Niaga Precious juga memberi manfaat yang tidak ada pada kartu kredit lain yakni gratis asuransi kesehatan untuk kanker payudara dan kanker serviks.

Fitur Utama Kartu Kredit CIMB Niaga Precious
1. Bebas Iuran tahunan

Bagi pengguna kartu kredit CIMB Niaga Precious Anda akan mendapatkan gratis iuran tahun pertama untuk kartu utama dan bebas biaya iuran tahun kedua dan seterusnya dengan transaksi ritel minimal Rp.

24 Juta per tahun untuk kartu utama. Apabila transaksi ritel tidak memenuhi ketentuan, biaya sebesar Rp. 350.000 akan dikenakan sebagai Iuran Tahunan Kartu Utama.

2. Asuransi Kesehatan

Kartu kredit CIMB Niaga precious ini menyasar pengguna kaum hawa. Pasalnya setiap nasabah kartu kredit CIMB Niaga Precious juga berhak mendapatkan asuransi berupa dana santunan senilai Rp. 100 juta untuk resiko kanker serviks atau payudara.

Fasilitas asuransi berlaku untuk pemegang Kartu Utama yang aktif bertransaksi minimal Rp. 1.000.000 (berlaku akumulasi) dalam 3 bulan terakhir. Transaksi tarik tunai dan cicilan bulanan tidak diperhitungkan. Syarat dan Ketentuan lainnya sebagai berikut:

  • Terdiagnosa penyakit kanker payudara:

Apabila dalam Masa Asuransi dan berdasarkan hasil ketetapan Diagnosis final dari Dokter Spesialis, peserta dinyatakan menderita Kanker Payudara. Sebagaimana tercantum dalam Ikhtisar Pertanggungan Polis, setelah melewati Masa Tunggu, Penanggung akan membayarkan kepada Peserta Manfaat Kondisi Kanker Payudara sebesar Rp 100 juta (seratus juta rupiah) Uang Pertanggungan.

  • Terdiagnosa penyakit kanker serviks:

Apabila dalam Masa Asuransi dan berdasarkan hasil ketetapan Diagnosis final dari Dokter Spesialis, Peserta dinyatakan menderita Kanker Serviks sebagaimana tercantum dalam Ikhtisar Pertanggungan Polis, setelah melewati Masa Tunggu, Penanggung akan membayarkan kepada Peserta Manfaat Kondisi Kanker Serviks sebesar Rp 100 juta (seratus juta rupiah) Uang Pertanggungan.

  • Terdiagnosa Penyakit Kanker Payudara dan Serviks:

Apabila dalam Masa Asuransi dan berdasarkan hasil ketetapan Diagnosis final dari Dokter Spesialis, Peserta dinyatakan menderita Kanker Payudara dan Serviks sebagaimana tercantum dalam Ikhtisar Pertanggungan Polis, setelah melewati Masa Tunggu.

Penanggung akan membayarkan kepada Peserta Manfaat Kondisi Kanker Payudara dan Serviks sebesar Rp 100 juta (seratus juta rupiah) Uang Pertanggungan.

3. Bonus Voucher Belanja

CIMB Niaga merupakan salah satu kartu kredit yang sangat loyal memberikan bonus untuk para nasabahnya, termasuk CIMB Niaga Precious. Berikut adalah detail voucher yang bisa Anda dapatkan setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit CIMB Niaga Precious:

  • Bonus voucher belanja Rp. 1.000.000 dengan transaksi ritel minimal Rp. 15.000.000 dalam 2 periode cetak tagihan.
  • Tidak berlaku untuk transaksi tarik tunai, cicilan, tagihan rutin bulanan (listrik, handphone, TV Kabel, dll) dan transaksi lain yang tidak menghasilkan Poin Xtra.
  • Ketentuan penukaran maksimum 2 bulan setelah cetak tagihan dan maksimum penukaran 2x per tahun untuk pemegang Kartu Utama.
  • Nasabah dapat menghubungi CIMB Niaga 14041 untuk menukarkan Poin Xtra yang terkumpul dengan Voucher belanja
4. Poin Xtra

Dibanding jenis kartu kredit CIMB lain, CIMB Niaga Precious ini memberikan 5x Konversi lebih tinggi untuk penukaran Poin Xtra ke Voucher belanja/poin

Contoh :

  • Kartu Kredit CIMB Niaga Precious : 10.000 Poin Xtra = Rp. 500.000 Voucher belanja
  • Kartu Kredit CIMB Niaga lainnya : 10.000 Poin Xtra = Rp. 100.000 Voucher belanja
  • Cicilan 0% 3 bulan
5. Fasilitas Cicilan Tetap

Setiap nasabah bisa mendapatkan fasilitas mengubah pembelian langsung menjadi cicilan tetap dengan bunga 0% untuk tenor 3 bulan berlaku untuk minimum transaksi Rp. 500.000. Fasilitas ini berlaku sepanjang tahun untuk transaksi di merchant Rumah Sakit, Kesehatan dan Kecantikan (Hospital, Health and Beauty).

6. Fasilitas Airport Lounge

Anda dapat menggunakan 10.000 Poin Xtra untuk mengakses fasilitas Airport Lounge yang tersebar di kota-kota besar Indonesia

7. Asuransi perjalanan dan perlindungan pembelian

Setiap pemegang kartu kredit CIMB Niaga Precious secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi berupa Perlindungan Pembelian, Asuransi kecelakaan dalam perjalanan dan Asuransi Ketidaknyamanan Perjalanan apabila Anda bertransaksi menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga Precious. Persetujuan klaim dan besarnya uang santunan yang disetujui sepenuhnya adalah kewenangan dari pihak asuransi.

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh CIMB Niaga precious yang bekerjasama dengan JCB.

Fasilitas Kartu Kredit CIMB Niaga Precious

Sementara untuk berbagai fasilitas yang ditawarkan kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Quick Pay

Yakni fasilitas pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, telepon, handphone, TV kabel hingga internet dalam 1 (satu) lembar tagihan kartu kredit. Anda cukup mengingat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit tanpa perlu khawatir ada tagihan bulanan yang terlewat.

  • Tarik Tunai

Kartu kredit CIMB Niaga juga menyediakan fitur tarik tunai dengan cepat dan mudah. Penarikan dapat dilakukan di ATM berlogo MasterCard/Cirrus/VISA/Plus/JCB di seluruh dunia. 

  • Otopay

Ini adalah fasilitas yang memberikan kemudahan pembayaran tagihan kartu kredit otomatis  melalui rekening tabungan/rekening koran. Nasabah bisa menentukan sendiri jumlah pembayaran kartu kredit setiap bulannya dengan pilihan pendebetan 10% untuk minimum payment atau 100% untuk full payment.

Itulah beberapa fasilitas futuristik yang disediakan oleh CIMB Niaga dalam memudahkan setiap transaksi nasabahnya. 

Ketentuan dan Persyaratan Mendapatkan CIMB Niaga Precious

Seperti kartu kredit pada umumnya CIMB Niaga Precious juga memberlakukan ketentuan dan persyaratan dokumen yang mesti dilengkapi calon pemegang kartu kredit diantaranya:

Persyaratan umum

  • Min. pendapatan bulanan Rp12.500.000
  • Usia min. pemegang kartu utama 21 tahun
  • Usia maks. pemegang kartu utama 65 tahun
  • Usia min. pemegang kartu tambahan 17 tahun
  • WNI

Persyaratan dokumen

  • Fotokopi KTP/KITAS
  • Fotokopi Slip Gaji 1 dari 3 Bulan Terakhir/Surat Keterangan Penghasilan Asli Terbaru/Fotokopi SPT PPH 21 Tahun Terakhir
  • Fotokopi Rekening Tabungan (3 bln terakhir)
  • Fotokopi Surat Izin Profesi bagi profesional
  • NPWP
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP bagi pengusaha

Biaya-Biaya Kartu Kredit:

  • Iuran tahunan Rp 600.000
  • Iuran tahunan kartu tambahan Rp 300.000
  • Minimum payment 10% atau minimum Rp 50.000
  • Biaya tarik tunai 6% atau minimum Rp 100.000
  • Denda terlambat bayar atau melebihi jatuh tempo 3% dari total tagihan atau minimum Rp 75.000 maksimum Rp 150.000
  • Denda overlimit Rp 200.000
  • Biaya naik limit kartu kredit: GRATIS
  • Biaya kirim billing cetak Rp 15.000
  • Biaya ganti kartu Gratis 1x per tahun, 2x dst Rp 100.000
  • Biaya upgrade kartu (atas permintaan nasabah) Rp 100.000
  • Biaya SMS notifikasi Rp 5.000
  • Denda pembatalan cicilan/pelunasan dipercepat Rp 380.000

Itulah review mengenai kartu kredit CIMB Niaga Precious yang bekerjasama dengan JCB. Dilihat dari jumlah minimum pendapatan serta annual fee yang dibebankan jelas kartu kredit ini ditujukan bagi kaum hawa berpendapatan diatas rata-rata, yang tidak hanya menginginkan kartu kredit sebagai alat ganti transaksi melainkan juga memberikan perlindungan kesehatan.

Nah bagi Anda kaum hawa yang tertarik mendapatkan manfaat tersebut, tunggu apalagi segera ajukan pembuatan kartu kredit ini dan dapatkan penawaran menariknya di Cekaja.com, yang memiliki beragam jenis kartu kredit, selain itu Cekaja sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis