Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Daftar Kartu Kredit BRI dengan Free Akses Lounge

by Rini Agustina on 16 April, 2020

Kartu kredit sering dijadikan sebagai simbol gaya hidup konsumtif dan boros. Pasalnya banyak orang menggunakan kartu ini hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif saja, bukan kebutuhan produktif. Namun jangan selalu menilai kartu kredit dari sisi negatifnya saja. Pasalnya, banyak juga manfaat yang diberikan kartu kredit untuk para nasabahnya yang cermat dan bijak.

Ini Daftar Kartu Kredit BRI dengan Free Akses Lounge

Salah satu manfaat yang ditawarkan adalah diskon belanja dan rewards poin tiap kali kita bertransaksi menggunakan kartu kredit. Tentu ini sangat menguntungkan kita yang hobi belanja, terlebih tokonya merupakan merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit.

Selain itu kita juga punya kesempatan mendapatkan tiket pesawat gratis ke berbagai destinasi tanah air maupun luar negeri dengan mengumpulkan poin rewards yang dapat ditukar dengan miles.

(Baca juga: Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Ini Sederet Keuntungan Pakai Kredivo)

Rata-rata penerbit kartu kredit menawarkan lebih dari satu produk kartu kredit, dengan manfaat utama yang berbeda-beda. Ada kartu kredit belanja, kartu kredit voucher, kartu kredit traveling dan masih banyak lagi. Kita pun dihadapkan pada pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah bagi para pecinta traveling ada salah satu kartu kredit yang wajib Anda coba miliki yakni kartu kredit BRI. Perbankan nasional ini diketahui punya koleksi kartu kredit yang memberikan fasilitas maksimal untuk orang-orang yang hobi bepergian, salah satunya adalah gratis airport lounge.

Mengenai Airport Lounge

Lounge bandar udara adalah sebuah ruangan khusus yang biasa digunakan oleh penumpang maskapai penerbangan. Biasanya hanya penumpang kelas bisnis dan eksekutif yang dapat memasukinya.

Lounge digunakan sebagai tempat menunggu pesawat di bandar udara. Selain itu, penumpang dengan tingkatan tertentu pada program frequent flyer-nya dapat menggunakan lounge ini. 

Tidak semua bandara menyediakan lounge, fasilitas eksekutif ini lebih sering ditemukan di bandara besar. Selain penumpang bisnis dan eksekutif, penumpang kelas ekonomi juga bisa menikmati fasilitas lounge namun dikenakan biaya masuk berkisar Rp 50 Ribu-100 Ribu.

Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menikmati fasilitas gratis lounge. Diketahui sejumlah kartu kredit bekerjasama dengan berbagai lounge bandara besar di dalam maupun luar negeri. Sehingga Anda tak perlu harus menjadi penumpang kelas bisnis maupun eksekutif untuk mencoba fasilitas ini.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Masuk Lounge

Cara menggunakan kartu kredit untuk memasuki lounge juga sangat mudah, Anda hanya perlu menunjukkan kartu kredit kepada petugas lounge, dan nikmati secangkir kopi panas dan gratis meal lainnya.

Namun, terlebih dulu Anda juga harus memastikan masih ada kuota lounge gratis. Sebab biasanya lounge membatasi setiap pengguna kartu kredit yang bisa menikmati fasilitas ini.

Pastinya setiap kartu kredit memiliki aturan berbeda mengenai fasilitas gratis airport lounge ini. Ada kartu kredit yang secara otomatis memberikan manfaat lounge gratis. Namun ada pula yang mesti menukarnya dengan redeem poin.

Misalnya setiap 100 poin Anda bisa mendapatkan 1 Pax airport lounge untuk pemegang kartu utama. Karena itu jika tujuan utama Anda membuat kartu kredit adalah untuk alasan airport lounge ini, sebaiknya gali informasi lebih dalam soal fasilitas yang ditawarkan kartu kredit.

Selain itu biasanya setiap lounge membatasi kuota pengunjung untuk setiap jenis kartu kredit. Jadi, biarpun Anda memiliki akses gratis masuk, Anda tetap harus menghubungi pihak penerbit kartu kredit untuk mengetahui kuota kursi yang tersedia di lounge yang bersangkutan.

Selain itu free akses lounge ini tidak bisa digunakan setiap kali Anda bepergian. Biasanya kartu kredit hanya memberikan free akses lounge satu kali dalam satu tahun untuk satu bandara dan satu pemegang kartu kredit.

Namun ketentuan ini tentunya tidak bisa disamaratakan, sebab penerbit kartu kredit punya kebijakan yang berbeda-beda. Yang pasti jika ingin menikmati free akses lounge ini pastikan kartu kredit yang Anda pegang bekerjasama dengan banyak airport lounge baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Nah salah satu kartu kredit yang bekerja sama dengan banyak lounge bandarA adalah BRI. Tercatat fasilitas lounge dan merchant F&B gratis dari kartu kredit BRI ada di lebih dari 40 Airport Lounge dalam dan luar negeri.

Merchant F&B Bandara Soekarno-Hatta T3 Kedatangan Domestik

Setiap perbankan yang mengeluarkan kartu kredit umumnya memiliki rekan merchant yang memiliki store offline di bandara-bandara besar baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah daftar merchant F&B di bandara Soekarno-Hatta yang bekerjasama dengan kartu kredit BRI.

Daftar merchant kerjasama:

  • Hong Tang (Gate 15)
  • Anomali (Gate 14)
  • Happy Chappy (Gate 13)
  • Papabunz (Gate 14)
  • Warung Koffie Batavia (Gate 11)

Meski ada banyak merchant yang bekerjasama bukan berarti Anda bisa menikmati ke-5 merchant diatas. Nasabah hanya berhak memilih salah satu dari 5 merchant tersebut. Ketentuan ini berlaku hingga 30 September 2020.

Lounge Gratis

Sementara untuk Airport lounge gratis yang bekerja sama dengan BRI dapat Anda temukan di bandara-bandara besar diantaranya:

Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Banjarmasin, Batam, Belitung, Bengkulu, Berau, Biak, Denpasar, Jakarta, Jayapura, Jambi, Kendari, Kupang, Lombok, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Tarakan, dan Yogyakarta.

Daftar Kartu Kredit BRI dengan Free Akses Lounge

BRI adalah salah satu perbankan yang bekerjasama dengan banyak airport lounge di tanah air. Namun tidak semua produk kartu kredit BRI dapat Anda gunakan untuk mendapatkan fasilitas gratis airport lounge. Setidaknya ada 9 jenis kartu kredit yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan akses masuk lounge di berbagai bandara, berikut ringkasannya:

1. BRI Visa Infinite

BRI Visa Infinite ini merupakan salah satu kartu kredit BRI jenis premium yang diperuntukkan bagi nasabah dengan gaya hidup tinggi. Untuk mendapatkannya Anda harus punya penghasilan minimal Rp 5 Juta/bulan.

Keunggulan utama dari kartu kredit ini adalah adanya asuransi perjalanan, priority pass, dan gratis 2 Pax Fasilitas Executive Lounge kerjasama di bandara dalam negeri.

2. Mastercard World Access

Sementara untuk kartu kredit world access ini ditujukan bagi nasabah yang sering melakukan perjalanan bisnis dan traveling baik di dalam maupun luar negeri. Untuk menunjang mobilitas tinggi selama perjalanan nasabah, BRI memberikan limit besar untuk kartu kredit ini yakni mulai dari Rp 50 Juta.

Sementara untuk batas minimum pendapatan calon pemegang kartu adalah Rp 30 Juta/bulan. Keunggulan utama dari kartu kredit ini adalah adanya asuransi perjalanan, priority pass, dan gratis 1 Pax Fasilitas Executive Lounge kerjasama di bandara dalam negeri.

3. Mastercard Platinum

Ini adalah jenis kartu kredit dari BRI yang diperuntukkan bagi nasabah dengan penghasilan menengah. Fasilitas yang ditawarkan khusus untuk menunjang gaya hidup anak masa kini yang dinamis.

Untuk mendapatkan 1 airport lounge gratis Anda harus menukarkan 300 BRI points. Gunakan kartu kredit BRI platinum untuk setiap transaksi perbelanjaan agar poin yang terkumpul bertambah banyak.

4. Mastercard Business Card

Kartu Kredit BRI Business Card adalah Kartu Kredit BRI yang dipasarkan terbatas kepada nasabah karyawan Perusahaan/Institusi yang bekerjasama dengan Bank BRI. Bila perusahaan Anda tidak bekerjasama dengan BRI maka Anda tidak bisa mengajukan pembuatan kartu kredit ini.

Bisa dibilang ini adalah jenis kartu kredit BRI dengan jumlah limit paling rendah yakni hanya Rp 8 Juta saja sementara untuk minimum pendapatan perbulan para nasabahnya adalah Rp 5 Juta/bulan. Jika ingin mendapatkan free akses lounge Anda harus mengumpulkan 100 BRI points.

5. Mastercard Corporate

Kartu kredit yang dikhususkan bagi corporate atau perusahaan ini memberikan Anda gratis airport lounge 1 pax. Pemegang Kartu Kredit Business Card bisa mendapatkan Free 1 pax dengan Redeem 50 BRI Point. Dapatkan fasilitas ini dengan mengajukan pembuatan Mastercard Corporate yang memiliki limit hingga Rp 100 Juta.

6. BRI Agro

Kartu kredit BRI Agro ini tergolong produk baru BRI. PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (Agro) merupakan anak usaha Bank BRI, yang sudah memiliki lebih dari 100 Ribu nasabah.

Kartu kredit BRI Agro merupakan salah satu produk hasil kolaborasi BRI Group. Salah satu keunggulan dari BRI Agro yang paling menarik perhatian adalah promo di banyak merchant yang telah bekerja sama dengan Bank BRI, fasilitas cicilan 0% hingga 24 bulan, free akses lounge dengan redeem BRI Point. Ya, Anda bisa menikmati free executive lounge dengan menukarkan 100 BRI point.

7. Hana Bank

kartu kredit Hana Bank masuk dalam kategori kartu kredit BRI platinum.  KEB Hana Indonesia menyasar pangsa pasar ekspatriat asal Korea yang berada di Indonesia, sehingga fasilitas yang ditawarkan agak berbeda.

Salah satu keunggulan dari kartu kredit Hana Bank ini adalah ubah transaksi jadi cicilan ringan dengan tenor sampai dengan 12 bulan free akses lounge. Ya, setiap pemegang kartu kredit ini secara otomatis sudah mendapatkan gratis lounge di bandar besar tanah air.

9. JCB Platinum

Kartu kredit JCB Platinum merupakan kartu kredit yang diberikan kepada individu sebagai produk kartu travel & sport bagi segment profesional dan pengusaha, khususnya kegiatan traveling destinasi negara Asia.

Jadi, bila Anda sering bepergian ke luar negeri baik untuk kepentingan bisnis maupun liburan sepertinya wajib memiliki kartu kredit ini. Tidak perlu menjadi kaum berpenghasilan menengah karena syarat untuk mengantongi kartu kredit ini cukup dengan pendapatan Rp 5 Juta/bulan. Free akses lounge bisa Anda dapatkan dengan menukarkan 100 BRI poin.

9. BRISyariah

Kartu kredit BRISyariah juga merupakan produk baru dari BRI yang menargetkan komunitas muslim Indonesia. Pembiayaan pinjaman berbasis kartu ini dijamin kehalalannya sehingga, nasabah tidak perlu mempertanyakan kembali bagaimana halal-haram penggunaan kartu kredit. Agar bisa mendapatkan free akses lounge dengan kartu kredit ini, nasabah hanya perlu menukarkan 100 BRI poin yang dapat ditukar dengan 1 pax airport lounge.

Itulah 9 jenis kartu kredit BRI yang memberikan gratis akses airport lounge di seluruh bandara tanah air. Begitu banyak pilihan kartu kredit yang ditawarkan BRI memudahkan kita memilih yang terbaik diantaranya sesuai dengan kondisi finansial. Berminat memiliki salah satunya? Bandingkan dulu manfaat yang ditawarkan dan segera ajukan pembuatan kartu kredit BRI di Cekaja.com. Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena Cekaja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis