Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Yuk Cek, Cara mengurus Kartu Kredit Mandiri yang Hilang

by Gesti Weningtyas on 22 April, 2020

Kartu kredit hilang Mandiri, padahal akan digunakan untuk transaksi penting. Apa yang harus segera dilakukan? Jangan panik dulu. Kamu bisa melakukan serangkaian hal ini untuk bisa mendapatkan kartu kredit Mandirimu kembali. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang. Setelah itu, atur waktu untuk segera mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat.

Yuk Cek, Cara mengurus Kartu Kredit Mandiri yang Hilang

Kamu juga bisa segera melakukan pelaporan kartu kredit mandiri yang hilang di call center mandiri. Jika kamu mengetahui nomor kartu kredit, kamu juga bisa memberikan informasi tersebut kepada petugas untuk memudahkan langkah pemblokiran. Pastikan kamu langsung melakukan blokir kartu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Sebab, bukan tak mungkin ada pihak tertentu yang akan memanfaatkan kesempatan ini. Kasus kartu kredit yang hilang tidak terjadi sekali dua kali saja. Saat ini, banyak sekali perampokan dan pencurian yang sudah dilakukan sebelumnya. Jika kartu kreditmu sudah lama menjadi incaran, maka bisa saja oknum pencurian tersebut akan melakukan transaksi menggunakan kartu kreditmu segera.

Jadi, memblokir kartu kredit dengan segera, adalah solusi yang tepat jika kartu kreditmu hilang saat itu juga. Apabila kamu masih berada di mesin ATM dan melihat nomor call center yang tertera di mesin tersebut, jangan langsung percaya dan mengikuti petunjuk orang asing. Sebab, saat ini banyak orang yang melakukan pencurian data atau scamming dengan melampirkan nomor call center palsu.

Pastikan kamu mencatat nomor call center Mandiri atau Mandiri Call 14000. Call center ini bisa kamu hubungi dalam 24 jam. Sehingga, kapanpun kamu kehilangan kartu kredit, di jam berapapun, kamu bisa menghubungi call center mandiri.

Hubungi Mandiri Call

Segera telepon mandiri call 14000 untuk dilakukan pemblokiran. Blokir langsung kartu kredit untuk menghindari transaksi kartu yang tidak diinginkan. Sebab, bisa saja kartu kreditmu hilang dan digunakan oleh orang lain, serta disalahgunakan. Blokir kartu kredit adalah hal yang perlu dilakukan pertama kali. Sebab, jika kamu tidak melaporkan kehilangan ke mandiri call, maka transaksi yang sudah terjadi sebelum pelaporan akan menjadi tanggung jawab pemegang kartu. Artinya, kamu bakal terbebani tagihan dari transaksi yang tidak pernah kamu lakukan, dan tentu saja ini sangat merugikan.

Kamu juga bisa melaporkan tagihan yang tidak sesuai ke mandiri call. Laporan bisa kamu lakukan kapan saja karena nomor telepon ini bisa dihubungi 24 jam. Sebab, jika selama 30 hari kamu tidak melaporkan maka tagihan yang masuk dianggap sudah sesuai dengan transaksi yang telah kamu lakukan. Jadi, segera cek melalui website transaksi apa saja yang sudah terjadi saat kartu kredit Mandiri kamu hilang. Pastikan kamu mengetahui setiap transaksi kartu kredit dengan detail.

Hal yang berbeda bisa kamu lakukan apabila kartu kreditmu hilang di luar negeri. Kamu harus segera menghubungi kantor perwakilan VISA atau MasterCard® atau JCB dengan nomor emergency contact sebagai berikut:

MasterCard® (United States)

+1-800-MasterCard (+1-800-627-8372) atau +1-636-722-7111 atau kamu juga bisa mengunjungi website: http://www.mastercard.us/_assets/docs/GlobalServiceTollfreeNumbers.pdf.

VISA (United States)

Untuk nomor kantor perwakilan VISA  +1-800-VISA-911 (+1-800-847-2911) atau +1-303-967-1096 atau kamu juga bisa mengunjungi website: http://corporate.visa.com/about-visa/products-and-services/lost_card.jsp

Kamu bisa melaporkan kehilangan kartu kredit dan segera minta blokir kartu kredit. Jangan panik dan berpikir terlalu lama, untuk menghindari membengkaknya transaksi yang tak diinginkan, karena dicuri oleh orang lain. Sebaliknya, kamu juga jangan terlalu santai dan membiarkan kartu kredit kamu menghilang tanpa pantauan. Sebab, bisa saja kartu kredit itu dimanfaatkan atau digunakan oleh orang lain.

Saat menelepon call center Mandiri, berikan informasi data diri kamu dengan jelas. Biasanya petugas akan melakukan beberapa verifikasi untuk memastikan bahwa kamu memang kehilangan kartu kredit. Sehingga, pemblokiran pun bisa dilakukan secepatnya. Setelah laporan dan pemblokiran dilakukan, maka kartu kreditmu akan dinonaktifkan dan kamu akan dikirimi kartu kredit baru ke alamat kamu.

Kirim Email

Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menghubungi Mandiri Call maupun telepon operator yang lain, kamu bisa mengirimkan email untuk mengajukan permintaan blokir kartu kredit. Selain itu, kamu juga langsung bisa memohon untuk penggantian kartu kredit ke mandiricare@bankmandiri.co.id.

Dalam mengirimkan email ini, kamu juga harus melampirkan surat pernyataan pemblokiran kartu, dan penggantian kartu, Fotokopi KTP, Surat keterangan hilang dari kepolisian.

Datangi Kantor Cabang Terdekat

Kamu juga bisa mendatangi kantor cabang mandiri terdekat  pada jam kerja, sesuai dengan domisili atau tempat tinggalmu. Sertakan juga beberapa berkas atau dokumen yang mendukung seperti surat pernyataan pemblokiran dan penggantian kartu, fotokopi KTP, dan surat keterangan hilang dari kepolisian setempat.

Untuk mengajukan surat keterangan hilang dari kepolisian, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mendatangi kantor polisi sesuai domisili atau tempat tinggal kamu. Setelah itu, berikan keterangan dengan jujur pada petugas tentang kartu kredit kamu yang hilang. Jika kamu mengetahui jenis dan nomor kartu kredit, kamu bisa memberitahukannya juga kepada petugas. Proses pemblokiran dan penggantian kartu kredit akan berlangsung saat jam kerja. Kamu mungkin akan menerima kartu yang baru setelah satu hingga dua minggu setelah pelaporan.

Demikian adalah cara mengurus kartu kredit Mandiri yang hilang. Pastikan kamu tidak panik, tetap tenang dan waspada. Segera hubungi call center Mandiri 14000, bukan nomor lainnya. Pastikan kamu mengetahui dengan jelas nomor operator resmi call center bank Mandiri ini, agar teleponmu tidak disalahgunakan.

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit umumnya digunakan untuk transaksi agar lebih mudah dan nyaman. Namun tak jarang yang terlena dengan kemudahan kartu kredit, sehingga menggunakannya tak terkontrol. Buat kamu yang sudah memiliki kartu kredit. Selalu lakukan langkah antisipiasi jika kartu kredit Mandirimu hilang. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memiliki kartu kredit:

1. Simpan Kartu Kredit Mandiri dengan Aman

Kamu bisa memotret kartu kredit Mandirimu sebagai salah satu dokumen di ponsel, jika kamu lupa nomor kartu dan membutuhkannya sewaktu-waktu. Akan lebih baik, kamu menyimpan kartu kreditmu di tempat yang aman. Pastikan hanya kamu yang mengetahui tempat penyimpanan kartu kreditmu ini, agar tak disalahgunakan oleh orang lain. Gunakan dompet kartu agar kamu bisa menyimpan kartu kreditmu dengan aman.

2. Selalu Pantau Transaksi

Mentang-mentang menggunakan kartu kredit mudah untuk belanja online, jangan kemudian kamu tidak memantau transaksi yang kamu lakukan. Pastikan kamu selalu mengetahui apa saja transaksi yang telah dilakukan dengan kartu kredit Mandiri kamu. Sehingga, jika ada tagihan yang tidak sesuai, kamu bisa melaporkannya dengan segera. Hal ini untuk mengantisipasi kartu kreditmu di salah gunakan oleh orang lain.

3. Jangan Pinjamkan Kartu Kredit

Pastikan kamu tidak meminjamkan kartu kreditmu sembarangan. Sebab, bisa saja kartu kredit Mandirimu hilang saat dipinjamkan. Selain itu, kita pun jadi tidak bisa mengontrol pengeluaran kartu kredit apabila kamu meminjamkan kartu kredit Mandiri ke orang lain. Sehingga, lonjakan tagihan bisa terjadi sewaktu-waktu. Pastikan kamu menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan saja. Hal ini akan memudahkan pembayaran tagihan di masa yang akan datang.

4. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Sebaiknya kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak agar keuanganmu selalu sehat. Hal ini akan membuat kamu lebih tertib dalam melakukan perencanaan keuangan. Sehingga, dengan perencanaan keuangan yang tepat, kamu bisa mendapatkan yang kamu butuhkan sesuai dengan anggaran keuangan. Alhasil, keuanganmu pun jadi lebih sehat.

Batasi pengeluaran konsumtif dan membeli barang yang sekiranya tidak kamu butuhkan. Tetapkan prioritas kebutuhan, jangan mudah tergoda dengan promo yang sedang berlangsung. Sebab, terkadang kita mudah membeli barang yang sebenarnya tak dibutuhkan, saat promo sedang berlangsung. Jadi, pastikan kamu mengetahui kebutuhanmu dengan tepat.

5. Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memiliki berbagai pilihan promo yang akan memberikan benefit bagi pemegang kartu kredit. Kamu bisa memanfaatkan promo kartu kredit ini untuk mengurangi anggaran belanja bulanan. Pastikan promo yang ada sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Agar keuanganmu lebih lancar, kamu juga bisa memanfaatkan fitur cicilan nol persen pada kartu kredit.

Hal ini akan membuat kamu bisa berhemat dengan pengeluaran cicilan tetap. Setiap transaksi dari kartu kredit yang diubah menjadi cicilan tetap akan mendapatkan bunga yang ringan hingga 0 persen. Kamu bisa memilih beberapa program tersebut agar lebih ringan. Oleh karena itu, jangan lupa dengan fitur yang bisa mengubah cicilan tetap ini agar kamu bisa mengatur perencanaan keuangan yang lebih sehat dan menguntungkan.

6. Tutup Akun Kartu Kredit

Jika kamu memiliki akun paypal dari kartu kredit, segera hapus akun tersebut dan ganti dengan akun yang baru, dengan kartu kredit baru. Sebaiknya lakukan hal ini untuk mengantisipasi beberapa hal yang tak diinginkan. Sebab, bisa saja seseorang meretas akunmu untuk melakukan transaksi yang tak ingin kamu lakukan. Jadi, segera hapus akun paypal saat tahu kartu kredit hilang.

Pada masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, memiliki kartu kredit adalah hal yang sangat biasa. Bahkan banyak yang mempunyai kartu kredit ini agar lebih mudah mengakses keuangan dan memanfaatkan diskon yang tersedia pada kartu kredit. Oleh karena peminat kartu kredit yang cukup banyak, maka tak jarang juga yang memanfaatkan kartu kredit ini untuk kebutuhan sehari-hari.

(Baca Juga: Kartu Kredit dengan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui)

Kartu kredit Mandiri memberikan akses keuangan yang lebih luas. Selain promo yang sangat menarik, kamu juga bisa mendapatkan poin rewards hingga cashback. Selain itu, jaringan bank Mandiri yang luas juga akan membuat pemegang kartu kredit mudah dalam melakukan transaksi di dalam negeri maupun luar negeri. Sederet keuntungan bisa didapatkan dengan memiliki kartu kredit Mandiri ini. Jadi, jika sudah memiliki kartu kredit Mandiri, simpan dengan baik dan pastikan jangan sampai hilang.

Kamu belum memiliki kartu kredit Mandiri? Tenang saja. Segera saja ajukan kartu kredit Mandiri di Cekaja.com. Agar kamu bisa mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa membandingkan terlebih dahulu setiap produk kartu kredit yang tersedia. Sehingga, limit kartu kredit pun bisa disesuaikan dengan kemampuan. Ajukan di Cekaja.com untuk mendapatkan pilihan bunga yang kompetitif.

Tentang Penulis