Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara Cek Limit Kartu Kredit CIMB Niaga Yang Perlu Diketahui

by Teti Purwanti on 4 Mei, 2020

Kartu kredit merupakan alat pembayaran resmi yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya sebagai bentuk fasilitas. di mana dalam fasilitas tersebut bank akan menerapkan sejumlah kebijakan dan juga aturan yang akan mengatur mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak (nasabah dan bank).

Cara cek limit kartu kredit CIMB

Pada setiap penggunaan kartu kredit akan mengurangi limit pinjaman yang ada pada kartu kredit tersebut. Pengurangan limit tersebut dapat diketahui pada saat mendapatkan tagihan pembayaran penggunaan kartu kredit setiap bulannya.

Kondisi ini berlaku umum pada setiap penggunaan kartu kredit, termasuk pada kartu kredit dari CIMB Niaga.

Setiap bank memiliki cara untuk cek limit kartu kredit sisa setelah dipakai untuk transaksi. Antara bank yang satu dengan bank yang lainnya bisa berbeda-beda. Apalagi sekarang ada banyak sekali teknologi yang dikembangkan bank untuk memudahkan nasabah menggunakan layanan-layanan yang dipunyai.

Lantas, bagaimana cara mengecek limit kartu kredit dan juga cara membaca tagihan dari kartu kredit CIMB Niaga?

Cara mengecek tagihan dan sisa limit kartu kredit CIMB Niaga

Terdapat beberapa cara untuk mengecek tagihan kartu kredit CIMB Niaga sebelum lembar kartu kredit dikirimkan kepada nasabah melalui beberapa cara yang mudah, praktis, dan cepat.

Cara pertama adalah dengan menggunakan Phone Banking. Cara mengecek tagihan kartu kredit CIMB Niaga bisa menggunakan phone banking. Caranya tinggal melakukan panggilan ke 14041 atau ke +62-21-29978888 untuk nasabah yang berada di luar negeri.

Apabila kamu baru melakukan panggilan pertama kalinya, kamu akan diarahkan untuk verifikasi data. Setelah itu, baru bisa mengetahui informasi tentang tagihan kartu kredit yang kamu miliki. Termasuk juga jumlah sisa dari limit kredit tersebut.

Kemudian, cara kedua adalah dengan menggunakan CIMB Clicks yang merupakan layanan internet dari CIMB Niaga. Layanan ini bisa diakses melalui situs CIMB Niaga yang memiliki banyak fitur. Seperti melihat transaksi terakhir, membuka rekening tabungan baru, membuka deposito berjangka, membuat kartu kredit baru, pembayaran di online shop, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Cara mengecek tagihan melalui CIMB Clicks sebagai berikut:

  1. Mengunjungi situs CIMB Niaga
  2. Di pojok kanan atas ada tulisan Login, klik lalu pilih yang Credit Card
  3. Setelah itu, kamu tinggal memasukkan nomor kartu kreditmu dan password nya. Jika lupa password, kamu bisa klik bagian lupa password.
  4. Apabila belum pernah mendaftar, kamu bisa klik Daftar di sini!
  5. Apabila sudah memasukkan nomor kartu dan password dengan benar, kamu bisa klik Login
  6. Kemudian, kamu akan disajikan tampilan akunmu beserta menu

Namun, apabila kamu tidak bisa login karena belum mendaftar, bisa melakukan pendaftaran dengan cara:

  1. Klik login > credit card > daftar di sini
  2. Atau bisa juga dengan langsung mengunjungi https://www.cimbclicks.co.id/cc
  3. Memasukkan nomor kartu kredit CIMB Niaga anda (16 digit)
  4. Memasukkan tanggal lahir nasabah (8 digit)
  5. Mengetikkan kode yang telah ditampilkan di samping
  6. Membaca syarat dan ketentuan lalu klik saya setuju
  7. Klik lanjut
  8. Kemudian kamu diminta membuat user ID dan pssword. Ikuti saja instruksi yang ada sampai kamu dinyatakan berhasil mendaftar CIMB Click.
Proses pendaftarannya tidak membutuhkan waktu lama.

Cara lainnya untuk pengecekan tagihan dan limit sisa kartu kredit CIMB Niaga bisa melalui aplikasi Go Mobile yang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Mendownload dan menginstall aplikasi yang bernama Go Mobile by CIMB
  2. Niaga di Play Store atau App Store
  3. Membuka aplikasi Go Mobile
  4. Memilih menu registrasi
  5. Mengikuti petunjuk selanjutnya
  6. Jika sudah berhasil anda tinggal menuju ke aplikasi lalu memilih layanan kartu kredit lanjut tagihan kartu kredit

Selain bisa diakses via aplikasi, kamu juga bisa menggunakan layanan Go Mobile menggunakan SMS dengan format Mobile lalu dikirim ke 1418. Bisa juga menggunakan kode USSD 1418#.

Kemajuan teknologi membuat cara dan proses pengecekan tagihan dan sisa limit kredit dari kartu kredit CIMB semakin mudah dan cepat.

Jenis-Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga memiliki beberapa jenis kartu kredit, antara lain:

CIMB Niaga Air Asia BIG Card

Kartu ini memiliki fitur utama mendapatkan bonus BIG Point dari Air Asia untuk mendapatkan layanan terbang gratis ke seluruh dunia. Selain itu, kartu ini juga bisa membuat pemegangnya mendapatkan akses visa platinum privileges dengan respon cepat 24 jam di seluruh dunia.

Pengguna kartu ini juga bisa membuat transaksi belanja ritel menjadi cicilan tetap per bulan. Dengan pilihan tenor dan suku bunga yang kompetitif. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah gratis iuran tahunan untuk 1 tahun pertama dan tahun selanjutnya dengan minimum transaksi Rp24 juta per tahun.

Pengguna juga bisa langsung mendapatkan 500 BIG Points sebagai bonus aktivasi kartu maksimal 14 hari setelah kartu diterima.

CIMB Niaga Visa Platinum

Kartu Kredit CIMB Niaga Visa Platinum memiliki berbagai fitur utama yang menarik. Seperti bebas iuran tahunan tahun pertama untuk kartu utama dan tahun selanjutnya. Dengan bertransaksi retail minimum Rp24 juta rupiah dalam setahun.

Apabila transaksi ritel kurang dari Rp 24 juta rupiah per tahun, maka akan ada iuran tahunan senilai Rp 350.000. Untuk kartu tambahan, iuran tahunan senilai Rp150.000,-

Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan Double Poin Xtra untuk setiap transaksi ritel mulai dari Rp5 ribu di website penerbangan dan untuk setiap transaksi ritel Rp5 ribu di merchant lainnya akan mendapatkan 1 Poin Xtra.

(Baca Juga: Mengapa Gesek Tunai Saat Corona Tidak Dianjurkan)

Poin Xtra Visa Platinum dapat ditukarkan ke program Airline Mileage dengan nilai konversi: 3 Poin Xtra = 1 KrisFlyer atau 1 Garuda Miles atau 1 Asia Miles atau 3 BIG Points AirAsia. Penukaran Poin Xtra bisa dilakukan melalui CIMB Niaga 14041.

Fitur lainnya adalah cicilan 0%  untuk 3 bulan pada transaksi ritel dengan minimum pembelanjaan Rp500 ribu dapat diubah menjadi cicilan 0% selama 3 bulan melalui Internet Banking Credit Card atau CIMB Niaga 14041 sebelum tanggal cetak tagihan.

Pengguna kartu juga secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi berupa Perlindungan Pembelian, Asuransi Kecelakaan dalam Perjalanan, dan Asuransi Ketidaknyamanan Perjalanan apabila kamu bertransaksi menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga Visa Platinum.

Persetujuan klaim dan besarnya uang santunan yang disetujui sepenuhnya adalah kewenangan dari pihak asuransi.

Pengguna kartu juga bisa mendapatkan fasilitas airport lounge yang bekerja sama dengan CIMB Niaga yang ada di kota-kota besar di Indonesia dengan menukarkan 10.000 Poin Xtra Visa Platinum.

CIMB Niaga MasterCard Platinum

Fitur dari jenis kartu kredit ini adalah pengguna kartu akan mendapatkan gratis iuran tahunan selama menjadi pemegang kartu, bagi kartu utama dan tambahan. Sementara fitur lainnya tidak berbeda dengan kartu kredit CIMB Niaga Visa Platinum.

CIMB Niaga Visa Gold

Fitur dari kartu ini antara lain bisa menjadikan transaksi belanja ritel menjadi cicilan tetap per bulan dengan pilihan tenor dan suku bunga yang kompetitif.

Selain itu, bisa mendapatkan CIMB Poin Xtra setiap setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000.- dan gratis iuran tahuanan untuk seumur hidup, serta 1000 Welcome Poin Xtra, atau setara dengan pembelanjaan ritel seharga Rp 5 juta setelah aplikasi kartu disetujui.

CIMB Niaga MasterCard Gold

Fitur darikartu kredit CIMB Niaga Gold berlogo MasterCard adalah penggunanya akan mendapatkan gratis iuran tahunan selama menjadi pemegang kartu, bagi kartu utama dan tambahan.

Kemudian, pengguna kartu juga bisa menjadikan pembelanjaan ritel dengan CIMB Niaga Gold menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan untuk transaksi dengan kartu kredit senilai minimum Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dengan jangka waktu angsuran 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Pengguna kartu juga bisa mendapatkan poin Xtra pada setiap transaksi ritel kelipatan Rp5.000 akan mendapatkan 1 Poin Xtra, kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership, pembayaran angsuran dan pembayaran tagihan rutin.

Poin Xtra yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan pilihan hadiah menarik seperti voucher belanja, mileage penerbangan dan barang lainnya.

Persyaratan pengajuan kartu kredit CIMB Niaga

Secara umum, persyaratan pengajuan kartu kredit dari CIMB Niaga adala berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun untuk kartu utama dan minimal usia 17 tahun untuk kartu tambahan. Kartu kredit ini bisa dimiliki oleh Warga Negara Indonesia dan juga Warga Negara Asing.

Kemudian untuk persyaratan minimal penghasilan berbeda-beda, tergantung pada jenis kartu kredit yang dipilih.

Sekilas tentang CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga berdiri pada tanggal 26 September 1955 dengan nama Bank Niaga pada awalnya. Sejak tahun 1987, Bank Niaga membedakan dirinya dari para pesaingnya di pasar domestik dengan menjadi bank pertama yang menawarkan layanan istimewa untuk nasabahnya berupa layanan perbankan dengan mesin ATM di Indonesia dan berbagai layanan berteknologi tinggi lainnya.

Keistimewaan ini kemudian berlanjut di tahun-tahun berikutnya dengan mengenalkan berbagai layanan perbankan lainnya secara online.

Hingga saat ini, Bank CIMB Niaga telah mengeluarkan berbagai produk layanan perbankan, termasuk produk kartu kredit yang menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan bertransaksi bagi penggunanya, serta berbagai tawaran promo yang menarik.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.