Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Review Kartu Kredit Permata Mastercard Shopping Platinum  

by Gesti Weningtyas on 5 Mei, 2020

Kartu kredit memberikan banyak pilihan yang mungkin bakal sesuai kebutuhan kamu, salah satunya adalah kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum ini. Terutama kamu yang punya hobi belanja dan sering beli kebutuhan rumah maupun dapur, kartu kredit ini punya banyak keunggulan. Sesuai dengan namanya, kartu kredit keluaran Bank Permata tersebut memang diperuntukkan bagi pemegang kartu yang sering belanja.

Review Kartu Kredit Permata Mastercard Shopping Platinum  

Belanja dan membeli kebutuhan sehari-hari adalah hal yang seringkali dilakukan masyarakat kita. Untuk menghemat anggaran, tak jarang orang memanfaatkan fasilitas promo. Nah, kebanyakan promo menarik ini bisa kamu dapatkan di kartu kredit.

Manfaat Promo dan Diskon

Bank penerbit kartu kredit seringkali bekerja sama dengan merchant tertentu untuk memberikan promo pada nasabahnya. Hal inilah yang membuat banyak nasabah memiliki kartu kredit. Salah satunya adalah bisa mendapatkan diskon maupun cashback tertentu dengan minimal belanja, atau syarat dan ketentuan yang berlaku lainnya.

Jangan remehkan keberadaan diskon dan cashback ini. Sebab nyatanya diskon akan membuat  transaksi menjadi jauh lebih ringan. Selain itu, sisa nominal diskon yang didapatkan, bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya. Jadi, tak ada salahnya berburu diskon dari kartu kredit.

Selain itu, kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum juga memberikan fasilitas dan fitur yang tentunya memudahkan. Misalnya seperti fasilitas pembayaran tagihan bulanan yang dapat dijadikan dalam satu lembar tagihan kartu kredit. Ini juga bisa membuat kamu terhindar dari keterlambatan membayar tagihan karena lupa tanggal jatuh tempo pembayaran.

Kamu bisa mendapatkan banyak pilihan cashback dengan memiliki kartu kredit ini. Tidak hanya itu, bunga kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum ini juga cukup ramah di kantong, yakni hanya 2,25 persen saja. Namun, untuk mendapatkan kartu kredit ini, minimal penghasilan kamu Rp 20 juta per bulan. Adapun limit kartu kredit maksimal tiga kali lipat dari jumlah penghasilan yang kamu miliki. Jadi, pastikan kamu memiliki pendapatan yang sesuai dengan ketentuan, untuk mendapatkan limit yang lebih besar.

Kamu yang ingin bebas bertransaksi tanpa batas, bakal dapat promo istimewa langsung dari Bank Permata. Untuk biaya iuran tahunan, cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp 600 ribu per tahunnya. Ada juga kesempatan untuk menikmati fasilitas eksekutif lounge hanya untuk pemegang kartu kredit permata shopping platinum card. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bebas iuran tahunan jika melakukan transaksi minimal Rp 70 juta setiap tahunnya.

Fasilitas Kartu Kredit Permata Mastercard Shopping Platinum

Seperti halnya kartu kredit dari Bank Permata lainnya, kamu bisa mendapatkan fasilitas Simple Pay 0% dengan tenor tiga bulan untuk pembelanjaan apa saja, kapan saja dan dimana saja kamu melakukan transaksi. Selain itu ada gratis 2 tahun pertama untuk 5 kartu tambahan hanya untuk karyawan perusahaan Astra dan Free card limit.

Buat kamu yang ingin lebih simpel dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan, ada fasilitas Permata Bills To Pay. Kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan. Selain itu, kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum juga bisa digunakan lebih dari 20 juta tempat perbelanjaan di dunia. Kamu juga dapat menelepon customer service 24 jam untuk mengetahui informasi terkait kartu kredit dan informasi lainnya di nomor 1500111 dengan Voice ID yang dapat diakses dari seluruh wilayah Indonesia tanpa kode area dan dikenakan pulsa lokal, 24 jam sehari.

Butuh uang tunai segera? Maka lakukan tarik tunai dengan kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum dengan maksimal uang penarikan tunai Rp 10 juta. Penarikan tunai juga sangat mudah. Bisa dilakukan dengan kartu kredit dengan logo Visa dan /atau MasterCard atau melalui ATM berlogo Visa dan Plus untuk kartu Visa dan ATM berlogo Mastercard untuk kartu Mastercard.

Akan tetapi, di musim pandemi ini sebaiknya hindari lakukan penarikan tunai kartu kredit. Sebab, biaya tarik tunai tidak sedikit. Bukan tidak mungkin kamu malah mendapatkan tagihan yang makin besar karena sering melakukan tarik tunai. Sehingga, pastikan kamu melakukan tarik tunai jika memang benar-benar sangat membutuhkan.

Meski diperuntukkan bagi yang sering belanja, akan lebih baik jika kamu belanja dengan bijak. Pilih barang sesuai dengan prioritas kebutuhan. Kamu harus bisa berhemat dengan diskon dan cashback yang tersedia. Jangan mudah tergoda membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Kamu akan mendapatkan perlindungan pembelian dengan Permata Proteksi Plus 0,75 persen atau sebesar 0,6 persen dari total tagihan kartu. Jadi barang belanjaan kamu bisa tetap aman dan mendapatkan manfaat dari perlindungan berbagai risiko yang mungkin terjadi. Alhasil, belanja pun jadi makin tenang dengan fasilitas satu ini.

Diskon dan Cashback

Kabar gembiranya, kamu bisa mendapatkan diskon dan cashback dengan total Rp 12 juta pertahun untuk maksimal cashback yang akan didapatkan. Kamu juga otomatis mendapatkan diskon lima persen untuk produk private label di Hero, Giant dan Guardian. Ada juga cashback 3.5% bagi yang bertransaksi di Hero, Giant dan Guardian dan cashback 1.5% untuk transaksi di luar Hero, Giant, dan Guardian. Cashback ini berlaku bila akumulasi transaksi dalam satu bulan minimal Rp 1,000,000.

Jadi, pastikan kamu belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar kartu kredit. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon 20 persen Produk Segar seperti seafood di hari senin, daging di hari Selasa dan buah-buahan di hari Rabu, serta sayuran di hari Kamis. Kemudahan ini belum lagi ditambah dengan adanya cashback hingga 10 persen tiap belanja di supermarket dan restoran.

Jangan lupa untuk memanfaatkan reward poin dari kartu kredit Permata Shopping Platinum Card ini. Sebab kamu bisa mendapatkan satu poin tiap transaksi Rp 2 ribu dan kelipatannya. Kamu juga mendapatkan 1 Mileage untuk Rp 20 ribu dan berlaku kelipatan. Setiap 10 poin reward yang sudah terkumpul dapat ditukar dengan 1 GarudaMiles. Diskon ini belum termasuk jika ada promo lain diluar, seperti promo dengan merchant tertentu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan penawaran menarik lainnya.

Selain itu, poin ini juga bisa kamu tukarkan dengan voucher menarik seperti voucher gratis nonton, voucher belanja, hingga penawaran menarik lainnya. Jadi, tidak hanya fasilitasnya yang menarik, poin yang sudah terkumpul ini juga bisa kamu kumpulkan untuk mendapatkan berbagai pilihan hadiah eksklusif dari bank.

(Baca Juga: Banyak Keuntungan! Ini Review Kartu Kredit Mayapada Signature)

Eits, meski banyak diskon, jangan jadi kalap ya. Tetap bijak dalam bertransaksi agar kamu terhindar dari lilitan hutang kartu kredit. Belanja menggunakan kartu kredit seperlunya karena memanfaatkan promo, lalu lakukan pembayaran kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum dengan lancar. Dengan begitu, kamu akan memiliki rekam jejak yang baik pada Sistem Layanan Informasi Keuangan  OJK.

Jika kamu tidak melakukan pembayaran dengan tertib, sering menunggak atau hutangmu macet, lebih baik kamu hentikan pemakaian kartu kredit. Gunakan kartu kredit saat memang benar benar diperlukan. Sebab jika terlalu banyak menggunakan kartu kredit, maka bunga yang kamu dapatkan pun juga semakin besar. Ingat, uang dari kartu kredit adalah pinjaman yang harus dikembalikan.

Pastikan kamu bisa membayar, untuk menggunakan layanan jasa keuangan satu ini dengan baik ya.

Biaya 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu akan dikenai biaya iuran tahunan dengan memiliki kartu utama maupun kartu tambahan. Akan tetapi, ada bebas biaya iuran tahunan jika kamu melakukan transaksi minimal seperti yang telah ditentukan. Selain itu, kamu juga akan dikenai beberapa biaya lainnya seperti naik limit dan overlimit.

Buat kamu yang akan melakukan tarik tunai, biayanya 6 persen dari total dana yang ditarik. Selain itu kamu juga akan dikenai bunga tarik tunai sebesar 2,25 persen. Namun, jika kamu sedang tidak memiliki dana untuk membayar tagihan dengan penuh, kamu dapat melakukan pembayaran minimum yaitu 10 persen dari nilai tagihan.

Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu, sebab jika terlambat kamu akan dikenakan biaya terlambat sebesar 3 persen atau maksimal Rp 150 ribu. Usahakan untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak agar tidak terkena biaya overlimit sebesar Rp 250 ribu.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan kamu saat ini. Jika kamu mengajukan kartu kredit Permata Mastercard Shopping Platinum, maka pastikan kamu memilih kartu yang sesuai dengan kemampuan juga tentunya. Salah satu pilihan kartu kredit untuk belanja, adalah kartu kredit Permata Shopping Platinum Card ini.

Jangan lupa, perhatikan juga syarat dan ketentuan yang diberikan bank untuk pemohon kartu kredit. Sebab, jika tidak memenuhi syarat, tentunya kamu tidak bakal disetujui untuk memiliki kartu kredit Permata Shopping Platinum Card ini. Berikut  merupakan syarat dokumen umum untuk mengajukan kartu kredit

Persyaratan Dokumen
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi NPWP
  3. Bukti Penghasilan
  4. Informasi Nomor Kartu Kredit Bank lain keanggotaan minimal 12 bulan
  5. Untuk kartu tambahan wajib menyertakan fotokopi KTP/KITAS
  6. Untuk WNA, diperlukan fotokopi paspor dan KITAS

Dengan demikian, bisa disimpulkan dalam review kartu kredit Permata Shopping Platinum Card ini, pemegang kartu kredit harus memiliki kartu kredit dari bank lain dengan keanggotaan minimal satu tahun. Artinya, kamu yang belum memiliki kartu kredit sebelumnya, kemungkinan tidak bisa mengajukan kartu kredit ini.

Namun, kamu bisa mengajukan kartu kredit lainnya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan kartu kredit Shopping Card dari Bank Permata ini. Pilih kartu kredit yang ramah pada pengguna pertama. Bandingkan fasilitas tiap kartu kredit tersebut untuk mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah itu, kamu bisa memutuskan untuk memiliki kartu kredit Permata Shopping Platinum Card ini untuk semakin mempermudah transaksi belanjamu. Pastikan kamu melakukan transaksi minimal yang telah ditentukan sebelumnya, agar bisa mendapatkan gratis iuran tahunan.

Demikian review kartu kredit Permata Shopping Platinum Card dan berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah memiliki kartu kredit satu ini. Semoga tulisan ini bisa membantu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Jangan ragu untuk membandingkan tiap kartu kredit untuk melihat fasilitas hingga biaya yang dikenakan, jika kamu akan mengajukan kartu kredit.

Belum punya kartu kredit? Tenang, kamu bisa mengajukannya dengan mudah di Cekaja.com. Ada banyak pilihan kartu kredit, ajukan dan bandingkan tiap kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan  gaya hidup kamu.

Tentang Penulis