Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BRI, dan Juga Syaratnya

by Gesti Weningtyas on 7 Mei, 2020

Menaikkan limit kartu kredit BRI bukan hal yang sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menghubungi langsung call center BRI di 14017 atau 021 150017. Selanjutnya, laporan permohonan kenaikan limit akan dicatat oleh petugas customer service BRI. Kamu juga akan diminta mengirim sejumlah persyaratan pendukung lewat email yang disebutkan oleh petugas.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BRI, dan Juga Syaratnya

Syarat untuk Menaik Limit Kartu Kredit BRI
Surat keterangan kenaikan limit yang telah ditandatangani

Surat tersebut dikirim ke email dengan mencantumkan nama, nomor kartu kredit, dan alasan kenaikan limit. Selain itu, kamu juga harus melengkapi dengan identitas diri. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, kamu bisa menghubungi petugas di call center BRI.

  • Scan KTP
  • Bukti slip gaji.

Agar kamu mengetahui dengan detail jenis dokumen apa saja yang perlu dikirimkan lebih baik menghubungi call center BRI terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi terkait. Setelah itu, siapkan dokumen dan kirim ke alamat email kartu_kredit@bri.co.id.

Selanjutnya, pengajuan menaikkan limit kartu kredit BRI akan diproses setelah lima hari dokumen diterima. Kemudian, Bank BRI akan memberikan persetujuan atau ditolak. Jika pengajuan ditolak, kamu harus menunggu hingga enam bulan ke depan untuk kemudian mengajukan permohonan kembali. Mudah bukan?

Jika kamu ingin menaikkan limit kartu kredit BRI sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka tentunya hal tersebut tak bakal sulit. Sebenarnya, lembaga jasa keuangan pasti akan mendapatkan keuntungan kalau nasabahnya memakai kartu kredit. Jadi,naiknya limit kartu kredit pun akan disetujui. Tapi, persetujuan ini diberikan setelah nasabah memiliki kriteria tertentu.

Pastinya, bank dan industri keuangan lainnya punya berbagai pertimbangan untuk memberikan persetujuan naik limit kartu kredit, termasuk BRI. Bank pelat merah satu ini juga akan menganalisa tiap nasabahnya yang ingin menaikkan limit kartu kredit BRI.

Hal ini karena bank juga tak mau menanggung risiko kredit macet atau penyalahgunaan kartu kredit. Jadi, profil setiap nasabah pun pasti akan menjadi pertimbangan yang penting. Jadi, pastikan kamu sudah sesuai dengan kriteria dan profil dari nasabah BRI agar kenaikan limit kartu kredit disetujui.

Berikut ini adalah beberapa tips agar menaikan limit kartu kredit BRI segera disetujui:

1. Disiplin Bayar Tagihan

Syarat mutlak untuk merebut ‘hati’ perbankan adalah dengan membayar tagihan secara disiplin dan tepat waktu. Bahkan membayar tagihan jauh-jauh hari sangat disarankan. Seperti halnya saat kita memberi hutang pada teman. Kalau temanmu bayar hutang sesuai dengan jumlah hutang dan tepat waktu, bahkan lebih awal dari waktu yang disepakati, kita pun jadi senang bukan? Rasa kepercayaan pun meningkat.

Nah, hal itu juga sama dengan BRI. Membayar tagihan dengan disiplin, bahkan sebelum tanggal jatuh tempo bakal bikin skor kredit kamu bagus. Kamu pun dapat kepercayaan dan dianggap layak menaikkan limit kartu kredit BRI. Sebaliknya kalau kamu sering telat bayar tagihan kartu kredit, menunggak dan punya banyak hutang, naik limit kartu kredit malah bisa ditolak oleh bank. Sebab bank juga enggak mau menanggung risiko tinggi kalau kredit kamu macet.

2. Menggunakan Kartu Kredit BRI Lebih dari 50 Persen dari Limit

Kamu juga harus menggunakan kartu kredit dengan bijak. Gunakan sekitar 50 hingga 60 persen dari limit kartu kredit. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membayar tagihan. Sesuaikan penggunaan kartu kredit dengan kemampuan.

Misalnya kamu punya kartu kredit BRI dengan limit Rp 10 juta, gunakan kartu kredit hingga Rp 5-7 juta dan tunjukkan kemampuan bayarmu dengan baik. Kalau kamu cuma pakai untuk transaksi di bawah 50 persen dari limit, maka bank menganggap kemampuan bayar kamu masih kurang sesuai dengan kriteria naik limit.

3. Penghasilan

Jumlah penghasilan akan menjadi salah satu pertimbangan bank dalam menaikkan limit kartu kredit BRI. Pasalnya, kemampuan bayar tagihan akan dipengaruhi oleh besaran penghasilan kamu. Sebaliknya, kalau penghasilan kamu menurun, maka jangan harap naik limit kartu kredit akan diterima.

Biasanya jumlah limit yang diberikan adalah maksimal tiga kali dari jumlah penghasilan. Sehingga, jika penghasilan kamu naik, maka limit pun bisa naik. Bahkan tanpa kamu ajukan pun, bank juga biasanya memiliki evaluasi tersendiri untuk menaikkan limit kartu kredit BRI, tentunya menyesuaikan kemampuan bayar mereka.

4. Naik Limit Setelah Penghasilan Meningkat

Lembaga jasa keuangan bakal memberikan kamu kepercayaan kalau penghasilan kamu meningkat. Jadi, ajukan naik limit kalau penghasilan kamu sudah meningkat. Jadi, kemampuan untuk melunasi tagihan pun juga akan meningkat.

Bank akan lebih mudah memberikan persetujuan kenaikan limit kalau penghasilan kamu sudah meningkat. Bahkan bisa otomatis kenaikan limit didapatkan kalau kamu sesuai dengan kriteria yang ada. Jumlah kenaikannya bisa dua kali hingga tiga kali lipat dari penghasilan kamu.

5. Gunakan Kartu Kredit BRI Setahun Pertama

Pakai kartu kredit BRI setahun, baru ajukan kenaikan limit. Ini akan memberikan peluang lebih besar naik limit kamu bakal diterima. Jangan berharap kenaikan limit kamu bakal langsung diterima kalau baru mengajukan dan memakainya tiga bulan. Hal ini karena bank belum punya data pemakaian kartu kredit yang cukup untuk melihat kelayakan kamu dalam mendapatkan naik limit.

Ada beberapa bank yang memberikan ketentuan jika kartu kredit harus digunakan minimal enam bulan hingga satu tahun untuk bisa menaikkan limit kartu kredit BRI. Biasanya dalam waktu ini, kamu juga mengalami kenaikan penghasilan.

6. Jumlah Kartu Kredit BRI yang Dimiliki

Jumlah kartu kredit yang kamu miliki juga akan berpengaruh pada limit yang didapatkan. Dengan demikian, bank akan melihat berapa besar penghasilan kamu dibandingkan dengan kemampuan untuk membayar dan juga jumlah kartu kredit.

Akan lebih baik punya sedikit kartu kredit dengan limit yang besar. Karena terlalu banyak kartu kredit bisa membahayakan keuangan kamu sendiri. Jadi, kalau kamu masih punya satu atau dua kartu kredit, menaikkan limit kartu kredit BRI mungkin bakal segera disetujui.

7. Status Tempat Tinggal

Pastikan kamu tinggal di wilayah kantor cabang BRI terdekat. Selain itu, jika kamu menjadi pemilik rumah tinggal yang menjadi alamat saat mengajukan kartu kredit, pengajuan kamu kemungkinan bakal disetujui. Pasalnya, status rumah pribadi membuat risiko kartu kredit yang diterbitkan lebih rendah.

Lakukan perubahan data jika kamu berada di rumah sewa lalu pindah ke rumah pribadi. Hal ini juga akan memberikan peluang menaikkan limit kartu kredit BRI yang lebih besar.

8. Ajukan Slip Gaji yang Lebih Besar

Berikan slip gaji yang lebih besar sebagai bukti kalau penghasilan kamu sudah meningkat. Hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan bank dalam memberikan persetujuan naik limit kartu kredit.  Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kenaikan penghasilan juga akan berpengaruh terhadap persetujuan naik limit kartu kredit.

9. Manfaatkan Cicilan Tetap Kartu Kredit BRI

Setiap kartu kredit punya program cicilan tetap. Selain itu, banyak juga toko dan merchant yang memberi promo cicilan tetap. Sebaiknya kamu harus mengikuti promo cicilan tetap karena program ini memberi keuntungan bagi bank. Alhasil, pengajuan naik limit kartu kredit kamu bakal diperhitungkan.

Nah, demikian adalah prosedur naik limit kartu kredit BRI dan tips agar naik limit kartu kredit segera disetujui oleh bank. Sebenarnya proses kenaikan limit sangat mudah. Tapi terkadang membutuhkan cukup banyak waktu.

Biasanya, setelah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang diberikan BRI, maka proses kartu kredit BRI untuk menambah limit bisa segera dilakukan. Kamu pun bisa segera menghubungi pihak bank dan memberikan data pendukung yang telah kamu siapkan. Rata-rata, proses menaikkan limit kartu kredit BRI ini bakal memakan waktu lima sampai 10 hari kerja.

Lewat waktu tersebut limit kartu kredit BRI masih belum berubah, maka besar kemungkinan pengajuan kamu ditolak. Sehingga, kamu harus menunggu sekitar 6 bulan lagi untuk bisa melakukan pengajuan ulang. Nah, untuk memastikannya, kamu bisa menelepon call center BRI. Karena terkadang proses naik limit kartu kredit BRI membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Di masa pandemi yang masih berlangsung ini, penerapan pembatasan sosial berskala besar cukup memberikan dampak yang signifikan. Beberapa pengajuan naik limit kartu kredit harus dianalisa dengan tepat. Jadi, jangan kaget jika proses naik limit kartu kredit BRI akan berlangsung lebih lama.

Sebelum itu, kamu harus melihat juga total hutang yang dimiliki. Hal ini menjadi pertimbangan karena naik limit kartu kredit artinya bisa menambah jumlah hutang kamu di masa yang akan datang. Jadi, cek dulu cicilan apa saja yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Misalnya, saat ini kamu memiliki tanggungan cicilan untuk kendaraan bermotor, kredit tanpa agunan hingga cicilan rumah. Kalau jumlah nya lebih daru 30 persen, kamu akan kewalahan mengelola keuangan, walapun limit kartu kredit telah disetujui.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Permata Mastercard Shopping Platinum)

Pastikan kamu menggunakan kartu kredit BRI sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan keuangan kamu. Sebab, kartu kredit ini adalah alat pembayaran yang seharusnya memudahkan transaksi kamu, bukannya malah memberatkan hidupmu. Jangan sampai kamu menggunakan kartu kredit dengan tidak bijak dan terlilit hutang yang tak berkesudahan.

Gunakan Kartu Kredit dengan Cerdas

Ada banyak keuntungan kalau kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan cerdas dan bijak. Meski sudah bisa menaikkan limit kartu kredit BRI, kamu juga harus memastikan total tagihan yang kamu dapatkan sesuai dengan transaksi yang telah kamu lakukan. Hal tersebut akan membuat kamu terhindar dari transaksi yang tidak diinginkan.

Ingat kalau kartu kredit adalah alat pembayaran, jadi jangan jadi kalap dan menggunakan kartu kredit dengan berlebihan hingga melewati limit. Sebab jika kamu terlalu sering memakai kartu kredit melewati limit yang telah ditentukan, artinya kamu tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Demikian adalah cara menaikkan limit kartu kredit BRI. Perhatian juga biaya naik limit kartu kredit, sebab pada beberapa kartu kredit menerapkan biaya ini. Jika kamu belum memiliki kartu kredit, ajukan saja segera di Cekaja.com. Ada banyak pilihan kartu kredit yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan. Kamu juga bisa membandingkannya agar mendapatkan jenis kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan.

Tentang Penulis