Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

6 Pilihan Kartu Kredit BNI untuk Gaji UMR Jakarta

by Nadhillah Kusindriani on 18 Mei, 2020

Sudah menjadi rahasia umum, apabila untuk bisa bertahan hidup di Jakarta kamu membutuhkan biaya yang besar. Maka dari itu, banyak dari warga Jakarta yang menggunakan kartu kredit sebagai salah satu solusi finansial untuk bisa bertahan hidup. Dan kartu kredit yang paling banyak digunakan adalah kartu kredit BNI. Hal tersebut dikarenakan pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta sangat banyak dan beraneka ragam.

Menelisik 6 Pilihan Kartu Kredit BNI untuk Gaji UMR Jakarta

UMR DKI Jakarta 2020

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung sedikit, bahwa kartu kredit menjadi salah satu solusi finansial untuk sebagian besar warga Jakarta. Tentu saja, hal tersebut dilakukan untuk bisa bertahan hidup dari kondisi ekonomi yang mungkin serba pas-pasan.

Pasalnya, UMR DKI Jakarta sendiri sebelumnya berada pada kisaran Rp3.940.973,-. Namun pada 2020, UMR DKI Jakarta mengalami kenaikan sebesar 8,51%. Sehingga, UMR DKI Jakarta saat ini sebesar Rp4.267.349,-.

Kenaikan UMR dapat terjadi karena mengacu pada beberapa hal, diantaranya yaitu data pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,12% dan data inflasi sebesar 3,39%.

Melalui data tersebut, Kementerian Tenaga Kerja kemudian memutuskan untuk menaikkan besaran UMR dan menginformasikannya kepada gubernur di setiap provinsi di Indonesia.

Untuk DKI Jakarta sendiri, kenaikan UMR sejatinya sudah ditetapkan melalui peraturan resmi yang dibuat oleh gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Penetapan peraturan resmi tersebut dilakukan sejak 1 November 2019, meskipun kenaikan UMR DKI Jakarta baru berlaku pada 2020.

(Baca Juga: Promo Makan Kartu Kredit BNI Terbaru 2020 Khusus Wilayah Jakarta)
6 Pilihan Kartu Kredit BNI untuk Gaji UMR Jakarta

Sebelumnya kamu sudah mengetahui besaran UMR DKI Jakarta, yang baru-baru ini mengalami kenaikan. Meskipun begitu, sebagian besar warga Jakarta tetap menggunakan kartu kredit untuk memenuhi beberapa kebutuhan.

Karena, kartu kredit kini tidak hanya dinilai sebagai alat pembayaran yang membantu dan mempermudah orang dalam melakukan transaksi. Tetapi, kartu kredit lebih dianggap sebagai suatu gaya hidup dan harus dimiliki oleh sebagian kalangan.

Maka dari itu, tidak heran apabila hampir semua bank di Indonesia mengeluarkan berbagai macam jenis kartu kredit, termasuk bank BNI. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pilihan kartu kredit BNI yang bisa dimiliki oleh semua kalangan.

Untuk kamu yang masih berpenghasilan UMR pun bisa mengajukan kartu kredit BNI. Sebab, Bank BNI memiliki beberapa pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta. Adapun beberapa pilihan kartu kredit tersebut, di antaranya:

1. BNI Visa Gold

Pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta yang pertama adalah BNI Visa Gold. Hal tersebut dikarenakan kartu kredit yang satu ini hanya mengharuskan para pemiliknya, untuk memiliki penghasilan kotor tahunan minimal Rp36 juta atau sekitar Rp3 juta per bulannya.

Tidak hanya itu, kartu kredit BNI Visa Gold juga akan membebaskan para penggunanya dari biaya iuran di tahun pertama. Terlebih ada beberapa penawaran menarik beserta fitur unggulan dari kartu kredit yang satu ini.

Beberapa fitur dan penawaran menarik tersebut di antaranya, yaitu mempunyai akses masuk Airport Lounge di bandara Indonesia, mendapatkan perlindungan kecelakaan dalam perjalanan, dapat digunakan untuk pembayaran beberapa tagihan (seperti PLN, Indovision, Speedy, dan sebagainya), pemesanan tiket, hingga mendapatkan sederet reward point yang menarik.

Kamu pun akan dibebaskan dari tanggung jawab untuk semua transaksi kartu yang terjadi, apabila kartu kredit mu hilang atau terjadi pencurian. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menginformasikan kepada pihak bank bahwa kartu kredit telah hilang atau telah dicuri.

Namun, untuk bisa memiliki kartu kredit BNI Visa Gold, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya:

  • Kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bekerja sebagai karyawan, wiraswasta maupun profesional
  • Berusia minimal 21-65 tahun, baik untuk pemilik kartu utama dan tambahan
2. BNI MasterCard Lottemart Gold

Pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta berikutnya adalah BNI MasterCard Lottemart Gold. Sama seperti kartu kredit sebelumnya, untuk bisa memiliki kartu kredit BNI MasterCard Lottemart Gold kamu diharuskan sudah bekerja dan memiliki penghasilan minimal per bulannya Rp3 juta rupiah atau sebesar Rp36 juta per tahun.

Hanya saja, kartu kredit ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman berbelanja dengan lebih mudah dan menguntungkan. Pasalnya, kamu akan mendapatkan diskon 5% untuk setiap barang dengan merek label pribadi Lottemart.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan akses masuk Airport Lounge di bandara di Indonesia serta cashback di Lottemart sebesar 3%. Kamu pun bisa mendapatkan tambahan cashback sebesar 0.5% untuk setiap transaksi di Lottemart dengan cicilan.

Tetapi untuk bisa mendapatkan semua keuntungan di atas, kamu perlu memiliki kartu kredit BNI MasterCard Lottemart Gold dan memenuhi semua biayanya. Adapun beberapa biaya yang perlu kamu bayarkan, di antaranya:

  • Biaya tahunan untuk kartu utama sebesar Rp120 ribu
  • Biaya tahunan untuk kartu tambahan sebesar Rp60 ribu
  • Biaya untuk keterlambatan pembayaran sebesar 3% dari keseluruhan total tagihan, atau maksimal Rp150 ribu
  • Biaya untuk penarikan tunai sebesar 6% dari keseluruhan total penarikan atau sekitar Rp50 ribu
  • Biaya overlimit sebesar 5% x selisih overlimit atau minimal Rp40 ribu dan maksimal Rp100 ribu.
3. BNI MasterCard Lottemart Platinum

BNI Mastercard Lottemart Platinum nyatanya masuk ke dalam pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta. Sebenarnya, jenis kartu kredit yang satu ini tidak jauh berbeda dengan kartu kredit BNI MasterCard Lottemart Gold.

Sebab, fitur dan persyaratan yang diberikan sama. Namun, perbedaannya terletak pada biaya dan beberapa fasilitas yang diberikan. Untuk biaya kartu kredit BNI MasterCard Lottemart Platinum sendiri di antaranya, yaitu:

  • Biaya tahunan untuk kartu utama sebesar Rp600 ribu
  • Biaya tahunan untuk kartu tambahan sebesar Rp300 ribu
  • Biaya untuk keterlambatan pembayaran sebesar 3% dari keseluruhan total tagihan atau sekitar Rp150 ribu
  • Biaya untuk penarikan tunai sebesar 6% dari keseluruhan total penarikan atau sekitar Rp100 ribu
  • Biaya overlimit sebesar Rp75 ribu

Sedangkan untuk fasilitas, yang membedakan kartu kredit BNI MasterCard Lottemart Platinum dengan yang Gold adalah kartu kredit ini akan memberikan perlindungan terhadap barang yang kamu miliki dari beberapa risiko, seperti kehilangan, pencurian, hingga kerusakan barang.

4. BNI Visa Garuda Indonesia Signature

Kartu keempat yang bisa kamu jadikan pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta adalah BNI Visa Garuda Indonesia Signature. Kartu ini merupakan produk kartu kredit BNI hasil kerjasama co-branding dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Kartu kredit ini juga menggunakan jaringan Visa Worldwide, sehingga tidak hanya bisa digunakan oleh para pengguna layanan jasa penerbangan Garuda Indonesia saja, tetapi juga bisa digunakan oleh para anggota Garuda Miles.

Kartu kredit ini sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan, karena tidak mengharuskan mu untuk memiliki penghasilan besar. Sebab, kamu hanya perlu memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp3 juta atau sekitar Rp36 juta per tahunnya.

Dengan memiliki kartu kredit ini, kamu akan mendapatkan sederet fitur unggulan, seperti akses masuk Airport Lounge di seluruh bandara di Indonesia, jaminan perlindungan dari keterlambatan dan kecelakaan selama perjalanan, hingga perlindungan terhadap barang dari risiko kehilangan atau pun pencurian.

Namun, untuk bisa mendapatkan perlindungan barang dari risiko kehilangan atau pencurian, kamu perlu melapor terlebih dahulu kepada bank BNI dengan jangka waktu hingga maksimal 30 hari untuk pembelian dalam negeri.

Sedangkan untuk pembelian barang luar negeri, kamu akan mendapatkan jangka waktu laporan lebih lama, yaitu 45 hari.

5. BNI MasterCard Gold

Pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta yang kelima adalah BNI MasterCard Gold. Sesuai dengan namanya, kartu kredit yang satu ini merupakan sebuah kartu yang menggunakan logo MasterCard.

Di mana, MasterCard sendiri adalah suatu jaringan yang sudah mendunia dan umumnya digunakan pada kartu kredit maupun debit.

Kartu kredit BNI MasterCard Gold menjadi pilihan kartu yang tepat, untuk kamu yang memiliki gaji UMR Jakarta. Hal tersebut dikarenakan kartu kredit ini hanya mengharuskanmu untuk memiliki penghasilan tahunan minimum Rp36 juta atau per bulannya sekitar Rp3 juta.

Dengan memiliki penghasilan tersebut, kamu sudah memenuhi salah satu syarat untuk membuat kartu kredit BNI Mastercard Gold. Adapun beberapa persyaratan lainnya yang perlu kamu penuhi, yaitu:

  • Kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bekerja sebagai karyawan, wiraswasta maupun profesional
  • Berusia minimal 21-65 tahun untuk pemilik kartu utama
  • Berusia minimal 17-65 tahun untuk pemilik kartu tambahan

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, maka kamu bisa langsung melakukan pengajuan kartu kredit dan mendapatkan segudang fasilitas beserta fitur unggulannya.

6. BNI JCB Precious

Pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta yang terakhir adalah BNI JCB Precious. Kartu kredit keluaran bank BNI yang satu ini menggunakan logo JCB International sebagai prinsipal. Kamu dapat menikmati sederet fasilitas serta fitur unggulan yang nyaman dan leluasa.

Adapun beberapa fasilitas dan fitur unggulan yang diberikan kartu kredit BNI JCB Precious di antaranya, yaitu layanan BNI Call selama 24 jam, JCB Privilege Program, JCB Plaza Call Center, JCB Privilege Guide Indonesia, Japan & China Airport Lounge hingga fitur pemantauan dini.

Hanya saja, untuk bisa mendapatkan dan menikmati semua fitur tersebut, kamu perlu mengajukan pembuatan kartu kredit BNI JCB Precious dan memenuhi beberapa persyaratan, mulai dari kewarganegaraan, usia hingga penghasilan tahunan minimum yang harus mencapai Rp36 juta, atau jika dibagi perbulan yaitu sekitar Rp3 juta.

(Baca Juga: Mengetahui Review Kartu Kredit BNI Garuda Visa Signature)
Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Beberapa pilihan kartu kredit BNI untuk gaji UMR Jakarta sudah kamu ketahui di atas. Dengan memiliki kartu kredit, kamu bisa memenuhi semua kebutuhan dengan mudah. Tidak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan sederet keuntungan yang bisa kamu nikmati.

Adapun beberapa keuntungan dari memiliki kartu kredit yang di antaranya, yaitu:

  • Dapat dipakai di seluruh dunia
  • Praktis
  • Memberikan proses transaksi yang lebih aman
  • Memberikan perlindungan untuk setiap proses pembelian
  • Membantu mu ketika berada dalam keadaan darurat
  • Memudahkan mu dalam melakukan transaksi online
  • Memudahkan mu dalam mengatur anggaran keuangan
  • Mampu mengontrol dan melacak pengeluaran
  • Mendapat berbagai macam penawaran dan manfaat tambahan
  • Membuat proses belanja menjadi lebih fleksibel
  • Mendapatkan berbagai macam promo dan diskon menarik

Nah, dari beberapa keuntungan di tersebut kamu bisa melihat bukan, bahwa kartu kredit akan sangat membantu dan memudahkan mu dalam kondisi apapun.

Namun perlu diingat juga, sebelum memilih dan mengajukan kartu kredit, kamu perlu menyesuaikannya dengan kemampuan finansial. Sehingga, kamu tidak akan terbebani dengan cicilan yang nantinya harus kamu bayar.

Jika sudah menentukan kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan dan finansial, selanjutnya kamu bisa langsung mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat melalui CekAja.com.

Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis