Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Ini Dia 3 Cara Menghapus Iuran Biaya Tahunan Kartu Kredit

by Nadhillah Kusindriani on 21 Mei, 2020

Salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh para pemilik kartu kredit adalah membayar semua biaya administrasi, tidak terkecuali iuran biaya tahunan kartu kredit yang terbilang cukup berat. Meskipun begitu, iuran tersebut nyatanya dapat dihapuskan. Lantas, bagaimana cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Wajib Tahu! Ini Dia 3 Cara Menghapus Iuran Biaya Tahunan Kartu Kredit

Apa itu Iuran Biaya Tahunan Kartu Kredit?

Bagi kamu para pemilik kartu kredit, mungkin sudah tidak asing dengan istilah iuran biaya tahunan kartu kredit. Tetapi, bagi masyarakat biasa atau pun pengguna baru kartu kredit, istilah tersebut tentu asing di dengar.

Maka dari itu, sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu iuran biara kartu kredit.

Sejatinya, iuran biaya tahunan kartu kredit atau yang juga dikenal dengan annual fee merupakan biaya yang harus kamu bayarkan selaku pemilik kartu kredit. Di mana, biaya ini berperan sebagai kompensasi untuk pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh penerbit kartu kredit.

Untuk besaran dari iuran biaya tahunan kartu kredit sendiri berbeda-beda, sesuai dengan jenis kartu kredit mu dan bank penerbitnya. Namun biasanya, biaya yang perlu kamu bayar akan lebih besar apabila fitur yang kamu dapatkan dari kartu kredit cukup lengkap.

Kemudian, untuk sistem pembayarannya pun setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda. Ada bank yang akan menagih iuran biaya tahunan kartu kredit kepada nasabahnya di tagihan pertama, ada pula bank yang menagih annual free di akhir, tepatnya setelah satu tahun pemakaian.

(Baca Juga: Membership Fee Kartu Kredit, Mana yang Paling Menguntungkan?)
Cara Menghapus Iuran Biaya Tahunan Kartu Kredit

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang iuran biaya tahunan kartu kredit atau annual fee. Yang mana, setiap kartu kredit akan membebankan iuran biaya tahunan kartu kredit kepada para penggunanya.

Besaran dari iuran itu pun berbeda-beda, menyesuaikan dengan fitur yang diberikan kartu kredit itu sendiri. Namun satu hal yang pasti, bahwa adanya iuran biaya kartu kredit cukup membebani para penggunanya.

Oleh karena itu, tak jarang beberapa bank memberikan promo iuran tahunan agar menjadi lebih ringan bahkan hingga gratis. Tetapi, dari promo tersebut tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku yang harus kamu penuhi.

Untuk itu, kamu bisa mengajukan penghapusan iuran biaya tahunan kartu kredit kepada pihak penerbit. Terlebih, ada beberapa cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit yang bisa kamu lakukan. Beberapa cara tersebut di antaranya akan diulas secara lengkap oleh CekAja.com sebagai berikut.

1. Mengajukan Permohonan Penghapusan Annual Free Tak Bersyarat

Cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit yang pertama adalah dengan mengajukan permohonan penghapusan annual fee tanpa syarat.

Cara ini bisa kamu lakukan hanya dengan menghubungi call center bank penerbit kartu kredit mu saja, lalu kamu ajukan permohonan untuk penghapusan annual fee tanpa syarat.

Meski cara ini sangat mudah untuk dilakukan, namun belum tentu permohonan penghapusan annual fee tanpa syarat mu disetujui.

Sebab, untuk bisa menyetujui penghapusan annual fee, pihak bank akan mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah riwayat penggunaan serta pembayaran kartu kredit mu selama satu tahun ke belakang.

Tetapi, apabila riwayat penggunaan dan pembayaran kartu kredit mu baik, maka kamu tidak perlu khawatir. Karena, kemungkinan pengajuan permohonan penghapusan iuran biaya tahunan kartu kredit atau annual fee mu akan disetujui.

2. Meminta “Challenge” Kepada Pihak Penerbit

Meminta “Challenge” kepada pihak bank penerbit juga menjadi salah satu cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit yang bisa kamu lakukan.

Kamu hanya tinggal menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit, lalu meminta challenge atau tantangan kepada pihak bank agar bisa memberikan mu gratis annual fee di tahun tersebut.

Dan biasanya, jika permintaan “challenge” mu disetujui, selanjutnya pihak bank akan memberikan mu tantangan.

Untuk tantangan yang diberikan pun berbeda-beda, namun umumnya pihak bank akan memberikan mu syarat. Seperti misalnya, kamu perlu melakukan transaksi terlebih dahulu sebesar Rp75 juta, selama tiga bulan untuk bisa mendapatkan gratis annual fee.

Apabila dalam jangka waktu tiga bulan tersebut, kamu bisa memenuhi persyaratan yang diminta pihak bank penerbit, maka di tahun itu kamu akan dibebaskan dari iuran biaya tahunan kartu kredit.

3. Melakukan “Ancaman” Penutupan Kartu

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan “mengancam” pihak bank, kalau kamu akan melakukan penutupan kartu kredit apabila pengajuan penghapusan annual fee mu tidak disetujui.

Cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit yang satu ini mungkin terbilang ekstrem. Sebab, bisa saja pihak bank justru akan mengabulkan “ancaman” mu dan kartu kredit mu benar-benar ditutup.

Padahal sebenarnya, maksud dari “mengancam” di sini adalah kamu menggertak customer service dari bank penerbit kartu kredit untuk menyetujui penghapusan iuran biaya tahunan kartu kredit mu di tahun tersebut.

Oleh karena itu, cara ini bisa kamu lakukan sebagai jalan terakhir apabila dua cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit di atas belum berhasil kamu lakukan.

Karena tetap saja, inti dari disetujuinya penghapusan annual fee adalah berdasarkan pada kemampuan negosiasi mu yang bagus, riwayat pemakaian dan penggunaan kartu kredit satu tahun terakhir, serta fleksibilitas kebijakan bank dalam memberikan penghapusan iuran biaya tahunan kartu kredit.

Tips Bebas Iuran Biaya Tahunan Kartu Kredit untuk Selamanya

Sebenarnya, tanpa perlu mengajukan permohonan penghapusan iuran biaya tahunan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan gratis iuran biaya tahunan untuk selamanya. Namun memang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa mendapatkan gratis annual fee.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan empat tips bebas iuran biaya tahunan kartu kredit, yang telah dirangkum sebagai berikut.

Membuat Rekening di Bank yang Dituju

Pertama, kamu bisa membuat rekening tabungan terlebih dahulu di bank penerbit kartu kredit yang kamu inginkan. Sebab, bank tidak akan semudah itu memberikan gratis iuran biaya tahunan kartu kredit kepada para nasabahnya.

Bank hanya akan memberikan bebas annual fee kepada nasabah yang memiliki rekening di bank tersebut. Selain itu, fasilitas bebas annual fee juga hanya berlaku pada jenis kartu kredit tertentu saja.

Disiplin Membayar Tagihan

Tips selanjutnya adalah disiplin dalam membayar tagihan. Pasalnya, hal ini menjadi salah satu poin yang dipertimbangkan oleh pihak bank.

Apabila kamu memiliki riwayat pemakaian dan pembayaran kartu kredit yang baik, kemudian disiplin dan taat aturan, maka pihak bank tidak akan segan-segan memberikan segudang fasilitas beserta bonus-bonus menarik untuk nasabahnya.

Dan salah satu bonus yang diberikan adalah penghapusan iuran biaya tahunan kartu kredit selamanya. Untuk itu, pastikan bahwa selama menggunakan kartu kredit, kamu disiplin membayar tagihan.

Melakukan Penukaran Point Rewards

Tips yang ketiga adalah dengan melakukan penukaran point rewards. Di mana, point rewards sendiri bisa kamu dapatkan di setiap transaksi yang kamu lakukan menggunakan kartu kredit.

Kamu hanya perlu mengumpulkan point rewards dari setiap transaksi yang telah dilakukan. Kemudian, setelah satu tahun jumlah poinnya mencukupi, kamu bisa langsung menukarkan poin tersebut dengan fasilitas bebas iuran biaya tahunan kartu kredit selamanya.

Untuk minimal poin yang harus kamu dapatkan berbeda-beda, menyesuaikan dengan kebijakan dari setiap bank penerbit kartu kredit.

(Baca Juga: Cara Pinjam Dana 10 Juta KTA Permata Tanpa Kartu Kredit!)
Mengajukan Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan Selamanya

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan untuk bisa mendapatkan bebas annual fee selamanya adalah dengan melakukan pengajuan kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya.

Sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui tentang jenis kartu kredit yang satu ini. Padahal sebenarnya, kartu kredit ini memang tersedia untuk kamu yang sebelumnya sudah memiliki kartu kredit.

Jadi, kartu kredit jenis ini tidak diperuntukkan bagi nasabah yang baru memiliki kartu kredit. Karena, untuk bisa memiliki kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya, kamu perlu memenuhi beberapa syarat yang lebih kompleks.

Beberapa syarat tersebut, seperti misalnya pihak bank mewajibkan calon nasabahnya untuk memiliki penghasilan per tahun minimal Rp90 juta. Atau bahkan ada beberapa bank yang mengharuskan calon nasabah memiliki kartu kredit lain selain kartu kredit yang akan diajukan ini.

Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan kartu kredit jenis ini, alangkah lebih baik apabila kamu mencari tahu terlebih dahulu informasi terkait bank mana saja yang memiliki kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya, beserta syarat yang dibutuhkan.

Sehingga, ketika kamu ingin mengajukan kartu kredit, kamu sudah tahu apa saja syarat dan dokumen yang dibutuhkan. Dengan begitu, proses pengajuan mu akan lebih mudah dan cepat selesai.

Namun, jika kamu masih bingung dengan jenis kartu kredit apa yang akan kamu gunakan, kamu bisa langsung melakukan perbandingan dan mengajukannya di CekAja.com. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis