Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Intip 8 Tips Mengelola Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Membludak

by Nadhillah Kusindriani on 3 Juni, 2020

Bagi kamu pengguna kartu kredit, rasanya sangat penting untuk mengetahui tips mengelola tagihan kartu kredit. Pasalnya, tips-tips tersebut akan membantumu menjaga tagihan agar tidak membludak. Lantas, apa saja tips yang akan CekAja.com berikan untukmu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Intip 8 Tips Mengelola Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Membludak

Definisi Kartu Kredit

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips mengelola tagihan kartu kredit, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu definisi dari kartu kredit itu sendiri. Di mana, sesuai dengan namanya, kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran sah yang berbentuk sebuah kartu.

Jika merujuk pada peraturan Bank Indonesia nomor 7/52/PBI/2005 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran seperti yang dilansir pada gobear.com, kartu kredit memiliki definisi sebagai alat pembayaran dalam bentuk kartu, yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelanjaan ataupun penarikan tunai.

Di dalam kartu kredit tersebut juga sudah terisi saldo, sesuai dengan limit yang diberikan kepada setiap penggunanya. Sehingga, para pemilik kartu kredit bisa langsung menggunakannya untuk bertransaksi.

Dengan kata lain, kewajiban pembayaran transaksi akan dilakukan terlebih dahulu oleh bank penerbit kartu kredit. Kemudian, pemilik bisa melunaskannya secara langung ataupun angsuran sesuai dengan waktu yang sudah disepakati.

(Baca Juga: 7 Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Agar Terhindar Tagihan Tinggi)
Ciri-ciri Kartu Kredit

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui definisi kartu kredit, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui ciri-ciri dari kartu kredit secara fisik atau bentuknya.

Apabila dilihat dari bentuk, kartu kredit sangat mirip bentuknya dengan kartu debit. Terlebih, kedua kartu tersebut menjadi alat pembayaran sah yang paling banyak digunakan masyarakat selain uang tunai.

Oleh karena itu, untuk bisa mengenal lebih jelas kartu kredit dari bentuknya, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa ciri-ciri kartu kredit yang akan diulas ke dalam dua bagian, yaitu bagian depan dan belakang.

Adapun ciri-ciri tersebut, di antaranya yaitu:

Ciri-ciri Kartu Kredit di Bagian Depan
  • Nomor pada kartu dicetak timbul
  • Masa berlaku kartu kredit dicetak timbul
  • Nama pemegang kartu kredit dicetak timbul
  • Tercantum nama dan logo bank penerbit
  • Terdapat hologram atau gambar tiga dimensi di permukaan kartu kredit. Namun, hologram tersebut umumnya terdapat di kartu kredit MasterCard
Ciri-ciri Kartu Kredit di Bagian Belakang
  • Terdapat panel tanda tangan
  • Terdapat magnetic stripe
  • Terdapat cetakan nomor kartu kredit atau debossing number yang timbul di bagian depan kartu kredit
8 Tips Mengelola Tagihan Kartu Kredit

Nah dari pembahasan di atas, kini kamu telah mengetahui definisi beserta ciri-cirinya dengan jelas. Namun, mengetahui definisi dan ciri-ciri kartu kredit saja tidak cukup untuk membuatmu terlepas dari kemungkinan terlilit tagihan kartu kredit.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut kamu perlu mengetahui beberapa tips mengelola tagihan kartu kredit, yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu sebagai berikut.

1. Membuat Anggaran Pengeluaran Khusus Kartu Kredit

Tips mengelola tagihan kartu kredit yang pertama adalah membuat anggaran pengeluaran khusus kartu kredit. Pasalnya, dengan membuat anggaran, kamu bisa menentukan total biaya maksimal yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Selain itu, pengeluaranmu juga tidak akan melebihi budget yang sudah ditentukan, karena memiliki perencanaan keuangan yang baik.

2. Membuat Catatan Pengeluaran Kartu Kredit

Tips mengelola tagihan kartu kredit berikutnya adalah membuat catatan pengeluaran. Di mana, Catatan pengeluaran tersebut nantinya berguna sebagai pengingat terkait biaya pengeluaran yang sudah digunakan.

Seperti misalnya, bulan ini kamu sudah memakai dana lebih dari anggaran yang ditetapkan. Maka, kamu sebaiknya tidak lagi menggunakan kartu kredit di bulan yang sama untuk keperluan lainnya yang kurang penting.

Meskipun nanti kamu akan menerima tagihan dari bank penerbit, namun membuat anggaran pengeluaran menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan. Sebab, hal tersebut secara tidak langsung akan melatih kedisiplinan mu selaku pengguna kartu kredit.

3. Mengetahui Limit Kartu Kredit

Mengetahui limit kartu kredit nyatanya juga menjadi tips mengelola tagihan kartu kredit yang perlu diketahui. Sebisa mungkin kamu mengingat limit yang diberikan bank penerbit kepada kartu kredit mu.

Karena biasanya, pihak bank akan memberikan limit kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan finansial mu. Hal tersebut ditujukan agar kamu selaku pemegang kartu kredit, tidak merasa terbebani dengan cicilan yang harus dibayarkan nantinya.

4. Aktifkan Notifikasi Kartu Kredit

Usahakan kamu mengaktifkan notifikasi terkait kartu kredit di smartphone-mu. Sebab melalui notifikasi, nantinya kamu akan mendapatkan informasi-informasi baru terkait kartu kredit yang akan dikirimkan ke sms ataupun email yang kamu daftarkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, dengan mengaktifkan notifikasi kartu kredit, kamu juga dapat terhindar dari kemungkinan terkena kasus-kasus seperti penipuan ataupun penyalahgunaan kartu kredit yang mungkin terjadi.

(Baca Juga: Ini Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Lakukan)
5. Hanya Gunakan Kartu Kredit untuk Keperluan Penting

Sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit untuk membeli hal-hal yang kurang penting. Hal tersebut selain membuatmu boros, juga membuat tagihan kartu kredit mu jadi membludak.

Untuk itu, sebaiknya kamu selaku pemegang kartu kredit bisa bijak dalam menggunakan kartu kredit. Sehingga kamu pun tidak akan terbebani ketika membayar pelunasan, karena tagihan yang melebihi kapasitas finansialmu.

6. Memeriksa Tagihan Kartu Kredit Sebelum Membayar

Tips mengelola tagihan kartu kredit yang keenam adalah memeriksa terlebih dahulu tagihan kartu kredit, sebelum membayarnya kepada bank penerbit.

Pasalnya, dengan memeriksa tagihan kartu kredit, kamu akan mengetahui dengan jelas total tagihan yang perlu kamu bayarkan, beserta rincian pengeluaran di beberapa waktu terakhir.

Tidak hanya itu, poin ini juga menjadi poin penting untuk diperhatikan, khususnya oleh kamu yang kerap kali menjadikan kartu kredit sebagai alat transaksi untuk membayar tagihan listrik, telepon, internet, TV kabel dan lain sebagainya.

7. Gunakan Fasilitas Autodebet

Tips kedelapan adalah penggunaan fasilitas autodebet. Salah satu fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit ini sangat memudahkan para penggunanya.

Sebab, fasilitas ini membuatmu melakukan pembayaran secara otomatis, sehingga tidak ada lagi istilah lupa membayar tagihan kartu kredit.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan jika membayar tagihan kartu kredit secara lunas. Salah satunya adalah kredibilitas kamu selaku pengguna akan naik di mata bank penerbit.

Dengan begitu, bank tidak akan ragu untuk memberikan jenis kredit lainnya kepadamu di waktu-waktu berikutnya, seperti kredit kendaraan, KPR, kredit usaha dan lain sebagainya.

8. Mengetahui Kemampuan Finansial Pribadi

Tips mengelola tagihan kartu kredit yang terakhir adalah mengetahui kemampuan finansial. Hal ini seharusnya menjadi hal utama yang perlu kamu perhatikan.

Jangan sampai kamu memiliki pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan. Seperti misalnya, kamu memiliki gaji sebesar Rp4 juta, namun dana yang kamu keluarkan Rp6 juta.

Hal-hal semacam itu yang nantinya hanya akan menjadi beban untuk mu, karena tagihan yang harus dibayarkan tentu akan lebih besar dari pemasukan yang kamu miliki.

Jika sudah begitu, tidak menutup kemungkinan apabila di tengah jalan kamu tidak mampu membayar cicilan dan melunasinya.

Maka dari itu, ketika kamu memilih untuk menggunakan kartu kredit, kamu sudah harus siap dengan segala tanggung jawab yang wajib dipenuhi. Selain itu, kamu juga harus memiliki sikap yang bijak dalam menggunakan ataupun mengelola tagihan kartu kredit.

Namun, akan berbeda kasusnya apabila kamu sudah siap secara finansial, tetapi belum memiliki kartu kredit karena masih bingung menentukan jenis kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika masalahnya adalah itu, jangan khawatir. Sebab, kini kamu bisa melakukan perbandingan dan mengajukan kartu kredit dengan proses yang mudah melalui CekAja.com. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis