Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Daftar Kartu Kredit Terbaik Tanpa Iuran Tahunan, Yuk Cek!

by Ayunindya Annistri on 4 Juni, 2020

Penggunaan kartu kredit memang menguntungkan terutama dalam hal memenuhi kebutuhan hidup. Namun, tidak semua pemilik kartu kredit merasakan kenikmatan dari kartu tersebut sebab adanya iuran tahunan yang dibebankan. Padahal jika ditelurusi lebih dalam, terdapat daftar kartu kredit terbaik tanpa iuran tahunan yang pastinya menguntungkan.

Daftar Kartu Kredit Terbaik Tanpa Iuran Tahunan

Apa itu Biaya Iuran Tahunan Kartu Kredit?

Sebelum membahas daftar kartu kredit terbaik tanpa iuran tahunan, ada baiknya untuk memahami lebih dalam mengenai istilah iuran tahunan kartu kredit. Karena enggak semua masyarakat paham akan istilah tersebut, apalagi bagi mereka yang baru menggunakan kartu kredit.

Iuran tahunan kartu kredit atau dikenal annual fee adalah biaya yang harus dibayar oleh nasabah sebagai bentuk biaya atas pelayanan, fasilitas maupun transaksi yang diberikan. Besaran biaya ini biasanya berbeda untuk tiap jenis kartu kredit dan tergantung dari pihak bank yang menerbitkannya.  

Selain itu, skema pembayaran dari annual fee pun juga tak sama, karena tiap bank menerapkan kebijakan berbeda. Ada bank yang mengharuskan nasabahnya untuk membayar iuran tahunan kartu kredit di tagihan pertama, namun ada pula bank yang menagih iuran tahunan ini setelah satu tahun pemakaian.

(Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia 3 Cara Menghapus Iuran Biaya Tahunan Kartu Kredit)
Bisakah Menghapus Biaya Iuran Tahunan Kartu Kredit?

Faktanya, ada beberapa bank yang memberlakukan aturan penghapusan iuran tahunan kartu kredit. Sehingga besaran biaya yang dibebankan tidak lagi memberatkan penggunanya. Aturan ini bisa saja kamu nikmati dengan catatan menerapkan dua cara berikut.  

  • Mengajukan permohonan untuk menghapus annual fee tak bersyarat

Ketentuan utama dalam menghapus iuran tahunan kartu kredit adalah dengan mengajukan permohonan penghapusan annual fee tidak bersyarat. Cara ini biasanya dilakukan dengan terlebih dulu menghubungi call center bank penerbit kartu kredit untuk nantinya mengajukan permohonan penghapusan annual fee.

Meski terlihat gampang, namun faktanya tidak semua pemegang kartu kredit yang mengajukan permohonan langsung disetujui oleh pihak bank. Pasalnya, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan apakah pengguna kartu kredit tersebut layak mendapatkan fitur bebas iuran tahunan, salah satunya seperti riwayat pengguna.

  • Mengajukan ‘tantangan’ kepada pihak bank penerbit

Mungkin cara ini terdengar aneh, tapi siapa sangka bila mengajukan ‘tantangan’ kepada pihak bank bisa jadi alternatif agar kamu terbebas dari iuran tahunan kartu kredit.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menghubungi pihak bank penerbit kemudian meminta challenge atau tantangan agar bisa menerima gratis annual fee.

Apabila cara ini diterima, biasanya kamu akan langsung diberi tantangan yang mana tiap bank menerapkan kebijakan berbeda. Misal, kamu diminta untuk melakukan transaksi sebesar Rp50 juta terlebih dahulu dalam kurun waktu tiga bulan, dan jika berhasil maka kamu akan mendapatkan layanan bebas iuran tahunan tersebut.

Selain mengikuti dua cara di atas, kamu masih bisa mencoba alternatif lainnya yaitu mengajukan pembuatan kartu kredit di bank yang khusus menerapkan kebijakan bebas iuran tahunan. Penasaran, apa sajakah bank tersebut beserta produknya?

Daftar Kartu Kredit Terbaik Tanpa Iuran Tahunan
1. CIMB Niaga Mastercard Platinum

Kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Platinum termasuk dalam daftar kartu kredit terbaik tanpa iuran tahunan seumur hidup yang menawarkan berbagai fasilitas menarik untuk nasabahnya.

Mulai dari fasilitas Mastercard Concierge Service, Mastercard Global Service, Fasilitas Cicilan Tetap, Poin Xtra untuk setiap pembelanjaan Rp5 ribu, hingga perlindungan asuransi berupa Purchase Protection dan Travel Insurance.

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Platinum ini, penuhi dulu beberapa syarat pendaftaran yang diminta, berikut penjelasannya.

Persyaratan
  • Minimal penghasilan Rp7,5 juta perbulan atau Rp90 juta per tahun
  • Berusia 21-65 tahun (khusus pemegang kartu utama) dan 17-70 tahun (khusus pemegang kartu tambahan)
  • Menyertakan fotokopi KTP/Paspor yang masih berlaku
  • Fotokopi slip gaji 1 hingga 3 bulan terakhir atau asli surat keterangan penghasilan terbaru
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan dalam 3 bulan terakhir
  • Fotokopi akta perusahaan atau SIUP bagi pengusaha dan profesional
  • Menyertakan data personal atau penjamin deposito bagi ekspatriat
  • Fotokopi KITAS/KITAP yang masih berlaku bagi ekspatriat dan pemegang kartu tambahan
  • Fotokopi NPWP dengan batas limit >Rp 50 mio
  • Fotokopi kartu kredit bank lain (jika ada)
  • Fotokopi kartu kredit existing CIMB Niaga untuk pemegang kartu tambahan
2. BRI Touch Visa Gold

BRI Touch Visa Gold merupakan sebuah kartu kredit yang membebaskan iuran tahunan dengan catatan penggunanya telah memiliki kartu kredit BRI jenis lain yang berstatus aktif.

Kartu kredit jenis ini memungkinkan kamu untuk membayar berbagai tagihan rutin seperti listrik, telepon seluler, TV kabel, internet, hingga asuransi.

Selain itu, fasilitas cicilan dengan bunga 0 persen hingga 36 bulan di merchant pilihan juga menjadi fasilitas unggulan dari kartu kredit BRI yang banyak diminati oleh nasabah. Nah, bila kamu tertarik untuk menggunakan kartu kredit ini, sebaiknya pahami dulu cara pengajuannya berikut.

Persyaratan
  • Menyertakan fotokopi KTP/KITAS
  • Menyertakan bukti penghasilan berupa slip gaji/SKP/SPT untuk karyawan dan profesional
  • Fotokopi rekening tabungan selama dua bulan terakhir untuk wiraswasta
  • Menyertakan fotokopi Surat Izin Profesi untuk profesional
  • Menyertakan NPWP
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP untuk wiraswasta
(Baca Juga: 4 Kartu Kredit dengan Poin Reward Terbaik, Beneran Menguntungkan Gak Ya?)
3. HSBC Visa Platinum

Kartu kredit berikutnya yang masuk dalam daftar kartu kredit terbaik tanpa iuran tahunan adalah HSBC Visa Platinum. Dengan menggunakan kartu kredit ini, kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan beragam rewards mulai dari Rp 1.500 untuk mendapatkan satu poin reward khusus transaksi fashion dan dining.

Persyaratan
  • Minimal umur 21 tahun dan maksimal 60 tahun untuk pemegang kartu utama
  • Minimal umur 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • Minimal pendapatan Rp20 juta per bulan
4. CIMB Niaga JCB Precious

Selain menerapkan bebas iuran tahunan, CIMB Niaga JCB Precious juga menawarkan fitur asuransi kesehatan dan bonus voucher belanja untuk masing-masing pemilik kartu kredit tersebut.

Tidak hanya itu saja, CIMB Niaga JCB Precious ini juga menyediakan akses Airport Lounge bagi nasabah yang telah memiliki 10 ribu poin Xtra.

Nah, mengenai asuransi kesehatannya sendiri, kartu kredit ini mengklaim akan memberikan dana santunan hingga Rp100 juta untuk risiko kanker serviks bagi pemegang karu utama yang aktif bertransaksi minimal senilai Rp1 juta dalam 3 bulan terakhir.

Persyaratan
  • Minimum penghasilan Rp7,5 juta per bulan atau Rp90 juta per tahun
  • Usia pemegang kartu utama 21-65 tahun dan usia pemegang tambahan 17-70 tahun
  • Fotokopi KTP/Paspor yang masih berlaku
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir atau SPT PPH 21 terbaru untuk karyawan dan ekspatriat
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir untuk pengusaha dan profesional
  • Fotokopi akta perusahaan untuk pengusaha dan profesional
  • Fotokopi KITAS/KITAP yang masih berlaku untuk ekspatriat
  • Fotokopi NPWP dengan batas limit lebih dari Rp50 milo
  • Fotokopi kartu kredit existing CIMB Niaga untuk pemegang kartu tambahan
5. Maybank Visa Gold

Daftar kartu kredit terbaik tanpa iuran tahunan yang terakhir adalah Maybank Visa Gold. Ini adalah kartu kredit yang memberikan fasilitas internet banking, XBill, Xpay, Xcash dan poin rewards tiap Rp30 ribu transaksi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menggunakan kartu kredit Maybank Visa Gold, kamu bisa memenuhi sejumlah syarat yang diminta, berikut penjelasan lengkapnya.

Persyaratan
  • Seorang WNI ataupun WNA yang dibuktikan dengan KTP/Paspor
  • Minimum pendapatan Rp5 juta per bulan
  • Umur minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun untuk pemegang kartu utama
  • Umur minimum 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan

Nah, itulah informasi mengenai daftar kartu kredit terbaik tanpa iuran tahunan. Buat kamu yang masih bingung dan ingin melakukan perbandingan terlebih dulu sebelum mengajukan kartu kredit pertama, bisa menggunakan layanan CekAja.com

Melalui layanan kami, kamu bisa melakukan perbandingan netral sekaligus mengajukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Unggulnya lagi, CekAja menawarkan gratis iuran tahun pertama bagi pengguna baru. Bagaimana, menarik bukan?

Yuk, apply kartu kredit di CekAja sekarang juga dan dapatkan beragam penawaran menarik!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau