Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

by Nadhillah Kusindriani on 4 Juni, 2020

Meski menjadi salah satu metode pembayaran kartu kredit atau CC terfavorit, namun nyatanya sistem autodebet memiliki sederet kelebihan dan kekurangan. Tentu, kelebihan dan kekurangan pembayaran CC melalui autodebet tidak diketahui oleh semua pengguna dengan benar.

Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Sebagian besar pengguna, mungkin sudah mengetahui beberapa kelebihan dari pembayaran CC melalui autodebet, karena sudah dijelaskan oleh pihak bank penerbit ketika kamu membuat kartu kredit.

Namun, tidak mungkin bukan jika bank penerbit memberikan informasi terkait kelemahan sistem autodebet yang mereka berikan?

Oleh karena itu, untuk mengetahui secara lengkap kelebihan dan kekurangan pembayaran CC melalui autodebet, yuk simak ulasan di bawah ini yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

Apa itu Sistem Pembayaran Autodebet?

Sejatinya, autodebet atau yang kerap kali disebut sebagai direct debit merupakan sebuah sistem pembayaran kartu kredit, dalam bentuk pengurangan saldo secara otomatis oleh pihak bank penerbit, sebagai akibat dari transaksi finansial yang dilakukan oleh nasabah.

Pengurangan saldo secara otomatis tersebut, tentunya dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya, antara pihak bank penerbit dan nasabah. Dengan begitu, nasabah sudah mengetahui bahwa rekeningnya akan terpotong secara rutin setiap bulannya.

Sistem pembayaran autodebet ini bisa dilakukan untuk beberapa transaksi, seperti kartu kredit, auto kredit asuransi bpjs, hingga autodebet pembayaran-pembayaran tagihan lainnya.

Selain itu, jika kamu menggunakan sistem pembayaran autodebet, nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui mobile banking, sms banking ataupun rekening koran.

Jadi, meskipun sistem pembayarannya autodebet, kamu tetap bisa memantau dan mengetahui transaksi apa saja yang terjadi.

(Baca Juga: Cara Transaksi Kartu Kredit yang Aman dan Tips Bayar Bulanan)
Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sedikit penjelasan tentang sistem pembayaran tagihan kartu kredit secara autodebet. Maka dari itu, di pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas delapan kelebihan dan kekurangan pembayaran CC melalui autodebet.

Adapun delapan kelebihan dan kekurangan tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut.

Kelebihan Pembayaran CC melalui Autodebet

Sebenarnya sudah menjadi rahasia umum, apabila pembayaran CC melalui kartu kredit memiliki segudang kelebihan. Namun, kali ini CekAja.com tidak hanya menyebutkan, tetapi juga mengulas empat kelebihan pembayaran CC melalui autodebet sebagai berikut.

1. Paperless

Paperless

Kelebihan pembayaran CC melalui autodebet yang pertama adalah paperless. Kelebihan yang satu ini mampu meminimalisir penggunaan banyak dokumen, seperti misalnya surat tagihan kartu kredit.

Oleh karena itu, tagihan-tagihan kartu kredit akan lebih banyak menggunakan kertas elektronik atau email. Sehingga, kamu selaku nasabah dapat lebih mudah memantau pembayaran semua tagihan di mana saja dan kapan saja.

Dengan begitu, pembayaran CC melalui autodebet menjadi salah satu cara efektif bagi para nasabah yang memiliki aktivitas padat, jarang di rumah dan sering bepergian.

2. Terhindar dari Resiko Keterlambatan Pembayaran

Terhindar dari Resiko Keterlambatan Pembayaran

Pembayaran CC melalui autodebet juga mampu meminimalisir risiko keterlambatan pembayaran. Sebab, saldo yang terdapat di rekeningmu secara otomatis akan berkurang, karena ditarik untuk membayar tagihan kartu kredit.

Namun, jika kamu terlambat melakukan pembayaran, maka kamu harus membayar berbagai macam denda yang akan muncul dan hal tersebut tentu memberikan dampak terhadap riwayat kartu kredit mu.

Padahal, memiliki riwayat kartu kredit yang baik sangat penting. Karena, riwayat tersebut memberikan kontribusi yang cukup besar pada point yang kamu miliki di bank penerbit. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit, ya.

3. Membantu Mencapai Tujuan

Membantu Mencapai Tujuan - Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Kelebihan pembayaran CC melalui autodebet yang ketiga adalah membantumu mencapai tujuan. Hal tersebut dikarenakan, sistem autodebet ini memberikanmu kenyamanan dan kemudahan pembayaran kartu kredit.

Kamu jadi bisa menyelesaikan terlebih dahulu pengeluaran-pengeluaran penting, seperti tagihan listrik, internet, telepon, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pengeluaran utamamu dapat terselesaikan dengan baik dan kamu tinggal memikirkan biaya-biaya sekunder untuk mencapai tujuanmu.

4. Menghemat Pengeluaran

Menghemat Pengeluaran - Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Kelebihan pembayaran CC melalui autodebet yang terakhir adalah menghemat pengeluaran. Pasalnya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perangko dan lain sebagainya untuk bisa membayar tagihan kartu kredit.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghemat tenaga dan waktu dengan sistem pembayaran autodebet ini. Bayangkan saja, jika setiap bulannya ada lima tagihan yang harus kamu bayarkan secara manual.

Kamu sudah pasti menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk pergi ke beberapa kantor tempat kamu melakukan pembayaran. Bagaimana, sangat tidak efisien bukan? Maka dari itu, adanya sistem pembayaran autodebet ini sangat membantu dan memudahkan mu membayar tagihan kartu kredit.

(Baca Juga: 7 Tips Memakai Kartu Kredit Limit Kecil)
Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Setelah mengetahui empat kelebihan pembayaran CC melalui autodebet di atas, kini saatnya untuk kamu mengetahui apa saja kekurangannya. Adapun empat kekurangan pembayaran CC melalui autodebet, di antaranya yaitu:

5. Kemampuan Mengelola Keuangan Pribadi menjadi Pasif

Kemampuan Mengelola Keuangan Pribadi menjadi Pasif - Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Kekurangan pembayaran CC melalui autodebet yang satu ini membuat kamu menjadi pasif dalam mengatur keuangan pribadi. Pasalnya, semua tagihan yang sudah dimasukkan ke dalam kartu kredit, nantinya akan terdebet secara otomatis setiap bulannya.

Tidak hanya itu, adanya sistem autodebet ini juga membuatmu tidak dapat mengetahui dan mengawasi pengeluaran secara langsung. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengelola dan mengawasi secara langsung pengeluaran keuangan pribadi, sistem autodebet ini rasanya kurang tepat untukmu.

6. Terbiasa Melakukan Pembayaran dengan Jumlah Minimum

Terbiasa Melakukan Pembayaran dengan Jumlah Minimum - Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Sistem pembayaran autodebet juga membuatmu terbiasa melakukan pembayaran dengan jumlah minimum. Yang mana, pembayaran dalam jumlah minimum tersebut merupakan batas yang telah ditentukan oleh bank penerbit.

Terlebih jika kamu memiliki hutang yang cukup besar. Maka kamu hanya akan menghabiskan waktu pelunasan tagihan yang jauh lebih lama. Tidak hanya itu, kamu pun harus membayar bunga yang semakin lama akan semakin tinggi.

Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan sistem autodebet untuk membayar tagihan dalam jumlah besar, pastikan bahwa kamu sudah memahaminya dengan baik.

Jangan sampai di tengah-tengah masa pembayaran nanti kamu menyesal, karena hutang yang semakin membengkak akibat bunga yang juga terus berjalan.

7. Kemungkinan Membayar Sesuatu yang Sudah Tidak Digunakan

Kemungkinan Membayar Sesuatu yang Sudah Tidak Digunakan - Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Kekurangan pembayaran CC melalui autodebet yang ketujuh adalah kamu mungkin saja membayar sesuatu hal yang sudah tidak digunakan. Seperti misalnya, kamu memutuskan pembayaran tagihan kartu kredit, internet, telepon dan lain sebagainya menggunakan sistem autodebet.

Kemudian, jika sewaktu-waktu beberapa pembayaran di atas sudah tidak penting, maka sistem akan terus melakukan penarikan saldo untuk pembayaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal tersebut sudah pasti membuat rugi nasabah. Karena pada dasarnya, sistem autodebet ini akan terus berlangsung meskipun pembayaran yang dilakukan sudah tidak penting

8. Relatif Sulit jika Ingin Merubah Sistem Pembayaran

Relatif Sulit jika Ingin Merubah Sistem Pembayaran - Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran CC melalui Autodebet

Kekurangan pembayaran CC melalui autodebet yang terakhir adalah kamu akan relatif lebih sulit apabila ingin merubah sistem pembayaran dari autodebet ke pembayaran manual di kemudian hari.

Oleh karena itu, para nasabah yang sejak awal menggunakan sistem autodebet akan terus menggunakan sistem ini meskipun tidak lagi menginginkannya.

Nah, kini kamu sudah mengetahui sederet informasi tentang sistem pembayaran autodebet, mulai dari definisi hingga kelebihan dan kekurangan pembayaran CC melalui autodebet.

Informasi-informasi tersebut bisa kamu jadikan acuan sebelum menentukan sistem pembayaran tagihan kartu kredit.

Namun, sebelum memilih sistem pembayaran, tentu saja kamu perlu memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com.

Terlebih, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis