Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ketentuan Menggunakan Bank Mandiri Cash Management, Pebisnis Wajib Tahu!

by Estrin Vanadianti Lestari on 15 Juni, 2020

Kamu punya bisnis? Dalam menjalankan sebuah bisnis, sebagai pemilik tentunya kamu wajib mengetahui seluruh aktivitas keuangan, agar bisnis bisa berjalan lancar bukan? Nah, agar aktivitas keuangan bisnis kamu bisa terawasi, sepertinya kamu perlu coba layanan dari Bank Mandiri berikut ini, yakni Mandiri Cash Management. Mau coba? Yuk, intip ketentuan menggunakan Bank Mandiri Cash Management.

Ketentuan Menggunakan Bank Mandiri Cash Management, Pebisnis Wajib Tahu!

Apa Itu Mandiri Cash Management?

Layanan Mandiri Cash Management (MCM) merupakan layanan yang khusus diberikan kepada nasabah Mandiri, yang memiliki rekening bisnis. Apa manfaatnya? Diketahui, layanan ini bisa membantu para pemilik perusahaan mengontrol dan memonitoring seluruh aktivitas rekening, transaksi, hingga reporting, pada sebuah aktivitas bisnis.

Hal tersebut juga bisa membuat pengelolaan A/R (Account Receivable) dan A/P (Account Payable) sebuah perusahaan milik nasabah, bisa menjadi optimal.

Layanan yang Diberikan Mandiri Cash Management
1. Informasi Rekening

Layanan Mandiri Cash Management yang satu ini, bisa membantu para nasabah dalam melakukan monitoring secara komprehensif , di antaranya adalah:

  • Bisa mengetahui informasi saldo rekening yang menyeluruh
  • Bisa melakukan mutasi rekening secara real-time dan ketersediaan informasi yang bisa diunduh baik dalam bentuk PDF, excel, atau word
  • Nasabah bisa melakukan transaksi giro atau tabungan, menggunakan mata uang rupiah atau mata uang lainnya
  • Bisa melakukan pencetakan rekening koran maupun statement elektronik standar bagi masing-masing rekening perusahaan yang telah didaftarkan
(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Mandiri Terbaru 2020)
2. Pengaturan Transfer

Di layanan Pengaturan Transfer, nasabah akan diberikan akses untuk melakukan aktivitas transfer keluar, seperti:

  • Melakukan pemindahbukuan, antar rekening Bank Mandiri (Inhouse Transfer)
  • Melakukan transfer ke rekening bank domestik lainnya, menggunakan mata uang rupiah (LLG/SKN/RTGS)
  • Melakukan transfer ke bank lain di dalam negeri atau di luar negeri, menggunakan valas (valuta asing)
  • Proses transaksi bisa dipilih berdasarkan (Immediate, Standing Instruction, Recurring Transaction)
3. Pengaturan Tagihan

Ada layanan yang tak kalah memberikan kemudahan bagi para nasabah bisnis, yakni bisa mengoptimalkan pengelolaan piutang perusahaan, dengan:

  • Menyediakan akses pengaturan pembayaran tagihan (bill payment)
  • Menyediakan layanan auto debet sebagai solusi penagihan piutang secara massal
4. Monitoring Transaksi

Dalam layanan Mandiri Cash Management yang berikutnya ini, nasabah juga bisa memonitoring seluruh aktivitas keuangan. Sehingga kamu bisa mengontrol dan melakukan pengawasan. Layanan Mandiri Cash Management juga memiliki sistem yang menggunakan prinsip multi user dan dual control.

Sistem Multi User Dual Control yang Menguntungkan

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, bahwa layanan Mandiri Cash Management menerapkan prinsip multi user dual control. Di mana prinsip tersebut digunakan untuk menjalankan pengelolaan ID perusahaan dan juga aktivitas pelaksanaan operasional transaksi.

Pengelola ID dengan non financial terdiri dari Sysadmin1 dan Sysadmin2:

  • Sysadmin1

Adapun Sysadmin1 ini merupakan pengguna atau admin utama, di mana ia memiliki akses penuh dalam berbagai hal. Contohnya seperti mengakses struktur pengguna, struktur akun, akses menu, pengaturan limit, hingga skema prosedur persetujuan transaksi.

  • Sysadmin2

Sysadmin 2 bisa disebut sebagai pengguna dual control bagi sysadmin1. Di mana ia berperan untuk melakukan persetujuan atas perubahan pengaturan internal ID Mandiri Cash Management, yang dilakukan oleh sysadmin1.

Pengguna Transaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser:

  • Maker

Maker merupakan sebutan untuk pengguna yang bertindak sebagai penggagas suatu transaksi pada sistem. Dalam layanan ini, maker akan memasukkan semua data serta informasi yang diperlukan untuk sebuah transaksi.

  • Approver

Seperti namanya, approver memiliki tugas untuk memeriksa dan memberikan persetujuan awal atas transaksi yang digagas oleh maker.

  • Releaser

Selanjutnya, transaksi yang telah disetujui akan dilanjutkan kepada releaser, yaitu pengguna yang bertindak melakukan pengiriman transaksi yang telah di-approve oleh approval ke dalam sistem.

Lantas, jika kamu ingin menggunakan layanan ini, kira-kira apa saja ketentuan menggunakan Bank Mandiri Cash Management? Yuk simak di sini!

Ketentuan Menggunakan Bank Mandiri Cash Management

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, layanan ini hanya dikhususkan untuk nasabah yang membuka rekening bisnis. Sehingga layanan ini bisa dibilang layanan eksklusif dan terbatas, yang calon nasabahnya harus memenuhi ketentuan menggunakan Bank Mandiri Cash Management.

Apa saja ketentuannya? Berikut rangkumannya:

1. Nasabah wajib terdaftar dalam form Mandiri Cash Management

Ketentuan menggunakan Bank Mandiri Cash Management yang pertama adalah kamu wajib terdaftar terlebih dahulu dalam form. Caranya, kamu bisa mengisi form atas nama perusahaan.

Tidak hanya itu, pastikan perusahaan kamu juga telah terdaftar sebagai nasabah giro Bank mandiri.

2. Masuk dengan mengakses website resmi Mandiri Cash Management

Kamu sudah menjadi nasabah giro serta mengisi form Mandiri Cash Management? Nah, selanjutnya kamu bisa langsung masuk ke layanan dengan cara mengakses website resminya, di link berikut www.mcm.bankmandiri.co.id/corp.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Mandiri SKYZ)
3. Log In

Ketika kamu sudah mengakses websitenya, lalu kamu bisa langsung masuk dengan cara log in. Kamu bisa masukan ID perusahaan, user, dan password. Password bisa didapatkan dari admin perusahaan.

Nah, itu dia sekilas informasi terkait layanan Mandiri Cash Management, beserta pengertian, manfaat, hingga ketentuannya. Buat kamu para calon pebisnis, program layanan ini mungkin akan sangat membantu dalam melakukan pengawasan transaksi perusahaan kamu.

Mau coba layanan dari Bank Mandiri tersebut? Sudah punya rekening atau kartu kreditnya belum? Jangan sampai, kamu tidak memilikinya sebelum mendaftarkan diri ke Mandiri Cash Management.

Karena dengan memiliki kartu kredit, khususnya dari Bank Mandiri, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, untuk pemakaian pribadi dan juga bisnismu.

Yuk, ajukan dengan mudah kartu kredit Mandiri pilihanmu hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk