Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan

by Estrin Vanadianti Lestari on 7 Juli, 2020

Pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada 1831, genset terbaik saat ini, sangat memiliki peran penting dalam dunia energi dan sumber daya listrik, di masyarakat. Pasalnya tanpa listrik, masyarakat mungkin akan kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

5 genset terbaik produksi lokal dan luar negeri paing direkomendasikan

Meski saat ini aliran listrik telah tersalurkan melalui tiang dan kabel dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), namun di sini genset terbaik akan sangat diperlukan, ketika sedang mati lampu, sebagai sumber daya istrik cadangan. 

Ketika mati lampu, beberapa bidang industri, kesehatan, perkantoran, dan lainnya, tetap harus berjalan. Sehingga, mereka pasti membutuhkan sumber daya listrik selain PLN untuk menghidupkannya, dengan bantuan genset terbaik. 

Apa Itu Genset?

Meski tak pernah melihat langsung seperti apa bentuk dan cara kerjanya, mungkin kamu pernah mendengar kata genset, yang sering dikaitkan dengan listrik bukan? Genset sendiri merupakan akronim dari “Generator set”.

Genset bisa diartikan sebagai suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator), dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan, untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. 

Mesin pembangkit yang ada pada genset biasanya berupa motor, yang melakukan pembakaran internal, atau mesin diesel yang bekerja dengan bantuan bahan bakar solar atau bensin. 

Di sini, Generator adalah alat penghasil listrik. Prinsip kerja generator, yaitu mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik.

(Baca Juga: Cara Klaim Token Listrik Gratis)

Tidak hanya digerakan dengan bantuan bahan bakar solar maupun bensin, genset juga bisa digerakan dengan bantuan beberapa energi lainnya. Berikut jenis-jenis genset yang perlu diketahui.

  • Genset Bahan Bakar Bensin (Menggunakan bahan bakar bensin, di mana genset ini bentuknya portable jadi bisa dibawa-bawa, dan biasanya untuk keperluan rumah tangga atau kantor kecil)
  • Genset Turbin (Digerakan dengan berbagai sumber daya, seperti air, angin, uap, dan lain-lain)
  • Genset Tenaga Surya (Menggunakan energi sinar matahari, dan menjadi salah satu energi yang ramah lingkungan)
  • Genset Bahan Bakar Gas (Bisa menggunakan LPG (Liquefied Petroleum Gas), dan CNG (Compressed Natural Gas))
  • Genset Bahan Bakar Diesel (Menggunakan bahan bakar diesel, dan termasuk genset paling favorit, karena mudah perawatannya)
Bagaimana dengan Kapasitasnya?

Setiap genset memiliki kapasitas berbeda, terlebih seiring perkembangan zaman, genset bisa kamu pilih sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Besaran kapasitas genset juga tergantung akan digunakan untuk apa. 

Bukan dari daya energi yang dihasilkan, besaran genset biasanya dilihat dari kVA, di mana kVA merupakan kapasitas semu mesin genset, yang ditambah daya aktif power, yang bisa dibentuk oleh generator yang digunakan. 

Sedangkan besaran kW, bisa disebut dengan nilai daya nyata, yang berasal dari konversi energi daya, atau kemampuan mesin ketika beroperasi. 

Jika kamu ingin membeli genset untuk keperluan rumah tangga atau perkantoran kecil, kamu bisa membelinya dengan melihat nilai Watt sebagai acuan. Dimana satuan kW dengan penjelasan:

1 kW = 1.000 Watt

Pada keperluan rumah tangga, umumnya membutuhkan 1.000 kVA sampai 10.000 kVA. Berbeda dengan keperluan energi listrik pada industri, yang tentunya lebih besar dari itu. 

Ukuran Genset

Perlu diketahui juga, bahwa ukuran kVA pada genset, tidak selalu menunjukkan nilai Watt yang sesungguhnya. Umumnya, di mesin genset, kamu hanya bisa melihat ukuran kVAnya saja.

Sehingga, kamu bisa mengambil acuan dari nilai baku 1 kVA, yang senilai dengan 0,8 kW (800 Watt).

Kamu bisa cek genset milikmu yang pernah kamu beli, jika tertera pada labelnya sebesar 2 kVA, maka nilai kWnya sebesar 1,6 kW atau 1600 Watt.

Bagaimana? Sudah paham mengenai jenis-jenis genset beserta ukurannya? Buat kamu yang merasa butuh alat tersebut, sebaiknya intip rekomendasi genset terbaik buatan lokal hingga luar negeri, agar kamu gak salah pilih. Yuk simak di sini:

Deretan Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri
1. Genset Honda

Genset Honda - 5 Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan

Genset terbaik yang pertama adalah genset Honda. Genset yang diproduksi di luar negeri ini menawarkan kapasitas rendah hingga tinggi, yakni 700 Watt – 10.000 Watt. Genset terbaik merk Honda ini, juga tersedia dengan menggunakan bahan bakar bensin dan gas. 

Harga: Mulai Rp1 Juta-an

2. Genset Yamaha

Genset Yamaha - 5 Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan

TIdak hanya Honda, merek Yamaha juga masuk dalam daftar merk genset terbaik produksi luar negeri. Dimana merek genset ini sering dicari untuk kebutuhan pabrik atau gedung. 

Genset Yamaha juga memiliki beragam kapasitas, mulai 2.600 Watt, 5.500 Watt, 7.200 Watt, hingga 12.000 watt.

Harga: Mulai dari Rp2 Juta-an

3. Genset General

Genset General - 5 Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan

Selain merk-merk terkenal seperti Honda dan Yamaha, merk genset terbaik General juga sering diincar untuk pemakaian rumah tangga hingga UKM. Kapasitas yang disediakan mulai 600 Watt hingga 6.000 Watt.

Harga: Mulai Rp1 Juta-an

4. Genset Mitsubishi

Genset Mitsubishi - 5 Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan

Genset terbaik yang selanjutnya adalah genset Mitsubishi. Miliki kemampuan mulai dari 10 kVA hingga 2.000 kVA, genset buatan Jepang ini banyak digunakan pabrik atau perusahaan yang cukup besar. 

Karena memiliki kapasitas super besar, maka harga yang ditawarkan juga sangat mahal. Genset Mitsubishi kapasitas 820 kVA berkisar antara Rp1 miliar – Rp 2 miliar. 

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi)
5. Genset Hargen

Genset Hargen - 5 Genset Terbaik Produksi Lokal dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan

Setelah membahas genset produksi luar negeri, selanjutnya kita bahas genset buatan lokal, yang disebut menjadi genset terbaik asal Indonesia, yakni genset Hargen. Genset ini juga menawarkan beberapa kapasitas, mulai dari yang kecil 1.100 watt (untuk rumah tangga), hingga kapasitas 8 kVA hingga 2.000kVA. 

Harga: Mulai dari Rp2 Juta-an

Perusahaan Besar akan Rugi jika Mati Lampu tanpa Genset

Nah, itu dia beberapa rekomendasi genset terbaik produksi lokal dan luar negeri yang bisa jadi pilihan, terutama bagi para pemilik usaha, bisnis, hingga perusahaan besar. Pasalnya, ketika listrik mati dan kegiatan operasional terhenti, bisa mengakibatkan menurunnya efektivitas, hingga menyebabkan kerugian. 

Jadi, sangat penting bagi para pengusaha, untuk menyediakan genset terbaik, demi kelancaran kegiatan operasional. Harga genset terbaik juga tidak seberapa, dengan kerugian yang diterima, jika tiba-tiba listrik mati dalam waktu yang lama. 

Yuk, beli genset terbaik pilihan kamu, demi kelancaran usaha hingga bisnis kamu. Agar lebih praktis dan menguntungkan, gunakanlah kartu kredit, sebagai alat pembayarannya. 

Dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari mendapatkan fasilitas cicilan, promo, cashback, hingga rewards. 

Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanu hanya di CekAja.com, dan dapatkan genset terbaik untuk melengkapi keperluan sumber daya listrik, di rumah hingga di tempat usaha. 

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk