Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

6 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

by Kyla Damasha on 16 September, 2020

Sudahkah kamu mengetahui tentang tips bangun bisnis dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back? Jika belum, maka pembahasan kali ini diharapkan bisa sedikit membantu.

Tips bangun bisnis dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back

Mungkin banyak orang yang berpikiran bahwa mendapatkan modal usaha hanya bisa dilakukan melalui pinjaman tunai saja.

Akan tetapi, nyatanya kartu kredit itu sendiri juga dapat dijadikan sebagai salah satu modal usaha lho. Bahkan, tidak menutup kemungkinan modal yang kamu keluarkan justru lebih kecil dibandingkan jika kamu mendapatkan pinjaman tunai.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Citi Cash Back)

Kok bisa? Yaitu dari berbagai promo dan diskon menarik yang ditawarkan oleh pihak kartu kredit tersebut, salah satunya seperti kartu kredit Citibank Cash Back.

Hanya saja, meski demikian, memanfaatkan kartu kredit sebagai modal usaha juga memiliki risiko yang jauh lebih besar.

Maka dari itu, tips bangun usaha dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back memang perlu diketahui. Penasaran? Yuk kita simak bersama-sama!

Mengenal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Sebelum kita membahas tentang tips bangun usaha dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back, mungkin ada baiknya jika kamu mengetahui atau mengenal tentang kartu kredit Citibank Cash Back itu sendiri.

Sesuai dengan namanya, kartu kredit keluaran Citibank ini memang memiliki keunggulan utama, yaitu memberikan cash back kepada masyarakat yang menggunakan ini dalam bertransaksi.

Bagi yang belum tahu, cash back merupakan salah satu sistem promo yang mana nasabah akan mendapatkan pengembalian uang dalam jumlah tertentu, yang disesuaikan dengan ketentuan dan syarat yang telah disepakati.

Nah, yang membedakan kartu kredit Citibank Cash Back dan jenis kartu kredit lainnya adalah, bahwa kartu kredit Citibank Cash Back ini akan memberikan lebih banyak promo cash back, dibandingkan jenis kartu kredit yang lain.

Hal tersebut juga didukung dengan sejumlah fitur-fitur unggulannya, seperti Citi World Privileges, Citi Paylite, Citi FlexiBill, dan Citi Quick Cash. Menarik banget kan!

Tips Bangun Usaha dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Tips bangun usaha dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tips bangun usaha dengan modal jenis kartu kredit lainnya.

Dilansir dari situs jawapos.com, berikut beberapa tips bangun usaha dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back yang perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Mengetahui Risiko Penggunaan Kartu Kredit

Mengetahui Risiko Penggunaan Kartu Kredit - 6 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Tips bangun usaha dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back yang pertama adalah, dengan mengetahui risiko dari penggunaan kartu kredit itu sendiri.

Pada intinya, menggunakan kartu kredit tak jauh berbeda dengan meminjam uang, yang mana juga memiliki kewajiban untuk membayar.

Oleh karena itu, kamu tetap harus waspada dan menentukan jumlah pinjaman, tenor, hingga cicilan yang harus dibayar.

Pastikan bahwa cicilan yang harus kamu bayar memang sesuai dengan kemampuan kamu dalam membayar.

Sebab, apabila kamu tidak mampu untuk membayar, maka tentu akan ada konsekuensi yang didapat, seperti menghancurkan riwayat kredit, menggagalkan bisnis, hingga kewajiban membayar hutang yang seakan tak akan ada habisnya.

2. Mengenal Fasilitas yang Ditawarkan Kartu Kredit

Mengenal Fasilitas yang Ditawarkan Kartu Kredit

Tips bangun usaha dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back selanjutnya adalah, dengan mengetahui fasilitas yang ditawarkan.

Sebagai contoh, apakah kartu kredit Citibank Cash Back memiliki fasilitas untuk menutupi kekurangan modal bisnis jangka pendek atau tidak.

Dengan melunasi tagihan kartu kredit tidak lebih dari satu bulan, kamu berkesempatan untuk mendapatkan tambahan modal usaha langsung tanpa harus membayarkan bunga tagihan.

Selain meringankan beban, fasilitas seperti ini juga biasanya bisa kamu manfaatkan untuk membangun riwayat kredit yang baik.

Sebab, score credit itu sendiri bisa didapat dari kemampuan kamu dalam membayar tagihan sebelum melewati tenggat waktu yang telah ditentukan.

3. Perhitungkan Besaran Modal yang Dibutuhkan

Perhitungkan Besaran Modal yang Dibutuhkan - 6 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Selain mengetahui tentang fasilitas yang dimiliki, tips bangun bisnis dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back selanjutnya adalah dengan memperhitungkan besaran modal usaha dengan matang. Sebab, hal ini diperlukan agar kamu juga bisa memperhitungkan kemampuan dalam membayar cicilan kedepannya.

Perlu diketahui bahwa, walaupun suntikan yang besar bisa membuat bisnis semakin berkembang dengan pesat, namun jangan lupa juga bahwa kamu masih tetap memiliki kewajiban untuk membayar cicilan.

Belum lagi jika diakumulasi dengan jumlah bunga yang harus dibayarkan. Jangan sampai kamu membuat kesalahan dan perhitungan yang bisa membawamu pada masalah.

4. Ketahui Kemampuan Membayar

Ketahui Kemampuan Membayar - 6 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha juga harus memperhitungkan kemampuan dalam membayar.

Nah, perhitungan ini harus harus disesuaikan pula dengan jumlah omset yang akan didapat dari bisnis yang telah kamu bangun.

Nah, apabila bisnis yang kamu bangun cenderung masih baru dengan jumlah omset yang belum stabil, maka disarankan untuk tidak menggunakan kartu kredit dalam jumlah besar terlebih dahulu.

Sehingga, kedepannya kamu tidak akan mengalami kendala dan kesulitan dalam membayar cicilan.

5. Pertimbangkan Jumlah Suku Bunga

Pertimbangkan Jumlah Suku Bunga - 6 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Tips bangun bisnis dengan kartu kredit Citibank Cash Back selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan jumlah suku bunga yang dibebankan.

Jangan hanya tergiur dengan besaran modalnya saja, tetapi juga perhatikan suku bunga yang dibebankan.

Sebab, percuma saja apabila kamu bisa membangun bisnis dengan modal besar apabila ujung-ujungnya juga harus membayar beban bunga yang mencekik leher.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha, pastikan terlebih dahulu bahwa suku bunga yang dibebankan juga masih relatif masuk akal.

6. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Bayar Tagihan Tepat Waktu - 6 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Kartu Kredit Citibank Cash Back

Nah, tips bangun bisnis dengan kartu kredit Citibank Cash Back yang terakhir adalah dengan selalu membayar tagihan tepat waktu.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa membayar tagihan kredit bukanlah perkara yang sulit dan dapat dilakukan semua orang.

Akan tetapi, kenyataannya justru tak sedikit pula orang yang harus dikejar oleh debt collector karena jumlah hutang yang semakin menumpuk.

Oleh sebab itu, ketahuilah bahwa membayar tagihan tepat waktu merupakan satu hal yang sangat penting. Karena, telah membayar tagihan saja, kamu sudah dibebankan dengan suku bunga yang semakin bertambah.

Tak hanya itu, ketepatan waktu dalam membayar juga dapat mempengaruhi credit score kamu. Apabila kamu terlalu sering telat membayar, maka hal tersebut bisa mengurangi credit score, sehingga kedepannya kamu akan sulit untuk mengajukan pinjaman dan kartu kredit, karena pihak bank telah kehilangan rasa percayanya.

(Baca Juga: Bisakah Memulai Bisnis Pakai Kartu Kredit?)

Jadi, itulah beberapa tips bangun bisnis dengan modal kartu kredit Citibank Cash Back yang perlu diketahui.

Walaupun memiliki risiko yang jauh lebih tinggi, namun tak dapat dipungkiri pula bahwa menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha juga bisa membuat kamu menjadi lebih hemat, apalagi dengan kartu kredit Citibank Cash Back yang banyak menawarkan promo cash back untuk para nasabahnya.

Ingin memanfaatkan kartu kredit Citibank Cash Back untuk dijadikan sebagai modal usaha? Segera ajukan saja dengan mudahnya hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda