Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kebiasaan yang Akan Berubah di Bulan Puasa dan Harus Kamu Siapkan Mulai dari Sekarang

by Ariesta on 3 Juni, 2016

Ramadhan tinggal menghitung hari. Seberapa jauh persiapan yang sudah kamu lakukan dalam menyambut Ramadhan?

Di antara semua persiapan tersebut, persiapan fisik dirasa paling penting. Karena selama berpuasa, tubuh akan kekurang asupan nutrisi dan cairan sedangkan kamu tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Apa saja yang harus disiapkan sebelum puasa menjelang?

Bangun dini hari

Di awal Ramadhan, bangun dini hari untuk sahur memang menjadi hal terberat bagi orang yang tidak biasa. Ditambah lagi harus menyiapkan sajian sahur, makan, dan menunggu waktu subuh. Setelahnya harus langsung bersiap-siap berangkat kerja. Waktu istirahat berkurang, ini sudah pasti. Lalu bagaimana supaya nanti tidak kaget?

Cobalah biasakan diri tidur lebih awal dan bangun di sepertiga malam untuk menunaikan salat tahajud. Kalau rutin dilakukan, tubuhmu akan terjaga dengan sendirinya tanpa harus dibangunkan alarm lho. Saat Ramadhan tiba, bangun sahur tidak lagi jadi kendala. (Baca juga: Puasa Lebih Sehat dengan Makanan Organik)

Puasa Senin-Kamis

Saat baru mulai puasa, tubuh biasanya lemas luar biasa. Yang dipikirkan tidak lain kapan waktu berbuka tiba. Nah supaya tubuhmu tidak kaget, coba lakukan puasa Senin-Kamis untuk membiasakan diri.

Bagi kamu yang masih punya utang puasa, segera bayar hitung-hitung ‘berlatih’ menahan lapar dan haus. Saat Ramadhan tiba, dijamin tubuhmu lebih mudah beradaptasi .

Berolahraga

Tidak makan dan minum seharian tapi harus beraktivitas seperti biasanya ditambah ibadah tarwih setiap malam membutuhkan kondisi fisik yang prima. Sakit saat bulan Ramadhan dijamin tidak enak. Memang karena sakit kamu jadi tidak puasa, tapi kamu wajib membayarnya di lain hari. Ini artinya utang puasamu makin banyak.

Di saat keluarga dan teman-teman berkumpul menikmati santapan buka yang nikmat, kamu malah terbaring di kasur. Jangankan bisa makan enak, semua makanan terasa pahit dan kamu juga tidak napsu makan. Nah agar tetap fit menjelang dan selama Ramadhan, coba lakukan olahraga. Nantinya tubuhmu juga tidak terlalu kaget meski harus beraktivitas berat saat puasa.

Minum vitamin

Flu, diare, batuk, adalah penyakit-penyakit yang mudah menyerang jika sistem imun lemah. Nah kalau kamu termasuk yang jarang menyantap makanan empat sehat lima sempurna, lengkapi dengan multivitamin agar tubuh tidak gampang sakit. Biasakan juga untuk menjaga kebersihan diri dan makanan. (Baca juga: Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan Saat Bulan Puasa)

Ramadhan sebentar lagi. Yuk persiapkan diri menyambut bulan suci ini agar ibadah kita maksimal. Manfaatkan momen Ramadhan untuk memperbaiki diri sekaligus mendekatkan diri pada Tuhan dan sebagai momen kebersamaan dengan keluarga.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami