Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Keuntungan Gunakan TV Berlangganan

by JTO on 5 September, 2014

Layanan TV berlangganan memang saat ini sedang banyak diminati. Penawaran yang diberikan layanan satu dengan yang lain juga cukup bersaing, sehingga banyak paketnya yang bisa dijangkau masyarakat.

Jika merasa bahwa tontonan yang ditayangkan di televisi nasional mulai membosankan atau mungkin kamu merasa bahwa banyak tayangan televisi nasional yang tidak menunjang perkembangan anak.

Inilah saatnya berpindah ke layanan TV berlangganan. Sebenarnya, keuntungan apa yang akan kita dapat jika menggunakan layanan TV berlangganan?

Fleksibel Memilih Kategori

Jika dibandingkan dengan acara di televisi nasioal, acara TV berlangganan memang jauh lebih beragam. Selain itu, TV berlangganan biasanya mengumpulan kanal-kanal dalam beberapa kategori. Jika menyukai serial kriminal Amerika misalnya, maka bisa memasukkan kategori tersebut dalam paket.

Jika memiliki anak kecil di rumah, bisa memasukkan kategori anak ke dalam paket. Kategori edukasi bisa jadi pilihan untuk ditonton bersama-sama keluarga. (Baca juga: Memilih TV Berlangganan Terbaik)

Paket Sesuai Kocek

Layanan TV berlangganan biasanya akan memberikan berbagai macam pilihan paket. Paket-paket ini bisa jatuh sangat murah namun ada juga yang lumayan mahal. Harga paket ini tergantung dengan banyaknya kanal yang ingin dimasukkan pada paket.

Paket termurah biasanya sekitar Rp 90.000,00 dan yang termahal bisa mencapai tiga ratus ribuan. Ada paket yang berisi enam kanal saja, namun ada juga yang berisi seratusan kanal. Coba bandingkan beragam paket TV berlangganan dengan harga sesuai di sini.

Menonton Acara Kesayangan Kapan Saja

Berbeda dari kanal televisi nasional, kanal televisi satelit sering mengulang acara-acara di dalamnya. Pengulangan ini biasanya disebut re-run. Dengan adanya re-run ini, maka  tidak perlu khawatir ketika melewatkan acara kesayangan karena suatu hal penting. bisa mencari tahu waktu re-run acara dan menikmati lanjutannya dengan tenang.

Gambar dan Suara Jernih

Kalau sering merasa kesal saat menonton televisi gara-gara layar tiba-tiba bersemut mungkin memang sudah waktunya pindah ke layanan TV berlangganan. Kualitas gambar televisi berlangganan sangat jernih. Suara yang dihasilkan juga tidak kalah jernih dengan yang ada di bioskop. Bahkan beberapa layanan juga memberikan pilihan premium untuk menonton film-film yang baru saja tayang di bioskop dengan kualitas bioskop.

Terjemahan dalam Berbagai Bahasa

Menonton serial asing sudah tidak sulit lagi. Jika tidak mengerti bahasa yang digunakan dalam serial tersebut, tenang saja! Layanan TV berlangganan biasanya sudah dilengkapi dengan subtitle atau teks terjemahan yang bisa diatur sesuai keinginan. Jika  ingin belajar bahasa Perancis sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris, maka bisa menonton serial Perancis menggunakan teks berbahasa Inggris. Mudah, kan?

Tak Perlu Beli Parabola

Alat relai sepenuhnya disediakan oleh layanan TV berlangganan. Alat ini berupa sebuah decoder dan parabola kecil. Bentuknya yang ringkas membuatnya bisa diletakkan di mana saja tanpa memakan banyak tempat.

Kamu hanya perlu memiliki televisi sehingga peralatan tersebut bisa disambungkan ke televisi. Walaupun demikian, ada juga layanan TV berlangganan yang akan meminta untuk membeli peralatan tersebut dari mereka. Membeli atau tidak membeli merupakan pilihan. (Baca juga: Perkembangan TV Berlangganan di Indonesia)

Kelengkapan Tambahan

Beberapa kelengkapan yang bisa didapat adalah panduan program. Panduan program akan membantu mengetahui acara apa saja yang ditayangkan. Ada juga kelengkapan seperti pengunci kanal.

Pengunci kanal bisa sangat berguna jika berlangganan kanal dengan acara dewasa sementara di rumah ada anggota keluarga yang belum cukup umur. Kamu bisa mengunci kanal tersebut dan hanya membukanya saat ingin menonton saja.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.