Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mau Beli Mobil untuk Mudik Lebaran? Cek di Sini!

by Tisyrin N. T on 20 April, 2018

mudik dengan mobil pribasi _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Bagaimana persiapan Anda untuk mudik lebaran tahun ini? Tak sedikit dari Anda yang sudah mengantongi tiket mudik lebaran karena sudah memburunya sejak tiga bulan sebelum waktunya tiba. Nah, Anda yang belum memiliki tiket tentu sudah punya rencana lain.

Anda mungkin saja lebih memilih menggunakan alat transportasi yang tiketnya tak harus dibeli sejak jauh-jauh hari, seperti bus. Namun, bisa saja Anda sudah berencana menggunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman.

Alasan Harus Beli Mobil Sebelum Lebaran 2018

Bagi Anda yang belum memiliki kendaraan pribadi, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli mobil dalam waktu dekat ini. Sekarang memang terbilang sebagai waktu yang tepat untuk berburu mobil. Mengapa? Salah satunya karena sedang ada penyelenggaraan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, yang merupakan surga bagi para pecinta otomotif.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang patut jadi pertimbangan bagi Anda untuk membeli mobil dalam waktu dekat ini.

Ada ajang IIMS 2018

Seperti telah disebutkan di atas, saat ini digelar ajang IIMS 2018.  Ajang IIMS 2018 berlangsung pada 19 April hingga 29 April di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Ajang ini adalah kesempatan emas bagi Anda yang sedang mencari mobil baru untuk menemukan mobil yang Anda impikan.

Anda akan menjumpai deretan merek mobil dari Honda, Nissan, Suzuki, Toyota, BMW, Hyundai dan sebagainya. Berbagai jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda mulai dari sedan, Multi Purpose Vehicle (MPV), dan Sport Utility Vehicle (SUV) hadir di ajang tersebut. Tak hanya mobil, Anda juga dapat menemukan aksesoris kendaraan dan sepeda motor.

Memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan tentu tidak mudah. Namun, dengan mendatangi pameran, Anda akan sangat terbantu karena banyaknya merek mobil yang berkumpul dalam satu tempat. Anda tak harus mendatangi dealer satu per satu.

Anda cukup mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk IIMS 2018 yang bentuknya menyerupai gelang. Untuk harga tiketnya pada hari Senin-Kamis sebesar Rp50.000 dan pada hari Jumat-Minggu Rp70.000. (Baca juga: Libur Lebaran 2018 Bertambah, Cek 8 Tempat Wisata Baru Ini!)

Mudik lebih nyaman

Kenyamanan adalah salah satu pertimbangan utama saat akan mudik bersama keluarga. Tentu saja mobil pribadi mampu memberikan kenyamanan yang lebih ketimbang transportasi umum. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk kredit mobil dalam waktu dekat ini.

Beberapa keunggulan mudik dengan mobil pribadi antara lain waktu keberangkatan yang lebih fleksibel. Anda tak perlu pusing karena harus berburu tiket mudik. Selain itu, saat sudah tiba di kampung halaman, mobil akan berguna untuk Anda gunakan bersilaturahmi dan berwisata bersama keluarga.

Anda tak perlu terburu-buru saat di perjalanan. Ketika lelah, Anda bisa berhenti sejenak di kota-kota yang Anda lewati sembari berwisata kuliner. Dan yang pasti, Anda bebas menggunakan pakaian jenis apa saja asalkan nyaman.

Banyak mobil turun harga

Seiring dengan banyaknya merek mobil baru yang meluncur ke pasaran awal tahun ini, banyak pula mobil lama yang turun harga. Jika tahun-tahun sebelumnya Anda sudah mengincar merek tersebut tetapi belum berhasil membelinya, saatnya untuk memburunya sekarang ini.

Liburan lebaran bertambah

Pemerintah baru saja menambah libur lebaran, artinya Anda punya kesempatan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di kampung halaman. Jika Anda membawa mobil pribadi, tentu kegiatan selama di kampung halaman akan lebih lancar, termasuk ketika harus mengunjungi sanak saudara.

Idul Fitri tahun ini jatuh pada 14 dan 15 Juni 2018. Sebelumnya, berdasarkan keputusan lama, cuti bersama lebaran hanya berlangsung pada 13, 14, 18 dan 19 Juni 2018. Dan, tanggal 15-16 Juni 2018 merupakan hari libur nasional.

Berdasarkan keputusan terbaru, terdapat cuti tambahan pada tanggal 11-12 Juni 2018 dan 20 Juni 2018. Adanya cuti tambahan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 dan 2019.

Banyak tol baru

Jalan tol yang memadai akan membantu melancarkan perjalanan mudik. Nah, pada musim mudik tahun ini, beberapa ruas tol baru sudah bisa digunakan. Anda pun bisa menjajalnya dengan mobil baru Anda. Waktu tempuh perjalanan akan lebih singkat dengan melewati tol, walau tidak menutup kemungkinan akan terjadi kemacetan di tol.

Jenis tol yang sudah dapat digunakan saat lebaran nanti terbagi menjadi tol operasional dan tol fungsional. Tol operasional artinya sudah berfungsi secara penuh, sedangkan tol fungsional sudah bisa digunakan tetapi belum berfungsi secara utuh.

Tol tersebut antara lain tol Pemalang-Pejagan, Batang-Semarang, Pemalang-Batang, Brebes-Gandulan, Bogor-Ciawi-Sukabumi, Semarang-Solo, dan Pandaan-Malang.

Pilihan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Jika Anda belum siap membeli mobil secara tunai, solusinya adalah dengan mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Beberapa lembaga keuangan yang menawarkan KKB antara lain seperti di bawah ini.

CSUL Finance

Chandra Sakti Utama Leasing (CSUL Finance) menawarkan fasilitas pembiayaan mobil baru bagi konsumen perorangan atau perusahaan, untuk kebutuhan pribadi atau produktif (usaha). Suku bunga yang ditawarkan kompetitif dan prosesnya cepat.

Anda dapat melunasi cicilan dalam jangka waktu hingga 5 tahun. Uang muka yang harus Anda keluarkan minimal 25% dari harga kendaraan. Sementara minimal pinjaman yang akan dikucurkan sebesar Rp50 juta.

BPR KS

BPR KS menawarkan kredit kendaraan baru (untuk merek Toyota dan Mitsubishi) dengan jangka waktu 1-4 tahun. BPR KS akan memberikan nilai pinjaman yang tinggi, dengan biaya administrasi yang ringan. Proses persetujuannya juga cepat yaitu hanya satu hari. (Baca juga: Ini Tempat Kuliah Para Bos Startup di Indonesia, Cek Yuk!)

BRI

BRI menawarkan kredit mobil baru dan bekas. Jumlah maksimum pinjaman adalah sebesar Rp5 miliar. Sedangkan jangka waktu pinjaman 1-5 tahun. Tingkat suku bunga yang ditawarkan mulai dari 4,99%.

Jika tertarik mengajukan kredit mobil ke BRI, Anda harus berada di rentang usia 21-65 tahun, dengan minimal penghasilan per bulan Rp3 juta dan penghasilan tahunan Rp60 juta.

Mengajukan kredit mobil secara online akan lebih praktis dan menghemat waktu Anda. Pilih KKB terbaik melalui e-commerce finansial nomor satu di Indonesia, CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami