Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Cara Cepat Memperoleh Pinjaman Dana

by Sindhi Aderianti on 20 Desember, 2018

Dalam hidup, terkadang ada saja keperluan mendadak yang harus dipenuhi dengan segera. Misalnya saja musibah sakit yang mengharuskan seseorang dirawat secara intensif. Sementara dana di tangan masih begitu terbatas. Simak cara cepat memperoleh pinjaman dana darurat.

Pinjaman Kredit Tanpa Agunan - CekAja

Pada dasarnya, setiap orang atau keluarga wajib memiliki dana darurat. Karena pada situasi seperti itulah tabungan terebut amat dibutuhkan. Orang-orang biasanya menyimpan dana daruratnya di tabungan, deposito, emas dan reksa dana pasar uang.

Besarnya jumlah dana darurat tergantung pada jumlah anggota keluarga serta kondisi keuangan keluarga tersebut. Berikut ini check sheet untuk menghitung kebutuhan dana darurat yang disarankan:

  • Single: 3 kali pengeluaran dalam sebulan.
  • Menikah tanpa anak: 6 kali pengeluaran dalam sebulan.
  • Menikah dengan anak: 12 kali pengeluaran dalam sebulan.

Namun apabila Anda terlanjur belum memiliki dana darurat, tak perlu terburu-buru menjual aset yang dimiliki. Mencari pinjaman bisa menjadi jalan keluar terbaik satu-satunya.

Beberapa orang masih enggan mengambil jalan ini dengan prosedur. Kalau prosedurnya saja sudah merepotkan, bagaimana bisa memperoleh pinjaman dana tunai dengan cepat? Sementara Anda sudah diburu-buru oleh waktu. Jangan salah, sumber dana kini justru semakin beragam.

Bukan hanya mengharapkan pinjaman dari orang terdekat saja yang bisa Anda andalkan dalam hal ini. Jika butuh pinjaman mendadak, masih banyak alternatif yang tersedia. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing saja sebelumnya.

Fintech alias financial technology adalah inovasi teknologi di bidang keuangan yang tengah berkembang pesat. Sayang jika fasilitas ini tidak dimanfaatkan untuk membantu optimalkan manajemen keuangan Anda. Termasuk di dalamnya soal memperoleh pinjaman dana dengan cepat. Inilah 4 pilihannya:

(Baca juga: Butuh Pinjaman Usaha? Cek Kelayakan Kredit Anda!)
1. KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Kredit tanpa agunan atau KTA adalah layanan yang bisa dibilang cukup diminati, terutama ketika seseorang membutuhkan dana dalam waktu singkat. Selain cepat, Anda juga tidak perlu melewati prosedur yang merepotkan, seperti pengecekan aset yang dijadikan jaminan.

Bank hanya akan mempertimbangkan kemampuan calon debitur untuk melunasi utang dari riwayat kreditnya sebagai penentu diterima atau tidaknya pengajuan.

Dalam mendapatkan fasilitas ini, Anda harus diharuskan memiliki bukti kewarganegaraan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), kemudian Anda juga sudah harus berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun. Pastikan pula penghasilan Anda setidaknya mencapai Rp 2,5 juta per bulan.

2. Crowdlending

Crowdlending sering juga disebut sebagai peer-to-peer lending. Lewat crowdlending, Anda bisa meminjam dana dari berbagai kreditur individual via online. Jadi uang tersebut tidak datang dari lembaga keuangan.

Ada batas waktu yang ditentukan ketika pengumpulan dana tersebut dimulai. Bisa satu atau dua bulan, tergantung pada ketentuan penyedia jasa. Jika dana yang ditargetkan terkumpul sebelum tenggat, bisa langsung diproses pencairannya.

Ketika hendak mendaftarkan diri untuk menjadi penerima dana crowdlending, biasanya Anda akan diminta memberikan sejumlah dokumen identitas yang meliputi laporan keuangan baik itu buku tabungan atau rekening koran dan salinan KTP.

Dalam pendaftarannya ini, Anda juga perlu mengisi berapa jumlah dana yang dibutuhkan.  Jumlah dana pinjaman crowdlending umumnya lebih kecil ketimbang fasilitas lain. Hanya berkisar antara antara Rp 5 juta hingga Rp 50 juta.

Untuk bunga  dan tenor yang disediakan bisa beragam di tiap situs. Bahkan ada yang tanpa bunga jika usaha itu bergerak di bidang sosial. Akan tetapi, pinjaman dana ini umumnya dipakai untuk modal usaha saja.

(Baca juga: INFOGRAFIS: Mengenal Skor Kredit untuk Anda yang Butuh Pinjaman)
3. Pinjaman bank online

Tampaknya bank konvensional tak mau ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi yang sedang marak ini. Sejumlah bank diketahui telah menyediakan fasilitas dana pinjaman online. Tinggal browsing saja di Internet untuk menemukannya satu per satu.

Lebih mudah dan praktis tentunya daripada harus bolak-balik datang langsung ke kantor cabang. Saat ini beberapa bank yang telah menawarkan pinjaman online tersebut sudah cukup banyak. Contohnya ada Bank ANZ, Danamon, CIMB, DBS, Standard Chartered, dan Maybank.

Bandingkan antara satu bank dan bank lainnya, lalu cari yang menawarkan pinjaman dengan bunga paling rendah. Setelah itu, ikuti panduan yang sudah tertera jelas. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP dan NPWP.

4. Kartu kredit

Khusus para pemegang kartu kredit, fasilitas ini bisa menjadi alternatif solusi bagi Anda yang tengah kesulitan memperoleh dana. Opsi terakhir ini disarankan baru dimanfaatkan ketika benar-benar dalam keadaan terdesak.

Tanpa perlu mengajukan permohonan pada bank serta mengurus administrasi yang rumit, Anda sudah bisa memperoleh dana segar dengan tinggal menggeseknya pada mesin EDC atau ATM.

Meski demikian, dana yang berpeluang untuk Anda dapat juga tidak akan terlalu banyak. Hanya sebatas limit kartu kredit yang dimiliki. Nantinya saat pelunasan, Anda bisa menelepon pihak bank untuk mengubah transaksi tadi menjadi cicilan dengan tenor mulai dari 3,6, dan 12 bulan. Tapi ada biaya tarik tunai kartu kredit di mesin ATM. Itupun belum termasuk bunganya.

(Baca juga: 6 Jurus Mengatasi Tagihan Kartu Kredit Menunggak)
Hal yang Perlu Diwaspadai Sebelum Mengajukan Pinjaman Dana

Mempertimbangkan lembaga keuangan yang Anda pilih adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan. Sebagai pihak yang akan meminjamkan dana, setidaknya izin dari OJK harus mereka kantongi. Dalam hal ini, CekAja.com selaku marketplace penyedia produk keuangan sudah memenuhi ‘syarat’ tersebut.

Pinjaman dana tak ubahnya utang yang harus Anda pertanggungjawabkan kelak. Berapapun jumlah pinjaman yang dikehendaki, mesti disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Jangan sampai tergiur dengan mudahnya fasilitas peminjaman dana ini saja. Rencanakan matang-matang cara pelunasannya agar di tengah jalan Anda tetap bisa membayar semua cicilan tanpa menunggak sekalipun.

Untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, pilih tenor pinjaman dengan jangka waktu lama, karena semakin lama waktu penulasan pinjaman semakin kecil pula bunga pinjamannya.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami