Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Butuh Dana Cepat Untuk Lebaran? Pakai KTA Saja!

by Gito on 25 Mei, 2019

Jelang lebaran, rata-rata kebutuhan rumah tangga mengalami peningkatan yang signifikan. Mulai dari kebutuhan dapur hingga akomodasi untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung.

Saking tingginya kebutuhan, laporan dari sektor perbankan menyatakan, setiap jelang lebaran pengajuan aplikasi Kredit Tanpa Agunan (KTA) juga mengalami peningkatan. Artinya ada banyak orang yang merasa dana Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan oleh perusahaan tidak mencukupi.

Padahal dana THR mencapai satu bulan upah yang biasanya dibayarkan setiap bulannya. Sebenarnya sah-sah saja jika menggunakan dana utangan untuk mencukupi kebutuhan lebaran kamu, sepanjang secara finansial kamu juga mampu untuk melakukan pembayaran.

(Baca juga: Apa Sih Kelebihan dan Manfaat Kredit Tanpa Agunan?)

Meski begitu, penggunan dana KTA tetap harus diperhatikan pengunaannya. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi “kebocoran” dalam penggunaan dana tersebut. Disamping itu juga agar penggunaannya tepat sasaran atau sesuai dengan peruntukan.

Dipilihnya KTA sebagai sumber dana favorit untuk mencukupi kebutuhan saat lebaran nanti bukanlah tanpa alasan. Prosesnya yang mudah dan cepat menjadi salah satu alasan nasabah memilih KTA.

Disamping itu ada banyak juga bank yang memberikan promo menarik jelang lebaran nanti. Mulai dari suku bunga yang rendah hingga promo berupa diskon cicilan.

Nah berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan mengandalkan KTA. Simak yuk!

  1. Renovasi rumah

Jelang lebaran biasanya kebanyakan orang mulai menghias dan memperbaiki rumahnya. Hal itu dimaksudkan agar saat lebaran nanti rumah menjadi terlihat bersih.

Jika melihat rentang pemakaian, jangka waktu 1 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mulai memperbaiki kerusakan-kerusakan minor yang umumnya terjadi di tempat tinggal. Mulai dari warna cat yang pudar, retak rambut di dinding atau atap yang mulai bocor akibat hujan deras.

Agar THR kamu tidak habis, menggunakan KTA merupakan pilihan yang baik. Disamping proses pencairannya yang cepat, KTA juga tidak memerlukan agunan dalam pengajuannya.

Ada baiknya sebelum melakukan pengajuan,  kamu sudah mengkalkulasi terlebih dahulu berapa besar kebutuhan dana yang tidak tercukupi dengan THR. Ajukanlah sesuai dengan kebutuhan, agar dana tersebut tidak kamu gunakan untuk keperluan lain yang sifatnya konsumtif.

Disamping itu, dengan menggunakan KTA dana tabungan kamu juga tetap aman. Jadi rencana jangka panjang kamu untuk memilki sesuatu yang sumber dananya berasal dari tabungan akan tetap lancar.

  1. Akomodasi mudik

Membincang lebaran tak lengkap rasanya jika tidak berbicara tentang mudik. Jutaan orang secara serentak bakal pulang ke kampung halamannya setelah periode cuti bersama tiba.

Prosesi yang hanya muncul saat lebaran tiba itu memang sangat unik. Pemerintah pun secara khusus selalu menyiapkan kebijakan-kebijakan guna mengatur kondisi lalu lintas saat arus mudik berlangsung.

Rata-rata hampir setengah dari dana THR habis digunakan untuk akomodasi mudik. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan moda transportasi umum seperti bus dan kereta api.

Nah untuk menyiasatinya banyak orang yang menggunakan dana pinjaman cepat untuk mencukupi kebutuhan saat mudik. JIka menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa menghitung kebutuhan bahan bakar untuk pulang pergi berapa banyak, kemudian uang tol, lalu konsumsi selama perjalanan dan juga jangan lupa persiapan dana tak terduga.

Untuk meminimalisir bujet kamu bisa mengaturnya dari biaya makan. Misalnya disepakati bahwa uang makan yang bisa digunakan hanya sebesar Rp25 ribu untuk sekali makan. PIlihlah rumah makan yang sederhana namun terlihat bersih dan juga rapi.

  1. Biaya tambahan ART infal

Mudik tidak hanya dilakukan oleh kamu dan keluarga. Mudik juga dilakukan oleh asisten rumah tangga (ART). Nah ketika itu terjadi kamu bakal membutuhkan ART infal untuk membantu pekerjaan rumah.

Artinya kamu bakal membutuhkan dana ekstra, satu untuk memberikan uang saku bagi ART yang bakal mudik dan kedua memberikan upah bagi ART dadakan. Karena KTA sifatnya merupakan  pinjaman jangka pendek, menjadikan salah satu fasilitas kredit perbankan ini cocok untuk menutupi kebutuhan keuangan jangka pendekmu.

(Baca juga: Kredit Tanpa Agunan Bank Permata)

Tidak ada yang salah berutang sepanjang utang itu bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi untuk hal-hal yang sifatnya darurat, memilih utang jangka pendek seperti KTA bisa jadi keputusan yang bijak.

Ajukan KTA di CekAja.com dan temukan produk KTA yang cocok untuk kebutuhanmu.

 

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.