Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Bandingkan dan Pilih Langsung Produk KTA Terbaik Lewat CekAja

by Tisyrin N. T on 25 Mei, 2019

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan solusi buat kamu yang membutuhkan dana pinjaman cepat dalam jumlah besar. Seperti namanya, untuk dapat mengajukan KTA, kamu gak perlu menyiapkan sesuatu sebagai agunan atau jaminan.

Nah, seiring dengan perkembangan zaman, untuk mengajukan KTA pun kini kian mudah. Hanya dengan bermodalkan akses internet, kamu bisa memilih KTA terbaik melalui financial technology (fintech) seperti CekAja.com. Marketplace produk finansial pertama di Indonesia itu telah menjalin kerja sama dengan perbankan dan lembaga keuangan terpercaya. Karena itulah, kamu dapat mengakses berbagai produk keuangan termasuk KTA di CekAja.com.

(Baca juga: Apa Sih Kelebihan dan Manfaat Kredit Tanpa Agunan?)

Selain tanpa agunan, kelebihan KTA lainnya antara lain adalah persyaratan yang mudah serta proses pencairan yang terbilang cepat. Nah, kalau kamu lagi butuh banget dana untuk keperluan mudik dan Lebaran, kamu bisa pilih salah satu dari KTA yang tersedia di CekAja.com berikut ini:

  1. KTA Standard Chartered Bank

Plafon Pinjaman

Kamu bisa dapatkan pinjaman KTA dari Standard Chartered Bank dengan jumlah mencapai Rp300 juta lho. Enaknya lagi, periode pembayarannya fleksibel mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Bunga pinjaman yang akan kamu tanggung mulai dari 0,69 persen flat per bulan hingga 1,49 persen flat per bulan.

Untuk dapatkan pinjaman ini, hanya memakan waktu 3-5 hari kerja tergantung kelengkapan aplikasi dan dokumen. Jadi, biar dana yang kamu butuhin cepet cair, kamu kudu pastikan semua dokumen yang diminta sudah lengkap sebelum diserahkan.

Persyaratan

Syarat umum buat mengajukan KTA Standard Chartered Bank yaitu kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 21-60 tahun, punya pendapatan bersih minimal Rp13,5 juta per bulan, serta punya kartu kredit utama dari bank lain dan telah terdaftar minimal satu tahun. Minimal limit kartu kredit Rp20 juta. Syarat lainnya adalah tinggal dan bekerja di Jabodetabek, dan Surabaya.

Kalau tertarik, kamu bisa segera siapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan ya. Untuk karyawan, siapkan fotokopi dokumen berupa KTP/Paspor, NPWP (untuk pengajuan sebesar atau melebihi Rp50 juta), kartu kredit dari bank lain (minimal sudah terdaftar selama satu tahun dan minimal batas kredit Rp6 juta), tagihan kartu kredit bank lain (tergantung jenis KTA), dan sampul buku tabungan.

Sedangkan untuk wiraswasta/profesional, siapkan fotokopi dokumen berupa  KTP/Paspor, NPWP (untuk pengajuan sebesar atau melebihi Rp50 juta), kartu kredit dari bank lain (minimal sudah terdaftar selama 12 bulan dan minimal batas kredit 8 juta), tagihan kartu kredit bank lain (tergantung jenis KTA), sampul buku tabungan, serta SIUP/SITU & Perizinan dan Akta Pendirian Perusahaan.

  1. KTA Permata Bank

Plafon Pinjaman

Secara umum, keunggulan KTA dari Bank Permata adalah tidak perlu kartu kredit, bunga rendah dan kompetitif, proses mudah dan cepat, serta cicilan tetap. Terdapat tiga jenis KTA dari Permata Bank yaitu Permata KTA Speed, Permata KTA Payroll, dan Permata KTA Non-Payroll.

Permata KTA Speed berupa pinjaman tunai hingga Rp300 juta tanpa agunan. Nasabah dapat menggunakannya untuk aneka kebutuhan konsumtif dengan jangka waktu pelunasan hingga 60 bulan.

Permata KTA Payroll juga berupa pinjaman dana tunai tanpa agunan hingga Rp300 juta.  Nasabah juga dapat menggunakan dana untuk aneka kebutuhan konsumtif dengan jangka waktu pelunasan pinjaman hingga 60 bulan. Sementara Permata KTA Non-Payroll memiliki perbedaan dari segi jangka waktu pelunasan pinjaman, yaitu hanya mencapai 36 bulan.

Persyaratan

Permata KTA Payroll khusus untuk nasabah yang penghasilannya dibayarkan melalui rekening payroll di Bank Permata. Sementara Permata KTA Non-Payroll diperuntukan khusus untuk nasabah Bank Permata.

  1. KTA Bank Commonwealth
  • KTA Tyme Digital

Plafon Pinjaman

Kalau kamu cuma butuh pinjaman dalam jumlah Rp10 juta – Rp30 juta, kamu bisa pilih KTA Tyme Digital dari Bank Commonwealth. Bunganya dipatok sebesar 1,99 persen flat per bulan.

Kelebihan pinjaman ini yaitu gratis biaya provisi dan administrasi. Cara pembayarannya juga mudah, yaitu pakai sistem autodebet dari rekening nasabah.

Persyaratan

Kalau kamu tertarik untuk dapatkan pinjaman ini, kamu harus punya penghasilan bersih minimal Rp3,5 juta per bulan. Syarat lainnya buat dapatkan pinjaman ini sangat mudah yaitu minimal berusia 21 tahun, punya e-KTP, dan berstatus karyawan atau wirausaha.

  • Commonwealth BizLoan

Plafon Pinjaman

BizLoan merupakan aplikasi mobile dari Bank Commonwealth yang bisa membantu pengusaha kecil dan menengah untuk dapatkan pinjaman bisnis tanpa agunan. Plafon pinjaman BizLoan mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta.  Periode pembayaran angsurannya sampai 3 tahun. Pinjaman bisa cair dalam waktu 7 hari kerja kalau dokumen lengkap.

Persyaratan

Kamu bisa ajukan pinjaman ini kalau kamu merupakan pengusaha atau individu yang memiliki badan hukum seperti PT, CV, atau Firma. Selain itu, usaha kamu telah berjalan setidaknya 2 tahun, berada di wilayah Jabodetabek atau Surabaya, serta omzet usaha kamu Rp25 juta-Rp5 miliar per bulan.

Uniknya, nasabah bisa memonitor KTA BizLoan lewat smartphone setiap hari. Bukan Cuma itu, ada pula perlindungan dengan fitur keamanan berlapis, termasuk PIN dan SMS OTP (one time password).

  1. KTA Bank DBS Indonesia

Plafon Pinjaman

Bank DBS Indonesia punya produk KTA bernama Dana Bantuan Sahabat. Kamu bisa dapatkan pinjaman Rp5 juta hingga Rp300 juta dengan bunga ringan mulai dari 0,88 persen. Pilihan jangka waktu pembayarannya adalah 12, 24, dan 36 bulan.

Persyaratan

Syarat untuk mendapatkan pinjaman ini adalah WNI dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Minimal penghasilan kotor per bulan untuk karyawan adalah Rp3 juta, wiraswasta Rp5 juta, dan profesional Rp5 juta.

Selain itu, minimal limit kartu kredit yang dimiliki Rp6 juta (karyawan), Rp7 juta (wiraswasta), dan Rp7 juta (profesional). Sedangkan minimal masa aktif kartu kredit di bank lain untuk karyawan adalah 1 tahun, wiraswata 2 tahun, dan profesional 2 tahun.

(Baca juga: 3 Syarat Wajib Agar Kredit Tanpa Agunan Disetujui)

Kriteria lain adalah minimal lama usaha atau bekerja 1 tahun  dan status karyawan tetap (untuk karyawan), 2 tahun (wiraswasta), dan 2 tahun (profesional). Tawaran KTA dari Bank DBS Indonesia ini berlaku bagi kamu yang tinggal di area Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

  1. KTA Panin

Plafon Pinjaman

Bank Panin menawarkan KTA bernama Kredit Express Panin. Terdapat tawaran pinjaman mulai dari Rp 3 juta sampai dengan Rp 500 juta. Tenornya pun bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Bunga pinjaman mulai dari 0,68 persen hingga 1,20 persen flat per bulan.

Persyaratan

Persyaratan umum untuk mendapat pinjaman ini di antaranya adalah berusia 21-55 tahun, WNI yang berdomisili di Indonesia, pendapatan minimum per tahun Rp 60 juta, berstatus kepegawaian tetap, dan memiliki tabungan Panin. Pastikan juga dokumen kamu lengkap, mencakup identitas diri, slip gaji dan NPWP.

Nah, setelah mengetahui jenis KTA yang bisa kamu manfaatkan, buruan ajukan aplikasi kamu lewat CekAja.com karena musim libur lebaran sudah dekat!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.