Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jenis Jenis Kartu Kredit Terlengkap, Mana yang Cocok Untukmu?

by Vera Khairifah on 29 November, 2019

Saat ini, hampir semua orang memiliki kartu kredit untuk memudahkan transaksi pembelian barang maupun jasa. Jika kamu adalah orang yang baru tertarik memilikinya, jenis jenis kartu kredit harus dipahami terlebih dulu sebelum melakukan proses pengajuan.

Jenis Jenis Kartu Kredit Terlengkap, Mana yang Cocok Untukmu?

Keuntungan Transaksi dengan Kartu Kredit

Ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pengguna jika bertransaksi dengan kartu kredit, di antaranya:

Semua pembayaran dari produk barang dan jasa yang kamu beli bisa dilakukan dengan cara mencicil.

Hal ini tentu akan meringankanmu, apalagi jika menggunakan kartu kredit yang memiliki bunga ringan. Serta mendorong penggunanya untuk mudah memenuhi kebutuhan tersebut.

Berbagai kartu kredit memiliki banyak merchant yang bekerjasama dengannya. Makanya, tak heran kalau pengguna kartu kredit berpeluang mendapatkan banyak promo.

Mulai dari merchant kuliner, kebutuhan harian, produk kecantikan, retail, dan lainnya. Promo yang diberikan biasanya berupa cash back maupun diskon atau potongan harga.

Selain itu, banyak kartu kredit yang juga memiliki reward atau hadiah menguntungkan. Umumnya, reward diberikan dalam bentuk poin atau biasa disebut dengan reward points.

Poin yang terus kamu kumpulkan bisa ditukar dnegan berbagai hadiah. Mulai dari voucher belanja atau nonton di bioskop, potongan harga di merchant tertentu, produk gratis dan lain sebagainya.

Ada beberapa produk barang dan jasa (khususnya dari luar negeri) yang hanya bisa dibayar dengan kartu kredit. Hal ini yang membuat banyak orang beralih menggunakan kartu kredit.

Kamu juga bisa memilih pilihan lama cicilan dengan catatan pengeluaran yang tercatat rapi, serta kemudahan pembayaran tagihan dengan sistem autodebet.

Jenis Jenis Kartu Kredit Berdasar Jumlah Limit

Pertama, kartu kredit yang dibedakan berdasar jumlah limit yang disediakan. Maksud dari jumlah limit adalah jumlah maksimal kamu boleh melakukan kredit.

Besaran limit disesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan membayar si pengaju kartu kredit.

Jika berdasarkan limit, maka ada dua jenis kartu kredit yakni VISA dan MasterCard. Yang membedakan dari keduanya hanya lah provider. Singkatnya, VISA adalah saingan MasterCard.

Jika merchant menunjukkan logo pembayaran dengan VISA, maka kartu kredit berlogo MasterCard tidak berlaku, begitu juga sebaliknya. yang memiliki tingkatan masing-masing sebagai berikut:

VISA Classic/Silver

Dari semua kartu kredit yang ada, ini adalah kartu kredit yang limitnya paling kecil. Mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Mereka yang mengajukan kepemilikan kartu ini setidaknya berpenghasilan di bawah Rp 5 juta.

VISA Gold

VISA Gold bisa dimiliki untuk kamu yang memiliki penghasilan Rp 5 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Limit yang diberikan Rp 10 juta hingga Rp 40 juta, bahkan bisa sampai Rp 100 juta.

Tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan kredit. Misalnya saja seperti BNI VISA Gold.

VISA Platinum

VISA Platinum yang memiliki limit Rp 40 juta Rp 75 juta, bahkan sampai tanpa batasana alias unlimited. Misalnya seperti BNI VISA Platinum.

VISA Signature

Ada pula kartu kredit yang memiliki limit tinggi. Jenis VISA Signature biasanya dimiliki oleh orang-orang terkenal dengan pendapatan tinggi. Limit dari kartu kredit ini sekitar Rp 100 juta hingga unlimited.

Selain itu, kartu kredit dengan jenis ini menawarkan fasilitas lain seperti member golf, layanan airport lounge, travel assist, dan lainnya. Contoh jenis kartu kredit ini adalah BNI VISA Garuda Indonesia Signature

VISA Infinite

Kartu kredit untuk kaum elite juga tersedia. VISA Infinite dimiliki oleh penggunanya yang memiliki aset dengan nilai di atas Rp 1 miliar. Limitnya sekitar Rp 50 juta sampai unlimited. Namun, ada juga beberapa bank yang memberi batasan penggunaan hanya sampai Rp 250 juta.

MasterCard Classic

Tingkatan kartu kredit MasterCard memang hampir sama dengan VISA. Di mana limit terendah untuk MasterCard Classic adalah Rp 5 juta, dengan penghasilan Rp 50 juta per tahun atau sekitar Rp 4,5 juta per bulan.

MasterCard Gold

Jenis kartu kredit lainnya adalah MasterCard Gold dengan limit hingga Rp 100 juta. Sebenarnya, ini hampir sama dengan jenis Classic namun iuran bulanannya lebih mahal. Salah satunya seperti BNI MasterCard Gold.

MasterCard Platinum

Selain itu, ada jenis kartu kredit di tingkatan platinum dengan limit Rp 75 juta hingga unlimited. Salah stau bank yang mengeluarkan produk kartu kredit ini adalah Bank BRI dengan kartu kredit BRI MasterCard Platinum.

MasterCard World

Jika kartu kredit lain mematok limit atau angka maksimal penggunaan kartu, maka jenis kartu MasterCard World mematok limit minimum. Ya, kamu harus menggunakan kredit dengan kartu ini minimal Rp 75 juta per tahun. Jika tidak lebih dari angka tersebut, maka kamu akan dikenakan iuran yang besar.

(Baca Juga: Kartu Kredit Visa atau MasterCard, Mana yang Lebih Menguntungkan?)
Jenis Jenis Kartu Kredit Berdasar Area Berlaku
Kartu Kredit Nasional

Jenis jenis kartu kredit dengan area berlaku nasional hanya bisa digunakan di dalam negeri alias Indonesia. Jadi, kalau kartu ini tak bisa digunakan untuk transaksi e-commerce luar negeri, ya.

Kartu Kredit Internasional

Sebaliknya, jenis kartu kredit internasional memungkinkanmu untuk belanja dan transaksi lainnya dimana saja. Pastikan merchant tersebut memang bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit berlogo VISA, MasterCard, American Express, Dinners Club, dan Carte Blanche.

Namun, yang paling banyak bekerja sama dengan merchant ternama adalah kartu kredit berlogo VISA dan MasterCard.

Jenis Jenis Kartu Kredit Berdasar Afiliasi
Co Branding Card

Ini adalah kartu kredit yang merupakan hasil kerjasama dari sebuah pihak/institusi bersama dengan pihak bank. Misalnya kartu kredit CIMB Niaga Air Asia BIG Card.

Affinity Card

Nah, sedangkan affinity card berarti masuk ke dalam kartu kredit yang hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu saja. Sebab ini adalah kartu kredit yang merupakan hasil kerjasama dari pihak bank dan organisasi/institusi non profit. Misalnya seperti BNI VISA ITB Card, BNI VISA ILUNI FE UI, dan masih banyak lagi lainnya.

Itu lah penjelasan mengenai jenis kartu kredit yang ada saat ini. Kartu kredit mana nih yang akan kamu pilih? Penggunaan kartu kredit yang memudahkanmu saat travelling seperti BRI World Access juga memberimu banyak keuntungan. Mulai dari free ex lounge sampai berbagai promo menarik di merchant premium. Yuk, langsung ajukan melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast