Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

by Rini Agustina on 6 Januari, 2020

Kebutuhan finansial setiap manusia akan terus bertambah, namun kadang tidak sejalan dengan pendapatan yang masih tidak tetap. Jangankan untuk menabung menutupi kebutuhan sehari-hari saja masih sulit. Terlebih jika ada keperluan mendadak seperti tiba-tiba mengalami musibah, dana darurat wajib ada. Disinilah peran pinjaman online terpercaya akan sangat terasa.

Daftar Pinjaman Online Terpercaya 2019

Bahkan pinjaman jenis ini bisa diajukan tanpa jaminan atau agunan. Kalau dalam bank konvensional produk ini masuk dalam kategori kredit tanpa agunan (KTA) namun sifatnya online yakni bisa diakses lewat internet. Kehadiran pinjaman online ini jadi solusi paling ideal bagi Kamu yang membutuhkan dana dalam waktu cepat dan tanpa syarat banyak.

Pengertian Pinjaman Online

Secara umum pinjaman online bisa diartikan sebagai pinjaman yang diberikan sebuah lembaga kuangan baik bank maupun non bank, tanpa harus ada tatap muka antara debitur dan kreditur. Sebagian besar yang memberikan pinjaman model ini adalah perusahaan fintech (financial technology).

Skemanya mudah, perusahaan fintech yang menjadi sumber dana akan mengeluarkan produk pinjaman untuk calon debitur, prosesnya dilakukan melalui aplikasi yang telah mereka buat dan dana akan ditransfer ke bank para debitur. Pada prosesnya hampir tidak pernah mempertemukan antara perusahaan fintech dengan peminjamnya.

Biasanya dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman hanyalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pencairan danapun umumnya tidak memakan waktu lama, hanya dalam hitungan jam saja uang sudah ada ditangan. Namun Kamu perlu waspada jika ada fintech yang mensyaratkan sejumlah biaya administrasi, bisa jadi itu adalah perusahaan fintech bodong.

Sebelum berniat mengajukan pinjaman online, ada baiknya Kamu melakukan pengecekan dan melihat bagaimana review mereka yang sudah pernah meminjam dana pada sebuah fintech. Kami sudah membuat list beberapa perusahaan pinjaman online terpercaya yang popular di tahun 2020. Berikut diantaranya:

Daftar Pinjaman Online Terpercaya di Tahun 2020
KREDIVO

Kredivo - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Salah satu pinjaman online terpercaya yang paling popular di Indonesia, dengan waktu pencairan dana hanya 1 menit. Kamupun tidak harus repot menyiapkan berbagai dokumen, cukup Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Survey juga tidak pernah dilakukan para kreditur jadi Kamu tak perlu menyiapkan waktu khusus menjamu para surveyer.

Namun dibandinkan bank, perusahaan peminjam dana yang satu ini enggan memberikan limit tinggi. Maksimal plafon pinjaman yang bisa diajakukan adalah Rp 30 juta dengan tempo pelunasan 3, 6 sampai 12 bulan.

JULO

JULO - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Kalau Kamu membutuhkan dana yang tidak begitu besar, Julo bisa menjadi salah satu pilihan. Ada dua jenis pinjaman yang disediakan yakni Pinjaman Cepat dan Kredit Pinjaman. Pinjaman Cepat hanya bisa memberikan limit sampai Rp1 juta saja sementara kredit pinjaman jumlah plafonnya bisa mencapai Rp 8 juta dengan tenor 3-6 bulan.

UANG TEMAN

UANG TEMAN - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Pinjaman online terpercaya selanjutnya adalah Uang Teman. Agar bisa mengajukan kredit disini hanya ada tiga syarat yang dibebankan yakni Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 21 hingga 55 tahun dan memiliki pekerjaan atau penghasilan. Besaran pinjaman yang bisa diajukan berkisaran Rp 3-5 juta saja. Namun tenor pinjaman sangat pendek yakni sekitar 2-3 bulan saja.

KOINWORKS

KOINWORKS - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Dipercaya oleh lebih dari 300.000 peminjan Koinworks dapat memberikan pinjaman hingga mencapai Rp2 miliar. Ini adalah salah satu perusahaan pinjaman online terpercaya yang paling direkomendasikan.

Bunga yang dibebankan juga cukup rendah yakni antara 0,75% – 1,67% per bulan. Salah satu keuntungan meminjam disini adalah tidak adanya biaya penalty yang dibebankan jika ingin melunasi lebih awal.

TUNAIKU

TUNAIKU - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Merupakan salah satu produk milik Amar Bank dan telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dana yang dapat dipinjamkan berkisaran antara Rp2 juta-20 juta saja dengan periode pengembalian selama 12 bulan.

Namun dibanding perusahaan pinjaman online lain bisa dibilang Tunaiku punya beban bunga besar yakni mencapai 4% pertahun. Selain itu debitur juga harus membayar biaya administrasi dan denda keterlambatan sebesar Rp 150 ribu/bulan.

DANA RUPIAH

DANA RUPIAH - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Menjadi satu-satunya pinjaman online terpercaya yang menyediakan produk pinjaman khusus untuk petani. Pada website resminya tertera Dana Rupiah memiliki dua produk pinjaman yakni Pinjaman Produktif dan Pinjaman Edukasi. Pinjaman produktif khusus ditujukan untuk petani yang ingin mendapatkan modal usaha.

Namun tenornya sangat pendek yakni maksimal 5 bulan dengan bunga terbilang besar yaitu 36% pertahun atau 3% perbulan. Sementara Pinjaman Edukasi adalah produk yang dibuat khusus untuk pelajar yang tak bisa melanjutkan pendidikannya karena ketiadaan biaya.

CAIRIN

CAIRIN - Daftar Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya Tahun 2020

Pinjaman online yang satu ini juga sering diburu para debitur, karena prosesnya yang mudah dan pencairan dana yang begitu cepat yakni dalam hitungan menit saja. Namun dana yang bisa dipinjam tidak besar yakni mulai dari Rp 4 juta-20 juta saja dengan waktu pelunasan 3-6 bulan.
Resiko Mengajukan Pinjaman Online

Pinjaman online memang memberikan kemudahan dalam proses pengajuannya, namun bukan berarti tanpa resiko. Selain bunga besar berikut ini adalah beberapa resiko yang harus Kamu hadapi ketika meminjam dana tanpa agunan kepada perusahaan pinjaman online:

1. Data Pribadi Jadi Konsumsi Umum

Setiap aplikasi baru yang Kamu unduh pasti mewajibkan Kamu “menerima” permintaan aplikasi untuk mengunduh segala data pribadi yang ada pada smart phone. Hal ini juga berlaku pada aplikasi pinjaman online, Kamu harus menyadari betul bahwa segala data yang ada dalam ponsel pintar dapat menjadi konsumsi perusahaan. Selalu ada resiko penyalahgunaan data sehingga kita harus lebih siap dengan segala kemungkinan.

2. Menyeret Nama Keluarga

Ada sejumlah catatan negatif berkenaan dengan pinjaman online ini. Sebabnya, pemberi kredit sering menagih hutang debitur kepada keluarga dan teman mereka yang sebenarnya tidak terlibat bahkan mengetahui soal hutang tersebut. Intinya Kamu harus siap diketahui semua orang sebagai penghutang.

3. Bunga Harian Berjalan

Menjadi resiko yang diakui paling memberatkan, bunga harian berjalan ini ditetapkan pada debitur yang terlambat membayar. Bunga tambahan bisa mencapai Rp 150 ribu perhari dan jumlahnya akan semakin meningkat ketika debitur tak kunjung melunasi hutang.

4. Jumlah Plafon Pinjaman Kecil

Rata-rata perusahaan pinjaman online hanya bersedia memberikan pinjaman dibawah Rp 5 juta dengan proses pelunasan 7-30 hari. Para kreditur mengakui tak bisa memberikan pinjaman besar lantaran mengingat faktor resiko debitur yang kabur atau tak sanggup membayar cicilan.

5. Tenor Singkat

Selain jumlah pinjaman yang terbatas tenor yang diberlakukan para perusahaan pinjaman online juga umumnya pendek, yakni maksimal 1 tahun itupun untuk pinjaman dengan besaran ratusan juta hingga miliaran. Sementara hutang berskala kecil hingga puluhan juta tenor yang ditetapka 3-6 bulan. Jika Kamu tidak memiliki penghasilan besar dan tetap tentu ini jadi masalah besar, mengingat bunga bulanan yang dibebankan mencapai 4% perbulan dan 36% per tahun.

(Baca juga: Cara Aman Ajukan Pinjaman Uang Online Terbaik)

Karena faktor resiko berhutang pada pinjaman online begitu tinggi, upayakan untuk memilih dengan teliti setiap perusahaan fintech yang menawarkan jasa ini. Minimal sudah harus terdaftar di OJK atau memiliki review yang baik (ini bisa Kamu baca ketika akan mengunduhnya di app-store atau google-play store).

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya
Telah Terdaftar di OJK

Bisa dibilang OJK menjadi barometer utama ketika Kamu memilih pinjaman online terpercaya. Karena dengan terdaftar di OJK artinya perusahaan telah memenuhi persyaratan sebagai perusahaan keuangan dan dapat mempertanggung jawabkan segala hal yang berkaitan dengan kerugian pengguna. OJK sendiri telah merilis 64 perusahaan fintech yang terdaftar secara resmi, Kamu dapat mengeceknya di halaman resmi OJK.

Transparan Soal Besaran Pinjaman dan Biaya

Setiap pinjaman online memiliki website resmi yang memberikan info mengenai besaran pinjaman yang bisa diajukan beserta bunga dan bahkan dendanya. Sekalipun bunga yang dipatok besar mereka tidak berusaha untuk menyembunyikan fakta tersebut. Tujuannya agar calon debitur berpikir seribu kali jika ingin mengajukan hutang. Tidak berusaha menjebak dengan bunga tiba-tiba atau besaran cicilan yang naik tiba-tiba.

Pelajari Situsnya

Sebelum Kamu mengunduh salah satu aplikasi pinjaman online, pastikan lebih dulu versi websitenya dan lihat apakah ada tanda gembok terkunci di sisi kiri atas alamatnya. Lihat di pojok kiri layar komputer atau ponsel jika terdapat tanda gembok terkunci arti website ini aman. Namun ketika mendapati tanda gembok terbuka atau ada tanda coret biasanya ada sesuatu yang salah, resikonya adalah pencurian dan penyalahgunaan data pribadi.

Perhatikan Syarat-syaratnya

Memang sebagian besar pinjaman online hanya meminta KTP sebagai dokumen persyaratan. Namun tidak sedikit yang bercerita bahwa mereka juga dimintai sejumlah uang terlebih dahulu sebelum proses pinjaman dicairkan. Misalnya, Kamu ingin berhutang Rp 1 juta kemudian pihak debitur mewajibkan Kamu membayar administrasi sebesar Rp 200 ribu yang harus dibayarkan dengan segera. Hal ini harus diwaspadai karena ternyata banyak penipuan bermodus pinjaman online seperti ini.

Memiliki Customer Service (CS)

Salah satu ciri pinjaman online terpercaya adalah memiliki CS yang kooperatif dan mudah dihubungi. Biasanya juga sudah bepengalaman dalam bidang keuangan sehingga dapat menjelaskan kepada Kamu soal skema pinjaman online tersebut. Keberadaan CS juga menjadi salah satu syarat dari OJK. Yakni penyelenggara dana kredit online di Indonesia yang terdaftar di OJK wajib menyediakan layanan untuk menyelesaikan komplain nasabah.

CS ini juga harus Kamu perhatikan, banyak dari perusahaan pinjaman online hanya menyediakan booth atau email pengaduan. Yakni semacam mesin penjawab yang akan menjawab otomatis setiap pertanyaan konsumen. Dapat dipastikan booth ini tidak akan mampu menjawab segala keluhan Kamu berkaitan dengan penggunaan aplikasi maupun complain lainnya. Sebaiknya pilih yang memiliki CS dengan nomor telepon dan dapat dihubungi sehingga lebih mudah menyampaikan complain atau sekedar berdiskusi.

Meminta Saran Teman

Selain membaca review sebaiknya mintalah saran kepada orang-orang terdekat, siapa tahu mereka punya pengalaman dengan salah satu perusahaan pinjaman online. Pengalaman langsung menjadi review terbaik untuk menilai apakah skema yang digunakan cocok dengan kemampuan finansial Kamu atau tidak.

Perlu Kamu sadari kredit tanpa agunan baik yang disediakan oleh bank konvensional maupun pinjaman online, sama-sama memberlakukan buang besar namun jumlah pinjamannya terbatas. Karena itu bijaklah ketika ingin mengajukan hutang, gunakan untuk kepentingan yang benar-benar mendesak dengan besaran yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan Kamu.

Berikut sudah kami himpun beberapa trik dan tips memilih perusahaan pinjaman online terpercaya dan aman.

Takut salah memilih pinjaman online, coba ajukan pinjaman terbaik di cekaja.com.

Tentang Penulis