Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Inilah Syarat Pengajuan Pinjaman Digibank

by Teti Purwanti on 7 January, 2020

Digibank merupakan sebuah layanan digital yang memungkinan nasabah untuk melakukan kegiatan perbankan secara lebih praktis dan efisien, yang diluncurkan oleh Bank DBS sejak 2017 lalu. Hal itu dilakukan Bank DBS untuk menyesuaikan kebutuhan nasabahnya, seiring dengan makin bertumbuhnya pengguna internet dan smartphone di Indonesia. Digibank juga memiliki beragam produk dari tabungan, kartu kredit, hingga investasi, pinjaman, dan juga transfer valas. Ditambah lagi, produk pinjaman Digibank juga sangat beragam, bahkan Digibank menyiapkan khusus kredit tanpa agunan (KTA) dalam 60 detik dengan jumlah pinjaman mencapai Rp80 juta.

Syarat Pengajuan Pinjaman Digibank

Keunggulan KTA Hingga Rp80 juta

Digibank mengeklaim kalau mereka memberikan KTA dengan bunga yang relatif rendah. Ditambah lagi, pengajuan pinjaman secara online bisa dilakukan selama 24 jam dan kapan saja. Tidak cuma itu, persetujuan juga sangat cepat, yakni hanya dalam 60 detik saja dengan pinjaman hingga Rp80 juta. Adapun yang harus dilakukan hanya mengunduh pplikasi digibank by DBS, kemudian melakukan verifikasi biometrik dengan agen digibank.

Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Hanya menggunakan e-KTP dan tidak menggunakan dokumen lainnya.

Warga Negara Indonesia (WNI) telah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan kredit.

Domisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya.

Memiliki penghasilan kotor minimal Rp3.000.000 per bulan.

Berprofesi sebagai karyawan (minimal 1 tahun), profesional (minimal 2 tahun) atau wiraswasta (minimal 2 tahun).

Cara Pembayaran Cicilan

Melalui Layanan Autodebit, dapat dilakukan pengisian saldo rekening digibank Savings dengan transfer antar bank. Pilih bank tujuan PT Bank DBS Indonesia atau masukkan kode bank 046. Masukkan nomor rekening digibank Savings. Lalu ikuti instruksi berikutnya.

Untuk melihat nomor rekening digibank Savings, klik “Lihat Rekening” pada halaman utama di Aplikasi digibank by DBS.

Melalui Jaringan ATM Bersama/Prima, bisa dilakukan dengan memilih “Transfer/Pemindahbukuan” dan masukkan Kode Bank diikuti Nomor Rekening Tujuan.

Contoh:

046 + Nomor Rekening Pinjaman digibank KTA-mu

Ikuti Instruksi selanjutnya

Adapun pembayaran cicilan dilakukan pada saat atuh tempo pembayaran ditentukan berdasarkan tanggal pencairan dana pinjaman kamu. Kamu dapat menemukan tanggal jatuh tempo di aplikasi digibank by DBS dan Persetujuan Kredit yang dikirimkan melalui e-mail.

Selain itu, kamu juga bisa melihat status pembayaran di aplikasi digibank by DBS di halaman akun digibank Personal Loan dan lihat di bagian histori transaksi personal loan. Adapun kalau sudah melunasi pinjaman kamu, surat pelunasan akan dikirimkan ke e-mail kamu paling lambat satu minggu setelah kamu melunasi digibank KTA kamu.

(Baca Juga: Mengenal Compass, Brand Sneakers Lokal yang Jadi Rebutan)
digibank Cashline

digibank Cashline merupakan pinjaman / kredit tanpa agunan siap pakai yang memberikan kemudahan dan flexibilitas bagi nasabah. Kemudahan bertransaksi juga termasuk untuk melakukan Transfer Dana digibank Cashline dengan menggunakan aplikasi digibank maupun dengan menghubungi DBSI Customer Centre.Kamu juga dapat dengan mudah untuk melakukan penarikan dengan kartu digibank Cashline Kamu di ATM terdekat

Produk ini juga membebaskan kamu biaya-biaya, seperti iuran tahunan, biaya administrasi, biaya transfer ke seluruh bank di Indonesia, biaya konversi ke cicilan tetap, dan biaya pelunansan dipercepat untuk cicilan tetap sebelum waktu jatuh tempo.

Persyaratan Digibank Cashline hampir sama dengan produk KTA, yaitu hanya menggunakan e-KTP dan tidak menggunakan dokumen lainnya,

warga Negara Indonesia (WNI) telah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan kredit, berdomisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya. Selain itu, memiliki penghasilan kotor minimal Rp3.000.000 per bulan dan berprofesi sebagai karyawan (minimal 1 tahun), profesional (minimal 2 tahun) atau wiraswasta (minimal 2 tahun).

Keunggulan digibank Cashline adalah bisa melakukan tarik pinjaman melalui berbagai macam ATM kapanpun saat dibutuhkan, transfer kapan saja dan dimana saja, fleksibel dalam memilih cara pembayaran dan jangka waktu pinjaman cicilan tetap, dan nilai pinjaman sampai Rp 200 juta.

digibank KTA hingga Rp 300 Juta

digibank KTA ini memiliki nilai pinjaman hingga Rp300 juta dengan bunga pinjaman mulai dari 0,88% per bulan. Ditambah lagi, bebas memiih jangka waktu pembayaran yang mencapai 36 bulan dan suku bunga flat sampai akhir masa pinjaman.

Adapun pengajuannya juga relatif mudah karena bisa dilakukan secara online dengan isi aplikasi di website PT Bank DBS Indonesia untuk yang berdomisili di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Surabaya.

Syarat pengajuan sama dengan KTA Rp80 juta dan digibank Cashline, namun KTA Rp300 juta ini tidak bebas biaya. Adapun rincian biayanya pada tahun pertama sebesar 1,75% dari jumlah digibank KTA yang disetujui. Sedangkan pada tahun kedua dan seterusnya sebesar Rp65 ribu per tahun.

Adapula biaya administrasi sebesar Rp399.000, biaya transfer pencairan Rp30 ribu, denda keterlambatan minimum Rp250 ribu atau 6% dari angsuran bulanan per keterlambatan dan masih banyak lagi.

Keunggulan KTA

KTA merupakan jenis pinjaman yang tengah digandrungi, pasalnya untuk mendapatkan pinjaman uang yang relatif mudah dan tanpa perlu menjaminkan aset tertentu.

Biasanya, yang diperlukan hanya syarat-syarat adiminstrasi, seperti dokumen, alamat yang jelas, dan penghasilan tetap untuk bisa mendapatkan pinjaman dari bank.

Keunggulan KTA yang lainnya adalah bisa mendapatkan dana relatif besar dengan cara yang relatif instan. Biasanya KTA digunakan sebagai modal usaha, apalagi untuk milenial yang biasanya belum memiliki aset.

Sayangnya, dibalik kemudahan tersebut, bunga KTA relatif tinggi jika dibandingkan dengan jenis kredit lainnya. Saat ini, banyak sekali perbankan dan multifinance yang bisa memberikan KTA, hanya saja jangan lupa perhatikan keamanan dan juga sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan juga selalu membayar saat jatuh tempo. Membayar lebih dari jangka waktu yang diberikan membuat kamu terkena denda yang bisa dibilang tidak sedikit.

Usahakan disipilin, apalagi kalau dana yang kamu pinjam kamu gunakan untuk membuka usaha.

Kekurangan lain dari KTA adalah tenor atau jangka waktu yang relative singkat. Biasanya tenor KTA tidak lebih dari 36 bulan, sehingga akan sangat berat kalau dana yang kamu pinjam besar, padahal waktu yang pembayaran tidak begitu banyak ditambah bunga yang relative besar.

Usaha dengan KTA

Dana dari KTA juga saat ini lebih banyak digunakan untuk yang bersifat produktif dibandingkan konsumtif. Misalnya oleh banyak anak muda digunakan untuk membeli barang yang berhubungan dengan hobi yang menghasilkan, misalnya kamera untuk menjadi freelance fotografer, ataupun membuat konten untuk media sosial yang menghasilkan.

Ada pula yang lebih jauh untuk merintis usaha kafe yang saat ini tengah menjamur untuk modal usaha membeli peralatan membuat kopi yang mumpuni. Ditambah lagi, KTA juga sangat memungkinkan bagi mereka yang ingin merintis usaha jasa titip (jastip) hingga dropship yang tetap butuh modal meski tidak begitu besar.

Meski begitu, tidak dimungkiri juga kalau KTA juga saat ini kerap digunakan untuk mendanai biaya pernikahan. Ada beberapa anak muda yang merasa lebih baik meminjam dengan KTA dibandingkan menyusahkan orang tua.

Meski begitu, jangan gunakan KTA untuk menjadi uang muka kamu mencicil rumah dengan KPR. Pasalnya, hal tersebut akan sangat memberatkan, kamu akan punya dua utang sekaligus dengan bunga keduanya yang bisa jadi sama-sama besar. Jangan sampai kamu malah terbebani dengan utang-utang karena tergiur kemudahannya.

Hal itu tentu-tentu saja bagi pihak bank, asal peminjam sudah menyerahkan seluruh persyaratan administasi. Ditambah lagi, peminjam juga bisa disipilin membayar, hal itu tentu akan menjadi nilai tambah.

Apakah kamu tertarik mengajukan pinjaman dari Digibank? Hati-hati ya dalam menggunakan uang! Untuk pengajuan KTA yang terpercaya, ajukan di CekAja.com

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.