Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Syarat Dan Limit Pengajuan Pinjaman Bank BTN Yang Harus Kamu Tahu

by Maria Nofianti on 10 Januari, 2020

Banyak dari kita yang mengalami kejadian mendadak yang membutuhkan dana tambahan tanpa kita meminta. Misalnya saja saat terkena musibah, biaya pendidikan anak, renovasi rumah, acara pernikahan, perbaikan kendaraan pribadi dan lainnya. Jika tidak memiliki tabungan untuk dana darurat, maka jelas hal yang kita butuhkan saat itu adalah pemberian pinjaman, entah kita meminjam pada orang lain, keluarga, atau kepada sebuah lembaga profesional seperti bank.

Ini Dia Syarat Dan Limit Pengajuan Pinjaman Bank BTN Yang Harus Kamu Tahu

Pinjaman Bank BTN  

Nah, secara umum orang akan memilih untuk meminjam kepada lembaga seperti bank. Karena hampir semua bank bisa melakukan pemberian pinjaman. Selain itu, orang juga berpikir jika meminjam pada perorangan lebih ribet, karena akan melibatkan perasaan dan juga belum tentu dikasih pinjaman. Jadi memilih meminjam ke Bank adalah salah satu solusi bijak, terlebih jika memiliki barang jaminan, tentu ini akan lebih memudahkan. Seperti halnya Bank BTN.

Bank BTN atau Bank Tabungan Negara adalah Badan Usaha Milik Negara berbentuk perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang jasa perbankan. Bank dengan slogan Sahabat Keluarga Indonesia ini memiliki komitmen untuk melayani pembiayaan dalam segala sektor terutama perumahan. Jadi ada banyak sekali perumahan yang kepemilikannya dibiayai oleh Bank BTN. Mulai dari perumahan yang bersubsidi dan bukan.

Tak hanya untuk Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR saja, produk pinjaman Bank BTN ada banyak dengan berbagai macam manfaatnya. Ada Kredit Tanpa Agunan, Kredit Agunan Rumah, Kredit Ringan Batar Non Payroll dan banyak lagi. Semua itu tentu saja memiliki syarat dan limit pengajuan pinjaman bank BTN yang berbeda masing-masing produk pinjamannya.

Syarat Dan Limit Pengajuan Pinjaman Bank BTN adalah Sebagai Berikut
  • Warga Negara Indonesia
  • Harus berusia 21-55 tahun atau yang telah menikah
  • Usia lebih dari 55 tahun tidak diperbolehkan saat akhir tenor pinjaman
  • Memiliki pendapatan setidaknya 2x angsuran per bulannya
  • Berstatus karyawan atau pegawai tetap
  • Limit pinjaman tergantung jenis pinjaman yang dipilih, jika mengajukan Kredit Tanpa Agunan maka hanya Rp100.000.000 , tapi jika memakai agunan sertifikat rumah bisa sampai Rp1 miliyar
  • Melengkapi dokumen seperti KTP, KK, Surat Nikah/Cerai, Slip gaji asli, SK pegawai, Buku Rekening Bank BTN, fotokopi SPT Pph Ps.21

Lalu siapa sajakah yang bisa mengajukan pinjaman ke Bank BTN? Tentu saja nasabah reguler Bank tersebut bisa langsung menggunakan layanan ini. Sedangkan untuk peminjam yang bukan nasabah regular Bank BTN maka diharuskan sebuah perusahaan minimal sudah 3 tahun beroperasi atau untuk perorangan harus secara kolektif minimal 20 orang yang akan meminjam. Untuk biaya mengajukan pinjaman Bank BTN tergantung dari jenis pinjaman apa yang akan kamu pilih.

Syarat dan Limit Pengajuan KPR Bank BTN

Seperti diketahui ada banyak plafon pinjaman di Bank BTN ini. Dan setiap syarat dan limit pengajuan pinjaman bank BTN ini juga berbeda-beda tergantung jenis pinjaman itu. Kali ini kita akan memberikan informasi syarat dan limit pengajuan pinjaman bank BTN untuk KPR. Ini kita pilih karena banyak sekali orang menggunakannya, sehingga Bank BTN bahkan identik dengan produk KPRnya yang memiliki suku bunga bersaing dan boleh dibilang paling rendah dibandingkan bank lainnya yang juga memiliki produk pinjaman untuk Kredit Pemilikan Rumah.

(Baca Juga: 4 Jenis Perumahan KPR Pilihan dari BTN)

Dengan beragamnya pilihan kredit pemilikan rumah sampai bunga yang menarik membuat KPR BTN sangat diminati masyarakat. Untuk kamu yang sedang mencari rumah atau sedang membutuhkan pembiayaan untuk memiliki rumah melalui sistem Kredit Pemilikan Rumah, maka berikut ini ada beberapa KPR BTN yang bisa kamu pilih, karena Bank BTN membuat kredit rumahan hingga apartemen. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

KPR BTN Platinum

Produk ini dibuat untuk mereka yang ingin membeli rumah dari pengembang maupun bukan pengembang. Misalnya saja membeli rumah yang bukan di perumahan, atau kamu bisa membeli rumah siap huni, rumah second, perumahan sampai take over kredit dengan produk KPR BTN Platinum ini.

Jangka waktu yang diberikan oleh KPR ini adalah 25 tahun dengan suku bunga menarik dan competitive. KPR ini juga melindungi dengan asuransi jiwa serta kebakaran. Menarik bukan? Karena kelengkapan KPR BTN Platinum banyak diminati oleh masyarakat saat ini, terutama bagi mereka yang tak ingin tinggal di perumahan namun ingin mengambil dengan sistem KPR.

KPR BTN BP2BT

KPR BTN BP2BT ini adalah kerjasama antara Bank BTN dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mewujudkan perumahan yang layak. Produk ini dikenal dengan pinjaman untuk rumah subsidi. Ini karena pemerintah memberikan dana subsidi Rp 32,4 juta bagi masyarakat yang memiliki tabungan pembelian di Bank BTN.

Syarat dan limit pengajuan pinjaman Bank BTN untuk KPR jenis ini adalah kamu harus membayar uang muka 5% dengan waktu pelunasan 20 tahun lamanya. Produk ini juga gratis asuransi serta PPN. Produk KPR ini banyak diminati orang karena iming-iming pemberian dana subsidi langsung, dan juga uang muka yang rendah. Namun sayangnya KPR BP2PT ini memiliki bunga yang menyesuaikan atau tidak flat seperti FLPP, tentu saja ini menjadi salah satu pertimbangan, terlebih jika bunga naik, tentu saja cicilan ikut naik.

KPR BTN Subsidi

KPR BTN subsidi ini banyak diminati oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. KPR jeni ini memiliki tujuan yang sama dengan produk KPR BTN BP2BT, yaitu membantu masyrakat untuk mendapatkan hunian yang layak. Dalam hal ini khususnya bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah.

Dengan syarat uang muka hanya 1% ini akan sangat membantu masyarakat. Karena kita tahu memiliki rumah adalah salah satu kebutuhan pokok, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Karena pertimbangan jika mengontrak rumah tentu saja akan merugikan, berbeda jika kredit rumah, suatu hari kelak rumah akan menjadi miliki kita saat kredit sudah selesai.

KPR BTN Mikro

Bank BTN seperti diketahui adalah bank yang melakukan pinjaman dengan agunan SK pegawai negeri. Lalu bagaimana dengan kamu yang bekerja bukan pegawai negeri? Pilihan KPR ini adalah solusinya. Kemudahan pembayarannya bisa dilakukan harian, mingguan bahkan bulanan. Jangka waktu yang diberikan adalah 10 tahun.

Syarat dan limit pengajuan pinjaman bank BTN untuk KPR ini kamu hanya harus membayar uang muka 1% dan maksimal Rp75 juta rupiah. Tentu saja ini dapat menjadi salah satu solusi keuangan bagi kamu yang sedang membutuhkan dana, dan menginginkan suku bunga yang rendah. Karena saat ini, setiap orang yang akan mengambil pinjaman di bank tentu saja akan membanding-bandingkan jumlah bunganya.

Bank BTN memang sukses mendanai Kredit Pemilikan Rumah, dengan penawaran yang begitu menarik ini membuat banyak orang berbondong-bondong mengajukan aplikasi pinjaman untuk KPR ini. Namun banyak juga yang ternyata ditolak. Lalu bagaimana sih tips agar syarat dan limit pengajuan pinjaman bank BTN ini bisa lolos? Yuk kita simak dibawah ini.

Mengajukan KPR BTN Dengan Cicilan min 30% Dari Gaji

Jadi jika uang tabungan dan gajimu belum cukup untuk membeli rumah, namun kamu ingin membeli rumah impianmu, tak ada salahnya mengajukan kredit. Karena sebaiknya kamu juga harus realistis untuk kondisi keuangan kamu. Kamu tidak boleh memaksakan diri mengajukan pinjaman jika kondisi keuangan kamu saja kekuarangan untuk kebutuhan sehari-hari.

(Baca Juga: Siapa Takut Ajukan KPR? Ini Pilihannya Untuk Milenial)

Untuk menjaga agar kamu tidak semakin terpuruk kondisi keuangannya maka kamu cari saja KPR yang cicilannya sekitar 30% dari gaji kamu per bulannya. Jadi kamu akan tetap memiliki sisa uang untuk menjalani kehidupan sehari-hari, namun kamu juga bisa membayar cicilan rumah impianmu itu.

Karena banyak juga orang yang salah perhitungan, sehingga gaji habis hanya untuk membayar cicilan rumah, sedangkan untuk kehidupan sehari-hari harus mencari lagi dari yang lain, tentu ini tak ingin kamu alami kan. Maka jangan sampai slaah memperhitungkan kondisi keuanganmu.

Cari Rumah yang Harganya Murah atau Uang Muka yang Besar

Jika bank BTN ternyata hanya bisa menyanggupi memberikan pinjaman kurang dari hitunganmu, maka salah satu caranya adalah dengan menyiasatinya dengan kamu mencari harga rumah yang lebih murah atau kamu cari rumah dengan uang muka yang cukup besar. Sehingga nanti kamu mendapatkan cicilan yang lebih sedikit.

Ikutkan Pasangan kamu Dalam Mengajukan KPR

Tolak ukur bank dalam memberikan pinjaman adalah gaji kamu. Jika kamu mempunyai pasangan yang juga bekerja, maka tidak ada salahnya menggabungkan gaji kamu dalam mengajukan pinjaman KPR itu. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pinjaman dari Bank BTN ini semakin besar. Ini sangat penting bagi kalian yang sudah berkeluarga.

Pastikan Kamu Tidak Memiliki Bad Record di Perbankan

Apakah kamu pernah mempunyai hutang di bank lain sebelum ini? Kamu harus memastikan bahwa hutang itu tidak membuat kamu kesulitan dalam mendapatkan KPR ini. Untuk informasi bahwa pembayaran cicilan kredit kamu yang macet bisa menjadi hambatan dalam mendapatkan pinjaman KPR. Kredibilitas kamu dalam membayar cicilan kredit kamu membuat bank akan mempertimbangkannya.

Sebaliknya jika kamu sudah memiliki bad record di bank maka sudah pasti kamu di blacklist pihak Bank BTN loh. Karena saat ini sistem perbankan sangatlah ketat, semua ada dibawah pengawasan Bank Indonesia dan juga OJK, jadi ada BI checking yang akan menunjukan bagaimana record perbankan kamu selama ini.

Hingga saat ini untuk urusan kepemilikan rumah memang mayoritas developer dan masyarakat mempercayakan pada Bank BTN dibandingkan Bank lain. Karena Bank BTN memiliki banyak keunggulan dalam pinjaman bila dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Dengan suku bunga yang kompetitif Bank BTN percaya mampu menarik lebih banyak nasabah untuk pelakukan pinjaman.

Bank BTN juga memberikan layanan asuransi jiwa dan PPN dengan gratis. Jangka waktu yang diberikan juga lumayan lama, tergantung berapa besaran pinjaman itu dan prosesnya pun terbilang cukup cepat. Setelah mengetahui syarat dan limit pengajuan pinjaman bank BTN ini semoga bisa membantu kamu jika akan melakukan peminjaman ke bank BTN.

Tentang Penulis