Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Bingung Cari Dana Besar? Ini Daftar Pinjaman Multiguna Terbaik 2020

by Maria Nofianti on 13 Januari, 2020

Dengan semakin tinggi biaya hidup masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar membuat kebutuhan akan uang atau dana usaha semakin besar. Ada banyak kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan pokok seperti biaya rumah, pendidikan, atau bahkan biaya untuk modal usaha.

Pinjaman Multiguna

Jika kamu sedang membutuhkan dana yang lumayan besar kamu tidak perlu bingung karena sekarang ini ada banyak lembaga keuangan profesional yang bisa membantu kamu. Banyaknya lembaga keuangan juga membuat ada banyak produk pinjaman. Salah satunya adalah Pinjaman Multiguna. Kredit ini adalah pinjaman yang menggunakan aset yang kamu miliki sebagai jaminannya.

Benda-benda yang bisa kamu jadikan jaminan itu bisa berupa kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, properti seperti rumah, gudang, tanah, apartemen, dan gedung. Selain itu kamu juga bisa menggunakan logam mulia seperti emas untuk dijadikan jaminan, atau pesawat dan kapal, mesin pabrik hingga kebun dan juga ternak.

Meminjam uang di lembaga profesional memang selalu mensyaratkan agunan atau jaminan sebagai bentuk keseriusan dan juga bentuk kemampuan untuk mengembalikan

Karena, meski sudah diasuransikan, tetap saja pihak lembaga keuangan enggan untuk merugi dengan memberikan pinjaman cuma-cuma. Karena jika tanpa jaminan, akan besar kemungkinan si peminjam pun santai dalam mengembalikan uang yang dipinjamnya.

Pinjam meminjam uang di bank atau lembaga profesional lain saat ini memang sudah menjadi hal yang wajar dan tak lagi tabu. Karena lembaga keuangan memang menjadi satu solusi jika seseorang sudah tak mendapatkan pinjaman dari perorangan, baik itu keluarga ataupun kerabat.

Namun ada juga yang memang memilih meminjam ke lembaga profesional ketimbang meminjam kepada perorangan, karena meminjam uang ke perorangan rentan sekali dan sensitif jika terjadi permusuhan, atau perselisihan.

Jelas, tentu saja ini bukanlah hal yang diinginkan. Jadi, lembaga keuangan memang solusi yang bijak untuk dipilih, menghindari perselisihan dan hal yang kurang baik.

Dalam proses pinjaman Multiguna, secara umum jumlah dana yang akan kamu dapatkan memang relatif besar sesuai dengan taksiran harga aset yang kamu jaminkan. Kamu bisa mendapatkan dana sebesar ratusan hingga miliaran rupiah.

Syarat Mengajukan Kredit Multiguna

Untuk sistem kerja Kredit Multiguna ini adalah hampir sama dengan pinjaman lain yaitu peminjam harus membayar cicilan kepada bank dengan waktu yang telah disepakati. Hal yang membuat KMG berbeda dengan pinjaman lain adalah adanya jaminan aset tersebut. Semakin tinggi nilai jaminan kau maka kamu akan lebih besar dana yang kamu terima dan lebih cepat prosesnya.

Jika kamu sebagai peminjam tidak bisa melakukan kewajiban kamu untuk membayar hutangmu maka jaminan itu yang akan digunakan sebagai penggantinya.

Untuk mengajukan kredit multiguna ini ada beberapa syarat-syarat yang harus kamu penuhi dulu seperti :

  1. Kamu adalah Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal di Indonesia
  2. Kamu mempunyai aset yang lengkap dengan dokumen untuk dijadikan jaminannya
  3. Kamu harus berusia minimal 21 tahun
  4. Kamu setidaknya berusia 55-60 tahun saat tahun pelunasannya
  5. Kamu mempunyai pendapatan setidaknya 6-8 juta atau sesuai dengan pinjaman dengan jaminan yang kamu pilih

Selain hal umum diatas kamu juga harus melengkapi dokumen seperti formulir aplikasi untuk pengajuan kredit kamu, slip gaji, fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi KK, fotokopi rekening tabungan, fotokopi rekening listrik 6 bulan terakhir, fotokopi akta nikah/cerai, fotokopi rekap hasil penjualan, fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP, fotokopi usaha / tempat praktek.

Ada banyak sekali daftar pinjaman multiguna terbaik 2020 di Indonesia. Namun untuk mendapatkan pinjaman multiguna terbaik ini kamu harus memperhatikan beberapa kriteria untuk pinjaman multiguna yang baik seperti dibawah ini :

1. Jumlah Pinjaman yang Besar

Saat kamu akan mencari pinjaman multiguna sebaiknya cari dengan jumlah pinjaman yang besar. Jika penawaran pinjaman itu semakin besar akan sangat menguntungkan juga bagi kamu yang butuh dana besar.

2. Jangka Waktu yang Lama

Pada umumnya jangka waktu yang diberikan pinjaman multiguna adalah 5-15 tahun. Jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan nantinya akan semakin kecil jika kamu memilih produk pinjaman dengan waktu yang lebih lama. Dan sebaliknya, dengan waktu yang cepat, jumlah cicilan akan semakin tinggi. Namun jelas bunga yang ada akan semakin rendah. Jadi jika dihitung-hitung, lebih baik mengambil cicilan dalam jangka waktu yang lebih cepat.

3. Biaya Sedikit

Carilah bank atau lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga rendah agar kamu tidak terlalu berat dalam membayar cicilan setiap bulannya. Karena dengan suku bunga rendah maka cicilan kamu juga tidak akan bertambah banyak dan kamu bisa membayarnya sesuai dengan waktunya. Dalam hal bunga, setiap bank memberikan bunga yang berbeda-beda, dan ini nilainya sangat bersaing.

4. Proses Cepat

Waktu dalam memproses pinjaman multiguna ini berbeda-beda dari 1 sampai 14 hari. Jadi jika proses pencairan dana semakin cepat maka produk pinjaman multiguna ini semakin baik.

5. Tanpa Penalti Jika Melunasi Lebih Cepat

Jika biasanya ada biaya penalti yang diberlakukan oleh bank atau lembaga keuangan sebesar 2%-3%. Namun akan lebih baik jika mereka menawarkan biaya penalti lebih rendah dari itu.

6. Tidak Ada Biaya Lain

Produk pinjaman multiguna akan dinilai lebih baik jika tidak membebankan biaya biaya lain tiap bulannya. Biaya itu meliputi seperti materai, biaya provisi, biaya jasa notaris dan appraisal. Semakin sedikit atau bahkan tidak adanya biaya lain menjadikan pinjaman multiguna ini masuk kriteria produk pinjaman terbaik.

Setelah kamu sudah mengetahui bagaimana kriteria produk pinjaman multiguna yang baik maka selanjutnya akan kita beri daftar pinjaman multiguna terbaik 2020. Produk ini akan diklasifikasikan berdasarkan jaminan yang bisa kamu gunakan.

(Baca Juga: Marak Pelecehan Seksual, Ajarkan 5 Hal Ini Kepada Anak)
1. CIMB Niaga KPM Smart Refinancing Mobil

Produk pinjaman multiguna dari bank CIMB Niaga ini menyediakan dana pinjaman hingga 5 miliar rupiah atau maksimal 70% dari nilai taksasi jaminan yang kamu gunakan. Jangka waktu yang diberikan hingga 5 tahun dengan proses pencairan pinjaman hanya 7 hari saja. Bunga yang ditawarkan pinjaman multiguna ini sebesar 5,60% per tahunnya dengan bunga flat. Kamu bisa mengajukan pinjaman multiguna ini dengan syarat WNI atau pemilik KITAS, berusia 21 tahun dan maks 60 tahun dan mempunyai pendapatan minimal 3 juta per bulannya. Karena ini menggunakan mobil sebagai jaminannya maka umur mobil harus di bawah 8 tahun.

2. BRI KKB Refinancing Mobil

Produk pinjaman multiguna dari bank BRI ini menjadi yang selanjutnya masuk daftar pinjaman multiguna terbaik 2020. Besarnya dana yang bisa kamu pinjam adalah sampai 5 miliar rupiah. Jangka waktu yang diberikan oleh bank BRI adalah 4 tahun dengan proses pencairan dana selama 14 hari. Bunga yang ditawarkan sebesar 6,10% per tahunnya dan bunga flat. Syarat yang harus kamu penuhi adalah WNI berusia min 21 tahun dan maks 55 tahun, berpenghasilan min 3 juta per bulan , mengisi formulir pengajuan KKB, berlokasi yang sama dengan kantor cabang atau cabang pembantu bank BRI berada.

3. BFI Multiguna Mobil

Masih menggunakan mobil sebagai jaminannya kamu bisa memilih pinjaman multiguna dari BFI Finance ini. Besarnya dana yang bisa kamu pinjam adalah sebesar 200 juta rupiah dengan jangka waktu yang diberikan adalah 3 tahun. Proses pencairan dana bisa hanya dalam 1 hari saja dengan bunga yang ditawarkan 11, 26% per tahun. Produk pinjaman multiguna ini cocok buat kamu yang perlu dana pinjaman di waktu yang mendesak.

4. CS Finance KMB Kredit Multiguna

Berikutnya ada kredit multiguna dari CS Finance. Kamu bisa melakukan pinjaman dengan jaminan motor yang lengkap dokumen-dokumennya. Besar dana yang bisa kamu pinjam adalah senilai 50 juta dengan jangka waktu yang diberikan 3 tahun. Bunga yang ditawarkan berbeda dengan yang lain karena ini per bulan yaitu 2%. Mungkin ini bisa menjadi pilihan kamu karena syaratnya yang mudah.

5. Bank Mestika KMG Refinancing

Selanjutnya yang masuk daftar pinjaman multiguna terbaik 2020 adalah dari Bank Mestika. Kredit multiguna ini menggunakan jaminan properti dengan besaran dana yang bisa kamu pinjam sampai dengan 5 miliar rupiah. Jangka waktu yang diberikan adalah 10 tahun dengan proses pencairan dana menunggu sampai 2 minggu. Bunga yang ditawarkan sebesar 9% per tahun dengan jenis bunga tetap 1 tahun.

6. Standard Chartered Equity Loan

Produk pinjaman multiguna ini besaran dana yang bisa kamu pinjam cukup besar yaitu sampai senilai 8 miliar rupiah. Karena ini menggunakan properti maka nilai pinjamannya juga berasal dari 80% nilai taksasi  jaminan. Jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan sampai 25 tahun dan proses pencairan dana hanya menunggu selama 14 hari. Bunga yang ditawarkan sebesar 10,50% per tahun.

7. Kredit Swadana BTN

Produk pinjaman multiguna dari BTN ini mungkin menjadi favorit dalam daftar pinjaman multiguna terbaik 2020. Dana yang bisa kamu pinjam adalah sampai 100 juta rupiah atau maks 90% dari jumlah simpanan. Pinjaman ini menggunakan deposito sebagai jaminannya. Jangka waktu yang diberikan sampai 1 tahun serta lama pencairan dana hanya menunggu 7 hari. Bunga yang ditawarkan adalah 7.50% per tahun dan itu adalah bunga efektif.

8. PUMP-KB Jamsostek BTN

Selanjutnya yang menjadi pinjaman multiguna terbaik adalah produk PUMP-KB Jamsostek BTN. Dana yang bisa kamu pinjam sampai dengan 50 juta. Jaminan yang bisa kamu gunakan adalah SK (Surat Keterangan Kerja misalnya sebagai pegawai negeri. Kamu akan diberikan waktu hingga 15 tahun untuk pelunasannya. Dengan bunga 6% per tahunnya. Syarat lain yang harus kamu penuhi adalah kamu adalah peserta Jamsostek minimal 1 tahun dan diutamakan bagi kamu yang belum memiliki rumah.

Dari 8 produk diatas yang masuk daftar pinjaman multiguna terbaik 2020 ini sebenarnya masih banyak lagi di luar sana. Tapi yang terbaik dari itu kita berikan disini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu lebih mengenal apa itu kredit/pinjaman multiguna dan bagaimana memilih yang terbaik.

Untuk pinjaman multiguna yang aman dan terpercaya, segera bandingkan dan ajukan hanya di CekAja.com

Tentang Penulis