Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

by Maria Nofianti on 16 Januari, 2020

Di tengah kemajuan zaman dan teknologi, kita semakin dimanjakan dengan beragam kemudahan hidup yang mungkin sebelumnya hanya angan angan dan harapan. Dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia maka kebutuhan akan finansial juga akan semakin bertambah. Bahkan ada juga beberapa orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja ada yang tidak terpenuhi apalagi jika ada keadaan yang sifatnya darurat dan mendadak. Untuk mengatasinya banyak orang yang memilih untuk melakukan pinjaman online.

Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

Pinjaman ini semakin marak di kalangan masyarakat karena menawarkan proses yang jauh lebih cepat dan mudah dari pinjaman di bank atau non-bank. Hanya dengan memiliki smartphone dan kamu mempunyai aplikasi pinjaman online, maka dalam waktu beberapa jam saja kamu sudah bisa mendapatkan uangnya tanpa susah-susah mengantri di bank, memenuhi persyaratan, memenuhi jaminan, survey, dll.

Metode pinjaman online ini mengatur agar calon debitur dan penyedia pinjaman online tidak langsung bertemu. Proses ini dilakukan hanya lewat aplikasi tertentu. Biasanya yang menyediakan pinjaman online ini adalah perusahaan fintech (financial technology).

Tetap Selalu Waspada

Namun hati-hati juga, jangan sembarangan memilih provider pinjaman online, karena belum lama ini juga banyak terjadi masalah dengan pinjaman online. Ada masyarakat yang merasa dirugikan karena bunganya ternyata mencekik dan tak realistis.

Namun apa boleh buat ya, nasi sudah menjadi bubur. Makanya yang baru akan meminjam sebaiknya lebih teliti dan memahami benar prosedurnya, agar proses meminjam melalui pinjaman online dapat membantu menjadi solusi penyelesaian masalah, bukan menambah masalah.

Sesuai dengan prosedurnya, perusahaan fintech ini akan mengeluarkan produk pinjaman online yang bisa dipilih oleh para debitur. Dan jika calon debitur sudah melengkapi syarat melalui aplikasi maka dana bisa ditransferkan ke bank debitur itu.

Pinjaman online jarang sekali membutuhkan syarat-syarat yang merepotkan. Biasanya hanya menggunakan KTP saja. Dibalik kemudahan prosesnya kamu juga harus berhati-hati dalam memilih penyedia pinjaman online. Jika mereka memberi syarat biaya administrasi kemungkinan itu adalah perusahaan fintech abal-abal.

Agar kamu terhindar dari perusahaan fintech abal-abal maka akan kami berikan informasi daftar penyedia pinjaman online bunga rendah yang terpercaya dibawah ini.

1. KREDIVO

KREDIVO - Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

Ini adalah pilihan buat kamu yang sedang membutuhkan dana mendadak. Kredivo masuk dalam daftar penyedia pinjaman online bunga rendah yang terpercaya di Indonesia. Dengan lama waktu yang hanya 1 menit saja untuk pencairan dana, Kredivo menjadi sangat populer di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk saja untuk mengajukan pinjaman online ini.

Mungkin jika di bank akan ada proses survey sebelum mendapatkan pinjaman maka dengan Kredivo kamu tidak akan pernah mendapatkan proses itu. Jadi kamu juga tidak perlu menyiapkan waktu khusus untuk bertemu dengan surveyor. Ini merupakan kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online, karena mereka tahu bahwa jarak dan waktu memang sangat berharga, dan kepercayaan terhadap data menjadi nomor satu.

2. Pinjam Yuk

Pinjam Yuk - Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

Jika kamu meminjam di Pinjam Yuk maka kamu perlu mengisi formulir pengajuan di aplikasinya dan hanya menunggu selama 2 jam untuk proses audit. Pinjaman online Pinjam Yuk ini akan langsung mencairkan dana kamu dalam hitungan 24 jam. Saat menerima uang pinjaman ini juga akan langsung dipotong dengan biaya layanan sebesar 14%. Rentang waktu yang diberikan untuk pelunasan cukup sedikit yaitu hanya 7 hari dan 14 hari dengan limit pinjaman sebesar Rp 600.000, Rp 1.000.000, dan Rp 1.200.000.

Pinjaman online ini menerapkan bunga yang ditetapkan biasanya bunga harian. Jika akan mengajukan pinjaman online ini kamu harus berusia 18 tahun keatas, merupakan WNI, memiliki pendapatan sendiri dan memiliki rekening bank. Pinjaman online memang harus segera dilunasi, dan merupakan pinjaman jangka pendek, jadi jangan sampai deh kamu kelupaan bayar dari waktu yang sudah ditentukan ya.

Berbeda dengan pinjaman konvensional di bank yang bisa berbulan bulan atau bahkan hitungan tahun pelunasannya, di pinjaman online biasanya tak lebih dari satu bulan.

3. JULO

JULO - Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

Julo menawarkan dua produk pinjaman online yaitu Julo Mini dan Julo Cicil. Untuk Julo Mini limitnya hanya Rp 1 juta saja dengan waktu pengembalian hanya 1 bulan saja. Sedangkan Julo Cicil limit pinjaman sampai dengan Rp 8 juta dengan jangka waktu pengembalian 3 sampai 6 bulan. bunga yang diterapkan oleh Julo adalah sebesar 10% untuk pinjaman Julo Mini dan 4% untuk pinjaman Julo Cicil.

Kamu akan lolos dalam pengajuan pinjaman online ini jika kamu sudah berusia 21-60 tahun, seorang pegawai negeri atau swasta, memiliki penghasilan minimum Rp 2 juta per bulannya. Kadi, untuk kamu yang membutuhkan uang lebih, bisa mencoba Julo Cicil yang limitnya boleh dibilang besar untuk sebuah pinjaman online.

4. UangMe

UangMe - Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

Selanjutnya ada UangMe yang masuk daftar penyedia pinjaman online bunga rendah yang terpercaya saat ini. UangMe menawarkan pinjaman mulai dari Rp 400.000 sampai dengan Rp 4.000.000 rupiah dan jangka waktu yang diberikan 3 hingga 4 bulan. bunga yang diberikan oleh UangMe adalah bunga harian sebesar 0,07% per hari dan biaya layanan 0,2% per hari. Untuk mengajukan pinjaman ini kamu harus di atas 21 tahun , memiliki penghasilan dan juga rekening bank.

5. Tunai Kita

TUNAIKITA - Daftar Penyedia Pinjaman Online 24 Jam

Pinjaman online Tunai Kita adalah pinjaman jangka pendek yang menawarkan dua opsi yaitu sakti dan Fast. Limit pinjaman dalam Tunai Kita mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 juta dan jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan adalah 10 hingga 30 hari.

Tunai Kita menerapkan biaya jasa harian senilai 0,95% per hari dan juga biaya administrasi yang dibayar satu kali dari Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu.

Jika kamu ternyata terlambat melakukan pembayaran maka akan dikenakan denda dari Rp 5000 sampai Rp 20.000 per harinya. Pinjaman Tunai Kita hanya buat kamu yang bertempat tinggal di Jabodetabek.

6. Dana Rupiah

Dana Rupiah - Daftar Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah Dan Cara Memilihnya

Dana Rupiah adalah aplikasi pinjaman online yang terpercaya yang menawarkan  limit pinjaman mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 8.000.000 dengan jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan 21 hari sampai 90 hari.

Dengan modal KTP dan memiliki rekening bank kamu sudah bisa mendapatkan dana pinjaman online ini. Saat tanggal jatuh tempo, Dana Rupiah akan mengirimkan SMS pengingat untuk pembayaran cicilan. Bunga yang diberikan oleh Dana Rupiah adalah sebesar 1% per hari.

7. Uang Teman

UANG TEMAN - Daftar Penyedia Pinjaman Online 24 Jam

Uang Teman menjadi aplikasi selanjutnya yang masuk daftar penyedia pinjaman online bunga rendah yang terpercaya saat ini. Uang Teman memberikan limit pinjaman sampai dengan Rp 2 juta dan biaya layanan untuk per harinya sebesar 0,75% hingga 1%.

Berbeda dengan aplikasi pinjaman online lainnya, Uang Teman tidak memakai sistem angsuran. Kamu akan langsung mengembalikan dengan satu kali bayar plus biaya layanan.

(Baca Juga: Cara Meminta Kenaikan Limit Kartu Kredit dengan Mudah)

Setelah kamu mengetahui aplikasi yang masuk daftar penyedia pinjaman online bunga rendah yang terpercaya maka sebaiknya kamu juga tahu cara memilih pinjaman online terpercaya seperti dibawah ini :

Terdaftar di OJK

Saat ini di dunia keuangan dan perbankan Indonesia, OJK adalah barometer utama jika kamu akan melakukan pinjaman online yang terpercaya. Jika pinjaman online kamu telah terdaftar di OJK maka artinya perusahaan itu adalah perusahaan yang bagus dan bisa bertanggung jawab dalam hal yang berkaitan dengan kerugian pemakai.

Untuk bisa mengecek apakah perusahaan fintech pilihanmu terdaftar maka kamu cek saja di website resmi OJK. Jadi jangan sampai kamu mengambil pinjaman online pada provider yang tak terdaftar dan tak diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan ini ya, karena kemungkinan provider itu abal abal jika tak terdaftar.

Tidak menyembunyikan besar pinjaman dan biayanya

Untuk pinjaman online yang resmi dan terpercaya pasti memiliki website resmi dan didalamnya akan ditampilkan besaran-besaran dana yang bisa kamu pinjam dengan bunganya. Ini bertujuan agar calon peminjam juga tidak merasa terjebak nantinya dengan perubahan bunga yang tiba-tiba.

Perhatikan syaratnya

Memang benar syarat yang diperlukan saat melakukan pinjaman online hanyalah KTP. Namun ada pula yang memerlukan sejumlah uang dulu agar dana bisa turun. Jika kamu menemukan hal seperti ini kamu harus lebih waspada karena kemungkinan ini adalah penipuan.

Karena logikanya kita akan meminjam uang, berarti kita membutuhkan uang, dan membayar dahulu jelas tak logis dilakukan bagi seorang peminjam. Waspada selalu saat akan melakukan pinjaman online, jangan tergiur bunga yang rendah namun sebenarnya menyesatkan.

Mempunyai CS

Keberadaan Customer Service bisa menjadi acuan dan juga tolak ukur apakah pinjaman online itu terpercaya atau tidak. Ini adalah salah satu syarat yang diajukan OJK untuk terverifikasi. Customer Service harus ada untuk melayani komplain para pelanggan. CS ini juga harus kooperatif dan mudah dihubungi oleh calon debitur.

Namun kamu juga harus perhatikan karena ada yang hanya memberikan alamat email pengaduan dan ternyata itu adalah semacam mesin penjawab yang otomatis akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu. Sebaiknya pilih yang memiliki nomor telepon untuk bisa dihubungi.

Pelajari websitenya

Karena ini adalah pinjaman online maka semuanya akan terhubung dengan internet. Begitu juga jika memiliki website resmi maka kamu perhatikan apakah terdapat tanda gembok di samping kiri atas alamat website tersebut. Ini menandakan bahwa website ini aman. Tapi jika kamu menemukan tanda gembok itu dibuka atau bahkan dicoret maka hati-hati ini bisa jadi pencurian data dan penyalahgunaan. Jangan lanjutkan proses pengisian data dll, karena ini sangat berbahaya untuk keamanan data digital.

Setelah informasi daftar penyedia pinjaman online bunga rendah dan cara memilihnya seperti di atas apakah kamu berminat untuk melakukan pinjaman online? Jika iya pilihlah dengan bijak dan sesuai kebutuhan kamu. Selalu jeli dalam bertransaksi digital saat ini, karena kejahatan di dunia digital pun tak ayalnya kejahatan di dunia nyata yang semakin marak. Jangan meminjam hanya karena penasaran dan ingin mencoba, atau justru meminjam uang untuk kebutuhan yang tak penting. Tentu ini akan sangat merugikan. Selamat mencoba!

Untuk pinjaman yang paling terpercaya, kamu bisa ajukan hanya di CekAja!

Tentang Penulis