Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya Agar Terhindar Penipuan

by Vera Khairifah on 20 Januari, 2020

Di zaman yang serba melibatkan teknologi dalam setiap kegiatan, transaksi keuangan online dengan bantuan gadget dan koneksi internet sangat umum dilakukan. Jika kamu ingin meminjam uang secara online, pahami dulu tips memilih pinjaman online terpercaya.

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya Agar Terhindar Penipuan

Hal tersebut sangat perlu kamu pelajari agar terhindar dari penipuan, maupun penyalahgunaan data. Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Pinjaman online adalah pinjaman berupa dana maupun kredit di muka yang dapat diajukan secara online. Penyedia jasa pinjaman online adalah berbagai lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank seperti perusahaan financial technology (fintech).

Kelebihan Pinjaman Online

Kehadiran pinjaman online memang memudahkan publik yang ingin membutuhkan dana tambahan untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, ada pula beberapa kelebihan pinjaman online yang menarik banyak orang untuk mencobanya.

  • Praktis

Tak bisa dipungkiri bahwa pinjaman online menawarkan fasilitas peminjaman dana dengan cara yang sangat praktis. Bayangkan saja, kamu hanya memerlukan gadget yang bisa terkoneksi dengan internet untuk mendapatkan tambahan dana.

Proses pengecekan kelengkapan dokumen pun dilakukan secara online. Ya, beberapa penyedia jasa pinjaman online memberlakukan hal tersebut. Sehingga tak perlu ada tatap muka antara kreditur dengan debitur.

Berbagai kebutuhan pun akan lebih mudah dipenuhi dengan adanya pinjaman online ini.

  • Proses Cepat

Tak hanya itu, pinjaman online juga menawarkan proses pencairan dana yang cepat. Prosesnya mulai dari 3 hingga 7 hari kerja saja. Kecepatan pencairan dana ini juga menjadi nilai lebih, karena sebagian debitur membutuhkan pinjaman dana yang cepat cair.

  • Syarat Mudah

Umumnya, penyedia jasa pinjaman online sangat memudahkan calon debitur dengan persyaratan yang mudah. Apalagi, data identitas diri WNI sekarang berada di dalam satu kartu identitas seperti e-KTP yang memuat data cukup lengkap.

Sehingga hanya dengan menyertakan e-KTP dan berkas tambahan lainnya yang mudah, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman dana tunai secara cepat.

  • Cicilan Ringan

Lalu, jika berbicara mengenai cicilan atau tagihan setiap bulannya, pinjaman online juga memiliki bunga yang kompetitif. Sehingga besaran cicilan pun ringan.

Meskipun  begitu, ada pula pinjaman online yang mengiming-imingi cicilan ringan namun pada akhirnya menyertakan bunga yang begitu besar.

Hal ini bisa memperbesar peluang terjadinya penipuan yang merugikan debitur.

Lakukan Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

Kamu sebaiknya tidak hanya sekedar tergiur dengan tawaran pinjaman online yang kini marak beredar. Menjadi calon debitur yang kritis harus kamu lakukan sebelum mendapat dana segar tersebut.

Pahami resiko dari pinjaman online yang kamu ajukan. Jangan terburu-buru mengajukan nominal pinjaman yang besar. Lebih baik, disesuaikan dengan pendapatan dan kemampuanmu membayar.

Juga, pahami secara detail ketentuan pinjaman online tersebut. Besaran bunga dan masa tenor menjadi fokus kedua dalam hal ini. Sehingga kamu paham betul berapa besaran cicilan yang kamu harus dibayarkan setiap bulannya.

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan penawaran yang menggiurkan, kamu wajib mengetahui tips memilih pinjaman online terpercaya. Sebab, ada banyak pinjaman online ilegal yang tidak memiliki badan hukum yang jelas.

Akibatnya, sering kali terjadi penipuan besaran bunga yang tiba-tiba melambung tinggi dan memberatkan debitur. Sehingga menyebabkan penyitaan aset.

Atau bahkan debitur yang merugi akibat dimintai biaya administrasi di muka, namun akhirnya tidak pengajuan pinjamannya ditolak.

Hal-hal buruk ini akan sulit diproses secara hukum, karena perusahaan penyedia pinjaman online tersebut ilegal alias tidak terdaftar resmi di data pemerintah.

Pada intinya, tips memilih pinjaman online terpercaya dimulai dengan pengetahuanmu tentang ciri-ciri penyedia jasa pinjaman online yang bonafit. Berikut penjelasan rincinya:

1. Terdaftar OJK

Tips memilih pinjaman online terpercaya yang pertama adalah dengan memperhatikan nama penyedia pinjaman online tersebut. Maksudnya, cek terlebih dahulu apakah penyedia pinjaman online tersebut terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebab sebagai lembaga pengawas jasa keuangan, OJK memiliki daftar khusus penyedia pinjaman online terpercaya. Kamu patut mencurigai keamanannya jika menemukan penyedia pinjaman online yang belum terdaftar OJK.

2. Persyaratan yang Masuk Akal

Selanjutnya, pinjaman online terpercaya juga ditandai dengan persyaratan yang mudah namun tetap masuk akal.

Tidak hanya memerlukan copy e-KTP calon debitur, pinjaman online terpercaya juga akan meminta NPWP, bukti transaksi rekening bank selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya (jika kamu pernah meminjam dana sebelumnya), dan SIUP untuk calon debitur yang merupakan pengusaha.

Tips memilih pinjaman online terpercaya ini sering disepelekan, padahal penting banget untuk calon debitur. Jangan sampai kamu tergiur dengan persyaratan yang sangat mudah, namun pinjaman tersebut tidak aman.

(Baca Juga: Kemudahan Pengajuan Pinjaman Online dari Beberapa Bank di Indonesia)
3. Transparan dengan Besaran Bunga

Tips memilih pinjaman online terpercaya lainnya adalah penyedia pinjaman online akan sangat terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman yang jelas, dan transparan dengan besaran bunga.

Mereka juga akan menjelaskan waktu atau tempo pembayaran, sampai hal-hal yang mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan pada debiturnya.

Jadi, kamu akan mengetahui besaran tagihan setelah bunga, dan tak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dalam waktu tertentu. Prosedur penagihan yang baik pun tidak akan mengganggu privasimu dan orang terdekat.

Sebab data pribadi seperti daftar kontak di HP-mu tidak sembarangan dihubungi untuk menagih hutang. Kamu pasti sudah tahu bahwa saat ini banyak penyedia pinjaman online yang mengambil data kontak HP, riwayat panggilan HP, dan hal pribadi lainnya. Jelas saja hal tersebut sangat mengganggu.

4. Ada Situs Resmi

Keberadaan situs resmi penyedia pinjaman online juga bisa dijadikan patokan sebagai tips memilih pinjaman online terpercaya. Situs resmi ini juga cukup informatif, di mana selain menampilkan jenis produk pinjaman, ada juga kontak dan alamat perusahaan yang jelas dan sudah pasti bisa dikunjungi debiturnya.

Bukti perusahaan tersebut terdaftar di OJK juga harus ada di situs itu.

5. Memiliki Kontak yang Jelas

Tips memilih pinjaman online terpercaya yang terakhir adalah kamu harus mengetahui kontak perusahaan penyedia pinjaman online tersebut. Mulai dari nomor customer service, nomor kantor pusat, dan lain sebagainya.

Jika ada penyedia pinjaman online yang tidak memiliki nomor penting tersebut, sebaiknya kamu tidak mengajukan pinjaman di sana deh.

Itu lah sederet tips memilih pinjaman online terpercaya. Sebelum mengajukannya, bandingkan dulu jenis pinjaman yang cocok untuk kebutuhanmu. Yuk, bandingkan dan ajukan dengan mudah serta aman melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast