Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Inilah Syarat Mendapatkan Pinjaman KTA Express Panin Bank!

by Maria Nofianti on 20 Januari, 2020

Bertambahnya kebutuhan manusia akan berbagai macam hal untuk hidup membuat jumlah kebutuhan keuangan semakin hari semakin banyak juga. Dari mulai untuk kebutuhan pokok seperti pangan, pendidikan anak, membeli kendaraan sampai hal yang tidak terduga seperti kecelakaan atau musibah.

KTA Express Panin

Jika pemasukan tak berbanding lurus dengan kebutuhan atau jumlah pengeluaran, maka sudah bisa dipastikan kondisi keuangan akan memburuk. Dan dengan keadaan yang serba sulit ada banyak solusi yang ditawarkan, seperti menjual barang berharga, menggadaikan hartanya atau bahkan mengambil pinjaman di bank.

Untuk hal yang terakhir disebutkan yaitu mengambil pinjaman di bank atau lembaga keuangan lain menjadi pilihan banyak orang, terlebih bagi mereka yang mempunyai barang atau aset yang bisa untuk digunakan sebagai jaminan. Solusi itu dianggap sangat membantu keuangan mereka.

Pinjaman yang dikeluarkan pihak bank juga ada berbagai macam jenisnya. Salah satu yang populer adalah pinjaman tanpa jaminan atau sering disebut dengan Kredit Tanpa Agunan.

(Baca Juga: Awas, EVALI Intai Pengguna Rokok Elektrik)

Ya, karena ternyata tak semua orang yang ingin meminjam uang di bank memiliki barang atau aset yang bisa menjadi jaminannya. Jadilah alternatif pinjaman tanpa jaminan atau Kredit Tanpa Agunan ini dikeluarkan oleh beberapa bank, mengingat peminatnya sangat banyak dan mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Mulai dari masyarakat kelas menengah ke bawah, hingga masyarakat kelas atas dan pebisnis. Karena kita tahu salah satu cara pebisnis memiliki modal adalah dengan berhutang pada bank, bahkan sampai ada ungkapan slengean yang mengatakan “jika mau jadi pebisnis ya harus berani berhutang”.  

Salah satu bank yang mengeluarkan produk pinjaman tanpa jaminan adalah Panin Bank. Bank ini sudah lama berdiri yaitu dari tahun 1971. Panin Bank juga masuk dalam 7 bank terbesar di Indonesia secara laba, jumlah modal, total kredit, asset hingga rasio kepemilikan modal.

Kredit Tanpa Agunan Panin Bank disebut Kredit Express Panin. Kredit ini seperti KTA pada umumnya yang bisa diproses dengan cepat dan mudah. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai cara dan syarat mendapatkan pinjaman KTA Express Panin Bank ini.

KTA Express Panin Bank ini selain proses cepat dan mudah ternyata bunga dan biaya yang ditetapkan bisa dibilang kompetitif loh. Kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 500 juta rupiah. Cukup besar kan bila dibanding kredit tanpa agunan bank lain?

Persyaratannya Yang Mudah

Kredit Tanpa Agunan pun seketika menjadi populer dan diminati banyak orang, dan ini secara tidak langsung juga menunjukkan betapa kondisi keuangan sebagian besar peminjam atau masyarakat memang tidak begitu sehat. Tapi meski tanpa agunan atau jaminan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh calon peminjam.

Untuk mendapatkan pinjaman KTA Express panin Bank ini kamu harus memenuhi beberapa persyaratan umum seperti:

  • Warga Negara Indonesia
  • Umur minimal 21 tahun saat pengajuan dan umur minimal 55 tahun saat pelunasan
  • Mempunyai penghasilan sendiri minimal Rp 5 juta
  • Mempunyai rekening Panin Bank

Setelah kamu mengetahui persyaratan umum untuk mengajukan pinjaman KTA Express panin Bank, maka selanjutnya berpindah ke dokumen apa saja yang diperlukan. Kali ini kita akan memberikan informasi ini berdasarkan jenis pekerjaan yang kamu miliki.

Beberapa Dokumen Penting

Dokumen yang harus dilengkapi bagi karyawan:

  • Fotokopi KTP yang berlaku
  • Fotokopi halaman depan buku rekening
  • Slip gaji terakhir
  • Fotokopi bagian muka kartu kredit (jika memiliki kartu kredit)
  • Lembar tagihan asli 1 bulan sebelumnya
  • Fotokopi NPWP (jika pinjaman mencapai Rp 50 juta atau lebih)

Dokumen yang harus dilengkapi bagi pengusaha:

  • Fotokopi KTP yang berlaku
  • Fotokopi halaman muka buku rekening
  • Fotokopi rekening tabungan bank/rekening Koran 3 bulan terakhir
  • Fotokopi SIUP(Surat Ijin Usaha Perdagangan)/SITU(Surat Ijin Tempat Usaha) serta Akta Pendirian Perusahaan
  • Fotokopi bagian muka kartu kredit (jika memiliki kartu kredit)
  • Lembar tagihan asli 1 bulan sebelumnya
  • Fotokopi NPWP (jika pinjaman mencapai Rp 50 juta atau lebih)

Dokumen yang harus dilengkapi bagic professional:

  • Fotokopi KTP yang berlaku
  • Fotokopi halaman muka buku rekening
  • Fotokopi rekening tabungan bank/rekening Koran 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Surat Izin Praktek
  • Fotokopi bagian muka kartu kredit (jika memiliki kartu kredit)
  • Lembar tagihan asli 1 bulan sebelumnya
  • Fotokopi NPWP (jika pinjaman mencapai Rp 50 juta atau lebih)

Dokumen dokumen yang menjadi persyaratan proses peminjaman Kredit Tanpa Agunan ini sebenarnya sangat standar dan mungkin juga berlaku untuk pengajuan kredit di bank lainnya. Namun perlu diingat, jangan sampai memalsukan dokumen, karena hal itu akan berakibat buruk.

Seperti misalnya saja memalsukan dokumen slip gaji, dengan menuliskan nominal gaji yang lebih besar daripada gaji aslinya, tentu saja ada yang seperti ini agar pengajuannya lolos. Tapi efeknya kelak justru akan membebanimu.

Nah, setelah kamu melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan, maka kamu bisa datang ke kantor cabang Panin Bank terdekat di kota kamu. Beberapa tulisan akan mengatakan bahwa kamu bisa mengajukannya melalui websitenya.

Namun sebenarnya itu hanyalah cara cepat untuk mengisi form aplikasi pengajuan pinjaman, agar mempermudah kamu saat kamu akan membuka rekening tabungan di Panin Bank. Kamu harus tetap mendatangi kantor cabang terdekat. Jadi jangan merasa malas untuk pergi ke bank, dan ingat ini bukanlah pinjaman online yang sekarang marak dikeluarkan oleh fintech.

Keuntungan Mengajukan KTA di Bank Panin

Setelah kamu mengetahui cara mudah dan syarat lengkap untuk mendapatkan pinjaman KTA Express Panin Bank, maka tidak ada salahnya jika kamu juga mengetahui keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengambil kredit ini. Karena jelas saja kita perlu mengetahui keuntungan keuntungan mengajukan kredit tanpa agunan di Bank Panin, hal ini penting agar kita dapat memanfaatkan semua keuntungan yang diberikan.nah, berikut inj keuntungan mengajukan Kredit Tanpa Agunan di bank Panin, diantaranya adalah:

  • Memiliki jumlah pinjaman maksimum yang terbilang fantastis yaitu sebesar Rp 500 juta rupiah. Mengingat ini adalah sebuah pinjaman yang yang tidak menggunakan jaminan apapun, nilai maksimum pinjaman rupanya juga menarik banyak orang untuk memilihnya. Jelas saja, ini nilai yang sangat menggiurkan untuk sekelas Kredit Tanpa Agunan.
  • Kredit Express ini mempunyai bunga pinjaman tetap atau flat yaitu dimulai dari 0,88%  per bulan untuk jangka waktu pelunasan selama 12 bulan, 0,99% per bulan untuk jangka waktu pelunasan 24 bulan, dan 1,29% per bulan untuk jangka waktu pelunasan 36 bulan. Pemberian jangka waktu yang lama dan fleksibel seperti ini juga menjadi faktor yang menarik bagi calon debitur.
  • Cara dan syarat mendapatkan pinjaman KTA Express Panin Bank ini juga mudah dan cepat. Kamu hanya melengkapi persyaratan seperti yang telah disebutkan di tulisan ini dan mengajukannya ke kantor cabang Panin Bank terdekat di kotamu. Proses persetujuan pengajuan ini juga hanya memerlukan waktu 3 hari kerja. Waktu yang terbilang sangat cepat, dan pasti sangat membantu jika memang uang pinjaman itu akan digunakan untuk keperluan yang darurat.
  • Kredit Express ini juga tidak membebankan peminjam untuk biaya materai dan asuransi kepada calon debitur. Biaya-biaya seperti ini biasanya memang ditanggung oleh bank selaku pemegang produk pinjaman. Namun ada juga bank yang membebankan biaya biaya tersebut dengan memotong jumlah pinjaman. Tentu akan sangat terasa jika jumlah uang yang dipinjam sedikit, namun biaya ini dan itunya banyak.
(Baca Juga: Nama-Nama Asli Artis Korea yang Sebenarnya. Kamu Sudah Tahu?)
  • Kredit Express Panin Bank memiliki fitur tunda cicilan 1 bulan pertama. Ini adalah fasilitas yang diberikan Panin Bank untuk para debitur KTA Express ini. Pada bulan pertama cicilan yang dibayarkan adalah sebesar Rp 0. Kemudian pada bulan berikutnya cicilan pertama baru dibayarkan atau dalam bulan kedua setelah kamu mendapatkan dana pinjaman itu. Jadi di bulan pertama kamu bisa dengan tenang menggunakan uangmu dan di bulan kedua baru menyiapkan uang untuk mencicil.
  • Kamu hanya harus membayar biaya seperti biaya provisi sebesar 3% dari jumlah total pinjaman kamu dan akan dipotong langsung saat dana dicairkan. Jika kamu akan membayar pelunasan lebih cepat dari jangka waktu yang diberikan maka kamu akan membayar biaya sebesar 6% dari sisa pokok pinjamannya. Apabila kamu membayar cicilan terlambat maka akan dikenakan biaya 6% dari jumlah cicilan yang tidak dibayarkan. Kamu juga akan membayar biaya administrasi sebesar Rp 50 ribu setiap tahun yang dimulai dari tahun ke-2 dan bisa dibayarkan di muka.
  • Sistem pembayaran cicilan yang mudah yaitu dilakukan dengan autodebet dari rekening Panin Bank. Inilah mengapa setiap calon debitur harus memiliki rekening di Panin Bank agar lebih mudah dalam membayarkan cicilan KTA Express.
Jadi, Tertarik Mengajukan KTA?

Setelah mengetahui semua cara dan syarat mendapatkan pinjaman KTA Express Panin Bank ini pastinya kamu akan tertarik untuk mengajukan pinjaman. Apalagi dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat. Namun meskipun  pinjaman tanpa jaminan sangat populer dan lebih mudah, tetap saja sebaiknya kamu harus berhati-hati dalam mengambil pinjaman.

Kamu harus mempertimbangkan apakah itu benar-benar perlu atau hanya sekedar tergiur akan promo saja. Bijaklah dalam mengelola keuangan dalam hidup terutama jika itu nantinya akan menyangkut pinjaman di bank atau lembaga keuangan lain.

Karena sebagai lembaga profesional, bank tidak segan segan memberikan denda jika anda terlambat membayar cicilan. Jadi pastikan kembali, untuk apa melakukan pinjaman, apakah memang untuk kebutuhan yang sangat mendesak atau tidak. Karena biasanya orang senang senang saja berhutang, namun untuk mengembalikannya terasa berat.

Jadi jika kamu memang ingin meminjam uang, pastikan juga penghasilan kamu dapat membayarnya, dan jangan mengambil pinjaman melebihi kemampuan membayarmu, ini hanya akan membuatmu merasa memiliki beban. Dan alangkah baiknya jika kita dapat mengatur keuangan dengan baik, jangan lupa menabung dan keluarkan uang untuk hal hal yang memang prioritas, karena dengan begitu keuangan akan sehat, dan kita tak perlu mengajukan pinjaman.

Tentang Penulis