Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Yuk Kenali Dulu Macam-Macam Pinjaman Online Yang Ada Di Indonesia

by Maria Nofianti on 30 Januari, 2020

Siapa sih yang mau punya hutang?

Pasti jawabannya tak ada, karena berhutang itu bukan sebuah pilihan yang menyenangkan, bahkan kalau bisa dihindari. Tapi apalah daya jika keuangan memang tak baik, dan ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

macam macam pinjaman online

Meminjam uang pun pada akhirnya menjadi satu solusi yang berat untuk diambil. Terlebih lagi banyak tawaran pinjaman yang datang, baik itu pinjaman langsung, atau pinjaman online yang saat ini marak.

Ya, apakah kamu butuh uang tunai cepat? Pinjaman online jangka pendek untuk saat ini biasanya merupakan cara tercepat yang bisa dilakukan.

Tetapi ada begitu banyak jenis pinjaman yang tersedia saat ini sehingga sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Sederhananya, pinjaman online adalah uang yang dipinjam dari pemberi pinjaman yang beroperasi secara online.

Meskipun proses spesifik untuk pinjaman online dapat bervariasi dari satu pemberi pinjaman ke pemberi pinjaman lainnya, ada banyak cara yang sama untuk semua pihak. Untuk mendapatkan pinjaman online, kamu harus mengunjungi situs web pemberi pinjaman dan mengisi aplikasi pinjaman.

Kebanyakan pemberi pinjaman kemudian akan melakukan pemeriksaan kredit untuk mengevaluasi kelayakan kredit kamu. Berdasarkan apa yang mereka tentukan, mereka akan memutuskan apakah akan menyetujui aplikasimu.

Jika kamu disetujui, kreditur kamu akan menyetor dana langsung ke rekening bankmu. Ketika tiba saatnya untuk membayar kembali pinjaman, beberapa pemberi pinjaman akan secara otomatis menarik uang. Mereka menghapus jumlah utangmu, jadi pastikan kamu memiliki cukup uang untuk menutupi pembayaran.

(Baca Juga: Situs Freelance Terbaik 2020 di Indonesia)

Namun pasar pinjaman online berubah dan berkembang pada tingkat yang mengkhawatirkan. Semakin banyak orang mulai menyadari bahwa cara terbaik untuk maju dan mendapatkan uang tunai yang mereka butuhkan adalah dengan menemukan solusinya secara online.

Tetapi apa manfaat meminjam uang secara online? Sebagai permulaan, itu berarti kamu tidak perlu bertemu dengan manajer bank dan berurusan dengan penghinaan karena ditolak secara langsung.

Dan ketika kamu mengajukan pinjaman secara online, seringkali ada lebih banyak opsi yang tersedia untukmu. Kamu harus sepenuhnya menyadari semua opsi pinjaman online yang tersedia sebelum kamu masuk dan menandatangani dokumen apa pun.

Kamu tidak dapat membuat keputusan yang benar untukmu sampai kamu mengetahui opsi apa yang ada di luar sana.

Karena memang meminjam uang itu bukan hal yang menyenangkan dan seringkali memalukan. Jadi solusi pinjaman online yang tak mewajibkanmu datang ke bank dan bertatap muka ini menjadi pilihan.

Di bawah, kamu akan menemukan banyak informasi tentang macam-macam pinjaman online ini. Yang seharusnya terbukti sangat membantu kamu, jadi baca terus sekarang dan mulailah menemukan lebih banyak tentang opsi pinjaman di dunia daring.

Pinjaman online ini dikategorikan berdasarkan jumlah dana pinjaman, waktu yang diberikan, suku bunga yang diberikan, jaminan hingga tujuannya. Macam-macam pinjaman online yang ada di Indonesia secara umum antara lain:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ini adalah pinjaman pribadi yang berupa pinjaman tanpa jaminan, yang berarti kamu tidak menempatkan jaminan seperti rumah atau mobil jika kamu gagal membayar pinjamanmu.

Jika kamu memiliki hutang kartu kredit berbunga tinggi, KTA ini bisa membantu kamu melunasi hutang itu lebih cepat.

Pinjaman KTA secara online ini juga bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu ingin membiayai pembelian besar, seperti proyek perbaikan rumah, atau kamu memiliki biaya besar lainnya seperti tagihan medis atau biaya pernikahan.

Tapi untuk yang terakhir ini kurang rekomen ya, karena menikah tak harus membuatmu berhutang, jika tak ada dana lebih maka gelar pernikahan sesederhana mungkin, dan sesuai dengan kemampuanmu.

2. Kredit Kendaraan

Untuk mendapatkan pinjaman ini, kamu harus menawarkan beberapa jenis jaminan, seperti mobil atau sertifikat deposito, untuk “mengamankan” pinjaman kamu.

Pinjaman ini seringkali memiliki tingkat bunga yang lebih rendah daripada pinjaman pribadi tanpa jaminan.

Itu karena pemberi pinjaman dapat menganggap pinjaman yang dijamin kurang berisiko, karena ada aset yang mendukung pinjamanmu. Jika kamu tidak keberatan menjaminkan jaminan dan kamu yakin dapat membayar kembali pinjamanmu, pinjaman yang dijamin dapat membantu kamu menghemat uang dengan bunga.

Ketika kamu menggunakan agunan untuk mengambil pinjaman, kamu berisiko kehilangan properti yang kamu tawarkan sebagai agunan. Misalnya, jika kamu gagal membayar pembayaran pinjaman pribadimu, kreditur bisa mengambil mobil atau tabungan kamu.

3. Pinjaman Usaha Kecil

Bukan hanya peminjam pribadi yang dapat mengambil keuntungan dari perubahan dalam industri yang memungkinkan semakin banyak orang meminjam uang secara online.

Saat ini, usaha kecil juga dapat mengajukan permohonan pembiayaan dalam bentuk pinjaman usaha kecil online. Ketika sebuah bisnis ingin berkembang, maka ia harus memiliki uang untuk mewujudkannya. Jadi, sangat umum bagi bisnis untuk mengambil pinjaman.

Pinjaman usaha kecil cenderung memiliki persyaratan yang masuk akal, dan membuatnya online dapat membuat seluruh proses lebih cepat. Tentu saja, masih belum ada jaminan persetujuan.

Tetapi kamu mungkin akan dibiarkan menunggu lebih lama untuk mendapat tanggapan jika kamu mengambil pinjaman dari bank atau jenis pemberi pinjaman jalanan lainnya. Inilah yang menarik banyak pemilik bisnis untuk jenis pinjaman online ini.

4. Kredit Karyawan

Kredit karyawan adalah bantuan keuangan yang diberikan oleh bisnis kepada karyawan mereka. Sama seperti pinjaman usaha kecil, pinjaman karyawan biasanya membawa suku bunga dan ketentuan pembayaran yang relatif rendah.

Suku bunga termasuk juga dalam biaya administrasi dan kewajiban pajak pemberi kerja. Pembayaran dilakukan melalui pemotongan gaji masa depan karyawan. Pinjaman ini dianggap sebagai uang muka atas penghasilan karyawan di masa depan.

Pinjaman karyawan ditawarkan sebagai manfaat bagi karyawan dan pemberi pinjaman harus memiliki kebijakan dan prosedur yang transparan dan terperinci untuk program pinjaman.

5. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Ini adalah salah satu dari macam-macam pinjaman tanpa agunan yang bisa kamu pilih jika ingin membeli rumah. Pinjaman ini adalah solusi bagi kamu yang ingin membeli rumah namun dengan cara mencicilnya.

Bahkan ada beberapa perusahaan fintech di Indonesia juga sudah banyak yang meluncurkan kredit KPR ini secara online yang bekerjasama dengan pihak bank.

Itu dia macam-macam pinjaman online yang umum ada di Indonesia. Dengan banyaknya produk pinjaman online yang makin meningkat dikarenakan perusahaan fintech ini juga semakin banyak. Mengapa pinjaman online semakin popular? Berikut ini akan kita kasih beberapa kelebihan dari pinjaman online yang ada di Indonesia yaitu:

6. Proses mudah

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan adalah proses yang mudah. Dibandingkan mengajukan pinjaman secara offline, metode online ini dianggap yang paling mudah.

Kamu tidak harus bertemu langsung, kamu dapat mengajukan pinjaman dengan mengakses situs. Setelah itu, kamu bisa mengirim dokumen yang telah dipindai dan juga mengisi formulir digital di situs. Hanya dalam beberapa menit, kamu akan dapat mengajukan pinjaman online.

7. Lebih Praktis

Jika kamu mengajukan pinjaman offline, pinjaman tersebut belum tentu tersedia melalui satu proses. Salah satu alasan yang membuat pinjaman tidak disetujui dalam satu proses adalah persyaratan yang tidak lengkap, membuat proposal pinjaman membutuhkan waktu yang lama, memakan waktu dan merepotkan.

Kamu juga tidak perlu berjuang dengan tumpukan dokumen tebal yang harus kamu kumpulkan saat mengajukan pinjaman. Bahkan untuk orang-orang yang memiliki jadwal sibuk, kamu tidak akan terganggu dengan proses mendaftar secara online karena kamu tidak perlu meninggalkan jadwalmu.

8. Tercepat

Pinjaman online ini dapat menjadi solusi tercepat dan termudah untuk membantu kamu menangani keuangan dengan segera, kamu tidak perlu bingung untuk mencari pinjaman kepada tetangga, saudara, atau rentenir yang menggunakan suku bunga tinggi. Bahkan kamu tidak perlu antri untuk mengajukan pinjaman.

Tidak hanya itu, waktu untuk pencairan dana untuk pinjaman online lebih cepat daripada bank yang membutuhkan waktu dari satu minggu hingga sebulan. Tentu saja kecepatan ini sangat menarik dan bisa menjadi solusi keuangan, dimana kamu membutuhkan uang mendesak, dan cepat, maka pengajuan melalui pinjaman online sangat bisa diandalkan.

9. Hemat Biaya

Keuntungan mengajukan pinjaman tunai online adalah biaya-efektif. Berapa biaya transportasi yang harus kamu keluarkan jika kamu harus mengajukan pinjaman offline.

Selanjutnya, jika kamu harus bolak-balik untuk mengurus persyaratan pinjaman, maka semakin besar biaya transportasi.

Dengan mengajukan pinjaman online, kamu hanya perlu duduk di depan komputer atau melalui smartphone dan mengurus persyaratannya. Oleh karena itu, pinjaman online lebih cepat dan tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan saat mendaftar.

Bahkan pengurusan yang tak harus membuatmu keluar rumah ini pun sangat pas dilakukan jika memang kamu orang yang tak bisa pergi kemana mana.

10. Fasilitas Lengkap

Beberapa situs pinjaman tunai online yang kredibel memiliki fasilitas lengkap; seperti transaksi di bank atau perusahaan keuangan. Fasilitas yang disediakan antara lain asuransi, deposito, pinjaman kendaraan bermotor, investasi reksadana, dan pinjaman lainnya.

Karena itu, kamu tidak akan ditawari satu produk tetapi berbagai produk ditawarkan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Hal ini, mengingat banyak juga situs pinjaman online yang abal abal dan menekankan bunga tinggi pada peminjamnya.

11. Promosi

Selain keuntungan di atas, kamu akan mendapatkan penawaran atau promosi menarik dari situs-situs ini. Promo sering diberikan dalam bentuk diskon untuk restoran, wisata, perjalanan, hotel, dan sebagainya.

Ini jelas menguntungkan dan sebisa mungkin menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Itulah macam-macam pinjaman online serta beberapa keuntungan dalam mengajukan pinjaman online yang bisa kamu dapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan dapat menjadi salah satu alat pertimbangan yang bijak dalam menentukan, pinjaman mana yang akan kamu ambil jika memang kamu terdesak kebutuhan keuangan.

Karena kembali lagi diingatkan bahwa meminjam uang bukan solusi, tapi jika keadaan mendesak, maka apa boleh buat, mencari yang bunganya relatif terjangkau dan prosesnya cepat pun menjadi satu pilihan.

Meski uang bukanlah segalanya, dan tak menjadi tolak ukur kehidupan yang sejahtera, namun bijak bijaklah mengatur keuangan, karena kondisi atau keadaan keuangan yang baik dan kondusif akan membuat hidupmu jauh lebih tenang dan menyenangkan.

Ingin pinjaman online yang lebih aman? Bandingkan dan ajukan hanya di CekAja!

Tentang Penulis