Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa

by Rini Agustina on 4 February, 2020

Sudah banyak lembaga keuangan memberikan fasilitas pinjaman bagi mahasiswa. Mulai dari uang pangkal, semesteran hingga kredit laptop untuk mahasiswa.

kredit laptop untuk mahasiswa

Jumlah mahasiswa Indonesia mencatatkan angka tertinggi sejak 1997. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Statistik Indonesia 2019 mencatat ada lebih dari 7 juta mahasiswa duduk di bangku Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Setiap tahun rata-rata jumlah kenaikan mahasiswa mencapai 1%. Namun dari 7 juta mahasiswa sebagian merupakan kalangan tidak mampu yang dibiayai dengan beasiswa oleh pemerintah.

Meski sudah disokong dengan fasilitas gratis, sayangnya mereka masih kesulitan mendapatkan sejumlah akses penting terutama bidang teknologi seperti kepemilikan alat kesehatan dan gadget.

Salah satu material penting yang menunjang perkuliahan namun cukup memberatkan bagi kalangan menengah adalah laptop. Jika ingin mendapatkan laptop berkualitas baik setidaknya setiap mahasiswa harus merogoh minimal Rp 6 Juta.

Angka ini bagi mereka sangat memberatkan. Beruntungnya kini sudah ada beberapa jasa pinjaman kredit laptop untuk mahasiswa baik yang ditawarkan oleh lembaga keuangan non-bank maupun situs belanja online.

Berikut adalah beberapa lembaga non-bank yang menghadirkan fasilitas pinjaman kredit laptop untuk mahasiswa:

Jasa Kredit Laptop untuk Mahasiswa
1. CICIL

CICIL - Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa

Cicil merupakan start-up bidang finansial khusus pembiayaan mahasiswa. Didirikan oleh Leslie Lim dan Edward Widjonarko, Cicil berusaha merambah segmen mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana untuk membeli perangkat pendukung perkuliahan.

Cicil memberikan pinjaman dana bagi mahasiswa untuk membayar biaya kuliah serta perangkat pendukung belajar, mulai dari laptop hingga peralatan medis kedokteran, dengan cicil mahasiswa bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan barang yang diinginkan. Kredit laptop untuk mahasiswa adalah layanan yang paling populer.

Program pinjaman uang ini pelunasannya bisa dilakukan dengan mencicil setiap bulan, tanpa dikenakan bunga tinggi. Skema pembayarannya juga fleksibel yakni bisa disesuaikan dengan kesanggupan peminjam.

Tidak perlu memiliki kartu kredit untuk mencicil, persyaratannya mudah karena bisa diajukan secara online dan sangat transparan.

lantas bagaimana skema pinjamannya?

Anda hanya perlu membuka situs cicil, kemudian klik fitur cicil barang, masukkan url link barang yang kamu ingin beli dari berbagai situs belanja online, kemudian sistem Cicilan akan memberikan simulasi yakni berupa cicilan dan bunga yang mesti dikembalikan.

Khusus kredit laptop untuk mahasiswa tenor yang berlaku adalah 12 bulan. Ini adalah rata-rata tenor yang dibebankan untuk pinjaman pembelian barang.

Sementara untuk cicil uang kuliah, periode atau tenor yang diberlakukan adalah 36 bulan. Baik pinjaman pembelian barang maupun pembayaran uang kuliah sama-sama dibebankan bunga yang kompetitif yakni sekitar 2% perbulan dan bersifat flat.

Tidak ada proses BI checking maupun persyaratan kepemilikan kartu kredit dan NPWP, cukup bermodal Kartu Tanda Mahasiswa proses pengajuan pinjaman bisa langsung di verifikasi.

Pihak Cicil mengklaim saat ini mereka sudah melayani 29 di seluruh Indonesia dengan mahasiswa yang tersebar di lebih dari 100 universitas.

Bagaimana proses verifikasi debitur?

Cicil memiliki sistem sendiri dalam menyaring debitur mahasiswa yang umumnya berusia dibawah 30 tahun. Yakni mereka membentuk semacam ambassador cicil yang bekerja dilapangan.

Mereka adalah mahasiswa yang bekerjasama dengan cicil memantau dan mengecek keseharian juga kondisi finansial debitur.

Cicil juga memiliki cara sendiri dalam memilah calon debitur yakni dengan menilai tingkat tanggung jawab mahasiswa atau calon peminjam, yang tercermin dari dari tempat mereka kuliah, nilai Indeks Prestasi, serta keaktifan di kampus. Jika ketiga faktor ini menunjukkan nilai yang baik pengajuan pinjaman dapat dicairkan.

2. BHINNEKA – Sahabat Mahasiswa

BHINNEKA - Sahabat Mahasiswa - Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa

Salah satu situs jual beli online besar di Indonesia Bhinneka juga memiliki fitur kredit laptop untuk mahasiswa yang memiliki Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

KJMU ini adalah program pemberian bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi calon/mahasiswa PTN dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik, pendanaannya berasal dari APBD Provinsi DKI.

Sayangnya produk cicilan ini hanya berlaku untuk mahasiswa DKI Jakarta. Setiap mahasiswa pemilik KJMU bebas mengajukan pinjaman pembelian barang apapun dengan cicilan ringan tanpa kartu kredit, dan skema pembayaran fleksibel sesuai dengan kesanggupan.Barang hanya dapat dibeli di merchant Bhinneka.

Cara pengajuan kreditnya pun mudah. Mahasiswa hanya perlu membuka situs Bhinneka, lihat barang yang diinginkan. Lalu bawa kartu KJMU atau chat/WA, bisa pula CSOD (card swipe on delivery), gesek kartu KJMU di mesin EDC. Proses pembelian sudah selesai dilakukan.

Karena pembiayaan berasal dari APBD maka biasanya ada jumlah saldo maksimum yang diterima mahasiswa tiap bulan. Sesuaikan harga barang dengan jumlah cicilan yang sesuai dengan isi saldo, karena ketika harga barang yang dibeli terlalu tinggi kemungkinan proses pengajuan akan ditolak.

KJMU ini setara dengan Kartu Jakarta Pintar yang memberikan 2 jenis pembiayaan yakni :

3. Koin Works – Koin Pintar

Koin Works - Koin Pintar - Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa

Situs peer to peer lending ini juga menyediakan fitur khusus untuk pinjaman pendidikan yang diberi nama koin pintar.

Debitur dapat mengajukan pinjaman untuk kebutuhan apapun, mulai dari biaya pembayaran uang pangkal dan semesteran hingga pembelian alat penunjang perkuliahan.

Peminjam hanya perlu melengkapi form yang berisi detail tentang kebutuhan pendidikan berikut rincian biayanya dan tentukan jumlah, tenor, dan bunganya. Kemudian tim KoinWorks akan melakukan peninjauan, untuk menilai seberapa besar kebutuhan dan dukungan yang diperlukan debitur. Namun pengajuan pinjaman inj mensyaratkan adanya kelengkapan dokumen diantaranya:

*) Apabila penanggung tidak termasuk di dalam Kartu Keluarga Siswa

**) Apabila Kartu Keluarga terbaru belum tersedia, maka debitur wajib me melampirkan Kartu Keluarga Siswa & Akta Nikah (foto diri ybs di cover depan). Seluruh dokumen berupa soft copy dan diunggah ke website KoinPintar.com

Mengenai biaya dan bunga KoinWorks membebankan biaya 1% dari setiap pembayaran dalam bentuk cicilan bulanan dan bunga 5% dari bunga untuk pengembalian dalam bentuk lump sum.

4. Dana Cita

Dana Cita - Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa

Dana Cita merupakan penyelenggara pinjaman online yang juga memberikan kredit untuk mahasiswa baik untuk pelunasan biaya kuliah maupun pembelian alat penunjang perkuliahan. 

Pinjaman ini berlaku untuk siswa baru dan pelajar aktif di semua lembaga pendidikan yang sudah bekerja sama dengan Danacita. Bebas melunasi lebih awal tanpa denda.

Bagi pelajar atau mahasiswa dibawah usia 21 tahun wajib memiliki wali diatas usia 21 tahun. Sementara persyaratan dokumen yang diperlukan adalah:

Syarat Pengajuan

Itulah beberapa fasilitas kredit laptop untuk mahasiswa baik yang disediakan oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Karena pada umumnya pinjaman tersebut tetap membebankan bunga sebaiknya ajukan kredit untuk keperluan mendesak saja. Dibanding meminjam lebih baik lakukan persiapkan keuangan sejak jauh hari untuk memastikan buah hati mendapatkan pendidikan tinggi.

(Baca Juga: Simak Daftar Penyedia Pinjaman Online Tanpa Ribet)
Biaya Pendidikan Terus Naik, Begini Cara Menyikapinya

Menurut survei yang dilakukan oleh HSBC beberapa tahun silam Indonesia ternyata masuk dalam 15 besar negara dengan biaya pendidikan termahal. Indonesia menempati urutan 13. Sementara di urutan teratas ada Hongkong. Tak heran jika banyak anak Indonesia hanya mampu mengenyam pendidikan sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, dan memutuskan bekerja demi menopang keuangan keluarga.

Alhasil posisi-posisi strategi di berbagai perusahaan lebih banyak diisi oleh tenaga asing, sementara orang Indonesia cukup menjadi buruh. Kondisi ini diakibatkan karena ketidakmampuan keluarga mengelola keuangan dan pesimisme akan mahalnya biaya pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi. Padahal jika disiapkan dengan matang, sebenarnya alokasi biaya pendidikan bisa dilakukan sejak anak masih balita.

Banyak orang tua yang tidak merencanakan dengan benar pengeluarannya, dengan hampir 75% orang tua mengandalkan pendapatan sehari-hari mereka untuk biaya pendidikan anak, dan bukannya mengandalkan investasi jangka panjang maupun tabungan. Sementara biaya pendidikan naik 15% setiap tahun jumlah pendapatan naik tidak signifikan namun harga kebutuhan dasar pokok juga ikut naik. Alhasil pendidikan harus jadi korban demi memenuhi domestik keluarga.

Agar tak terjebak pada lingkaran yang membuat pendidikan anak kita terhambat, begini cara menyikapi dana pendidikan yang terus meningkat setiap tahun.

Buat Tabungan Pendidikan Berjangka

Tabungan pendidikan ini penting dibuat bahkan sejak anak masih didalam kandungan. Tabungan pendidikan banyak disediakan oleh lembaga perbankan baik swasta maupun milik pemerintah. Skemanya adalah nasabah menabung dalam jumlah sama setiap bulan dan dalam jangka waktu tertentu tidak boleh dicairkan. Dalam keadaan terpaksa uang dapat dicairkan namun ada biaya penalti yang harus dibayar.

Jangka periode tabungan pendidikan biasanya berkisar antara 5,10 dan 15 tahun. Beberapa bank juga melengkapi produk ini dengan perlindungan asuransi, sehingga tertanggung akan mendapat uang pertanggungan jika sewaktu-waktu pemegang polis meninggal atau mengalami musibah yang menyebabkan cacat permanen.

Buat Tabungan Emas

Menabung emas juga jadi salah satu bentuk investasi yang bisa kita pilih untuk menyimpan uang tanpa tergerus inflasi. Emas cenderung punya nilai tetap sehingga harganya selalu stabil bahkan naik, ini dikarenakan stok emas di dunia terbatas sementara permintaan meningkat. Mulailah menabung emas logam mulia dari 1 gram hingga 10 gram per bulan agar nanti ketika anak memasuki masa sekolah kita bisa menjualnya untuk menutupi pengeluaran dan keperluan sekolah.

Investasi di reksadana

Menyikapi kenaikan biaya pendidikan yang tinggi, memang harus dibarengi dengan adanya kenaikan pendapatan. Pemasukan bulanan tak melulu harus mengandalkan gaji dari perusahaan, namun Anda bisa memutarnya di berbagai instrumen investasi salah satunya reksadana. Anda dapat merencanakan pembelian reksadana selama beberapa tahun untuk mendapatkan bunga keuntungan yang akan dicairkan 5 atau 10 tahun kemudian. Investasi ini terbilang yang paling pas menutupi biaya pendidikan karena menyertakan bunga keuntungan tinggi. Namun ingat ya, semakin tinggi return resiko kerugian juga semakin besar.

Selain itu, yang dapat kamu lakukan untuk kredit laptop kamu adalah dengan mengajukan pinjaman di CekAja!

Tentang Penulis