Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pinjaman Online yang Aman dan Bagaimana Cara Memilihnya

by Gesti Weningtyas on 7 Februari, 2020

Kamu butuh dana? Pinjaman online yang aman dan terpercaya biasanya akan menjadi solusi. Jadi, tak heran jika makin banyak orang yang kini mengajukan pinjaman ke pinjaman online karena lembaga jasa keuangan satu ini menawarkan lebih banyak kemudahan dalam pencairan.

Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Eits, tunggu dulu. Benarkah demikian? Apakah semua pinjaman online bisa dikategorikan sebagai pinjaman yang aman untuk setiap konsumennya? Nah, hal ini belum tentu.

Kamu pasti pernah mendengar beberapa layanan yang mendapatkan laporan dari masyarakat karena meresahkan. Ya, ada beberapa fintech lending atau pinjaman online yang tak berizin dan memiliki aturan yang merugikan nasabah. Beberapa diantaranya seperti pencurian data nasabah hingga penagihan kredit di luar aturan yang sudah ditetapkan.

Tentu tidak mau bukan, jika kamu menjadi korban pinjaman online yang tidak aman? Jangan-jangan bukan kamu yang dimudahkan, malah kamu yang akan menjadi korban di kemudian hari. Oleh karena itu, simak beberapa pinjaman online aman ini:

1. digibank

digibank - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Buat kamu yang membutuhkan pinjaman online yang aman dengan waktu yang cepat, kamu bisa mengajukan pinjaman ke digibank. Pilihan Kredit Tanpa Agunan dari digibank memberikan dana pinjaman jangka cukup panjang. Tak hanya itu, persyaratan juga ringan, yaitu  kamu yang memiliki penghasilan kotor 3 juta per bulan, bisa mengajukan pinjaman hingga 3 tahun.

Nah, hal yang menarik, kamu tidak perlu menunggu hingga berjam-jam atau berhari-hari apakah pinjaman akan disetujui atau tidak. Sebab, saat mengajukan pinjaman di digibank KTA instant, kamu dapat mengetahui persetujuan dalam 60 detik saja!

Selain itu produk ini tidak memerlukan kartu kredit untuk melakukan aplikasi. Jadi buat kamu yang khawatir karena nggak punya kartu kredit dan tidak ingin mengambil pinjaman dari lembaga keuangan lain,pinjaman ini bakal cocok.

Dana pinjaman yang ditawarkan digibank mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 30 juta, dengan bunga mulai dari 1.29% per bulan dan tenor 6 bulan hingga 3 tahun. Usiamu saat mengajukan minimal 21 – 60 tahun. Pinjamanmu bakal cair dalam 3-7 hari kerja. Catatan penting, untuk pengguna kartu Telkomsel prabayar lebih dari 4 bulan akan lebih mudah disetujui!

2. Tunaiku

Tunaiku - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Kamu yang ingin mendapatkan pinjaman dana online hingga Rp 20 juta cair dan  dalam 24 jam mungkin bisa mencoba mengajukan pinjaman ke Tunaiku. Program pinjaman on line tanpa jaminan dari Amar Bank ini proses pencairan dananya 3 hari kerja. Selain itu, tenor yang ditawarkan pun maksimal 20 bulan saja.

Agar lancar, sebaiknya jangan ajukan pinjaman berkali-kali lewat website. Kredit Tunaiku dengan bunga 3% per bulan dan Bunga keterlambatan 0,16% per hari bisa kamu dapatkan dengan minimal usia saat mengajukan 21 – 55 tahun. Area layanan pinjaman ini di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar Makassar.

3. Kredivo

Kredivo - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Buat kamu yang menginginkan pinjaman tanpa agunan, bisa mencoba  mengajukan kredit ke Kredivo. Pinjaman ini bisa kamu gunakan untuk membayar transaksi online belanja di berbagai merchant dan lapak e-commerce ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Tiket.com, JD.id, Blibli dan masih banyak lagi.

Nah, hal yang menarik, kamu bisa melakukan pencairan limit kredit hingga Rp 30 juta dalam 5 menit ke rekeningmu. Kamu juga tak perlu bayar bunga kalau bisa melakukan pelunasan dalam 30 hari setelah dana cair. Tenor pinjamannya antara 30 hari sampai 12 bulan, dengan Bunga 2,95% per bulan dan lama proses penyetujuan 24 jam, pencairan dalam 5 menit. Minimal usia untuk mengajukan 18 tahun dengan syarat, pekerjaan karyawan atau profesional dan minimum penghasilan Rp 3.000.000 per bulan.

4. Cashwagon

Cashwagon - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Liburan mungkin bukan kebutuhan mendesak, namun tetap saja kamu membutuhkan biaya tambahan. Pasalnya, banyak acara yang tak terduga dan pengeluaran mendadak yang bisa saja terjadi saat liburan tiba. Nah, untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mengajukan pinjaman kilat secara online lewat caswagon.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan langkah super simpel dan proses persetujuan yang cepat, yaitu 24 jam sejak formulir online di submit. Sedangkan untuk jumlah pinjaman yang bisa didapatkan adalah antara Rp 500.000 sampai Rp 10 juta. Karena jumlah pinjaman yang ditawarkan kecil, maka tenornya pun singkat yaitu antara 10 sampai 40 hari.

Bunganya berkisar 1% per hari dengan batas usia minimal 20 tahun dan maksimal 60 tahun dam minimum penghasilan Rp 2.000.000 per bulan, bekerja sebagai karyawan maupun profesional.

5. Kredit Pintar

Kredit Pintar - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi agar lebih aman, mungkin Kredit Pintar bisa menjadi solusi untukmu. Aplikasi yang bisa diunduh di playstore ini menyediakan pilihan pinjaman yang bisa dilihat dengan mudah. Syaratnya juga sangat mudah. Kamu hanya cukup mengirimkan foto KTP dan selfie dengan KTP kamu, setelah verifikasi, pinjaman bisa langsung cair ke rekeningmu.

Nominal pinjaman bisa mencapai Rp 8 juta dengan tenor pinjaman dari 2 bulan hingga 12 bulan, bunga 0,5 persen per hari dan syaratnya, kamu memiliki penghasilan tetap jika ingin mengajukan pinjaman online ini.

6. Kredit Cepat

Kredit Cepat - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Hampir sama dengan kredit pintar, Kreditcepat juga menawarkan solusi buat kamu yang butuh dana tunai dengan cepat. Pinjamannya mencapai plafon Rp 8 juta dengan syarat melampirkan formulir aplikasi dan upload foto dokumen ke website Kreditcepat. Uang yang kamu butuhkan bisa datang dalam waktu 24 jam.

Asalkan dokumen telah diterima, dimanapun kamu berada, setelah aplikasi diajukan dan dokumen diterima, pihak Kreditcepat akan menelpon untuk verifikasi. Kamu juga bisa melakukan pembayaran cicilan dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman melalui internet banking, ATM atau teller bank.

Kreditcepat mungkin akan menjadi solusi jangka pendek yang cocok buat kamu, dengan bunga 0,8 persen per hari dan tenor pinjaman lima hingga 30 hari. Kamu bisa meminjam uang dengan nominal yang dibutuhkan maksimal Rp 8 juta dan mengembalikannya secepat mungkin jika tak ingin bunga pinjaman terus bertambah.

7. Finmas 

Finmas - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Finmas merupakan pinjaman dengan bunga yang relatif lebih  murah dan proses yang mudah. Jika kamu membutuhkan uang darurat dengan pinjaman online yang aman dan terpercaya, mungkin Finmas bisa menjadi pilihan dan solusi yang tepat.

Datamu pun jadi aman karena lembaga jasa keuangan ini juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan cara mengisi aplikasi Finmas dan mengajukannya mengisi data registrasi lewat email.

Selain pinjaman (Cash Advance), Finmas juga menyediakan fitur Pay Later dan Installment. Dimana Pay Later memberikanmu kebebasan untuk beli pulsa dan membayarnya dalam 30 hari nanti dengan bebas bunga. Sedangkan Installment merupakan fitur cicilan untuk belanja apapun dengan bunga 0%.

Plafon pinjaman yang bisa kamu dapatkan hingga Rp 2,5 juta dengan tenor 14 hari hingga 61 hari. Bunganya hanya 0,31 persen per hari. Finmas membuka akses pinjaman online untuk seluruh masyarakat Indonesia. Agar lebih aman, pastikan kamu merupakan karyawan maupun profesional yang memiliki penghasilan minimal Rp 2 juta.

(Baca Juga: Yuk Kenali Dulu Macam-Macam Pinjaman Online Yang Ada Di Indonesia)
8. Uang Teman

Uang Teman - Pinjaman Online yang Aman dan Bagaiman Cara Memilihnya

Uang Teman adalah fintech  yang memberikan pinjaman uang dan mulai beroperasi sejak 2015. Nah, kabarnya nih, Uang Teman adalah salah satu pionir pinjaman online langsung cair 24 jam di Indonesia. Fintech Peer to Peer lending ini juga merupakan satu diantara Fintech OJK yang sudah mendapatkan perizinan.

Jangan khawatir jika kamu tak memiliki kartu kredit, sebab Uang Teman menawarkan aplikasi pinjaman online tanpa jaminan dan kartu kredit. Nasabah bisa mengunduh aplikasi di Playstore dan wajib memiliki KTP serta bisa mengambil foto selfie untuk dapat mengajukan permohonan kredit tanpa jaminan. Tertarik? Kamu bisa mempersiapkan persyaratannya, yakni berusia 21 hingga 65 Tahun dan punya pekerjaan atau penghasilan.

Kamu bisa mengakses plafon pinjaman pribadi di Uangteman mulai dari Rp 1 juta sd Rp 3 juta dengan tenor maksimum 30 hari. Perlu kamu ketahui, bunga pinjaman online per hari 0.8 persen sehingga jika meminjam Rp 1 juta maka pengembalian Rp 1.240.000 di hari ke 30 akhir masa kredit. Kabar gembiranya, Uang Teman juga menawarkan pinjaman uang bisa dicicil 2 bulan dan 3 bulan. Namun, fasilitas ini hanya diberikan kepada nasabah eksisting loyal dengan catatan pembayaran yang bagus.

Nah, beberapa pinjaman online tersebut bisa kamu ajukan ketika membutuhkan uang dalam kondisi yang terdesak atau sangat membutuhkan.  Sebaiknya berhati-hati dalam memilih pinjaman online. Pasalnya, kebutuhan yang tinggi masyarakat saat menjadi faktor utama banyaknya pinjaman online ilegal bertebaran.

Waspada Fintech Peer to Peer Lending Ilegal

Sebaiknya sebelum mengajukan pinjam uang online, pastikan dulu nama perusahaan tersebut terdaftar di OJK dan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). Jadi jangan langsung asal download aplikasi dan mengajukan pinjaman langsung begitu saja. Karena kamu pun bisa menjadi korban mereka sewaktu-waktu. Jangan mudah tergiur iming-iming iklan dan proses yang super cepat.

Sebagai informasi, Satgas Waspada Investasi menemukan 120 perusahaan finansial berbasis teknologi (fintech) berskema pinjam meminjam (peer to peer lending) ilegal pada Januari 2020. Semua fintech itu tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Para fintech ilegal ini beroperasi melalui situs, aplikasi, hingga penawaran melalui SMS. Untuk itu, masyarakat diminta agar terus waspada pada penawaran-penawaran semacam ini. Secara total, Satgas Waspada Investasi telah menghentikan 1.494 fintech peer to peer ilegal pada 2019. Sementara yang sudah ditangani mencapai 2.018 entitas sejak 2018 hingga Januari 2020.

Selain itu, Satgas juga menghentikan 28 entitas usaha yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dari otoritas yang berwenang. Bahkan, kehadiran entitas ini juga berpotensi merugikan masyarakat.

Kendati begitu, dengan maraknya kehadiran fintech ilegal, masyarakat diminta untuk tidak segan melaporkan dugaan operasional fintech ilegal ke Satgas. Warung Waspada Investasi pun dibuka di The Gade Coffe & Gold, Jakarta Pusat setiap pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Masyarakat juga bisa melapor melalui saluran komunikasi seperti Kontak OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

Untuk mengetahui perusahaan penyedia pinjaman online aman atau tidak, kamu bisa mengunjungi laman resmi Otoritas Jasa Keuangan. Pastikan perusahaan yang memberikan pinjaman online sudah memiliki izin. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan di kemudian hari, kamu bisa melaporkannya ke instansi terkait.

Setelah mengetahui beberapa pinjaman online yang aman dan bisa kamu ajukan, kamu juga bisa membandingkan kredit dan bunga yang akan kamu dapatkan ketika mengajukan pinjaman. Untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga yang terjangkau dan kompetitif kamu bisa mengajukannya di Cek Aja.

Tentang Penulis