Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tanpa Riba, Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini  

by Gesti Weningtyas on 20 Februari, 2020

Buat kamu yang membutuhkan dana dan ingin meminjam sejumlah uang tanpa riba sekarang banyak perusahaan fintech peer to peer lending berbasis Syariah yang meminjamkan sejumlah dana pastinya tanpa riba. Terkadang kita membutuhkan dana lebih cepat dari biasanya untuk berbagai kebutuhan yang tak terduga. Namun hati masih ragu untuk meminjam karena takut terkena riba dan bunga bank, belum lagi berbagai administrasi yang mungkin ribet dan membuat pinjamanmu tidak lekas cair.

Tanpa Riba, Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Namun perlu kamu ketahui Meskipun tidak memiliki unsur riba dan tidak menggunakan bunga, pinjaman online Syariah terbaik menggunakan sistem akad jual beli dengan nasabah. Selain itu, bank syariah menggunakan sistem ijarah yang mengambil manfaat dari keuntungan jasa yang telah digunakan nasabah. Kamu bisa mengatur sendiri berapa jumlah pinjaman mu dengan sistem ijarah yang akan diberikan bank syariah lewat simulasi di beberapa website pinjaman online berbasis Syariah.

Jangan khawatir, sebab beberapa pinjaman online Syariah ini mungkin bisa membantumu memberikan tambahan dana untuk bisnis skala besar maupun usaha mikro. 

Pinjaman online Syariah terbaik
1. Dana Syariah

Dana Syariah - Tanpa Riba Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Dana Syariah mempertemukan pemilik dana dengan orang yang akan meminjam sejumlah dana. Setiap orang bisa mendapatkan pembiayaan dari dana syariah, maupun turut berkontribusi dalam pendanaan beberapa proyek yang sedang berlangsung.

Kamu yang ingin menjadi pendana bisa mengunjungi website Dana Syariah dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Untuk bisa mendapatkan pinjaman dari Dana Syariah, kamu bisa mendaftar dan mengikuti syarat ketentuan yang ada.

 Dana Syariah berfokus pada bisnis properti, sehingga pinjaman yang diberikan untuk proyek-proyek properti. Untuk mendapatkan pinjaman, kamu bisa melakukan penggalangan dana melalui website Dana Syariah.

Usai mendaftar, kamu bisa mengajukan proposal proyek properti dan mendapatkan verifikasi.  Verifikasi akan dilakukan oleh tim Dana Syariah. Lokasi Kamu akan didatangi dan di pantai terlebih dahulu. Jika sudah, maka tahap selanjutnya adalah penandatanganan akad dan perjanjian kerjasama.

2. Danaku Syariah

Danaku Syariah - Tanpa Riba Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Danaku syariah memberikan pinjaman online syariah dengan dua macam jenis pinjaman, yaitu multijasa dan multiguna. Pinjaman multijasa digunakan untuk kamu yang membutuhkan uang tunai. Menggunakan akad  wakalah bil ujrah, tenor pinjaman 3 bulan 6 bulan hingga 12 bulan sama dengan tenor pinjaman multiguna. pinjaman multi jasa ini bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan umum. kamu bisa memakai pinjaman multi jasa dengan plafon mulai dari Rp1 juta hingga 10 juta. sehingga tentu pinjaman ini akan sangat membantu buat kamu yang membutuhkan dana untuk keperluan membayar sekolah maupun biaya pendidikan lainnya dan biaya renovasi rumah atau biaya lainnya.

Misalnya, kamu meminjam uang senilai 10 juta rupiah dengan tenor 12 bulan, dengan asumsi imbal hasil per tahunnya adalah 12%. Maka angsuran yang harus kamu bayarkan adalah Rp975.000 setiap bulannya. Sehingga total pembiayaan nya adalah senilai Rp11.700.000. Artinya, margin atau imbal jasa yang kamu bayarkan adalah Rp1,7 juta saja.

Selain pinjaman multijasa ada pula pinjaman multiguna yang bisa kamu ajukan di Danakoo. Pinjaman multiguna digunakan untuk nasabah yang membutuhkan pembiayaan pembelian rumah, kendaraan, atau pembelian barang dengan akad murabahah.

Pinjaman online Syariah ini memiliki syarat khusus untuk para nasabah yang ingin meminjam yaitu harus merupakan seorang karyawan yang masih aktif bekerja. besarnya pinjaman multi jasa maksimal 10 juta rupiah. Kamu bisa melakukan simulasi penghitungan pinjaman di website Danakoo untuk mendapatkan informasi terkait pinjaman multijasa ini.

Imbal hasil yang dibayarkan tergantung dari tenor pinjaman yang kamu pilih. Sehingga, kamu bisa mempersiapkan terlebih dahulu berapa jumlah pinjaman yang akan kamu ajukan dan berapa jumlah cicilan yang akan kamu dapatkan. Sehingga dengan demikian kamu bisa memperhitungkan pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Dalam website resmi Danakoo kamu bisa mencoba simulasi penghitungan pinjaman dengan begitu kamu bisa melihat kira-kira jumlah cicilan yang akan didapatkan. Namun simulasi tersebut tidak bisa dijadikan acuan akan lebih baik jika kamu menghubungi langsung dan mengajukan pinjaman.

3. Investree

Investree - Tanpa Riba Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Investree adalah pilihan buat kamu yang ingin meminjam uang, sekaligus ingin mendanai dengan imbal hasil yang cukup menguntungkan, yakni hingga 20 persen. Apabila kamu membutuhkan uang untuk bisnis dan usahamu, maupun untuk keperluan lainnya, maka kamu bisa meminjam lewat investree.

Seperti yang kamu ketahui, investree ini merupakan merupakan tempat bertemunya peminjam dan pemberi pinjaman. Kamu yang menjadi peminjam atau borrower, akan diberikan kesempatan untuk mengajukan pinjaman dengan mengisi data terlebih dahulu dalam mendaftar di investree. Setelah itu, aplikasi pinjamanmu akan dianalisis terlebih dahulu oleh tim investree. Jika aplikasi pinjaman mudah dinilai layak, maka kamu akan dihubungi dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dari para lender di Investree.

Untuk itu, kamu harus menyiapkan berbagai dokumen yang akan mendukung aplikasi pinjamanmu.  Jangan lupa untuk menyampaikan segala data yang terkait dengan pinjaman yang akan kamu gunakan itu secara jujur. Sebab, investasi ini merupakan aplikasi pinjaman online syariah yang menggunakan prinsip syariah Islam dalam pinjaman yang diberikan. Sehingga usaha yang akan dibiayai dari P2P Lending ini mesti dipastikan halal dan tidak mengandung maksiat, gharar, riba dan transaksi lainnya yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Perlu kamu ketahui, ada dua macam pinjaman online syariah yang tersedia di Investree. Pertama adalah pinjaman dengan plafon hingga Rp2 Miliar, dan pembiayaan yang dilakukan maksimal 80 persen dari nilai yang diajukan. Yang kedua adalah pinjaman dengan jangka waktu hingga enam bulan. Jumlah pinjaman akan dianalisa oleh tim investree dengan model pembiayaan syariah. Karena menggunakan prinsip syariah, maka pembiayaan yang diajukan tidak boleh dari industri minuman keras, narkoba, perjudian, hotel yang belum sesuai dengan syariah, makanan babi, dan rokok.

(Baca Juga: Hukum Asuransi Syariah, Begini Penjelasannya)

Jika aplikasi disetujui, pinjaman akan ditampilkan di marketplace agar bisa dilihat oleh para lender yang akan memberimu pinjaman. Jangan khawatir tentang biaya imbal jasa dan berbagai biaya lainnya yang bakal kamu tanggung, semua akan disampaikan sebelum aplikasi pinjamanmu ditampilkan. Demikian adalah pinjaman online syariah yang bisa kamu gunakan di Investree.

Kamu tidak hanya bisa menjadi peminjam dana, tapi juga pendana yang akan memberikan pinjaman atau yang disebut lender. Menjadi lender akan memberikanmu kesempatan untuk berinvestasi, karena kamu akan mendapatkan imbal hasil yang cukup tinggi, yakni hingga 20 persen. Menarik bukan?

Untuk mengikuti pendanaan atau menjadi lender, kamu bisa memberikan dana mulai dari Rp5 juta dengan kelipatan dari Rp1 juta. Jumlah pendanaan yang akan digunakan untuk pembiayaan maksimal Rp100 juta. Selain itu, lender akan mendapatkan repayment di akhir periode dan imbal hasil dari pinjaman yang dilakukan.

4. Alamisharia

Alamisharia - Tanpa Riba Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Seperti halnya perusahaan fintech peer to peer lending lainnya, Alamisharia juga memberikan kesempatan bagi nasabah untuk mengakses pinjaman. Namun yang membedakan adalah pinjaman online Syariah ini memberikan akses dana untuk peminjam hanya bagi UKM atau usaha kecil menengah. Sehingga kamu yang tidak memiliki perusahaan atau akan meminjam dana untuk pribadi tidak bisa melalui pinjaman online Syariah satu ini.

Jumlah pinjaman yang akan diberikan yaitu sekitar Rp50 juta hingga Rp2 miliar rupiah. Untuk mendapatkan pinjaman dari Alamisharia, kamu harus membuat aplikasi pinjaman dan mengajukannya. Kemudian aplikasi pinjaman akan dianalisa terlebih dahulu apakah layak untuk mendapatkan pinjaman.

Tentunya tidak semua pinjaman akan disetujui sebab hanya pinjaman yang sesuai dengan prinsip syariah saja yang akan diberikan akses. sehingga, kamu perlu memastikan usahamu bebas dari unsur haram seperti rokok aroma alkohol, narkoba, peternakan babi atau jual beli babi, maupun usaha lainnya yang tidak sesuai dengan prinsip syariat Islam.

Pinjaman yang akan dibiayai maksimal 80% dari total yang diajukan oleh peminjam. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah, yaitu perusahaan berbentuk badan usaha seperti PT, CV, atau yayasan yang telah menjalankan aktivitas dan sesuai dengan prinsip maupun syariat Islam. Selain itu perusahaan juga harus melampirkan rekening koran selama 6 bulan terakhir untuk mengajukan pinjaman. calon peminjam dana juga harus melampirkan jaminan personal, giro mundur dan laporan keuangan untuk mengajukan pinjaman ini.

5. Syarfi

Syarfi - Tanpa Riba Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Peer to peer lending lainnya yaitu Syarfi yang memberikan penawaran dua jenis pinjaman yaitu pinjaman usaha dan pinjaman sosial. pinjaman usaha yaitu pinjaman yang diberikan bagi nasabah yang membutuhkan modal kerja dan digunakan untuk kebutuhan usaha atau bisnis yang dimiliki oleh nasabah. Pengembalian dilakukan dengan cicilan bulanan yang disertai bagi hasil. Pinjaman dan besarnya cicilan hingga bagi hasil disepakati pada akad di awal saat mengajukan pinjaman.

Sedangkan pinjaman sosial diberikan pada nasabah yang membutuhkan dana untuk melunasi hutang akibat riba, permodalan sebuah startup, atau pinjaman lainnya. Pinjaman ini menggunakan akad Qardh yang dikembalikan tanpa imbalan. Namun peminjam wajib mengembalikan kewajiban pokok yang harus dibayarkan dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya.

6. Duha Syariah

Duha Syariah - Tanpa Riba Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini

Duha syariah menggunakan aplikasi bagi nasabah yang akan meminjam sejumlah dana. Ada dua jenis pinjaman Duha Syariah yaitu pembiayaan konsumtif yang berupa barang atau jasa, yang kedua adalah pembiayaan perjalanan religi.

Pembiayaan Konsumtif adalah pinjaman yang diberikan buat kamu yang belanja di marketplace yang sudah bekerjasama dengan Duha Syariah. Barang yang kamu beli bisa di cicilan melalui Duha Syariah dengan plafon pinjaman hingga Rp20 juta dan imbal hasil yang flat dua persen setiap bulan. Tenor pinjaman bisa di cicilan selama tiga, enam, sembilan hingga 12 bulan.

Sedangkan pembiayaan wisata religi adalah perjalanan umrah dan wisata halal yang tersedia pada marketplace yang telah bekerjasama dengan Duha Syariah. Plafon pinjamannya mencapai Rp30 juta dengan tenor pinjaman 12, 24, hingga 36 bulan. Ujrah yang dikenakan dalam pembiayaan ini flat 1,5 persen.

Ada beberapa syarat khusus bagi kamu yang ingin mengakses pinjaman ini, yaitu sudah bekerja dan perusahaan yang telah bekerjasama dengan Duha Syariah. Sehingga pembayaran dilakukan dengan potong gaji. Selain itu, peminjam juga harus mengunduh aplikasi Duha Syariah dan mendaftar dengan nomor handphone. Minimal Penghasilan 3 juta perbulan dan berdomisili di Jabodetabek, Lampung, Bandung, Palembang, Nusa tenggara barat.

Demikian beberapa pilihan pinjaman online syariah yang bisa kamu akses dan ajukan segera. Untuk mendapatkan pinjaman online, kamu bisa mengajukannya di Cek Aja.

Tentang Penulis