Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Pengertian Dan Perbedaan Pinjaman Kilat Dengan Pinjaman Lainnya!

by Maria Nofianti on 27 Februari, 2020

Mendapatkan pinjaman kilat untuk pelaku usaha kecil adalah salah satu hal yang penuh tantangan. Hal ini terutama karena standar pinjaman yang ketat dari bank. Tetapi memperoleh pembiayaan dari luar seringkali diperlukan untuk memulai atau mengembangkan bisnis atau menutupi pengeluaran sehari-hari yang tak bisa tercover.

pengertian dan perbedaan pinjaman kilat

Kebutuhan sehari-hari kadang tidak semuanya bisa kita penuhi dengan baik. Kadang-kadang kita juga membutuhkan dana lain seperti pinjaman entah itu dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Seperti pada saat kita pada kondisi darurat seperti sakit atau kecelakaan sudah pasti kita akan membutuhkan biaya tambahan untuk  pengobatan dan perawatan. Dengan kondisi seperti ini banyak bermunculan layanan untuk peminjaman uang. Salah satunya adalah pinjaman kilat. Penawaran pinjaman kilat biasanya berbasis online dan dilakukan oleh perusahaan fintech atau finansial teknologi.

Pada dasarnya transaksi meminjam dan meminjamkan uang ini memang sudah terjadi selama berabad-abad lalu hingga kini.  Jika Anda melihatnya dalam istilah yang paling sederhana, seseorang ingin meminjam uang, seseorang memiliki uang yang ingin mereka pinjamkan. Anda mengambil pinjaman dari pemberi pinjaman, persyaratan dibahas seperti berapa lama Anda akan membayar kembali pinjaman, dan pada tingkat bunga berapa. Anda memiliki uang yang Anda butuhkan, pemberi pinjaman menghasilkan uang dari bunga, ini semacam situasi win win solution.

Jika pemberi pinjaman mengenakan tingkat bunga yang tinggi atau berlebihan, pinjaman tersebut dapat dikatakan riba. Banyak pinjaman yang membebankan tingkat bunga yang berlebihan, hampir sampai membuat seseorang terus-menerus berhutang.

(Baca Juga: Pinjaman Untuk Usaha Kecil)

Bijaknya saat meminjam uang kita tahu pasti dan melihat alasan mengapa kita meminjam uang. Karena hal ini akan sangat membantu untuk memiliki gambaran umum tentang jenis pinjaman apa yang tersedia bagi kita. Alasan untuk pinjaman, akan memberi tahu Anda jenis pinjaman apa yang mungkin Anda butuhkan. Misalnya multijasa, renovasi rumah atau KPR, biaya pendidikan, dll.

Apakah yang dimaksud dengan pinjaman kilat? Dalam ulasan kali ini kita akan memberikan informasi mengenai pengertian  dan perbedaan pinjaman kilat dengan pinjaman lainnya. Pinjaman kilat adalah pinjaman untuk nasabah yang dilakukan dengan waktu yang sangat cepat. Pinjaman kilat ini juga bisa diakses oleh siapa saja yang membutuhkan dana tambahan. Tentu saja hal ini dikarenakan dalam pengajuan atau dalam prosesnya sangat mudah tidak seperti mengajukan pinjaman di Bank yang terkadang merepotkan.

Untuk pinjaman kilat dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu dengan jaminan dan tanpa jaminan.

Pinjaman dengan jaminan

Pinjaman kilat yang disertai dengan agunan maka kamu sebagai calon debitur tentu saja harus menyiapkan sesuatu yang bisa dipakai sebagai jaminan. Barang-barang yang bisa dipakai sebagai jaminan bisa berupa alat elektronik perhiasan, ataupun kendaraan pribadi. Sebelum proses persetujuan dalam pinjaman kilat dengan agunan ini jaminan kamu akan disurvei terlebih dahulu. Ketika kamu sudah menerima persetujuan untuk pinjaman kilat dengan agunan maka dana yang kamu pinjam nilainya akan disesuaikan dengan nilai dari barang yang dijadikan jaminan.

Contoh lainnya adalah pinjaman hipotek untuk membeli properti. Pinjaman hipotek dijamin oleh properti, jika peminjam tidak melakukan pembayaran yang disepakati, pemberi pinjaman dapat mengambil kembali, atau mengambil kembali properti. Contoh lain mungkin pinjaman mobil, mobil mengamankan pinjaman.

Ketika kamu menjadikan suatu barang sebagai jaminan untuk pinjaman kilat ini kamu juga harus memastikan bahwa barang tersebut memiliki dokumen pendukung yang lengkap misal untuk kendaraan kamu harus memiliki BPKB sedangkan untuk barang-barang elektronik kamu harus masih memiliki kartu garansi serta kelengkapan kotak kemasan yang tentu saja bisa menambah nilai dari barang jaminan itu. Dokumen lain yang yang diwajibkan untuk dilengkapi adalah KTP dan KK.

Ketika kamu tidak bisa membayar pinjaman ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan maka kamu tentu saja akan kehilangan jaminan kamu. Hal lainnya tentu saja kamu bisa mendapatkan catatan buruk dalam kredit kamu. Ini bisa memberikan kamu kesulitan jika kamu akan mengajukan pinjaman di masa datang. Biasanya untuk pinjaman kilat dengan agunan ini kamu bisa meminjam ke perusahaan fintech seperti pinjam.co.id yang sudah terdaftar di OJK atau bisa juga kamu pergi ke Kantor Pegadaian yang jelas milik pemerintah, tentu saja bunga yang dibebankan tak akan mencekikmu. Selain itu saat ini pegadaian pun sudah semakin kekinian dan memiliki sistem digital yang memudahkan nasabahnya.

Pinjaman tanpa jaminan

Pinjaman tanpa jaminan ini banyak menarik minat masyarakat. Pinjaman kilat tanpa agunan biasanya diberikan melalui lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman kilat atau bisa saja lewat rentenir. Rentenir adalah individu yang bisa memberikan kamu pinjaman uang. Jika kamu meminjam kepada rentenir, kamu memang tidak akan di diwajibkan untuk menyerahkan agunan atau jaminan tetapi sebagai imbalannya adalah kamu akan mendapatkan bunga yang besar hingga kamu membayar dua kali lipat dari jumlah pinjaman kamu. 

Kemudian kamu juga bisa  mendapatkan pinjaman kilat tanpa agunan  melalui aplikasi atau website yang menyediakan pinjaman kilat. Untuk pinjaman kilat tanpa jaminan atau agunan yang berbasis online seperti ini besaran bunga yang diberikan cukup  wajar. Selain itu ada juga verifikasi tentang kredibilitas kredit dimana itu bisa mengukur kemampuan untuk memenuhi hutang hutangnya.

Jenis pinjaman ini membawa risiko yang lebih tinggi kepada pemberi pinjaman, jadi biasanya suku bunga pinjaman tanpa jaminan lebih tinggi daripada pinjaman yang dijamin. Pinjaman pemberi pinjaman juga merupakan jenis pinjaman yang populer.

(Baca Juga: Terbebas Dari Utang Pinjaman Online)

Lalu bagaimana cara kerja pinjaman kilat itu? Kali ini kita akan memberikan informasi mengenai pinjaman kilat yang asalnya dari perusahaan fintech yang memakai aplikasi atau website. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat akan mengambil pinjaman kilat online.

  1. Download aplikasi untuk pinjaman  atau pergi ke website pinjaman kilat.
  2. Mengisi kolom data diri sebagai verifikasi titik  jika pinjaman kilat ini membutuhkan jaminan maka kamu harus mengisi data jaminan.
  3. Selanjutnya akan ada petugas dari aplikasi atau website yang kamu gunakan yang   menghubungi kamu untuk verifikasi data.
  4. Setelah itu pengajuan kamu akan masuk ke dalam proses apakah diterima atau ditolak. Biasanya akan memakan paling lama 3 hari kerja bahkan ada yang lebih cepat hanya beberapa jam saja.
  5. Jika pengajuan pinjaman kilat kamu diterima maka dan itu akan segera ditransfer ke rekening pribadi kamu titik pembayaran cicilan biasanya melalui transfer sesuai dengan kesepakatan kamu dengan pihak pemberi pinjaman.

Jika kamu benar-benar akan mengambil pinjaman kilat pastikan kamu sudah tahu mengenai informasi mengenai bunganya, jangka waktu serta denda yang yang ditentukan. Pastikan juga kamu memilih plafon yang telah terdaftar di OJK. Dan pahami juga bahwa pinjaman kilat yang berbasis online, menetapkan bunga yang tinggi, dan jangka waktu pelunasan yang cepat.

Setelah kamu mengetahui pengertian pinjaman kilat kali ini kita akan membahas tentang perbedaan pinjaman kilat dengan pinjaman lainnya. Pada tulisan mengenai pengertian dan perbedaan pinjaman kilat kita akan membandingkan pinjaman kilat online dengan pinjaman yang bisa kamu dapatkan di  bank. Perbedaannya bisa kamu cek di bawah ini.

Jumlah pinjaman

Untuk calon nasabah yang akan melakukan pinjaman kilat secara online biasanya jumlah pinjaman akan dibatasi lebih sedikit daripada jika kita meminjam pinjaman kilat di tempat lain seperti  bank atau lembaga keuangan lainnya. Biasanya untuk pinjaman kilat secara online dimulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta. Sedangkan untuk pinjaman kilat di bank atau lembaga keuangan lainnya dana pinjaman bisa mencapai Rp300 juta. Pilihan jumlah pinjamannya pun lebih bervariasi jika mengajukan pinjaman kilat di bank atau lembaga keuangan.

Jangka waktu pinjaman

Pinjaman kilat  secara online jangka waktu  pelunasan pinjaman akan lebih sedikit bila dibandingkan dengan jangka waktu yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan.  Ada pinjaman kilat yang dilakukan secara online waktunya hanya 3 bulan untuk bisa mengembalikan pinjaman tersebut. Namun jika kamu  yang pengembalian yang sang dimulai dari 1 sampai 3 tahun. Perlu diingat juga bahwa perbedaan jangka waktu pengembalian ini juga tergantung dengan besarnya jumlah pinjaman yang dicairkan.

Bunga

Untuk pinjaman  kilat yang dilakukan di bank atau lembaga keuangan tentu saja akan diterapkan bunga. Besarnya bunga juga bervariasi bergantung kepada bank itu sendiri. Namun biasanya bunga ini tidak terlalu tinggi meskipun juga tidak bisa dibilang rendah. Sedangkan untuk pinjaman kilat yang dilakukan secara online rata-rata menerapkan bunga yang lumayan tinggi. 

Waktu yang dibutuhkan untuk pencairan

Salah satu keunggulan pinjaman kilat adalah cepatnya dalam memperoleh dana  pinjaman. Ada pinjaman kilat yang memiliki waktu hanya 3 hari kerja untuk mencairkan dana itu.  Namun ada juga yang bahkan hanya dalam waktu 1 jam kamu bisa mendapatkan dana pinjaman tersebut.

Apa saja pinjaman kilat online yang bisa kamu pilih? Berikut ini beberapa contoh pinjaman dari non bank yang menawarkan pinjaman kilat tanpa agunan yang dilakukan secara online antara lain:

  • Rupiah Plus
  • UangTeman
  • TunaiKita
  • Akulaku 
  • Tunaiku
  • Julo
  • Dana Rupiah
  • Dana Bijak
  • KreditCepat
  • Dana Cepat
  • Rupiah Cepat
  • Indodana
  • Maucash
  • Finmas
  • Kredit Pintar
  • Dana Tunai Online Tokopedia
  • KreditQ
  • Reliance Syariah
  • Jenius Flexi cash
  • Home Credit Dona
  • Go-jek  Paylater
  • Traveloka Paylater
  • Shopee Cicilan

Nah itu dia informasi mengenai pengertian dan perbedaan pinjaman kilat dengan pinjaman lainnya yang mungkin kamu perlu tahu. Pinjaman kilat memang menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan dana dengan cepat. Namun kamu harus pastikan bahwa tempat untuk meminjam uang Ini aman dan terpercaya. Semoga penjelasan singkat mengenai pengertian dan perbedaan pinjaman kilat ini akan membantu kamu untuk menemukan solusi terbaik bagi keadaan finansial kamu.

Dan pastikan kamu meminjam uang untuk hal yang penting, karena ada juga beberapa orang meminjam uang untuk hidup di luar kemampuan mereka. Bergaya hidup mewah dan membeli hal hal yang tak mereka butuhkan. Bahkan sampai menggunakan kartu kredit untuk menutupi kekurangan pendapatan yang terjadi setiap bulan. Semoga kita bukan bagian dari orang yang seperti itu ya. Jadi bijak bijaklah mengatur keuangan.

Untuk melengkapi kebutuhan finansialmu, segera ajukan pinjaman terbaik hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis